Pada penghujung tahun 2021 ini, saya memutuskan untuk menambah jumlah kartu kredit di dompet saya menjadi 16 kartu untuk berbagai alasan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penawaran berbagai welcome bonus baru seperti:

  • BNI Garuda Indonesia Visa Platinum/Signature menawarkan time-limited welcome bonus berupa cashback dan tambahan GarudaMiles
  • Danamon Amex Gold Charge Card menawarkan welcome bonus berupa cashback yang bisa menutup biaya iuran tahunan (annual fee).

Dan sebagainya membuat saya memutuskan untuk menambah jumlah kartu di portofolio kartu kredit saya sekarang. Berikut adalah daftar 16 kartu kredit yang saya miliki dan aktif gunakan untuk saat ini:

 

1. CIMB Niaga JCB Ultimate

Kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate adalah kartu yang paling sering saya gunakan untuk mengakumulasikan KrisFlyer Miles dan terbang gratis ke Jepang.

Walaupun baru saja mengalami devaluasi beberapa saat yang lalu, kartu kredit ini masih layak dimiliki dengan pertimbangan spending reward berupa tiket PP kelas bisnis All Nippon Airways (ANA) ke Jepang dan fitur cashback 4% untuk transaksi di negara-negara tertentu.

 

2. CIMB Niaga Visa Infinite

Kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite juga merupakan salah satu kartu kredit favorit saya. Kelebihan utama dari kartu kredit ini terletak pada spending reward yang menarik yaitu tiket PP kelas ekonomi Singapore Airlines PP Surabaya/Jakarta/Denpasar – Singapura dan akses airport lounge di berbagai terminal domestik.

Walaupun untuk sementara waktu akibat pandemi Covid-19 fitur spending reward tidak bisa dimanfaatkan dengan optimal, saya rasa setelah pandemi spending reward dari kartu kredit ini akan sangat berguna untuk positioning flight seperti yang pernah saya jelaskan di MasterClass PinterPoin.

 

3. CIMB Niaga Accor Live Limitless (ALL) World

Kartu kredit CIMB Niaga Accor Live Limitless (ALL) World adalah kartu kredit terbaru saya. Kelebihan utama dari kartu kredit ini terletak pada fitur AccorPlus dengan free 1 malam dan annual fee yang bisa digratiskan dengan syarat.

Kartu ini terutama sangat berguna di tahun 2021 ini akibat promo fast track AccorPlus dan berbagai promo menarik lainnya dari Accor – CIMB Niaga sehingga menjadi kartu kredit terbitan CIMB Niaga yang paling sering saya gunakan untuk bertransaksi reguler maupun di hotel jaringan Accor.

 

4. BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite adalah kartu kredit yang saya miliki dan pertahankan untuk pertimbangan jangka panjang. Jika Anda pernah mengikuti Zoom MasterClass maupun MasterClass PinterPoin, Anda pasti sudah tahu alasan mengapa saya mempertahankan kartu kredit ‘Jangkar’ ini.

Dengan earning rate 6.060 Rupiah per 1 KrisFlyer Miles ketika Anda bertransaksi tepat 50 juta Rupiah dalam bulan tersebut dan fasilitas Starbucks bandara, saya merasa kartu kredit ini juga akan bertahan lama di dompet saya. Annual fee dari kartu kredit ini juga sekarang bisa digratiskan dengan syarat.

 

5. BCA JCB Black

Kartu Kredit BCA JCB Black adalah kartu kredit yang murni saya ajukan secara spontan untuk memanfaatkan promo buy 1 get 1 di Shaburi & Kintan Buffet. Sayangnya, mereka terus memangkas fitur ini sehingga untuk saat ini promo buy 1 get 1 di Shaburi & Kintan Buffet ini hanya bisa digunakan di hari Sabtu.

Di luar itu, kartu ini bisa Anda manfaatkan untuk mengambil gratis 1 minuman & 1 donat di Krispy Kreme bandara Soekarno-Hatta Terminal 3.

 

6. DBS Travel Visa Signature

Kartu kredit DBS Travel Visa Signature adalah kartu kredit favorit saya untuk airport perks. Kartu ini memberikan fasilitas free 1 makanan + 1 minuman di Starbucks bandara. Dengan fasilitas tersebut, saya sudah pasti akan membawa kartu ini setiap kali pergi ke airport.

Selama kartu kredit ini memberikan airport perk tersebut dan menggratiskan annual fee, saya sudah pasti akan tetap mempertahankan kartu ini di dompet saya.

 

7. UOB PRIVI Miles

Kartu kredit UOB PRIVI Miles adalah salah satu kartu kredit favorit saya untuk bertransaksi di luar negeri (terutama Singapura).

Dengan double point untuk transaksi yang dibukukan dalam mata uang asing dan promosi menarik yang hampir selalu diadakan di akhir tahun, kartu kredit UOB PRIVI Miles juga sudah pasti akan bertahan di dompet saya. Kartu ini juga sangat mudah digratiskan iuran tahunan-nya.

 

8. Citi Premier Miles

Kartu kredit Citi Premier Miles adalah kartu kredit yang terkadang saya gunakan untuk mengumpulkan miles yang sulit diperoleh seperti Etihad Guest, EVA Air Infinity Mileagelands, dan Flying Blue.

Kelebihan kartu ini terletak pada konvertibilitas yang sangat baik dengan 11 transfer partner, promo points multiplier yang seringkali sangat menarik, dan annual fee yang bisa digratiskan.

 

9. Citi Prestige

Citi Prestige merupakan salah satu kartu kredit top-tier favorit saya. Kartu ini memiliki annual fee yang tidak bisa digratiskan sama sekali.

Meskipun begitu, fasilitas 5x luxury airport transfer, 5x akses airport lounge yang bekerjasama dengan Priority Pass, fitur 4th night free, dan earning rate yang cukup baik (lebih baik lagi jika Anda merupakan nasabah CitiGold) menjustifikasi annual fee sebesar 3.500.000 Rupiah dari kartu ini.

 

10. Citi Garuda Indonesia

Kartu kredit Citi Garuda Indonesia saya miliki dengan pertimbangan welcome bonus dan tambahan bagasi sebesar 20 kilogram ketika saya traveling menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Alasan lainnya? Mereka membuatkan nomor GarudaMiles baru yang akhirnya bisa saya gunakan setelah entah kenapa akun GarudaMiles lama saya tidak bisa digunakan akibat sistem GarudaMiles yang terkendala.

 

11. Mega Travel Card

Mega Travel Card adalah kartu kredit yang masih layak untuk dimiliki meskipun mereka mendevaluasi earning rate dan menghilangkan fitur double point untuk transaksi dalam mata uang asing pada awal Mei 2021 lalu. Saat ini, kartu kredit Mega Travel Card memiliki earning rate sebesar Rp8.333 = 1 GarudaMiles.

Kartu ini juga dilengkapi dengan fitur gratis minuman di Coffee Bean bandara, LoungeKey sebanyak 1 (satu) kali setahun, dan iuran tahunan yang bisa dibebaskan sehingga sangat layak untuk dimiliki.

.M

12.  HSBC Premier MasterCard

HSBC Premier MasterCard adalah kartu kredit yang saya miliki untuk ‘hedging‘ berbagai promosi dari HSBC yang sangat menarik seperti promo 10x point multiplier.

Oleh karena itu, walaupun untuk sementara waktu kartu ini kurang menarik hingga pertengahan tahun mendatang, saya tidak memiliki rencana untuk menutup kartu kredit ini dalam jangka waktu dekat.

 

13. BNI Garuda Indonesia Visa Signature

BNI Garuda Indonesia Visa Signature adalah kartu kredit yang saya miliki dengan tujuan mengambil time-limited welcome bonus yang cukup menarik di tahun 2021 ini.

Selain itu, kartu ini juga saya ajukan untuk bisa memanfaatkan lounge domestik BNI Garuda Indonesia yang spesial. Berdasarkan pengalaman saya sebelumnya, iuran tahunan dari kartu kredit ‘BNI Garuda Indonesia’ selalu bisa dihapuskan dengan syarat tertentu.

 

14. Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite adalah kartu kredit top-tier terbaru dan favorit saya saat ini akibat welcome bonus berupa 2x TREATS points selama 6 bulan pertama yang saya pandang sangat menarik.

Dengan welcome bonus tersebut, maka secara efektif Anda akan memiliki kartu kredit dengan earning rate 5.000 Rupiah = 1 Asia Miles/KrisFlyer/GarudaMiles/Enrich Miles/AirAsia BIG. Selain itu, kartu ini juga dilengkapi dengan fasilitas complimentary green fee untuk gold dan iuran tahunan bisa digratiskan dengan syarat tertentu. Sayangnya, welcome bonus ini tidak berlaku lagi efektif pada 1 November 2021.

 

15. Permata Hero Card Platinum

Permata Hero Card Platinum adalah salah satu kartu kredit yang saat ini sedang saya ajukan dengan pertimbangan agar bisa mengikuti berbagai promo cashback menarik dari kartu kredit Permata sekaligus memanfaatkan program cashback permanen 1% untuk transaksi apapun

Iuran tahunan dari kartu kredit ini juga bisa dihapuskan dengan syarat sehingga tidak ada salahnya untuk dipertimbangkan untuk dimiliki.

 

16. Bank of America Customized Cash Rewards

Kartu kredit Bank of America Customized Cash Rewards adalah kartu kredit Amerika pertama saya yang ditujukan untuk membangun FICO Score. Kartu kredit ini saya dapatkan ketika saya mengunjungi Amerika Serikat beberapa saat yang lalu dan memiliki kelebihan berupa 3% cash back untuk transaksi yang Anda tentukan di awal.

Iuran tahunan dari kartu kredit ini juga bisa digratiskan sehingga tidak ada salahnya saya memiliki kartu kredit ini untuk sementara waktu hingga saya bisa memperoleh kartu kredit Amerika yang lebih baik 😉

.

Apa pendapat Anda mengenai portofolio 16 kartu kredit saya saat ini?