24 Kartu Kredit di Dompet Saya Sekarang

Pada penghujung tahun 2022 ini, saya memutuskan untuk menambah jumlah kartu kredit di dompet saya menjadi 24 kartu untuk berbagai alasan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penawaran berbagai welcome bonus baru seperti:

  • BNI Garuda Indonesia Visa Signature yang menawarkan time-limited welcome bonus berupa cashback dan tambahan GarudaMiles
  • Danamon Amex Gold Charge Card yang menawarkan welcome bonus berupa cashback yang bisa menutup biaya iuran tahunan (annual fee)
  • Maybank BMW/Mini yang menawarkan welcome bonus yang sangat besar dan bahkan mengalahkan kartu kredit dengan welcome bonus terbaik saat ini
  • Akses pada dunia kartu kredit Amerika setelah saya memiliki FICO Score membuat saya mengincar berbagai kartu kredit Amerika dengan agresif terutama yang menawarkan welcome bonus jumbo

Dan sebagainya membuat saya memutuskan untuk menambah jumlah kartu di portofolio kartu kredit saya sekarang agar bisa mengumpulkan points & miles dengan lebih cepat. 

Berikut adalah daftar 24  kartu kredit yang saya miliki dan aktif gunakan untuk saat ini:

 

1. CIMB Niaga JCB Ultimate

Kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate adalah kartu yang paling sering saya gunakan untuk mengakumulasikan KrisFlyer Miles dan terbang gratis ke Jepang.

Walaupun baru saja mengalami devaluasi beberapa saat yang lalu, kartu kredit ini masih layak dimiliki dengan pertimbangan spending reward berupa tiket PP kelas bisnis All Nippon Airways (ANA) ke Jepang dan fitur cashback 4% untuk transaksi di negara-negara tertentu.

 

2. CIMB Niaga Visa Infinite

Kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite juga merupakan salah satu kartu kredit favorit saya. Kelebihan utama dari kartu kredit ini terletak pada spending reward yang menarik yaitu tiket PP kelas ekonomi Singapore Airlines PP Surabaya/Jakarta/Denpasar – Singapura dan akses airport lounge di berbagai terminal domestik.

Spending reward dari kartu kredit ini juga akan sangat berguna untuk positioning flight seperti yang kami jelaskan di MasterClass PinterPoin.

 

3. CIMB Niaga Accor Live Limitless (ALL) World

Kartu kredit CIMB Niaga Accor Live Limitless (ALL) World adalah kartu kredit hotel favorit saya. Kelebihan utama dari kartu kredit ini terletak pada fitur AccorPlus dengan free 1 malam dan annual fee yang bisa digratiskan dengan syarat.

Kartu ini menjadi sangat berguna di tahun 2022 ini akibat promo Fast Track khusus Accor Plus sehingga menjadi kartu kredit terbitan CIMB Niaga yang paling sering saya gunakan untuk bertransaksi reguler maupun di hotel jaringan Accor.

 

4. BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite adalah kartu kredit yang saya miliki dan pertahankan untuk pertimbangan jangka panjang. Jika Anda pernah mengikut MasterClass PinterPoin, Anda pasti sudah tahu alasan mengapa saya mempertahankan kartu kredit ‘Jangkar’ ini.

Dengan earning rate 6.060 Rupiah per 1 KrisFlyer Miles ketika Anda bertransaksi tepat 50 juta Rupiah dalam bulan tersebut dan fasilitas Starbucks bandara, saya merasa kartu kredit ini juga akan bertahan lama di dompet saya. Iuran tahunan (annual fee) dari kartu kredit ini juga bisa digratiskan dengna syarat. 

 

5. BCA JCB Black

Kartu Kredit BCA JCB Black adalah kartu kredit yang murni saya ajukan secara spontan untuk memanfaatkan promo buy 1 get 1 di Shaburi & Kintan Buffet. Sayangnya, mereka terus memangkas fitur ini namun kartu ini masih saya pertahankan untuk memanfaatkan promo-promo yang dikhususkan untuk kartu terbitan JCB. 

Di luar itu, kartu kredit ini bisa Anda manfaatkan untuk mengambil gratis 1 minuman & 1 donat di Krispy Kreme bandara Soekarno-Hatta Terminal 3.

6. BCA Tiket.com

Kartu kredit BCA tiket.com saya miliki untuk mengejar welcome bonus yang cukup menarik yaitu e-voucher tiket.com senilai Rp600.000 dan memanfaatkan promo eksklusif dari tiket.com yang dikhususkan bagi pemegang kartu kredit-nya. 

Kartu kredit ini juga mudah diperoleh bagi Anda yang belum pernah memiliki kartu kredit sama sekali atau bagi Anda yang memiliki pagu kredit (limit) yang masih sangat kecil. 

 

7. DBS Travel Visa Signature

Kartu kredit DBS Travel Visa Signature adalah kartu kredit favorit saya untuk airport perks. Kartu ini memberikan fasilitas free 1 makanan + 1 minuman di Starbucks bandara. Dengan fasilitas tersebut, saya sudah pasti akan membawa kartu ini setiap kali pergi ke airport.

Selama kartu kredit ini memberikan airport perks tersebut dan menggratiskan annual fee, saya sudah pasti akan tetap mempertahankan kartu ini di dompet saya.

 

8. UOB PRIVI Miles

UOB PRIVI Miles adalah salah satu kartu kredit yang saya miliki untuk mengumpulkan miles dengan cepat terutama untuk transaksi dalam mata uang asing.

Sayangnya, mereka terus melakukan devaluasi pada kartu kredit-nya dari segala aspek sehingga saat ini kartu tersebut lebih banyak diam di dompet saya karena kurang menarik untuk digunakan untuk bertransaksi sehari-hari. 

 

9. Citi Premier Miles

Kartu kredit Citi Premier Miles adalah kartu kredit yang dulunya sering saya gunakan untuk mengumpulkan miles unik yang tidak bisa dikumpulkan di kartu kredit Indonesia lain. 

Saat ini, karena Citi Indonesia telah mendevaluasi kemampuan penukaran poin kartu kredit untuk miles unik, kartu ini juga banyak diam di dompet saya karena tidak memiliki kelebihan khusus. Satu-satunya alasan saya masih mempertahankan kartu ini adalah promo akhir tahun dari Citi yang biasanya cukup menarik. 

 

10. Citi Prestige

Sama seperti Citi Premier Miles, setelah devaluasi penukaran miles unik dari Citi Indonesia beberapa saat yang lalu, kartu ini banyak diam di dompet saya meskipun terkadang saya menggunakannya jika terdapat promo yang menarik ataupun saya perlu memperoleh miles gratis dari fitur Citi PayAll

Meski begitu, fasilitas 5x luxury airport transfer, 5x akses airport lounge yang bekerjasama dengan Priority Pass, fitur 4th night free, dan earning rate yang cukup baik (lebih baik lagi jika Anda merupakan nasabah CitiGold) menjustifikasi annual fee sebesar 3.500.000 Rupiah per tahun dari kartu ini.

 

11. Citi Garuda Indonesia

Kartu kredit Citi Garuda Indonesia saya miliki dengan pertimbangan welcome bonus dan tambahan bagasi sebesar 20 kilogram ketika saya traveling menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Alasan lainnya? Mereka membuatkan nomor GarudaMiles baru yang akhirnya bisa saya gunakan setelah entah kenapa akun GarudaMiles lama saya tidak bisa digunakan akibat sistem GarudaMiles yang terkendala.

 

12. Mega Travel Card

Walaupun sebelumnya Mega Travel Card merupakan kartu kredit yang layak dimiliki bagi Anda yang ingin mengumpulkan GarudaMiles, saat ini, mereka terus mendevaluasi kartu-nya hingga tidak bisa lagi menukarkan poin kartu kredit ini menjadi GarudaMiles ataupun AirAsia BIG.

Manfaat utama kartu ini adalah gratis minuman dan snack di Coffee Bean & Tea Leaf bandara, LoungeKey dengan akses 1x/tahun, manfaat di perusahaan CT Corp seperti Transmart, dan iuran tahunan yang bisa dibebaskan.

.M

13.  HSBC Premier MasterCard

HSBC Premier MasterCard adalah kartu kredit yang saya miliki untuk ‘hedging‘ berbagai promosi dari HSBC yang sangat menarik seperti promo 10x point multiplier yang sering diadakan. 

Sayangnya,  kartu ini mengalami devaluasi yang signifikan di tahun 2022 ini sehingga kedepan saya rasa kartu ini akan menjadi tidak terlalu menarik. Untungnya, iuran tahunan yang bisa digratiskan selama Anda masih menjadi nasabah prioritas HSBC menjadi alasan untuk mempertahankan kartu ini.

 

14. BNI Garuda Indonesia Visa Signature

BNI Garuda Indonesia Visa Signature adalah kartu kredit yang saya miliki dengan tujuan mengambil time-limited welcome bonus yang cukup menarik di tahun 2022 ini.

Selain itu, kartu ini juga saya ajukan untuk bisa memanfaatkan lounge domestik BNI Garuda Indonesia yang spesial. Berdasarkan pengalaman saya sebelumnya, iuran tahunan dari kartu kredit ‘BNI Garuda Indonesia’ selalu bisa dihapuskan dengan syarat tertentu.

Kartu Kredit BCA JCB Black adalah kartu kredit yang murni saya ajukan secara spontan untuk memanfaatkan promo buy 1 get 1 di Shaburi & Kintan Buffet. Sayangnya, mereka terus memangkas fitur ini namun kartu ini masih saya pertahankan untuk memanfaatkan promo-promo yang dikhususkan untuk kartu terbitan JCB. 

 

15.  BNI Visa Signature

Kartu kredit BNI Visa Signature saya miliki semata-mata karena alasan pagu kredit (limit) yang terpisah dengan kartu BNI Garuda Indonesia Visa Signature saya. Mengingat pada awal tahun 2022 ini saya membutuhkan limit kartu kredit yang cukup besar untuk berbagai proyek terbaru saya di PinterPoin, maka pada saat itu saya mengajukan kartu kredit ini.

Kalau boleh jujur, kartu kredit ini tidak memiliki kelebihan apapun selain bonus cashback ketika bertransaksi pada kategori fashion di luar negeri dan itupun tidak terlalu menarik. Jika tidak ada promosi spesial dari BNI, saya tidak akan menggunakan kartu kredit ini

 

16. Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite adalah kartu kredit top-tier yang cukup sering saya gunakan setelah revaluasi beberapa saat yang lalu. Menurut saya pribadi, sebelum kartu kredit Maybank BMW/MINI dirilis, kartu kredit ini masih menjadi kartu kredit andalan dari Maybank Indonesia. 

 

17. Permata Hero Card Platinum

Permata Hero Card Platinum adalah salah satu kartu kredit yang saat ini sedang saya ajukan dengan pertimbangan agar bisa mengikuti berbagai promo cashback menarik dari kartu kredit Permata sekaligus memanfaatkan program cashback permanen 1% untuk transaksi apapun

Iuran tahunan dari kartu kredit ini juga bisa dihapuskan dengan syarat sehingga tidak ada salahnya untuk dipertimbangkan untuk dimiliki.

 

18. Bank of America Customized Cash Rewards

Kartu kredit Bank of America Customized Cash Rewards adalah kartu kredit Amerika pertama saya yang ditujukan untuk membangun FICO Score. Kartu kredit ini saya dapatkan ketika saya mengunjungi Amerika Serikat beberapa saat yang lalu dan memiliki kelebihan berupa 3% cash back untuk transaksi yang Anda tentukan di awal.

Iuran tahunan dari kartu kredit ini juga bisa digratiskan sehingga tidak ada salahnya saya memiliki kartu kredit ini untuk sementara waktu hingga saya bisa memperoleh kartu kredit Amerika yang lebih baik 😉

 

19.  BRI OVO Card

Sama seperti kartu kredit BNI Visa Signature saya, kartu kredit BRI OVO juga saya ajukan semata-mata untuk meningkatkan total limit kartu kredit saya di awal tahun 2022 lalu. Bedanya, kartu ini menurut saya lebih menarik dikarenakan masih menawarkan welcome bonus dan konon memberikan limit tinggi sedari awal.

 

20. AMEX® Marriott Bonvoy Briliant

Marriott Bonvoy Briliant adalah kartu kredit Amerika kedua saya setelah Bank of America Customized Cash Rewards yang dikhususkan untuk mengumpulkan poin Marriott Bonvoy dengan cepat.

Tujuan utama saya mengajukan kartu kredit ini adalah untuk mempermudah mempertahankan status elit Marriott Bonvoy Titanium (dengan bonus 15 Elite Qualifying Night/EQN setiap tahunnya) dan juga mengejar welcome bonus yang sangat sangat besar (180.000 poin Marriott Bonvoy).

Ditambahkan dengan fitur-fitur lainnya seperti unlimited Priority Pass dan berbagai promo yang dikhususkan untuk pemegang kartu kredit Marriott Bonvoy, maka kartu kredit dengan iuran tahunan sebesar 450 US$ yang tidak bisa dihapuskan ini masih sangat layak untuk dimiliki. 

 

21.  Bank of America Alaska Airlines

Bank of America Alaska adalah kartu kredit Amerika ketiga saya yang dikhususkan untuk mengumpulkan poin paling berharga di dunia miles yaitu Alaska Mileage Plan dengan cepat. 

Kartu kredit ini memiliki annual fee sebesar 75US$ per tahun yang menurut saya sangat murah dibandingkan dengan benefit yang Anda bisa peroleh seperti welcome bonus hingga 60.000 miles Alaska, gratis bagasi hingga 6 orang di penerbangan Alaska, dan companion fare setiap tahunnya. 

 

22.  Danamon JCB Precious

Kartu kredit Danamon JCB Precious saya ajukan semata-mata untuk mengejar welcome bonus yang sangat menarik yaitu e-voucher Traveloka senilai Rp3.500.000. Selain itu, kartu kredit ini juga saya manfaatkan sebagai batu loncatan (stepping stone) untuk mengejar kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan GarudaMiles yaitu Danamon World Elite. 

 

23.  Danamon American Express Gold

Danamon American Express (AMEX) Gold saya miliki untuk bisa membantu saya mengumpulkan poin Marriott Bonvoy ataupun poin Hilton Honors dengan cepat.

Memang betul saya sudah memiliki kartu kredit Marriott Bonvoy Briliant yang memiliki fitur pengumpulan poin Marriott dengan sangat cepat namun untuk transaksi non-kategori tertentu, akan lebih masuk akal jika saya bertransaksi menggunakan kartu Danamon American express Gold ini. Welcome bonus yang ditawarkan sendiri juga cukup menarik yakni 50% cashback hingga Rp2.500.000,-

 

24 . AMEX® Green Card

Amex Green Card adalah kartu kredit Amerika keempat dan terbaru saya yang saya miliki karena… warnanya hijau, yang mana adalah warna favorit saya 😉 

Bercanda, kartu ini saya miliki sebagai salah satu hedging strategy dari devaluasi kartu kredit Indonesia terutama setelah Citi Indonesia memangkas aneka transfer partner-nya. Annual fee kartu ini sebesar US$150 yang tidak bisa dihapuskan sendiri sangat masuk akal karena Anda bisa memperoleh welcome bonus hingga 45.000 airline miles, memiliki aksess ke 21 transfer partner AMEX US, dan fitur lainnya seperti kredit Lounge Buddy senilai US$100. 

.

Apa pendapat Anda mengenai portofolio 24 kartu kredit saya saat ini? 
Share

138 comments
  1. Very nice article!

    Cuma mau info, saya pernah di waiver dengan sendirinya oleh pihak BCA untuk BCA Krisflyer Infinite saya.

    Untuk Cimb Niaga Visa Infinite prefereed apakah memiliki benefit yang sama dengan Cimb Niaga Visa Infinite reguler dalam hal mengumpulkan krisflyer miles?

      1. Saya bukan prioritas/solitare BCA.

        Menurut pendapat saya, kemungkinan yang menjadi pertimbangan pihak BCA mewaiver biaya fee kartu SQ Infinite saya karena pemakaian rutin tiap bulannya yang mencapai 85% ke atas dari total limit yang diberikan.

        1. Marvin,

          Saya juga baru saja ditagihkan annual fee BCA SQ Visa Infinite dan saya meminta untuk dihapuskan, semoga pengajuan saya bisa disetujui.

        2. Dari pengalaman, annual fee tahun pertama sulit dihapus tp utk tahun berikutnya free jika rata-rata pemakaian lebih dari 30% limit.

        3. Ridwan,

          Betul sekali…. pengajuan permohonan penghapusan iuran tahunan saya ditolak…. semoga untuk tahun depan bisa dihapuskan deh.

        4. Wah, dari 10 kartu itu saya cuma punya 5 kartu.

          Yang paling saya sayang adalah BCA SQ Infinite. Memang susah buat hapus annual fee nya. Tapi terlanjur sayang haha

          Untuk citi Premier Miles kebetulan bulan ini berhasil hapus annual fee. Dan saat ini sedang berudaha dapetin welcome bonus HSBC Premier nya.

          Informasi disini sangat memberikan banyak manfaat bagi saya.
          Terima kasih banyak Edwin dan Pinterpoin.

        5. Terimakasih juga Adysorn telah menjadi pembaca setia PinterPoin 🙂

          Btw saya cukup penasaran, bagaimana Anda meminta penghapusan iuran tahunan kartu Citi Premier Miles tahun ini?

        6. Untuk permohonan waive annual fee Premier Miles cukup telepon ke call center Citibank dan mengajukan permohonan.

          Untuk beberapa kasus sebelum bulan Juni ada beberapa teman saya yang bisa melakukan penghapusan tanpa syarat apapun. Namun saya kemarin diberikan syarat untuk mengabil Qiuch cash / dana tunai minimal 1jt jangka waktu 3 bulan dengan bunga 0,89% per bulan.

          Akhirnya saya ambil quick cash tersebut dan annual fee berhasil dihapuskan.

          Begitu juga pengalaman saya hapus annual fee CIMB Visa Infinite bulan Maret lalu dengan opsi ambil dana tunai 20jt tenor 3 bulan bunga 0%.

          Cukup mudah menurut saya.

        7. Hi Bro Edwin,

          Kebetulan saya punya Citi Premier Miles, dan berhasil saya waive kan Annual Fee nya melalui live chat. Mgkn Pihak Citibank melihat history pemakaian kartu kita. Semoga membantu

        8. Saya juga merupakan pemegang citi premiermiles ini. Selama ini saya selalu mendapat waiver tiap tahunnya. Akhir2 ini saya sering memanfaatkan fitur chat pada website bank, termasuk untuk mengetahui promo & mendapat waiver tersebut. Memang benar, point yg tidak pernah hangus & kemudahan konversi ke beberapa airlines yg membuat saya betah dengan kartu ini.

        9. Saya kurang percaya tentang artikel diatas,,, karena nama disetiap bank kartu kreditnya berbeda beda, atau kalo memang benar, berarti pemiliknya punya nama yang banyak, apakah bisa seperti itu di dunia kartu kredit???

        10. Astaga Yanha, org bodoh mana yg scan kartu kredit sendiri dan di tampilkan di web?? Hahaha komen anda lucu sekali, Sampai tertawa sakit perut saya baca komen anda Yanha!

        1. Dedy,

          Hanya upgrade saja dari kartu BCA SQ Visa Signature saya sebelumnya.
          BCA gk sulit didapat sih, yang susah itu mau minta kenaikan limit-nya, hahaha.

  2. Saya baru saja mendapat UOB Privimiles tapi belum banyak saya gunakan di luar negeri karena takut Currency Exchange nya tidak sebagus BCA dan CIMB (pengalaman menggunakan Citibank dengan exchange yang sangat tinggi membuat kapok). Bagaimana pengalaman Pak Edwin dalam menggunakan kartu UOB Privimiles di luar negeri ?
    Apakah Currency Exchange nya bersaing ?

    1. Aurela,

      Kartu kredit UOB cukup bagus digunakan di luar negeri terutama Singapura. Bukan yang terbaik namun masih bersaing; Jika Anda memang mencari kartu kredit dengan kurs yang bagus maka saya lebih merekomendasikan BCA Amex atau CIMB Niaga MasterCard World.

      1. Ya, betul sekali untuk Rate di SG, BCA Amex paling bagus dari bbrp kartu yg saya pakai disaat hampir bersamaan.
        BCA Amex @10.551
        BCA SQ Infinite @10.684
        DBS Travel Signature @10.834
        Danamon Mastercard World @10.845

  3. dear pak edwin,

    bca sq visa infi saya bisa dihapuskan annual fee nya,
    dengan catatan diancam mau tutup sampai ke bagian penutupan 😉

    1. Alv,

      Terimakasih atas informasinya. Apakah Anda juga merupakan nasabah prioritas/solitaire BCA omong-omong karena pembaca lain mengatakan bahwa penggratisan annual fee BCA SQ Visa Infinite hanya bisa diminta oleh nasabah prioritas.

      1. maaf, saya mau tanya ke bro edwin
        punya banyak kartu kredit apa tidak pusing atau keteteran dengan tanggal jatuh tempo ataupun tagihan karena saya lihat bro edwin memiliki kartu kredit hanya untuk konsumtif dan untuk mendapatlan benefit berupa air miles dan lain-lain itu butuh pembelanjaan besar (konsumtif) tidak seperti pak roy shakti yang menggunakan kartu kredit untuk modal usaha ?

        1. Taufik,

          Jujur saya tidak pusing atau keteteran dengan banyaknya kartu kredit yang saya miliki karena saya hanya menggunakan kartu kredit secukupnya saja dan bergantung pada kartu kredit mana yang memberikan promosi.
          Selain itu, annual fee dari kartu kredit yang saya sebutkan juga seluruhnya gratis. Jadi, menurut saya benefit>cost meskipun saya memiliki 12 kartu kredit 🙂

          Dan yaaa, bergantung pada orangnya juga, maka kartu kredit u/ modal usaha bisa produktif atau bisa destruktif, sekali lagi itu bergantung pada orangnya. Saya sendiri sih tidak memungkiri bahwa kartu kredit saya hampir semuanya untuk sesuatu yang produktif.

        2. @edwin: Di artikel saya baca citi prestige bayar 3,5jt dan tidak bisa dihapuskan. Tapi di sini disebutkan kartu kredit anda seluruhnya gratis. Yang mana yang benar?

        3. Andy,

          Saya salah tulis, semua cc saya gratis kecuali Citi Prestige. FYI, sebenarnya terdapat opsi menukar 150.000 poin citi dengan free annual fee tahun tersebut sehingga di tahun pertama sebenarnya citi prestige ini bisa ‘free’. Tapi tentunya saya tidak merekomendasikan karena value poin yang Anda peroleh > annual fee.

  4. Hi Ko,

    Untuk proses apply cimb jcb dan visa infinite bisa lewat outlet yg ada di mall mall kah? lebih bagus chance approve lewat marsak atau lewat outlet di mall mall gitu ya?

    1. Fido,

      Kalau boleh jujur kemungkinan approve paling tinggi adalah lewat marsak; Jika tidak begitu pengajuan ketika diadakan travel fair.

      1. berbagi pengalaman, pengajuan saya melalui sales di travel fair langsung di setujui tanpa ada konfirmasi analis.

        1. Ko Edwin, salut sama koleksi kartu kreditnya!! Random question, kalau Ko Edwin semisal harus narrow down 5 kartu saja (atau bahkan 3), kartu yang mana yang akan di keep? Karena dompet cuma muat 3 kartu, saya cuma keep kartu: #1, #4 dan #8 😀

      2. Saya kemarin mencoba mengajukan cimb visa infinite, tetapi ditolak..
        Mungkin boleh info kapan dan dimana kira2 ada travel fair cimb?

        1. Bro Edwin, untuk points CIMB bisa di convert ke KF Miles acc yg bukan nama pemilik CC nya ga ya?

        2. Saya coba melakukan ini bulan lalu dari CC sepupu saya. Di email dan di telp dari SQ nya kalau convert KF beda nama itu melanggar policy mereka. Lalu direvert back miles yang sudah ditransfer.

          Kebetulan waktu itu miles nya sudah saya belikan tiket. Jadi langkahnya
          – account KF saya dibekukan oleh SQ
          – harus kirim email bank statement (CC) asal poin (sepupu saya)
          – harus kirim passport saya
          – setelah semua diverifikasi, tiket dicancel oleh pihak SQ
          – miles dikembalikan ke poin CC dalam 2 minggu
          – account KF saya kembali bisa dipakai

          Just sharing 🙂

    1. Andi,

      Ya… tentu saja.
      Ada peserta Masterclass PinterPoin kami yang berhasil memperoleh Citi Prestige dengan limit 100 juta instan setelah beliau menaruh duit 1 miliar di rekening Citigold-nya. #kisahnyata

  5. Ane dapet BCA SQ Invinite per desember 2018 dan seharusnya per bulan desember atau januari sudah ditagihkan tapi sampe sekarang masih belum ada.. Krn penasaran ane telpon ke halo bca prioritas dan emang gak ada penagihan dan baru ditagihkan nya bulan desember 2020… Mereka hanya info kalau penghapusan hanya nasabah prioritas dan solitaire.. Sedangkan ane hanya nasabah biasa.. Makanya dr artikel kemarin kmrn ane agak bingung knp belum ada tagihan.. Tp memang sampe skrg blm ditagihkan

  6. Dear,
    Saya sekarang posisi masih diluar negeri, dan saya mendapatkan informasi dari RM saya, saya akan mendapatkan Kartu CC CIMB Visa Infinite Regular, dan pas saya cek di clickcimb kok ada descriptions “tagihan membership fee basic sebesar 1,5 jt ya”, dan kebetulan kartu tersebut belum di tangan saya. Kenapa bisa ya ada muncul tagihan tsb??apakah Bro Vincent/Edwin bisa menjelaskan. Terima kasih atas balasannya.

  7. Menurut saya kartu kredit yang wajib selalu dibawa di dompet adalah BCA AMEX, BCA SQ INFINITE, CIMB VISA INFINITE, CIMB JCB ULTIMATE, CITI PRESTIGE..
    Domestik : Cimb Visa Infinite atau BCA Amex (pada saat ada promo triple points)
    Internasional: BCA AMEX only yg paling the best

  8. Dari 10 CC di atas, yang saya belum punya dari Citibank. Selama ini selalu ditolak dengan alasan pemakaian CC terlalu tinggi. Padahal tidak pernah telat bayar full semua cc lain sekali pun :/ dan limit cc yg lain harusnya sudah melebihi syarat cc citibank (minimal premier miles).
    Akhir bln ini mau coba apply lg

    1. Seperti nya memang citi lagi membatasi persetujuan pengajuan kartu kredit.. saya bulan lalu ditolak juga hanya dengan alasan perusahaan saya berbadan hukum CV dan bukan PT..

    2. iya nih, saya juga dapat kondisi yang sama, ditolak karena pemakaian tinggi, padahal pembayaran full collect 1 semua, limit CC bank lain pun juga lebih besar dr Limit minimal Siti PM.
      CC kalau tidak dipakai buat apa dong? pajangan di laci?

      kawan-kawan ada saran bagaimana cara dapatkan Siti PM ini?

  9. 12 kartu ini sudah sangat merepresentasikan Travel Card yg dibutuhkan.

    kok gak ada bank BUMN? top tier kartu BUMN hanya fokus sama Golf doang kali ya 😀

  10. Lagi proses nomor 3 & 11. Lainnya punya semua tapi nomor 10 saya tutup. Malas karena g terlalu berguna buat saya. Saya pernah punya nomor 4 tapi setelah 1 tahun free nya habis juga saya tutup krn menurut saya g berguna. BCA cuma layak diambil sign up bonusnya aj IMHO.

    Prvi rate nya jelek pol tapi Kalau g ada refund masih bisa diterima lah… CC lain yg penting menurut saya masih banyak, cuma g ada hubungan dgn travel & cuka entry level, spt Bukopin, TMRW, dll yg semuanya bagus untuk cari diskon.

  11. Hi Edwin,

    Saya baru saja mau memulai petualangan saya sebagai #mileshunter dengan apply ke Citi Premier Miles. Sebelumnya saya sudah memiliki CC BCA selama 3 tahun dan tidak pernah terlambat untuk membayar. Thank you akhirnya ada blog yang komprehensif membahas mengenai mileage di Indonesia 🙂

    Mengingat saya apply via online dan saya sempat missed 1 kali ditelepon (asumsi saya telepon dari telemarketing untuk verifikasi data), apakah ada saran atau mungkin Edwin memiliki kontak marsak yang dapat membantu untuk proses apply tersebut? Otherwise, will wait for another call from their end.

    Thank you in advance, Edwin!

    Best,
    RS

    1. Halo RS,

      Mohon maaf sekali baru keliatan comment-nya di tahun baru ini mengingat kami tiap harinya memperoleh puluhan komentar di website ini. Kalau boleh tahu, domisili mana ya? Saya domisili Surabaya jadi hanya bisa memberikan referensi marketing sakti (marsak) di wilayah tersebut pula

  12. Tanya bang Edwin

    untuk kartu BCA SQ dan JCB milik bang Edwin limitnya gabungan atau pisah?

      1. Hi Edwin. Bisa kamu jelas kan: BNI garuda dan Citi Garuda. Saya memiliki kedua kartu tersebut. Tapi No GFF Garuda saya yg di Citibank tidak terdetect oleh system Garuda. Mohon di bahasa masalah ini. Terima kasih

  13. Boleh tanya? Apa perbedaan bni garuda infinite dan citobank garuda. Mana lebih baik? Terus untuk mendapatkan gratis tambahan 20 KG bagasi itu gimana syaratnya. Apa harus beli tiket pesawat dengan kartu kredit tersebut atau hanya menunjukan cc atau gff kita? Moho di bantu jawab teman2.

      1. Terima kasih Edwin atas jawabanya. Saya liat di web garuda bni infinite. Ada tambahan 20kg bagasi juga. Gratis tambahan kelebihan bagasi hingga 20 Kg (sesuai tier GarudaMiles yang dimiliki) – pertanyaan apakah gold gff juga mendapat tambahan 20kg. ?

      2. Untuk cashback sekarang pakai Citi Cashback dan Mega Travel, sama2 1%, tapi setidaknya banyak promo Citi di Market Place.

        Untuk Citi Premier, saya sudah dua tahun ajukan penghapusan iuran tahunan dan disetujui kok, bahkan di 3 kartu tambahan juga free waive.

        Untuk BCA, masih musuhan nih, cuma punya limit 5 juta aja karena dari awal yang penting punya

        1. Victorio,

          Terimakasih atas informasinya. Kalau BCA boleh saran lebih baik tutup lalu buka lagi daripada menunggu limit nya naik akan memakan waktu yang sangat lama, haha.

        2. Izin tnya bro edwin, smpai skrg saya msih pegang bca batman 3 jt yg diapply sejak msih mahasiswa (penghasilan nihil). Mnta limit naik ke 4jt saja slalu tolak, skrg saya sdh pnya slip bukti penghasilan 10jt keatas, lebih baik saya pengkinian data di call centre bca supaya bs naik limit atau langsung apply lagi sq signature?

  14. Bpk edwin. Kartu permata hero platinum sudah meniadakan fasilitas airport lounge, kira2 setahun yg lalu.

      1. bpk edwin. hari ini banyak share di wag. bahwa giant akan menutup seluruh gerainya.
        nantinya cashback dari permata hero card hanya bisa dipakai di hero dan guardian?

        1. Mario,

          Betul sekali. Sekilas hanya bisa dipakai di Hero dan Guardian dan kemungkinan besar IKEA (setelah gerai giant diganti menjadi IKEA).

  15. Berarti peraturan BI yg menyatakan kepemilikan maksimal 2 kartu kredit utk setiap orang itu tidak benar ya? Bagus sih.

  16. Ikut bantu menjawab Edwin.
    Peraturan BI yang menyatakan maksimal memiliki kartu kredit 2 buah, itu memang benar adanya. Namun untuk yang berpenghasilan dibawah 10jt per bulan. Untuk yang penghasilan diatas itu tidak masalah memiliki lebih dari 2.

  17. Saya pemegang kartu Permata Hero, memang benar ada cashback 1,5% untuk transaksi apapun diluar Hero, Giant & guardian (untuk 3 ini cashback 3,5%). Namun ada maksimal cashback total yg bisa diterima dalam waktu setahun.

    1. Wiyono,

      Memang betul, batasannya setahu saya adalah 12 juta setahun. Lumayan mengingat kartu ini memiliki annual fee yang bisa dihapuskan.

  18. Bagaimana cara mendaftarkan kartu kredit bank of america atau bank lainnya di amerika, apakah ko Edwin punya alamat domisili lengkap dan nomer HP atau teman yg tinggal di amerika? karena pastinya butuh alamat permanent dimana mereka akan mengirimkan kartu kreditnya ke alamat tsb, kebetulan kredit score saya cukup baik, tapi karna ga ada teman atau tidak ada rencana untuk ke amerika dalam waktu dekat, apakah msh bisa mengajukan kartu kredit di amerika? banyak kartu dr amerika yg bertaburan bonus sign up yg banyak, dan free status gold di hotel2, tapi sayang tidak ada domisili dan tidak punya no hp amerika, jadi niat tersebut di urungkan, mohon info dan petunjuk

    1. Ernest,

      Ya saya punya nomor HP dan domisili amerika yang mana semuanya ada trik-nya tersendiri. Detailnya nanti mungkin akan kami bahas di MasterClass PinterPoin edisi Amerika tentunya setelah saya dapat kartu kredit yang saya incar dan memang bisa karena sejauh ini…. masih proses untuk kartu2 kredit yang bagus.

        1. Herman,

          Itu ada trik-nya tersendiri dan nanti mungkin kami bahas di MasterClass PinterPoin khusus untuk berbagai hal di Amerika termasuk apply cc BofA ini.

  19. SAYA MEMPUNYAI BNI GARUDA SIGNATURE DAN CITI GARUDA mastercard Juga. Awalnya Bni garuda signature saja. Tapi saya di kaish juga citi garuda dengan no gff yg berbeda. Gimana caranya mengabungkan bni garuda signature saya dengan citi garuda saya (no gff nya beda). Dan no gff citibank saya tidak terdetect di system garuda call centre. Mohon di bahas BNI GARUDA signature dan Citi garuda ini LEBIH DALAM : gimana caranya supaya kedua kartu bjsa kita gunakan. Terima kasih pinter point. Thx u

    1. Iphone,

      Anda bisa membuat 2 nomor GarudaMiles yang berbeda di mana satu di connect dengan BNI dan satunya di connect dengan Citibank. Salam.

    1. Halo Dicky,

      Hanya HSBC Premier MasterCard yang merupakan kartu kredit khusus nasabah prioritas – artinya, Anda dapat mengajukan semua kartu lain tanpa perlu melakukan penempatan dana.

  20. Hi Eric. Bisa ceritaiin pengalaman anda yg telah memiliki 2 kartu Co brand garuda. Saya juga memiliki Bni visa sig garuda dan ciitbank garuda. Jadi yg memiliki 2 no garudamiles yg berbeda. Bni garuda saya adalah no yg lama masih aktif di gunakan. Akan tetap citi garuda no saya sudah terbit di kartu nya tapi setiap saya ke garuda office untuk cek citi garuda saya , no nya tidak muncul / tidak terdaftar.
    Pertanyaan saya :

    1. Apakah kita boleh memiliki 2 no garudamiles? Bnk dan citi garuda?

    2. Apakah kedua no tersebut tetap bisa di gunakan?

    Terima kasih Eric

    1. Saya juga penasaran dengan jawabannya, karena mungkin kedepannya jika kondisi sudah memungkinkan untuk flight, saya memiliki niat untuk apply bbrapa cc cobrand garuda. Terima Kasih

    2. 1. Bisa, hanya saja nomornya perlu berbeda dan email dll juga berbeda.

      2. Bisa, saya sudah mencobanya tapi memang terjadi masalah.

    1. Tidak benar. Saya tahun 2021 ikut program Premier Salary yang cukup ada aktivitas setor 50 tiap bulan sudah bisa jadi Premier, tapi di saat mengajukan cc Premier ditolak, alasannya karena limit HSBC Platinum yang sudah saya miliki terlalu kecil. Sampai RM nya bosan terima WA dari saya karena saya selalu tanya tentang cc Premier. Namun awal tahun 2022, saya putuskan masuk 500 ke rekening saya, RM nya langsung jadi baik sama saya dan petugas cc didatangkan ke rumah saya untuk isi formulir tanpa saya harus ke cabang. 10 hari kemudian disetujui, 6 hari kemudian cc sampai di rumah saya. Kesimpulan saya, masukin dulu 500, baru dia mau hahaha.

    2. Jadi kalau sekedar punya tabungan Premier dan mendapat kartu debit Premier, ya memang betul 50 saja aktivitas setor tiap bulan. Misalnya akhir bulan setor 50 tapi awal bulan ditarik lagi juga tidak apa apa, asal akhir bulan ada setor 50 lagi. Tapi kalau mau cc Premier, saya rasa dia minta pengendapan dana lebih seperti kasus saya.

  21. Thank you sudah share latest updatenya. Kalau boleh tahu, yg dimaksud “jangkar” Utk bca visa infinite apa ya?

    1. Eka

      Kartu kredit Jangkar = kartu kredit yang jika Anda gunakan sebagai kartu kredit referensi untuk mengajukan kartu kredit lain memiliki posisi yang sangat kuat layaknya jangkar. Logikanya, BCA adalah bank konservatif sehingga jika Anda punya limit tinggi dari bank tsb, maka sudah pasti Anda juga akan dipercaya oleh bank lain.

  22. Untuk Mega Travel Card (nomer 11) mungkin bisa di-update lagi. Karena saat ini sudah tidak ada opsi penukaran Mega Poin menjadi miles (Garuda atau Air Asia).

  23. Hallo kak.

    Mau tanya, untuk Mega Travel Card apakah masih memiliki Garuda Indonesia dan Air Asia sbagai transfer partner Mega Poin nya? Rasanya sy pernah baca bahwa hal tsb sudah tidak berlaku per Maret tahun ini, namun saya cari2 artikelnya tidak ketemu.

    Apakah ada info yg lebih update?
    Thank you

    1. Ada di artikel pinterpoin ini: https://pinterpoin.com/25-maret-2022-poin-kartu-kredit-bank-mega-tidak-dapat-dijadikan-miles/

      Kalau artikel di Bank Mega-nya sudah hilang. Tapi bisa dicek di web Garuda Indonesia (bagian bawah tabel): https://www.garuda-indonesia.com/garudamiles/id/perolehan-miles/perbankan-dan-keuangan

      Saya sendiri hanya sempat pegang Mega Travel Card 6 bulan sebelum akhirnya saya tutup. Selain karena sudah tidak ada opsi penukaran miles, juga dikecewakan oleh marketing dan pihak Bank Mega yang tidak memberikan welcome bonus yang dijanjikan di awal.

  24. Hi saya sudah 2x apply CC DBS Travel Signature tapi selalu ditolak entah kenapa, pdhl CC saya yg lain (Citi PremierMiles, UOB Privimiles, SCB Worldmiles, BCA SQ Sig dll) limitnya cukup besar. Apa krn saya apply via web, atau adakah cara ampuh utk dapat CC DBS Travel Card? Krn DBS ini poinnya berlaku selamanya shg berguna buat saya yg sementara blm bisa sering2 travel… thanks

    1. Andre,

      Coba apply tidak melalui web dan ubah pekerjaan atau tingkatkan gaji Anda. Kemungkinan besar baki kredit Anda tidak mencukupi.

  25. Hi bro Edwin,
    saya saat ini pegang CIMB JCB Ultimate, CIMB All World, HSBC Premier, DBS Travel Signature, Mega Travel, Danamon Amex Gold, Mandiri JCB (akan saya tutup), masih ada BCA SQ Infinite on process. istri saya complain ribetnya harus inget jatuh temponya haha.. kalo saya mau membuang dan menyisakan 4 enaknya yg mana ya? dan kartu mana yg saya max kan pembelanjaannya untuk pengumpulan krisflyer. btw saya mempertimbangkan juga kartu yg memberi access international lounge agar sekeluarga bisa masuk semua, thanks

    1. Danny,

      4 Kartu: JCB Ultimate, ALL World, Danamon Amex Gold dan DBS Travel Visa Signature merupakan kombinasi yang sudah sangat bagus. Sebenarnya akan lebih sempurna jika Anda punya Citi Prestige, alasannya transfer partner yang berjibun serta perolehan miles yang cukup baik dan welcome bonus serta fitur yang menarik.

      1. sayangnya sulit mendapatkan citibank cc. saya pernah apply premiermiles online, dikabarkan tidak bisa karena citibank belum menjangkau kota malang.
        untuk yg amex gold saya ada pertanyaan : saya pakai amex gold yg ditawarkan oleh danamon via telpon dulu dengan cashback 300.000 setelah pembelanjaan 1000.000. kemudian istri saya baru mendapat danamon amex gold dengan bentuk kartu yg berbeda. menurut personal bankingnya diberikan cashback 2500.000 setelah pembelanjaan 5000.000, karena ada AUM nominal tertentu. apakah kedua kartu ini memiliki pengumpulan MR yg sama?

        1. Danny,

          Selalu ada trik untuk bisa apply kartu kredit Citi meskipun Anda berada di kota yang di luar jangkauan Citibank. Caranya kita share di masterclass kita.

          Untuk perihal danamon, mereka memiliki 2 jenis kartu yaitu Danamon amex Gold credit card dan Danamon Amex Gold Charge Card dan keduanya memiliki perolehan poin dan welcome bonus yang berbeda-beda. Jadi ya, bisa saja berbeda dan mungkin juga bergantung pada promo yang sedang berlangsung.

  26. Hi pinterpoint. Saya sudah beberapa kali leave komen ttg kartu bni garuda dan citi garuda. Tapi belom benar benar di respond.

    Dari ke 2 kartu itu tentunya memiliki no gff yg berbeda d fasilitas yg berberda. Apakah kamu mendapatkan 2 gff no di aystem garuda? Karena saya punya bni gff terdafatar di garuda system. Sedangkan yg citi garuda saya mempunyai no gff citi garuda tapi tidak terdaftar di system kantor garuda. Bisa di jelaskan ?

    Terus kalau kita mempunyai 2 no gff gimana untuk memakainya? Terima kasih

    1. Yes,

      Iya betul sekali punya 2 nomor GFF di system Garuda.
      Yang Citi Garuda saya juga sempat terkendala nomor tidak keluar, jadi harus call ke pihak Citi untuk dibenarkan dan di link ulang. Prosesnya memakan waktu 2 minggu.

      Dan kalau 2 nomor gff, saya saran gunakan satu saja dan pindahkan saja ke Citi Garuda semua seperti saya sekarang ini karena fitur diskon 10% penukaran permanen dan bonus bagasi 20 kilo akan sangat berguna.

  27. 1. Oh jadi di kantor garuda kita – 1 nama bisa 2 no gff? (Bni gff dan citi gff)????
    2. Jadi kalau gff di citi belom muncul di kantor garuda – saya harus hub citi untuk di henarkan linknya ke garuda kantor???
    3. Gimana cara nya pindahkan gff bni ke gff citi?? Hub bank bni atau hub kantor garuda??
    Mohon di reply terima kasih.

    1. Yes,

      1. Bisa, dan iya nomor BNI GFF dan Citi GFF
      2. Harus hub citi minta diconnect ke Garuda, biarkan Citi yang mengurusnya
      3. Yang ini harus kontak kantor Garuda

  28. Halo Edwin

    First of all congrats untuk tambahan baru porto cc yang dimiliki!
    Mostly jika saya perhatikan rata-rata penambahan dari cc bank dari luar negeri ya, yg menurut saya sangat menarik dari segi valuasi welcome bonus nya, sangat disayangkan malah kartu kredit dalam negeri banyak yang devaluasi.

    Saya ada pertanyaan mengenai jumlah kartu kredit, ada yang bilang bahwa jangan terlalu banyak memilki kartu cc, agar bisa menurunkan rate batas kredit yang dimiliki, tapi yang saya lihat Anda malah terus menambah jumlah kartu kredit yang dimiliki, intinya adalah apakah dengan menambah jumlah cc itu malah mempermudah mendapatkan cc lain ? Karena saya berpikit juga dimana jumlah cc terlalu banyak, bukankah akan membuat ragu pihak bank calon penerbit cc, yang mana ngapain nasabah ini dikasih kartu lagi, wong yang dia miliki sudah banyak dan sekarang saja tidak disemuanya aktif dipakai?

    1. halo Timothy

      mungkin saya tidak se expert Edwin, namun sudah mengikuti pinterpoin sejak beberapa tahun lalu dan mempraktekkan ke diri sendiri membangun porto kartu kredit. menurut pengalaman saya semakin banyak kartu kredit malah semakin banyak batas limit yg kita miliki asalkan apply dari bank berbeda. pengalaman saya 2018 hanya memiliki bca SQ itupun hanya di limit 20 jt lalu bertambah ke BRI World Access (ini stepping stone saya meski tidak ada promo mileage apapun tp 0% cicilan 36 bulan dapat saya manfaatkan) memberikan limit 3x lipat dr bca, sejak itu setiap saya mengajukan kartu kredit menggunakan BRI World Access sebagai reference selalu di approve dengan limit di atas 50 jt (keculai UOB dan Mega yg mana saya langsun tutup) . saat ini tetap saya pertahankan karena tanpa saya request naik limit malah di naikkan automatis oleh pihak bank hingga ratusan juta dan ini mengantrol limit saya di bank lain

      yang terpenting adalah dari pengalaman saya selalu bayar full tagihan dan penggunaan at least 30-50% limit , seperti nya Bank check melihat kita sebagai active user yg baik payment nya sehingga layak di berikan tambahan limit baik dari kartu yg sudah ada atau dari pengajuan kartu dengan bank lain

      1. Hi Zul Rauf,
        Terima kasih untuk sharing pengalamannya dengan BRI World Access, sangat menarik.
        Maaf boleh tahu, apakah ketika mendapatkan kartu BRI World Access ini, anda sudah memiliki tabungan/deposito di BRI dengan jumlah besar?
        Karena kalau saya cek di situs BRI, limit awal kartu BRI World Access dimulai dari Rp 100.000.000,- sd Rp 999.999.999,-
        Terima kasih.

    2. Timothy,

      Memang betul saya sekarang banyak menambah kartu kredit dari Amerika dengan alasan hedging terhadap devaluasi kartu kredit Indonesia – itu memang salah satu tujuan utama memiliki kartu kredit Amerika.

      Sebenarnya tren di tahun 2021/2022 ini adalah menambah jumlah cc tidak berpengaruh terhadap kans Anda memperoleh kartu kredit lain karena yang sekarang tren adalah pengajuan kartu kredit dengan penempatan dana sementara atau istilah keren-nya semi secured. Jadi, berapapun kartu kredit Anda, selama Anda menaruh dana dan menjadi nasabah prioritas di suatu bank maka Anda akan tetap bisa memperoleh kartu kredit yang Anda inginkan.

  29. hallo
    itu ada citi garuda dan bni garuda,apakah dengan no gff yang sama?
    kemarin saat apply dibilang sama marsak bni kalau tidak bisa apply bni garuda jika sudah ada citi garuda
    mohon pencerahannya om

    terimakasih

  30. btw, ada salah paragram di no. 14. bahas soal bni garuda tapi ada pargaraf soal bca jcb black
    > Kartu Kredit BCA JCB Black adalah kartu kredit yang murni saya ajukan secara spontan untuk memanfaatkan promo buy 1 get 1 di Shaburi & Kintan Buffet. Sayangnya, mereka terus memangkas fitur ini namun kartu ini masih saya pertahankan untuk memanfaatkan promo-promo yang dikhususkan untuk kartu terbitan JCB.

  31. Maaf agak OOT dari CC. Mungkin boleh spill dompet yang digunakan untuk membawa 24 kartu kredit atau lebih? Kebetulan kartu saya cukup banyak dan malas untuk bawa semua. Karena itu saya sering melewatkan promo CC di restoran

  32. Hi ko, mau nanya dong. Apakah koko punya strategi khusus utk memakai kartu apa utk transaksi apa? Soalnya saya baca di website luar, kayak MileLion, dia strateginya dengan baca TnC, baru sesuaikan, menggunakan kartu apa utk transaksi apa. Thx!

    1. Afi,

      Saya akan memprioritaskan menggunakan kartu kredit yang ada promo-nya terlebih dahulu (semisal HSBC 10x poin, Citi 3x poin, dsb) sampai optimal baru kemudian saya aka nmenggunakan JCB Ultimate untuk hampir seluruh jenis transaksi saya. Itu sih strateginya.

  33. Dear Edwin

    untuk amex green card tsb apakah sama dengan amex green card dari danamon? apa pendapar anda mengenai amex green card danamon? atau mungkin sudah adakah review nya? terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea