Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Maybank Visa Infinite menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit Maybank Visa Infinite adalah kartu kredit top-tier dari Maybank Indonesia yang ditujukan untuk para traveler aktif. Salah satu kelebihan utama dari kartu ini terletak pada jumlah transfer partner yang mencapai 5 airline partner yaitu Garuda Indonesia (GA), Singapore Airlines (SQ), Cathay Pacific (CX), Malaysia Airlines (MH), dan AirAsia (AK).

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh TREATS Points yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran efektif TREATS Points menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 1 TREATS Points = 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles/Enrich Miles atau 2 AirAsia BIG Points

Wajib diketahui jika kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang berbeda untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 10.000 = 1 TREATS Points
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 5.000 = 1 TREATS Points

Detail penukaran TREATS Points Maybank Visa Infinite


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles/Enrich Miles atau 2 AirAsia BIG untuk setiap transaksi di dalam negeri sebesar Rp 10.000. Nilai yang didapat adalah 1.5.

Sedangkan untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles/Enrich Miles atau 2 AirAsia BIG setiap melakukan transaksi setara Rp 5.000. Nilai yang didapat adalah 2.5.

Nilai: 2

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Di tahun 2021 ini, kartu kredit Maybank Visa Infinite tidak memiliki welcome bonus apapun.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 5 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, dan AirAsia.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki fitur complimentary green fee di 120 klub golf di 23 negara setelah Anda bertransaksi minimum 3 juta Rupiah pada billing statement sebelumnya. Selengkapnya bisa Anda baca di sini.

Nilai: 0,5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Akses ke berbagai airport lounge domestik. Daftar airport lounge yang bekerjasama bisa Anda lihat di sini.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp 1.500.000 per tahunnya dan kemungkinan besar bisa di waive jika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0.7

Total Nilai: 4.7 / 10

Kartu kredit top-tier dari Maybank Indonesia yang cukup berimbang (well-balanced) dalam berbagai aspek.”

 

Penutup

Kartu kredit Maybank Visa Infinite merupakan kartu kredit all-rounder yang cukup bagus dari sisi tingkat perolehan maupun konvertibilitas. Sayangnya, di tahun 2021 ini mereka tidak menawarkan welcome bonus apapun; berbeda dengan pada pertengahan tahun 2020 lalu di mana mereka menawarkan welcome bonus berupa 2x poin untuk periode 6 bulan pertama.

Meskipun begitu, kartu kredit ini terkenal sangat generous dalam mengadakan program cashback sehingga masih layak dipertimbangkan untuk dimiliki.

Satu hal lain yang saya sukai dari kartu kredit ini adalah kerjasama dengan Malaysia Airlines untuk opsi penukaran point reward menjadi Enrich Miles.

Anda bisa menukarkan TREATS Points dengan Enrich Miles

Jarang terdapat kartu kredit di Indonesia yang memiliki fitur penukaran Enrich Miles ini dan sepengetahuan saya hanya terdapat 2 kartu kredit lain yang memiliki fitur penukaran Enrich Miles yaitu kartu kredit dari Bank Danamon dan kartu kredit terbitan Citi Indonesia.

Saya sendiri secara pribadi merekomendasikan Anda memiliki kartu kredit ini dikarenakan kedepannya saya memprediksi kartu kredit terbitan Maybank Indonesia akan semakin menarik dan semakin sering mengadakan promosi.

.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit Maybank Visa Infinite?


Perubahan

*Pada 2021: Peniadaan welcome bonus berupa 2x point multiplier untuk 6 bulan yang sempat diadakan pada pertengahan tahun 2020 lalu.