makanan, minuman, cangkir, Minuman non alkoholik, Sedotan, Perlengkapan minum, minuman ringan, jus, kopi, milkshake, Gelas literan, meja, minum, dalam ruangan

7 Kartu Kredit Dengan Airport Perks Terbaik di Indonesia

Airport perks atau seringkali disebut manfaat di bandara (airport) adalah salah satu pertimbangan utama PinterPoin dalam merekomendasikan suatu kartu kredit. Pengalaman pra-terbang Anda bisa menyenangkan atau membosankan bergantung pada airport perks ini.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa kartu kredit rekomendasi PinterPoin dengan airport perks terbaik di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan untuk miliki:


1. BCA American Express Platinum
teks, mata uang, uang, Kolektibilitas, muka, dolar

BCA American Express (Amex) Platinum adalah kartu kredit dengan airport perks terbaik di Indonesia karena menawarkan 2 jenis airport perks yang hampir tidak dimiliki kartu kredit apapun di Indonesia yaitu:

  • Gratis 2 (dua) minuman di Starbucks bandara.

  • Akses tidak terbatas untuk pemegang kartu dan pendamping ke lounge yang bekerja sama dengan Priority Pass & akses ke The Centurion® Lounge.

Kartu ini juga merupakan salah satu kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan GarudaMiles ataupun KrisFlyer Miles meskipun terdapat pembatasan penukaran poin optimal sejak tahun 2024.

Kekurangan dari kartu ini hanyalah cenderung sulit untuk didapatkan dan iuran tahunan dari kartu ini tidak bisa dihapuskan seutuhnya kecuali apabila Anda adalah nasabah BCA Prioritas ataupun BCA Solitaire.


Baca juga: Review Kartu BCA American Express Platinum


2. DBS Travel Visa Signature
teks, cuplikan layar, Font, diagram, Grafis, desain grafis, deasin

DBS Travel Visa Signature masih menjadi salah satu kartu dengan airport perks terbaik di Indonesia bahkan setelah devaluasi pada tahun 2020 lalu.

Kartu ini menawarkan 2 jenis airport perks yaitu:

  • Gratis 2 minuman atau 2 makanan atau 1 makanan & 1 minuman di Starbucks bandara dengan jatah 12x setahun dengan syarat minimum spending di billling statement terakhir sebesar Rp8.000.0000.

  • Akses ke airport lounge yang bekerja sama dengan Dragon Pass sebanyak 1x setahun.

Kelebihan kartu ini terdapat pada opsi memilih makanan di Starbucks bandara yang mana tidak ditawarkan oleh kartu kredit apapun di Indonesia. Secara pribadi, menurut saya ini adalah fitur yang sangat berguna terutama apabila Anda terbang di maskapai yang tidak menghidangkan makanan.

Sayangnya, jatah Starbucks bandara sebanyak 12x setahun ini mungkin kurang cocok bagi super frequent traveler dan iuran tahunan dari kartu kredit ini juga cukup sulit dihapuskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature


3 & 4. HSBC Visa Signature & HSBC Premier MasterCard
teks, cuplikan layar, Font, desain grafis, Grafis, poster, deasin
teks, cuplikan layar, Font, Grafis

HSBC Visa Signature dan HSBC Premier Mastercard adalah kartu kredit dengan airport perks yang sangat menarik namun memiliki syarat untuk bisa mengoptimalkannya.

Kartu ini menawarkan 2 jenis airport perks yaitu:

  • Gratis akses ke airport lounge domestik bagi pemegang kartu dengan syarat transaksi minimum rata-rata 3 bulan terakhir sebesar Rp5.000.000 (Signature) & Rp3.000.000 (Premier Mastercard).

  • Gratis unlimited Priority Pass untuk anggota Million Points Club dari HSBC. Dengan memiliki 1.000.000 poin HSBC di kartu Signature ataupun Premier Mastercard, Anda akan bisa mengakses airport lounge yang bekerja sama dengan Priority Pass untuk pemegang kartu dengan jatah tidak terbatas (unlimited).

Kelebihan airport perks dari kartu ini terletak pada fitur unlimited Priority Pass yang mudah didapat terutama apabila Anda bisa memanfaatkan promo point multiplier yang sering diadakan di kedua kartu kredit HSBC ini.

Selain itu, kedua kartu juga masing-masing menawarkan welcome bonus yang cukup atraktif dan sering mengadakan promo point multiplier yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan miles dengan cepat.


Baca juga: Review Kartu Kredit HSBC Visa Signature

Baca juga: Review Kartu Kredit HSBC Premier Mastercard


5. Danamon JCB Precious

teks, cuplikan layar, Grafis, deasin, Font, logo, desain grafis, Merek

Danamon JCB Precious merupakan salah satu kartu kredit mid-tier yang menawarkan airport perks yang cukup komprehensif sehingga layak dimiliki bagi Anda yang memang mengincar kartu yang mudah didapat namun memiliki fitur yang lengkap.

Kartu ini menawarkan 3 jenis airport perks yaitu:

  • Akses gratis tidak terbatas untuk pemegang kartu ke berbagai airport lounge di Indonesia. Daftar lounge bandara yang dapat diakses bisa dilihat di sini.

  • Gratis akses ke berbagai airport lounge internasional (JCB Lounge) dan akses ke berbagai airport lounge yang bekerja sama dengan LoungeKey™ sebanyak 6x setahun bagi pemegang kartu. Daftar airport lounge yang bisa diakses dengan LoungeKey bisa dilihat di sini.

  • Gratis 1 donat & 1 minuman di Krispy Kreme Bandara T3 Soekarno-Hatta International Airport.

Kelebihan kartu ini terdapat pada kemudahan untuk memperolehnya di mana pagu kredit (limit) minimal kartu ini hanya Rp10.000.000.

Hanya saja, kartu ini kurang cocok digunakan bagi Anda yang memiliki nominal spending bulanan yang besar karena penggunaan optimal kartu ini hanya di Rp10.000.000 saja per bulannya.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon JCB Precious


6. BNI JCB Ultimate

teks

BNI JCB Ultimate juga merupakan salah satu kartu kredit yang menawarkan airport perks yang menarik karena kartu ini menggandeng JCB sebagai pricipal-nya.

Kartu ini menawarkan 3 jenis airport perks yaitu:

  • Gratis 1 (satu) minuman di Starbucks bandara.

  • Gratis akses ke berbagai airport lounge internasional (JCB Lounge) dan akses ke berbagai airport lounge yang bekerja sama dengan LoungeKey™ sebanyak 8x setahun bagi pemegang kartu. Daftar airport lounge yang bisa diakses dengan LoungeKey bisa dilihat di sini.

    • Gratis 1 donat & 1 minuman di Krispy Kreme Bandara T3 Soekarno-Hatta International Airport untuk penerbangan dengan destinasi internasional.

    Kelebihan airport perks dari kartu kredit ini adalah fitur yang unik dan beragam sedangkan kekurangannya adalah kartu kredit ini tidak menarik digunakan untuk mengumpulkan airline miles kecuali apabila hampir seluruh transaksi Anda adalah transaksi di restoran dengan nominal rata-rata di atas Rp1.000.000 per transaksi.

    7. MegaFirst Visa Infinite

    teks, cuplikan layar, Font, poster, deasin

    Dulunya, kartu kredit MegaFirst Visa Infinite menempati posisi pertama (#1) di list kartu kredit dengan airport perks terbaik di Indonesia namun akibat devaluasi, kartu ini saya taruh di posisi terakhir pada daftar ini.

    Kartu ini menawarkan 3 jenis airport perks yaitu:

    • Akses gratis tidak terbatas untuk pemegang kartu ke berbagai airport lounge di Indonesia. Daftar lounge bandara yang dapat diakses bisa dilihat di sini.

    • Gratis 1 makanan & 1 minuman untuk pemegang kartu di Coffee Bean & Tea Leaf di bandara dengan batasan maximum spend Rp100.000. Daftar Coffee Bean & Tea Leaf bisa dilihat di sini.

    • Akses gratis sebanyak 6x/tahun ke lounge bandara di luar negeri dengan menggunakan Priority Pass bagi pemegang kartu. Untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, terdapat syarat tambahan berupa minimum saldo Rp2.000.000.000 di akun Mega First selama 3 bulan terakhir.

      Kekurangan kartu ini terletak pada fakta bahwa kartu kredit terbitan Bank Mega tidak bisa digunakan untuk mengumpulkan airline miles dan juga lokasi gerai Coffee Bean & Tea Leaf di bandara yang cukup terbatas (hanya ada di 3 kota saja) dibandingkan dengan Starbucks yang memiliki gerai di hampir seluruh bandara di Indonesia.


      Baca juga: Review Kartu Kredit MegaFirst Visa Infinite


      Penutup

      Anda sebaiknya memiliki setidaknya 1 (satu) kartu kredit dengan airport perks yang komprehensif untuk memastikan pengalaman pre-boarding Anda nyaman atau setidaknya tidak membosankan.

      Menariknya, di Indonesia, Anda bisa menumpuk airport perks dari beberapa kartu untuk memperoleh banyak minuman ataupun makanan di Starbucks bandara ataupun memperoleh akses untuk lebih dari 1 (satu) orang di airport lounge.

      makanan, minuman, Sedotan, Minuman non alkoholik, cangkir, Perlengkapan minum, minuman ringan, jus, koktail, Gelas literan, minum, meja, kopi, dalam ruangan
      Manfaatkan fitur Starbucks bandara untuk menghilangkan dahaga Anda di bandara

      Sebagai contoh, apabila saya memiliki kartu kredit DBS Travel Visa Signature (dan memilih opsi 2 makanan), BCA Amex Platinum, dan BNI JCB Ultimate – maka dari satu boarding pass saya bisa mendapatkan 2 makanan dan 3 minuman di Starbucks bandara.

      Dan apabila bandara-nya adalah Soekarno Hatta Terminal 3 dan saya terbang ke destinasi internasional…. maka saya akan mendapatkan lagi ekstra 1 donat dan 1 minuman dari Krispy Kreme.

      Disinilah terkadang saya merasa perlu tes kadar gula darah saya 😉

      Makanan cepat saji, Kudapan ringan, cangkir, Kaleng, makanan, anjing, dalam ruangan, sanggul, Hot Dog, Makanan ringan, kopi
      Manfaatkan fitur gratis Krispy Kreme dari JCB untuk dapat 1 donat dan 1 minuman

      Secara pribadi, untuk fitur airport perks ini saya akan merekomendasikan Anda memiliki kartu kredit DBS Travel Visa Signature atau BCA Amex Platinum atau kartu kredit HSBC Signature/HSBC Premier Mastercard.

      Untuk kartu kredit dengan berbagai airport perks ini, prinsipnya adalah semakin banyak, semakin baik.

      Oleh karena itu, Anda setidaknya harus memiliki salah satu kartu kredit yang disebutkan di atas namun jika Anda bisa memiliki lebih dari satu kartu kredit tersebut, tentunya hal tersebut lebih baik lagi 😉

      Apakah Anda memiliki kartu kredit dengan airport perks yang menarik?
      Share

      45 comments
      1. Suatu Kesenangan tersendiri krn tiap x sy berada di Airport..selalu mendapatkan 4 minuman Tall dr Starbucks…

      2. Dear Edwin
        sepertinya CIMB jcb, visa infinite sudah tidak dapat free starbucks lagi. yang di berikan cuma untuk kartu CIMB preferred dan preferred syariah mulai 1 Apr 2023

      3. Pak Edwin,
        Apa boleh review juga kartu kredit apa yang paling ok di pake di luar negeri atau kurs asing? Karena ini sudah pada mau liburan, bingung mau pake kartu kredit yang mana. Terima kasih Pak Edwin.

      4. Ini dia yg saya tunggu2 informasi bermanfaat terkait benefit airport perks.

        boleh juga dibuatkan thread Kartu kredit terbaik dengan lounge di dalam maupun luar negeri dong min.
        sekalian cara penggunannya. apakah hanya perlu menunjukkan ke resepsionis lounge saja.
        saya awam masih belum paham dan coba.

        1. Setuju, akan sangat membantu.
          Thread Rekapan untuk Lounge-lounge yang tersedia (misalnya di Bandara Soekarno Hatta , Local maupun International) dan kartu kredit/pass apa yg dapat digunakan ke Loungenya.
          Thank you

      5. Sebagai solo traveler kombinasi favorit saya BNI Batik Air World dan BCA Krisflyer Infinite. Kartu BNI untuk minta upgrade ke business class (otomatis dapat akses ke lounge Batik), yang BCA untuk ambil minuman gratis di Starbucks. Dua-duanya bisa didapatkan tanpa prasyarat spending apapun sebelumnya. Plus di kelas bisnis bisa minta dibuatkan lagi kopi hangat sewaktu di udara. Nikmat!

      6. Hello sedikit info dari saya selaku pemegang HSBC mastercard premier dan sudah saya konfirmasi dgn pihak HSBC. Untuk pemegang HSBC Mastercard Premier yang memiliki total saldo di atas 500juta maka tidak dikenakan minimal transaksi untuk menggunakan fasilitas lounge nya. Minimal transaksi hanya dikenakan kepada nasabah yang memiliki total saldo sebesar 0 rupiah (informasi yang saya dapatkan pada tanggal 11 April 2023)

          1. Dear Ko Edwin,

            BNI JCB ULTIMATE Hanya Gratis Starbucks Smpai Bulan Okt 2023 ( Hanya Saat Bulan Launching ), Kemungkinan ini salah satu cara BNI agar Menarik Pelanggan Agar Banyak Pengajuan (Terlebih Ada Tambahan Program Cashback /pun Tiket Pesawat Gratis)

            Saya Barusan Telepon CS Menanyakan Ini, Katanya Hanya Berlaku sampai Okt 2023..

            Nyatanya BNI JCB ULTIMATE Berhasil Membuat Banyak Orang Pengajuan & Berakhir dengan PRANK.

            I Think BNI JCB Ultimate Bukan Kartu Yang Tepat Untuk Dimiliki Karna Menurut Saya Kartu ini Banyak Drama nya… it’s Just My Opinion..

            Thanks ko Edwin.

            1. Masih bisa dapat complementary Starbucks, kok. Saya bulan ini sudah tukar 2x di Semarang dan Halim dengan BNI JCB Ultimate. Sekedar sharing saja.

      7. Halo ko, mau tanya, kalau untuk krispy kreme soekarno hatta, misal 1 nama punya 5 jcb, apa bisa dapat 5 donat + 5 minum?
        Terimakasih

        1. @ Hendry
          Bantu jawab.
          Dari pengalaman hanya bisa 1 kartu saja. Sebelum saya tutup kartu CIMB Niaga JCB Ultimate, saya sudah punya 4 JCB cards dari bank berbeda. Tidak bisa claim complementary semua kartu.

      8. Dragon Pass di Terminal 3 memberi fasilitas set meal di Sate Senayan dan Shaburi Express (sebelum melewati imigrasi), set meal di Burger King, Djournal Cafe dan Pizza Hut (setelah melewati imigrasi). Saya berhasil set meal di Shaburi rasanya nikmat. Berlakunya jam 04.00-21.00. Nilai tambah utk Dragon pass krn di terminal 3 lounge nya sulit.

      9. Untuk airport perks saya pakai kartu…
        1. Domestic lounges
        – Kartu Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga
        2. International lounges
        – Priority Pass: Kartu Mandiri, BRI
        – LoungeKey: Kartu MEGA, JCB
        3. Complementary
        – Starbucks: Kartu BCA, CIMB Niaga
        – CBTL: Kartu MEGA
        – Krispy Kreme: JCB
        – Cafe/Fast food: Kartu Mandiri, BRI

          1. @Answar
            Untuk krt BRI Yg Bisa di pake Di Lounge ,Atau Cafe / Fast Food di T3 Sutta :
            > Debit BRI PRIVAT
            > Debit BRI prioritas
            > CC BRI INFINITE ( Krt Khusus Segment PRIORITAS & PRIVAT )
            > CC BRI WORLD ACCESS MASTERCARD ( Dpt Diajukan Nasabah umum )

            Klu utk Priority Pass [ Jth : 8x / Thn ] : Hanya di dpt NASABAH Prioritas BRI yg AUM nya di atas 13 M & Bagi NASABAH BRI SEGMENT PRIVAT [ Klu ini belum tau brp Kali jth priority pass nya dlm setahun,dikarenakan Saya blom sampai di level Segmen Privat ]

      10. Kl untuk Dragon Pass, kartu kredit DBS Visa Infinite dan Mastercard Black World (bukan yg Black Mastercard World) punya fasilitas frekuensi 12x per tahun. Lebih baik drpd Travel Signature. Sedangkan utk Starbucks sama. To earning rate kalah dibanding Travel Signature.

      11. Pengalaman terakhir saya di starbuck airport, tidak bisa diterima 2 kartu kredit berbeda. Jadi kalau sudah tukar 1 starbuck tall dengan bca platinum, namun ketika saya mau pesan lagi dengan bni batik world, tidak diizinkan karena boarding pass sudah distempel.. padahal saya melakukan pesanan saat itu juga (tidak pesan dulu, minum, lalu pesan lagi). Apa peraturan starbuck sudah berubah?

      12. Terima kasih review nya bener2 terbaik.
        Saya jadi pengen pake HSBC Premiere mastercard, terutama untuk istri si karena warnanya kesukaan dia. Kira2 bisa diajukan oleh umum gak ya? Syaratnya kok saya gak nemu di website nya.

        1. Adi Senpai,

          Pengajuan HSBC Premier Mastercard wajib jadi nasabah Premier HSBC yang mana per 1 Januari 2024 nanti mensyaratkan AUM sebesar 1 Miliar Rupiah.

      13. Edwin
        Saya belum mencoba tukarkan,tapi di website dbs sendiri sudah tidak bisa diakses untuk halaman promo starbucknya.
        saya sudah coba tanya cs , cs sendirimalah bingung. pada awal ditanyakan bilang masih berlaku,waktu saya bilang di web hanya sampai 29 febuari baru cs lihat lagi , lalu hanya bilang belum ada info selanjutnya untuk programnya.
        Mungkin jika ada teman teman yang coba menukarkan starbuck menggunakan dbs bisa di info kan apakah masih bisa atau tidak

      14. Halo Komunitas PP,

        Ada yang punya informasi atau trik mendapatkan CC HSBC? Dari dulu saya coba apply tidak pernah ada follow-up nya, walaupun kartu kredit supporting dengan limit yang tinggi sudah dilampirkan, tetap saja tidak pernah di approve/ tidak ada kabarnya.

        Satu lagi, apply terakhir dari field agent diminta untuk foto selfie dengan ktp dan saya tolak, karena tidak pernah dilakukan bank lain, apakah ini prosedur standar dari HSBC?

        Terima kasih.

        1. Jo,

          Kemungkinan besar karena ‘pekerjaan’ Anda, apakah Anda sudah yakin mencantumkan pekerjaan dengan kemungkinan berhasil/tembus yang tinggi?
          Alternatifnya adalah dengan melalui metode penempatan dana, itu juga kemungkinan besar pasti bisa acc.

          Untuk foto selfie dengan KTP sih saya baru saja dengar…. tapi mungkin itu standar prosedur baru setelah era covid berakhir?

        2. tidak pernah dilakukan bank lain?? kata siapa??
          bni mandiri apply online minta selfie ktp, ntah skarang.

          kalo insecure, anxiety cuma gara2 selfie ktp, mending apply lewat rm noh, nabok duit, don’t rich people difficult laaa

      15. Kalau terbaik se-Indonesia, kenapa BCA World tidak diikutsertakan hu? Kan sama-sama dengan BCA Amex Plat tuk fasilitas Sbux nya?

        1. Barita,

          Karena manfaatnya hanya starbucks 2 minuman saja tapi tidak menawarkan fitur lainnya seperti Priority Pass, Dragon Pass, dan sebagainya sehingga efektif kartunya hanya berguna untuk penerbangan domestik saja.

          Saya akan memprioritaskan kartu kredit yang menawarkan lebih dari 1 airport perks dan terutama yang bisa digunakan di luar negeri juga.

      16. Halo kak edwin mau tanya kalo kita posisi sedang kerja di luar negri tepatnya di korea selatan dan masih belum tau soal kartu kredit dan poin/miles,kartu kredit apa yang cocok untuk pemula seperti saya ini,dan kartu kredit apa yg bisa di apply dari sini mkasih kak

      Tinggalkan Balasan

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.