KrisFlyer, Frequent Flyer Program (FFP) dari Singapore Airlines merupakan salah satu FFP favorit orang Indonesia. Bagaimana tidak, hampir seluruh kartu kredit di Indonesia memiliki opsi penukaran poin kartu kredit menjadi KrisFlyer Miles.

Oleh karena itu, melalui post kali ini saya akan membahas beberapa kartu kredit non-private banking yang layak Anda pertimbangan untuk miliki apabila Anda memang serius mengumpulkan KrisFlyer Miles.

Berikut adalah beberapa rekomendasi saya:


1. BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite

Kartu kredit BCA Singapore Airlines PPS Club adalah kartu kredit spesial dengan pengumpulan KrisFlyer Miles terbaik di Indonesia saat ini dengan tingkat perolehan Rp5.000/KrisFlyer Mile untuk semua jenis transaksi dan juga dilengkapi dengan welcome bonus sebesar 17.500 miles KrisFlyer.

Sayangnya, Anda wajib menjadi anggota PPS Club dari Singapore Airlines untuk bisa mengajukan kartu kredit ini. Status PPS Club sendiri hanya bisa diperoleh dengan membeli tiket penerbangan sebesar SGD 25.000 (~Rp262.500.000) setiap tahunnya di kabin business class atau first class dari Singapore Airlines.

Jadi, kecuali apabila Anda sudah menjadi anggota Singapore Airlines PPS Club atau berencana menjadi salah satu anggotanya, maka kartu kredit ini berada di luar jangkauan Anda.


Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite


2. CIMB Niaga JCB Ultimate

Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate

Setelah devaluasi pada 1 Juni 2020 lalu, kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate kini menjadi kartu kredit reguler dengan pengumpulan KrisFlyer Miles terbaik di Indonesia dengan tingkat perolehan Rp5.000/KrisFlyer Mile untuk transaksi dalam mata uang apapun.

Kartu ini juga dilengkapi dengan spending reward yang sangat menarik (tiket kelas bisnis pulang pergi dari Jakarta CGK ke Tokyo TYO dengan ANA) dan fitur cashback 4% untuk transaksi di Jepang, Taiwan, Tiongkok, dan Korea Selatan.

Selain kartu ini, CIMB Niaga Visa Infinite dan CIMB Niaga Mastercard World juga memiliki tingkat perolehan (earning rate) yang sama walaupun kedua kartu tersebut tidak lagi diterbitkan oleh CIMB Niaga.


Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga JCB Ultimate


3. BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite adalah kartu kredit co-branding antara Bank Central Asia (BCA) dengan Singapore Airlines (SQ) yang dikhususkan untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles.

Kelebihan kartu ini terletak pada earning rate yang cukup bagus, welcome bonus sebesar 12.500 KrisFlyer Miles, dan airport perks berupa gratis 1 minuman di Starbucks bandara. Selain itu, kartu ini juga cenderung mudah diperoleh dengan limit minimum yang tidak terlalu tinggi yaitu hanya Rp30.000.000.

Dengan memperhitungkan spending bonus, maka kartu kredit ini memiliki tingkat perolehan Rp5.714 ~ 8.080/KrisFlyer Mile. Perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Perolehan normal: Rp8.000/Krisflyer Mile
  • Spending bonus:
    • Bonus 1.000 KrisFlyer Miles untuk transaksi Rp20.000.000 – Rp49.999.999 dalam 1 lembar tagihan
    • Bonus 2.000 KrisFlyer Miles untuk transaksi ≥Rp50.000.000 dalam 1 lembar tagihan

Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite


4. Danamon World Elite

Danamon World Elite adalah kartu kredit top-tier dari Bank Danamon dengan limit minimum Rp200.000.000 yang juga direkomendasikan untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles. Kartu ini memiliki tingkat perolehan Rp6.250/KrisFlyer Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp4.167/KrisFlyer Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Hanya saja, annual fee sebesar Rp6.000.000 dari kartu ini saya rasa kurang sebanding dengan benefit yang didapat seperti airport perks dan sebagainya meskipun konon katanya bisa digratiskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon World Elite


5. Danamon American Express Platinum

Danamon American Express Platinum adalah kartu kredit terbitan Bank Danamon yang bekerja sama dengan American Express (Amex) yang memiliki tingkat perolehan Rp6.250/KrisFlyer Mile.

Kelebihan kartu ini terletak pada konvertibilitas-nya yang cukup unik di Indonesia. Kartu ini beserta dengan kartu Danamon American Express Gold merupakan satu-satunya kartu yang bisa mengkonversikan poin kartu kredit menjadi poin Marriott Bonvoy.

Nantinya, poin Marriott Bonvoy bisa Anda tukarkan lagi menjadi airline miles di program yang sulit diakses melalui kartu kredit Indonesia seperti Alaska Mileage Plan ataupun American Airlines AAdvantage. Kartu ini juga terkadang mengadakan promo points multiplier yang cukup menarik.

Sayangnya, sama seperti Danamon World Elite, Anda harus menjadi nasabah prioritas Danamon untuk bisa mengajukan kartu kredit ini dan konon katanya iuran tahunan tidak bisa digratiskan melainkan harus potong poin. Informasi terakhir, Anda harus melakukan penempatan dana sebesar 5 miliar Rupiah sebagai salah satu syarat pengajuan kartu ini.


Baca juga: Review Kartu Danamon American Express Platinum


6. Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite

Setelah perubahan perolehan poin pada 1 November 2021, Maybank Visa Infinite menjadi salah satu kartu kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk miliki untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat.

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/KrisFlyer Mile dan welcome bonus yang cukup menarik yaitu MAP Club Points hingga 2.000.000 poin, kartu ini termasuk salah satu kartu kredit yang layak Anda miliki apapun airline miles incaran Anda.

Sekedar informasi saja, selain bisa ditukarkan dengan KrisFlyer Miles, poin kartu ini dapat ditukarkan juga ke GarudaMiles ,Asia Miles, dan Malaysia Airlines Enrich Miles.


Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank Visa Infinite


7. Citi Prestige

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/KrisFlyer Mile (efektif Rp6.520/KrisFlyer Mile jika Anda adalah nasabah Citigold) dan welcome bonus setara 30.000 airline miles, kartu kredit Citi Prestige juga merupakan salah satu kartu kredit unggulan untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles.

Sayangnya, kartu kredit ini cukup sulit didapatkan dengan limit minimum Rp100.000.000 dan memiliki iuran tahunan sebesar Rp3.500.000 yang tidak bisa dihapuskan namun masih sebanding dengan fitur luxury airport transfer yang Anda peroleh.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


8. BCA American Express Platinum

Kartu BCA American Express (Amex) Platinum adalah satu-satunya kartu dari BCA yang bekerja sama dengan American Express (Amex) dan ditujukukan untuk nasabah prioritas BCA.

Walaupun ‘hanya’ memiliki tingkat perolehan Rp7.500/KrisFlyer Mile, kartu terbitan Amex di Indonesia (terutama BCA) cukup sering mengadakan promosi points multiplier yang atraktif sehingga sangat layak untuk dimiliki jika Anda merupakan pengguna kartu kredit yang oportunis.

Apabila Anda memang berminat untuk mengajukan kartu ini, saya menyarankan Anda untuk mengajukan ketika mereka sedang mengadakan promo welcome bonus.


Baca juga: Review Kartu BCA American Express Platinum


9. DBS Travel Signature

Dengan tingkat perolehan Rp8.000/KrisFlyer Mile untuk transaksi di dalam negeri dan Rp5.000/KrisFlyer Mile untuk transaksi di luar negeri, kartu top-tier dari Bank DBS Indonesia ini juga layak Anda pertimbangkan untuk miliki untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat.

Kartu ini memiliki kelebihan berupa welcome bonus setara 3.000 airline miles, poin yang berlaku selamanya, dan airport perks yang menarik. Hanya saja, satu-satunya kekurangan utama dari kartu kredit ini adalah terkadang iuran tahunannya sulit untuk dihapuskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature


10. Citi PremierMiles

Walaupun posisinya di bawah Citi Prestige, Citi PremierMiles tetap merupakan salah satu kartu kredit yang layak dipertimbangkan untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan earning rate sebesar Rp8.750/KrisFlyer Mile untuk transaksi dalam negeri dan Rp5.000/KrisFlyer Mile untuk transaksi di luar negeri pada merchant tertentu.

Daya tarik kartu ini adalah rekanan transfer yang sangat banyak, poin yang berlaku selamanya, dan promosi multiplier poin yang cukup sering diadakan.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi PremierMiles


Penutup

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara termudah dalam mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat tanpa harus terbang sama sekali.

Mengingat banyaknya kartu kredit yang bekerjasama dengan frequent flyer program dari Singapore Airlines ini, maka Anda harus bijaksana dalam memilih kartu kredit yang benar-benar tepat untuk Anda

Untuk saat ini, saya secara pribadi merekomendasikan kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat.

Saya juga merekomendasikan kartu kredit HSBC Visa Signature ataupun HSBC Premier MasterCard jika Anda ingin mengambil welcome bonus masing-masing kartu setara 30.000 KrisFlyer Miles.

Nominal tersebut cukup besar untuk welcome bonus dan bisa Anda langsung gunakan untuk terbang di First Class Singapore Airlines rute Jakarta – Singapura (27.500 KrisFlyer Miles). Jika Anda mengajukan keduanya, maka Anda bisa menggunakan miles yang terkumpul untuk terbang First Class Singapore Airlines rute Jakarta – Singapura – Shanghai (53.000 KrisFlyer Miles).

.

Apakah Anda tertarik untuk mengakumulasikan KrisFlyer Miles melalui kartu kredit?