Singapore Airlines First Class Suites

10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan KrisFlyer Miles

KrisFlyer, Frequent Flyer Program (FFP) dari Singapore Airlines merupakan salah satu FFP favorit orang Indonesia. Bagaimana tidak, hampir seluruh kartu kredit di Indonesia memiliki opsi penukaran poin kartu kredit menjadi KrisFlyer Miles.

Oleh karena itu, melalui post kali ini saya akan membahas beberapa kartu kredit non-private banking yang layak Anda pertimbangan untuk miliki apabila Anda memang serius mengumpulkan KrisFlyer Miles.

Berikut adalah beberapa rekomendasi saya:


1. BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite

Kartu kredit BCA Singapore Airlines PPS Club adalah kartu kredit spesial dengan pengumpulan KrisFlyer Miles terbaik di Indonesia saat ini dengan tingkat perolehan Rp5.000/KrisFlyer Mile untuk semua jenis transaksi dan juga dilengkapi dengan welcome bonus sebesar 17.500 miles KrisFlyer.

Sayangnya, Anda wajib menjadi anggota PPS Club dari Singapore Airlines untuk bisa mengajukan kartu kredit ini. Status PPS Club sendiri hanya bisa diperoleh dengan membeli tiket penerbangan sebesar SGD 25.000 (~Rp262.500.000) setiap tahunnya di kabin business class atau first class dari Singapore Airlines.

Jadi, kecuali apabila Anda sudah menjadi anggota Singapore Airlines PPS Club atau berencana menjadi salah satu anggotanya, maka kartu kredit ini berada di luar jangkauan Anda.


2. CIMB Niaga JCB Ultimate

Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate

Setelah devaluasi pada 1 Juni 2020 lalu, kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate kini menjadi kartu kredit reguler dengan pengumpulan KrisFlyer Miles terbaik di Indonesia dengan tingkat perolehan Rp5.000/KrisFlyer Mile untuk transaksi dalam mata uang apapun.

Kartu ini juga dilengkapi dengan spending reward yang sangat menarik (tiket kelas bisnis pulang pergi dari Jakarta CGK ke Tokyo TYO dengan ANA) dan fitur cashback 4% untuk transaksi di Jepang, Taiwan, Tiongkok, dan Korea Selatan.

Selain kartu ini, CIMB Niaga Visa Infinite dan CIMB Niaga Mastercard World juga memiliki tingkat perolehan (earning rate) yang sama walaupun kedua kartu tersebut tidak lagi diterbitkan oleh CIMB Niaga.


Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga JCB Ultimate


3. BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite adalah kartu kredit co-branding antara Bank Central Asia (BCA) dengan Singapore Airlines (SQ) yang dikhususkan untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles.

Kelebihan kartu ini terletak pada earning rate yang cukup bagus, welcome bonus sebesar 12.500 KrisFlyer Miles, dan airport perks berupa gratis 1 minuman di Starbucks bandara. Selain itu, kartu ini juga cenderung mudah diperoleh dengan limit minimum yang tidak terlalu tinggi yaitu hanya Rp30.000.000.

Dengan memperhitungkan spending bonus, maka kartu kredit ini memiliki tingkat perolehan Rp5.714 ~ 8.080/KrisFlyer Mile. Perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Perolehan normal: Rp8.000/Krisflyer Mile
  • Spending bonus:
    • Bonus 1.000 KrisFlyer Miles untuk transaksi Rp20.000.000 – Rp49.999.999 dalam 1 lembar tagihan
    • Bonus 2.000 KrisFlyer Miles untuk transaksi ≥Rp50.000.000 dalam 1 lembar tagihan

Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite


4. Danamon World Elite

Danamon World Elite adalah kartu kredit top-tier dari Bank Danamon dengan limit minimum Rp200.000.000 yang juga direkomendasikan untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles. Kartu ini memiliki tingkat perolehan Rp6.250/KrisFlyer Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp4.167/KrisFlyer Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Hanya saja, annual fee sebesar Rp6.000.000 dari kartu ini saya rasa kurang sebanding dengan benefit yang didapat seperti airport perks dan sebagainya meskipun konon katanya bisa digratiskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon World Elite


5. Danamon American Express Platinum

Danamon American Express Platinum adalah kartu kredit terbitan Bank Danamon yang bekerja sama dengan American Express (Amex) yang memiliki tingkat perolehan Rp6.250/KrisFlyer Mile.

Kelebihan kartu ini terletak pada konvertibilitas-nya yang cukup unik di Indonesia. Kartu ini beserta dengan kartu Danamon American Express Gold merupakan satu-satunya kartu yang bisa mengkonversikan poin kartu kredit menjadi poin Marriott Bonvoy.

Nantinya, poin Marriott Bonvoy bisa Anda tukarkan lagi menjadi airline miles di program yang sulit diakses melalui kartu kredit Indonesia seperti Alaska Mileage Plan ataupun American Airlines AAdvantage. Kartu ini juga terkadang mengadakan promo points multiplier yang cukup menarik.

Sayangnya, sama seperti Danamon World Elite, Anda harus menjadi nasabah prioritas Danamon untuk bisa mengajukan kartu kredit ini dan konon katanya iuran tahunan tidak bisa digratiskan melainkan harus potong poin. Informasi terakhir, Anda harus melakukan penempatan dana sebesar 5 miliar Rupiah sebagai salah satu syarat pengajuan kartu ini.


Baca juga: Review Kartu Danamon American Express Platinum


6. Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite

Setelah perubahan perolehan poin pada 1 November 2021, Maybank Visa Infinite menjadi salah satu kartu kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk miliki untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat.

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/KrisFlyer Mile dan welcome bonus yang cukup menarik yaitu MAP Club Points hingga 2.000.000 poin, kartu ini termasuk salah satu kartu kredit yang layak Anda miliki apapun airline miles incaran Anda.

Sekedar informasi saja, selain bisa ditukarkan dengan KrisFlyer Miles, poin kartu ini dapat ditukarkan juga ke GarudaMiles ,Asia Miles, dan Malaysia Airlines Enrich Miles.


Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank Visa Infinite


7. Citi Prestige

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/KrisFlyer Mile (efektif Rp6.520/KrisFlyer Mile jika Anda adalah nasabah Citigold) dan welcome bonus setara 30.000 airline miles, kartu kredit Citi Prestige juga merupakan salah satu kartu kredit unggulan untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles.

Sayangnya, kartu kredit ini cukup sulit didapatkan dengan limit minimum Rp100.000.000 dan memiliki iuran tahunan sebesar Rp3.500.000 yang tidak bisa dihapuskan namun masih sebanding dengan fitur luxury airport transfer yang Anda peroleh.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


8. BCA American Express Platinum

Kartu BCA American Express (Amex) Platinum adalah satu-satunya kartu dari BCA yang bekerja sama dengan American Express (Amex) dan ditujukukan untuk nasabah prioritas BCA.

Walaupun ‘hanya’ memiliki tingkat perolehan Rp7.500/KrisFlyer Mile, kartu terbitan Amex di Indonesia (terutama BCA) cukup sering mengadakan promosi points multiplier yang atraktif sehingga sangat layak untuk dimiliki jika Anda merupakan pengguna kartu kredit yang oportunis.

Apabila Anda memang berminat untuk mengajukan kartu ini, saya menyarankan Anda untuk mengajukan ketika mereka sedang mengadakan promo welcome bonus.


Baca juga: Review Kartu BCA American Express Platinum


9. DBS Travel Signature

Dengan tingkat perolehan Rp8.000/KrisFlyer Mile untuk transaksi di dalam negeri dan Rp5.000/KrisFlyer Mile untuk transaksi di luar negeri, kartu top-tier dari Bank DBS Indonesia ini juga layak Anda pertimbangkan untuk miliki untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat.

Kartu ini memiliki kelebihan berupa welcome bonus setara 3.000 airline miles, poin yang berlaku selamanya, dan airport perks yang menarik. Hanya saja, satu-satunya kekurangan utama dari kartu kredit ini adalah terkadang iuran tahunannya sulit untuk dihapuskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature


10. Citi PremierMiles

Walaupun posisinya di bawah Citi Prestige, Citi PremierMiles tetap merupakan salah satu kartu kredit yang layak dipertimbangkan untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan earning rate sebesar Rp8.750/KrisFlyer Mile untuk transaksi dalam negeri dan Rp5.000/KrisFlyer Mile untuk transaksi di luar negeri pada merchant tertentu.

Daya tarik kartu ini adalah rekanan transfer yang sangat banyak, poin yang berlaku selamanya, dan promosi multiplier poin yang cukup sering diadakan.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi PremierMiles


Penutup

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara termudah dalam mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat tanpa harus terbang sama sekali.

Mengingat banyaknya kartu kredit yang bekerjasama dengan frequent flyer program dari Singapore Airlines ini, maka Anda harus bijaksana dalam memilih kartu kredit yang benar-benar tepat untuk Anda

Untuk saat ini, saya secara pribadi merekomendasikan kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat.

Saya juga merekomendasikan kartu kredit HSBC Visa Signature ataupun HSBC Premier MasterCard jika Anda ingin mengambil welcome bonus masing-masing kartu setara 30.000 KrisFlyer Miles.

Nominal tersebut cukup besar untuk welcome bonus dan bisa Anda langsung gunakan untuk terbang di First Class Singapore Airlines rute Jakarta – Singapura (27.500 KrisFlyer Miles). Jika Anda mengajukan keduanya, maka Anda bisa menggunakan miles yang terkumpul untuk terbang First Class Singapore Airlines rute Jakarta – Singapura – Shanghai (53.000 KrisFlyer Miles).

.

Apakah Anda tertarik untuk mengakumulasikan KrisFlyer Miles melalui kartu kredit? 

Share

80 comments
  1. Hi Ko,

    Fyi,
    Untuk bca infinite nya, hanya yg pps yg bisa claim 2 minuman sbuck.
    kalau hanya infinite biasa, bisa claim 1 saja.

    1. Kok kartu Standard Chartered Worldmiles tidak dimasukkan? Padahal perolehan miles nya lebih bagus daripada beberapa kartu lain yang masuk dalam list
      Domestik 1miles = Rp7500
      International 1 miles = Rp3750

      Kartu Digibank DBS Travel juga 1 miles = Rp8000 utk transaksi domestik

      1. Halo Globetrotter,

        Anda mungkin tidak tahu, tapi kartu kredit Standard Chartered WorldMiles sudah mengalami devaluasi sejak sekitar 1-2 tahun lalu. Berikut referensi perolehan miles terbarunya: https://www.sc.com/id/worldmiles/ . Sekarang, kartu kredit tersebut memiliki earning rate 10.000 = 1 miles (domestik) dan 5.000 = 1 miles (internasional) sehingga tidak masuk dalam list.

        Untuk kartu kredit DBS Travel Signature juga tidak masuk list karena walaupun memiliki earning rate yang sama dengan kartu kredit UOB PRVI Miles untuk transaksi domestik (8.000 Rupiah = 1 KF Miles), kartu tersebut memiliki earning rate internasional yang lebih buruk dibanding UOB PRVI Miles (5.000 vs 4.000). Kartu kredit tersebut juga memiliki welcome bonus yang lebih kecil (3.000 vs 4.500) dan juga memiliki limit awal yang lebih besar sehingga lebih sulit diperoleh 🙂 .

        1. Teddy,

          Limit awal itu limit paling sedikit yang diberikan bank untuk kartu kredit tersebut. Sebagai contoh, jika Anda ingin kartu kredit UOB PRIVI Miles, maka Anda harus menaikkan limit kartu kredit UOB Anda yang dibawah PRIVI Miles hingga 30 juta sebelum bisa upgrade menjadi kartu tersebut. Hampir seluruh bank memiliki skema seperti ini.

    2. Halo Fido,

      Terima kasih atas koreksinya 🙂 , saya salah memasukkan jumlah minuman gratis starbucks menggunakan kartu kredit BCA SQ Visa Infinite.

        1. David,

          Sepengetahuan saya kartu kredit SQ Visa Infinite sekalipun hanya memperoleh 1 minuman di starbucks bandara. Banyak dari pembaca PinterPoin juga mengatakan hal yang serupa namun apabila saya salah, mohon dikoreksi 😉

    3. selain pps amex bca juga bisa 2 minuman, saya memiliki 4 kartu amex bca, 1 utama dan 3 tambahan, per kartu bisa menukar 2 minuman bersamaan di sbuck. jadi total bisa 8 gelas per kedatangan,

      dan peraturan baru kerjasama bca sbucks skrg nama yang sama beda kartu tidak bisa diclaim bersamaan,
      contoh, bca visa infinite kris flyer , bca batik, nama yg sama tidak bisa dobel dobel

      update terbaru yg sy ketahui
      thanks

      1. Fendy,

        Benar, sekarang Starbucks & pihak bank menerapkan kebijakan baru seperti itu. Tetapi terkadang beberapa karyawan akan mengijinkan Anda untuk mengklaim lebih dari 1 minuman/makanan.

  2. Tambahan. kalau tidak salah selain cimb visa infinite dapat 5000 dpt 1 miles KF, kartu kredit cimb yg lain yaitu type cimb world dan cimb accor juga bisa ditukar dgn KF 5000 dpt 1 miles.
    Jd kalau yg accor lumayan kalau mau tuker miles bisa, atau poin hotel grup accor jg bs.

    1. Halo Ele,

      Alasan saya tidak memasukkan kartu kredit CIMB Niaga World Mastercard adalah karena kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite sudah mewakiliki kartu kredit terbaik dari CIMB niaga untuk pengumpulan KrisFlyer miles. Saya berusaha untuk menambah alternatif bank penerbit kartu kredit lain diantara 5 kartu kredit pilihan tersebut.

      1. bro, noted… and after read this, sy lihat artikel lain ttg perbedaan2 kartu dan plus minus semua kartu cimb.
        Sangat membantu dan informatif…
        Salut buat Pinterpoin

  3. Kalau di liat dari perhitungan teliti di article ini tentang BCA SQ infinite, Ternyata earning rate nya lumayan ya. Sayang tidak ada benefit lain yg mendukung.

  4. Very nice and informative article! Ditunggu untuk article lainnya untuk miles dari airlines lainnya Bro Edwin. Terutama untuk yang Amex dari Amerika seperti Chase, dll.

    1. Saya penggunna BCA visa infinite krisflyer yang udah free terbang ke singapore dari miles berulang kali dan ke jepang

  5. Kalau kartu kredit yang ratenya bagus untuk dipake diluar negri ada ngak? (dan ngak kena overseas fee gt)

    thank you

    1. Halo Ron,

      Sepengetahuan saya, untuk kartu kredit yang memiliki rate SANGAT bagus di luar negeri adalah kartu BCA Amex, diikuti dengan kartu kredit World MasterCard dari CIMB Niaga.
      Hampir seluruh kartu kredit di Indonesia tidak mengenakan biaya transaksi di luar negeri (overseas fee), hanya saja bank mengambil untung dari selisih kurs yang ada dan biasanya selisihnya cukup besar 🙂

      Alternatifnya, Anda bisa menggunakan kartu debit yang mana biasanya kurs-nya cukup bersahabat apabila digunakan di luar negeri.

      1. Halo bro edwin,

        Bagaimana perbandingan rate kurs luar negeri utk cc UOB privimiles dan Digibank DBS Travel? Apakah bro edwin punya pengalaman utk cc kartu tsb? Karena saya pernah pakai cc citi premier miles utk transaksi luar negeri ratenya sangatlah tinggi..thanks.

        1. Edmund,

          Saya baru saja menggunakan kedua kartu kredit tersebut untuk transaksi dalam mata uang asing, dan kartu kredit UOB PRIVI Miles sedikit lebih baik dalam hal kurs dibanding dengan Digibank Travel Signature.

  6. Annual fee dari kartu kredit ini sendiri relatif mudah dihapuskan kecuali apabila Anda melakukan upgrade dari kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Signature.

    Ini benar sekali karena saya sudah coba berkali-kali untuk pengajuan penghapusan setelah saya upgrade dari Signature ke Infinite. Padahal pemakaian sudah ratusan juta…

    1. Faizal,

      Seharusnya masuk namun posisi kartu kredit ‘Citi’ sudah lebih diwakili oleh kartu kredit yang lebih baik yakni Citi Prestige dengan rate 7.500 dan bonus setara 30.000 KF Miles.

  7. Untuk kartu co-branding Krisflyer selain BCA SQ Visa Signa apakah ada yg lain pilihannya?

    Dari pilihan-pilihan di pertanyaan sebelumnya, yg mana yg lebih besar benefit welcome bonusnya. Karena saya baru akan memulai utk daftar keanggotaan Krisflyer miles.

    Thank you PinterPoin.

    1. Khaleesi,

      Untuk saat ini, KrisFlyer hanya memiliki kartu kredit co-branding di Indonesia dengan Bank BCA. Oleh karena itu, pilihan Anda terbatas pada BCA SQ Visa Signature, BCA SQ Visa Infinite, dan BCA SQ PPS Club. Saya sendiri menyarankan Anda mendapat kartu kredit BCA SQ Visa Infinite 🙂 alih-alih BCA SQ Visa Signature.

      Untuk kartu kredit dengan welcome bonus terbesar, saya menyarankan kartu kredit HSBC Visa Signature dan kartu kredit Citi Premier Miles.

  8. Kartu kredit apa kurs paling murah ya bro?
    Saya sudah punya amex
    Apakah ada kartu kredit visa / master yang setara bagus dengan amex ?

    1. Roger,

      Kartu kredit terbitan Amex adalah kartu kredit dengan kurs paling murah ketika digunakan di luar negeri 🙂

      Sepengetahuan saya, tidak ada kartu kredit visa ataupun master yang bisa bersaing dengan amex dalam hal kurs transaksi di luar negeri.

  9. apakah ada tips untuk memperoleh BCA SQ signa? Karena saya udah punya Citibank PM dengan limit 52jt, ternyata ditolak oleh BCA.

    1. Khalesi,

      BCA memang terkenal ketat dalam hal pengajuan kartu kredit ataupun kenaikan limit. Saran saya sih ada baiknya Anda memiliki tabungan/deposito di BCA dalam jumlah yang cukup besar yang mana katanya bisa mempermudah persetujuan pengajuan kartu kredit 🙂

  10. Mas etwin,
    Sa ya ingin bertanya mengenai masa berlaku poin SQ di BVA SO infinite, UOBpVImile dan HSBC Visa Signature berapa lama ya?
    Terima kasih

    1. Putra,

      SQ Infinite -> 3 tahun karena langsung didebet masuk akun KrisFlyer
      UOB PRIVI Miles -> 2 + 3 tahun, 2 tahun di UOB dan 3 tahun ketika masuk KrisFlyer
      HSBC Visa Signature -> 1 + 3 tahun, 1 tahun di HSBC dan 3 tahun ketika masuk krisflyer

  11. Saran saya bisa tambahkan DBS Travel Signature dengan pembelanjaan 8.000 = 1 KF untuk traksaksi domestik dan 5.000 = 1KF untuk transaksi mata uang asing.

  12. Saya sudah beberapa minggu dapat kartu cimb jcb ultimate.. tapi sampai saat ini belum ada tagihan AF.. apakah memang demikian?

  13. Pak Edwin, saya baru saja mendapatkan kartu kredit BCA Visa Infinite, yang mana sebelumnya saya menggunakan BCA Visa Signature. Apakah welcome bonus nya mutlak tidak dapat? Karena setiap saya telp pihak HaloBCA, mereka mengatakan akan mendapatkannya.
    Dan kira2 kartu kredit apalagi yang sangat gampang utk peroleh KF Miles dengan kurs valas yang sangat murah? Terima Kasih

    1. Saya dapat selama bebrapa bulan dan per bulan 1000 poin KF miles. Setelah upgrade Signature BCA ke infinite KF.

        1. Irfan,

          Bantu jawab – Mutlak tidak dapat.

          Saya sendiri juga pemegang kartu kredit BCA Signature yang melakukan upgrade ke Visa Infinite dan welcome bonus tidak saya dapat. Welcome bonus hanya diberikan untuk nasabah baru dan bukan untuk nasabah yang melakukan upgrade kartu.

  14. halo edwin, jika harus memilih spending antara cimb jcb dan cimb visa inf reg lebih better mana untuk saat ini?
    mungkinkah cimb visa inf reg akan mengalami devaluasi, apalagi sudah tidak bisa pengajuan baru.
    poin XTRA apakah sebaiknya ditukarkan segera atau kita wait and see?

    terima kasih

    1. Fernando,

      JCB Ultimate lebih baik karena biaya penukaran miles lebih kecil dibandingkan dengan biaya penukaran miles di kartu visa infinite dengan earning rate yang sama persis yaitu 5.000 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles.
      Tidak ada info apakah CIMB Visa Infinite akan mengalami devaluasi, tapi kelihatannya hampir tidak mungkin. Jika iya, maka tentunya akan baik untuk tukar poin KF dibanding wait and see

      1. Malam ko,
        Kebetulan saya nubie, baru dpt bca signature 3 minggu, pas minggu ke 2 lgsg dpt penambahan limit.

        Bgm cara bs upgrade ke infinate yah ko, apakah ada syarat nya atau harus tunggu brp lama. Karena saya memakaian lumayan aktif dan lgsg bayarkan setiap transaksi. Jd merasa sayang 10000:1 miles dan kl dpt infinite 8000:1 miles. Dan lumayan juga ada transaksi online ke LN 🙁

        1. Fernando,

          Satu-satunya syarat upgrade dari BCA SQ Visa Signature menjadi BCA SQ Visa Infinite adalah Anda harus memiliki limit setidaknya 30 juta Rupiah di kartu tersebut. Kemudian Anda bisa ajukan ke pihak Halo BCA untuk melakukan proses upgrade kartu.

  15. pak vincent ,
    apakah kalau saya transaksi di e comerse ( tokopedia , shopped , bukalapak ) pakai kartu kredit BCA krisflyer infinite juga bisa dapat point miles ?

  16. Hi Edwin,

    Saya mau apply kartu credit CIMB Niaga World MasterCard ( karena CIMB visa infinite tidak ada )
    Saya memiliki usaha kecil sehingga belum ada siup/ tdp/ akta pendirian
    Apakah saya bisa apply atau pasti ditolak karena dokumen tidak ada tentang usaha ?

    Tolong beri saran.
    Terima kasih

      1. Bagaimana dengan nomor telp kantor ?
        Karena saya memiliki nomor telp dan kenalan yang ada nomor telp

        Tolong bantu beri saran

        1. Irwan,

          Nomor telepon kantor harus menggunakan fixed line. Masukkan saja nomor telepon perusahaan tempat Anda bekerja. Jujur saya sedikit tidak mengerti pertanyaan Anda sih.

      2. Apakah bapak ada kenalan yang bisa bantu untuk digunakan nomor telp nya dan bantu pengajuan cc ?
        Saya bersedia membayar

        Terima kasih

        1. Irwan,

          Kebetulan tidak ada. Dan semisal ada-pun saya hanya bisa membantu yang berdomisili di daerah Surabaya. Tetapi, saya memiliki marketing sakti (marsak) yang mungkin bisa membantu jika Anda memang juga domisili di Surabaya.

  17. Hi Edwin,
    untuk perolehan krisflyer miles kartu kredit CIMB Niaga, adakah perbedaan untuk preferred visa infinite dengan JCB ultimate /world mastercard? which one is the best?

    Thanks!

    1. Dewi,

      ada perbedaan, artikel mengenai ini akan segera terbit dalam beberapa hari kedepan. Tapi secara singkat bisa saya jawab bahwa kartu kredit terbaik untuk pengumpulan KF Miles di CIMB Niaga saat ini adalah JCB Ultimate.

  18. Halo, saya baru saja selesai membaca artikel ini. Dan ada hal yang ingin saya tanyakan:
    Sekarang saya memiliki Kartu Kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature, dan saya ingin untuk upgrade/ganti ke BCA Singapore Airlines Visa Infinite.
    Kalau saya Upgrade, berarti tidak mendapatkan bonus welcome point ya?
    Kalau saya ganti baru, apakah bonus welcome point tersebut akan saya dapatkan?
    Kemudian kalau ganti baru, apakah poin/mileage yang saya dapatkan, bisa masuk ke membership Krisflyer saya yang lama?
    Jika tidak bisa, apakah bisa melakukan transfer poin/mileage dari membership krisflyer saya yang baru ke yang lama?

    Terimakasih banyak atas artikel yang sangat bagus ini. Semoga Edwin Bersedia menjawab.

    1. Geo,

      Jika Anda upgrade jenis kartu kredit BCA Singapore Airlines tidak akan memperoleh welcome bonus lagi. Welcome bonus hanya berlaku untuk nasabah baru pemegang kartu kredit BCA Singapore Airlines.
      Jika Anda ganti baru sekalipun tetap tidak akan dapat welcome bonus.

      Jika ganti baru, (dari signature ke infinite) nomornya sebaiknya samakan dengan nomor KF lama Anda agar tidak terjadi masalah apapun di masa depan.
      Dan untuk transfer poin dari KF lama ke baru tentunya bisa tapi agak rumit dan Anda harus mengurusnya ke kantor Singapore Airlines terdekat di kota Anda. saya sarankan Anda mengurus KF lama saja jika memang tidak bisa log in atau terdapat masalah.

  19. Pak Edwin,

    Antara Citi Premier Miles dibandingkan dengan CIMB Mastercard ALL, sebenernya lebih optimal mana ya untuk keuntungan poin/miles nya? (Condong ke Krisflyer)

    Terima kasih.

  20. maaf sy pengguna baru krisfler bca cm sy mau mengatuhi expired miles sy dimana dan bagaimana caranya ya
    mohon bantuannya

    1. Billy,

      Silahkan menghubungi/mendatangi kantor Singapore Airlines di kota Anda dan menanyakan perihal expired miles tersebut. Alternatifnya, Anda bisa mengecek di akun KrisFlyer Anda.

  21. Kalau boleh tau, transaksi dengan mata uang asing kurs terbaiknya dengan bank apa ya? Apakah ada website untuk pengecek perbandingannya?

    1. Yosua,

      Terbaik untuk USD adalah BCA Amex Platinum. Website untuk mengecek perbandingan tidak ada karena setiap bank bebas bisa menentukan extra charge untuk transaksi mata uang asing sendiri-sendiri sehingga tidak ada perbandingan baku.
      Tapi untuk sekedar referensi, Anda bisa mengecek base rate transaksi mata uang asing di kartu kredit di visa.com

  22. Hai ko Edwin,
    aku selama ini sudah pakai CC BCA infinite, kalau skrg aku mau mengumpulkan miles dari CIMB JCB, apakah pada saat penukaran poin ke miles bisa masuk ke akun krisflyer yg sama dg yg di cc BCA aku / tidak ya?
    terima kasih.

    1. Halo Monica,

      Bisa. Anda bisa mengakumulasikan poin kartu kredit di tempat lain lalu memasukkannya di akun KrisFlyer Anda (yang tertera di kartu kredit BCA Singapore Airlines).

  23. Halo team PinterPoin. Mau minta rekomendasi CC yg ttp dapat reward atau KF miles walaupun transaksinya berupa cicilan. Terima kasih sebelumnya ya

    1. Julianti,

      BCA Singapore Airlines Visa Infinite dan UOB PRIVI Miles bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan Krisflyer dengan cepat sembari mengubah salah satu atau seluruh transaksi menjadi cicilan.

  24. Halo pak Edwin
    saya mau tanya kalau redeem SQ award different class buat anak2 bisa tidak? only children
    misalnya ortu 2 org business, anak2 2 eco
    tapi sistim reservasi SQ, harus pilih 1 adult minimal. tidak bisa just children
    bagaimana lewatin sistim ini?

    1. Declan,

      Solusi paling praktis adalah dengan datang ke kantor SQ atau dengan menghubungi pihak SQ. Alternatifnya, Anda bisa selalu membuat pemesanan 4 dewasa, itu tidak masalah karena miles yang dibutuhkan Anak dengan Dewasa sama.

      1. Hallo PP

        Saya cukup curious mengapa CIMB Niaga Visa Infinite tidak masuk ke dalam list ya? Bukan kah setau saya rate nya itu di Rp 5000 / miles?

        Saya saat ini ingin apply ke CIMB, tertarik dengan Visa Infinite dan juga JCB Ultimate, jika menurut Anda lebih mudah apply Visa Infinite atau JCb Ultimate ya dengan anggapan sudah ada portfolio BCA SQ Infinite dan Citi PM, mohon bantuannya.

        Terima kasih!

  25. Halo bro Edwin.
    Saya follower setia pinterpoin. Bisa tlg minta nomor marketing sakti yg di sby? Sy domisili Sby. Mgk bs di DM lwt ig? Spy tdk publish dsini. Sdh sy DM di ig pinterpoin
    Makasi bnyk bantuannya

  26. Halo Ko Edwin,
    Ko barusan gw nelpon HaloBCA, mau updrade dari CC BCA KF Signature ke KF Infinite katanya lagi di hold semenjak tanggal 15 Agustus 2022, jadi gaada yang di app, apa Ko Edwin dan pembaca Pinter Poin ngalamin hal yang sama?

    1. Saya minta upgrade di Agustus dan terima kartu di bulan yang sama. Sudah pakai kartu yang dengan chip juga.

  27. malam saya mau menanyakan apakah benar sekarang konversi jcb ultimate berubah dari 5000 rupiah ke 1 krisflyer menjadi 7500 rupiah ke 1 krisflyer? menurut contact center sekarang per penukaran 3000 point xtra jcb ultimate hanya mendapatkan 223 krisflyer.
    sedangkan
    utk kartu world per 3000 point xtra mendapatkan 1000 krisflyer
    dan untuk kartu infinite per 3000 point xtra mendapatkan 667 krisflyer

    apa betul yah?
    kalau begitu jcb ultimate sudah tdk begitu bagus utk mengumpulkan krisflyer?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea