Trik: Menghapuskan Iuran Tahunan Kartu Kredit BCA

Banyak orang awam takut memiliki kartu kredit karena terbebani oleh biaya iuran tahunan (annual fee). Padahal, dengan ilmu yang tepat, hampir tidak ada kartu kredit di Indonesia dengan iuran tahunan yang tidak bisa dihapuskan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penghapusan iuran tahunan kartu kredit BCA.


Sekilas Informasi

Bank BCA memiliki beberapa kartu kredit yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat antara lain:

  • BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature (baca ulasannya di sini)
  • BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite (baca ulasannya di sini)
  • BCA Singapore Airlines KrisFlyer PPS Club Visa Infinite

Selain itu, terdapat juga berbagai jenis kartu kredit bottom ataupun mid-tier terbitan Bank BCA yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan poin jenis lain ataupun untuk memperoleh promo-promo khusus dari merchant yang melakukan co-branding. Sebagai contoh:

  • BCA JCB Black (baca ulasannya di sini)
  • BCA BliBli (baca ulasannya di sini)
  • BCA Union Pay (baca ulasannya di sini)
  • BCA Tiket.com (baca ulasannya di sini)
  • Dan berbagai kartu kredit BCA lainnya seperti BCA Everyday Card, BCA Batman, dan BCA Platinum Batik.

Selain itu, bank BCA juga menerbitkan charge card yang bekerja sama dengan American Express (AMEX).

  • BCA American Express Platinum (baca ulasannya di sini)

Baca juga: Review Kartu Kredit BCA American Express Platinum

Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite


Cara Menghapuskan Iuran Tahunan

Terdapat 2 cara menghapuskan iuran tahunan kartu kredit BCA namun semuanya harus dilakukan dengan cara menghubungi Halo BCA Prioritas di 1500222. Khusus untuk BCA Amex Platinum, syarat pengajuan penghapusan dan nomor telepon yang perlu Anda hubungi juga akan berbeda dibandingkan dengan kartu non-Amex.

Jika Anda meminta penghapusan annual fee pada tahun kedua dan seterusnya, maka BCA seringkali akan memberikan penawaran sebagai berikut:

  • Opsi 1: Penghapusan iuran tahunan sebesar 100% dengan cara bertransaksi sebesar Rp30.000.000 dalam periode 90 hari sejak pengajuan penghapusan.
  • Opsi 2: Penghapusan iuran tahunan tanpa syarat apapun.

Opsi 2 adalah opsi terbaik namun hanya akan ditawarkan jika penggunaan Anda tinggi selama setahun terakhir. Jika Anda baru saja mengajukan kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite, maka kemungkinan besar Anda hanya akan ditawari opsi 1 kecuali apabila Anda adalah nasabah Prioritas ataupun Solitaire dari BCA.

Berdasarkan pengalaman saya dan dari informasi pembaca PinterPoin lainnya, opsi 2 harusnya hampir selalu pasti bisa Anda pilih jika Anda bertransaksi lebih dari Rp30.000.000 dalam periode 90 hari sebelum ulang tahun kartu.

PENTING: Catat nama agen yang melayani Anda dan nomor laporan terkait penghapusan iuran tahunan ini untuk referensi di masa depan atau jika ada kendala dalam proses penghapusan iuran tahunan.


Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Tiket.com MasterCard

Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Signature


Penutup

Kartu kredit terbitan Bank BCA merupakan salah satu kartu kredit ‘sejuta umat’ yang hampir pasti dimiliki oleh setiap orang. Hanya saja, Anda perlu mengetahui betul kartu kredit BCA jenis apa yang layak Anda miliki dan gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Kecuali untuk kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite dan BCA American Express Platinum, Anda seharusnya tidak akan kesulitan untuk menghapuskan iuran tahunan kartu kredit BCA tanpa syarat apapun.


Apakah Anda sukses menghapuskan iuran tahunan kartu kredit BCA?


Asesmen

Nama Kartu Kredit: BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Nominal Iuran Tahunan: Rp750.000,-

Cara menghapuskan Iuran Tahunan: Tanpa Syarat

Sistem penghapusan: Reimbursement

Kemampuan Negosiasi yang diperlukan: 5 dari 10 (perlu sedikit keahlian)

Share
8 comments
  1. saya sudah 2x mengajukan waive untuk iuran BCA visa infinite kris flyer dan berhasil. Jika anda salah satu nasabah, memiliki hutang di bca dan punya account manager. Account manager anda sangat bisa membatu membebaskan dari iuran ini. Tagihan saya 3 bulan terakhi tidak mencapai 30jt, tp dibantu account manager karena ada hubungan baik. dan 2x sukses selalu. Good Luck! smoga miles kita sudah mulai bisa dipakai lg ya…btw klo miles dipakai untuk beli barang yg dijual di web SQ apakah rugi? seperti apple watch, xbox, dll, yg bisa dengan mudah kita jual lg ?

  2. apakah benar ada ketentuan dari pihak BCA yang hanya menggratiskan Annual Fee untuk maksimal 2 kartu yang dimiliki

    1. Digibank (DBS Travel Signature) termasuk relatif mudah. 2 tahun terakhir syaratnya sama: transaksi 6 juta dalam 2 bulan. Bahkan iuran tahunan sudah langsung dikreditkan di billing berikutnya, tanpa menunggu sampai 6 juta tercapai. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea