Selamat datang di panduan lengkap KrisFlyer, frequent flyer program milik Singapore Airlines.

Maskapai Singapore Airlines yang sering meraih penghargaan maskapai terbaik dunia pastinya sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Selain mempunyai reputasi baik dalam pelayanan, Singapore Airlines juga memiliki frequent flyer program, KrisFlyer, yang menurut saya wajib dimiliki oleh orang Indonesia.

Artikel ini khusus dibuat untuk mengulas lengkap tentang KrisFlyer, mulai dari cara mengumpulkan, menggunakan, dan sweet spot dari program tersebut.

Anda bisa menukarkan KrisFlyer miles untuk terbang dengan Singapore Airlines dan maskapai rekanannya. Opsi penukaran lain seperti pembelian barang dengan menukarkan KrisFlyer juga memungkinkan.

Penting: KrisFlyer miles akan kadaluarsa dalam 36 bulan (3 tahun) sejak masuk ke akun. Terdapat opsi perpanjangan dengan membayar menggunakan uang/miles, klik disini untuk informasi lengkap biaya-biaya pada KrisFlyer.

Panduan Lengkap KrisFlyer Singapore Airlines

Tukarkan KrisFlyer miles untuk terbang di Suites terbaru Singapore Airlines.

Mendapatkan KrisFlyer Miles

Secara umum Anda bisa mengumpulkan KrisFlyer miles melalui:

  • Terbang
  • Kartu kredit
  • Menginap di hotel
  • Menyewa mobil
  • Belanja
  • Shopping portal KrisFlyer Spree
  • Perbankan/keuangan

Pada panduan ini, saya akan lebih fokus pada metode terbang dan kartu kredit. Anda bisa menuju ke laman resmi Singapore Airlines ini untuk informasi resmi mendapatkan KrisFlyer miles.

Terbang

Tidak hanya terbang dengan Singapore Airlines, Anda bisa memperoleh KrisFlyer miles melalui penerbangan dengan SilkAir, Scoot, maskapai Star Alliance dan partner lainnya.

Terdapat 3 jenis miles yang bisa dikumpulkan pada program KrisFlyer, yakni KrisFlyer Miles, Elite Miles, dan PPS Value. Apa perbedaanya? Mari kita bahas satu persatu.

Penting: Jika Anda memilih untuk membayar dengan opsi miles+uang, Anda hanya akan mendapatkan KrisFlyer miles sesuai dengan jumlah uang yang dibayarkan.

KrisFlyer Miles

Istilah paling sering ditemui pada program ini adalah KrisFlyer miles yang bisa didapatkan dengan berbagai cara umum seperti terbang dengan Singapore Airlines atau maskapai partner dan penggunaan kartu kredit.

KrisFlyer miles adalah award miles yang bisa digunakan untuk menukarkan penerbangan, upgrade award, di belanjakan, atau digunakan untuk keperluan lain seperti KrisPay.

Anda terbang dengan Lufthansa selama berada di Eropa? Kreditkan penerbangan tersebut menjadi KrisFlyer miles karena Lufthansa & Singapore Airlines tergabung dalam aliansi maskapai Star Alliance.

Panduan Lengkap KrisFlyer Singapore Airlines

Tabel perolehan KrisFlyer miles dari penerbangan dengan Singapore Airlines.

Jika Anda rutin terbang di kelas premium atau membeli tiket economy fleksibel, maka perolehan miles Anda tentunya akan lebih besar ketimbang tiket promo yang terkadang bahkan tidak memberikan miles.

Silahkan klik disini untuk melihat tabel lengkap perolehan KrisFlyer miles dari penerbangan Singapore Airlines, SilkAir, Scoot, Star Alliance dan maskapai rekanan lain.

Tips: Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan website Where to Credit untuk mengetahui kemana miles dari penerbangan harus dikreditkan.

Panduan Lengkap KrisFlyer Singapore Airlines

Tidak harus hanya dikreditkan ke KrisFlyer! Ketahui secara instan kemana miles dari penerbangan Anda harus dikreditkan dengan Where to Credit.

Elite Miles

Berbeda dengan KrisFlyer miles, Elite miles tidak bisa ditukarkan untuk penerbangan atau hal lain. Elite miles adalah miles yang diperoleh dari eligible flight Singapore Airlines, dan maskapai rekanannya, yang digunakan untuk menentukan tingkat atau tier keanggotaan di KrisFlyer.

Berikut kutipan dari website Singapore Airlines memuat detil elite miles.

Elite miles berasal dari total miles terbang aktual, ditambah dengan bonus pemesanan kelas mana pun yang berlaku pada tiket yang memenuhi syarat untuk mendapatkan miles. Elite miles tidak dapat digunakan untuk award tiket, award upgrade atau pembelian tiket penerbangan.

Jumlah elite miles yang anda dapatkan di Singapore Airlines dan SilkAir tergantung dari pemesanan kelas penerbangan anda. Nilai yang didapat berbeda-beda dan beberapa pemesanan kelas, seperti kelas G di Singapore Airlines dan SilkAir, tidak akan mendapatkan miles. Tier bonus dan promotional bonus tidak terhitung sebagai elite miles.

Panduan Lengkap KrisFlyer Singapore Airlines

Tabel perolehan elite miles pada penerbangan Singapore Airlines dan maskapai partner

PPS Value

Diluar KrisFlyer, Singapore Airlines mempunyai program eksklusif yang dijuluki PPS Club & PPS Solitaire. PPS Value ini adalah nilai yang digunakan untuk kualifikasi menjadi anggota paling ekslusif milik Singapore Airlines tersebut.

PPS Value hanya bisa didapatkan untuk penerbangan business class, first class, dan Suites Singapore Airlines & Silk Air. Anda tidak akan mendapatkan PPS Value dari penerbangan economy class dan premium economy class.

Kemudian, PPS Value tidak bisa didapatkan saat terbang dengan maskapai partner, bahkan ketika terbang di business/first class sekalipun.

PPS Value didasarkan pada total harga tiket penerbangan dan biaya tambahan yang berlaku, namun tidak termasuk pajak bandara. PPS Value sendiri dihitung dalam dollar Singapura, dimana mata uang asing akan dikonversi secara otomatis.

Anda dapat menjadi anggota PPS Club/Solitaire saat Anda berhasil mengumpulan PPS Value senilai S$25.000 dalam waktu 12 bulan berturut-turut atau S$50.000 untuk menjadi anggota Solitaire PPS Club.

Reserve Value PPS (Nilai Simpanan)

Setiap PPS Value yang diperoleh di atas S$25.000 atau S$50.000 dalam jangka waktu satu tahun keanggotaan akan disimpan dalam bentuk reserve value (nilai simpanan) yang diperhitungkan untuk memenuhi kualifikasi tahun berikutnya sebagai anggota PPS Club/Solitaire.

Contoh, jika Anda mendapatkan S$28.000 di PPS Value di tahun 2020:

  • S$25.000 digunakan untuk memperbarui keanggotaan PPS Club Anda untuk tahun 2021
  • S$3.000 dijadikan sebagai reserve value (dihitung untuk pembaruan keanggotaan PPS Club di tahun 2022)

Reserve value berlaku sampai akhir bulan ke 36 (3 tahun). Untuk memaksimalkan validitas reserve value, keanggotaan Anda akan selalu diperbarui menggunakan nilai simpanan mulai dari yang paling lama. Lihat ilustrasi berikut:

Ilustrasi reserve value PPS Club.

 

Kartu Kredit

Salah satu cara tercepat dan efisien untuk mendapatkan KrisFlyer miles adalah melalui penggunaan kartu kredit yang tepat dan bijak untuk pengeluaran sehari-hari. Untuk saat ini, kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan KrisFlyer miles saat ini diantaranya:

Sejumlah kartu kredit juga menawarkan welcome bonus atau hadiah berupa miles bagi nasabah baru. Kartu kredit seperti HSBC Visa Signature menawarkan bonus sebesar 510.000 poin yang bisa diubah menjadi 30.000 KrisFlyer miles.

Anda bisa memanfaatkan welcome bonus dan penggunaan kartu kredit tepat untuk pengeluaran sehari-hari/bulanan untuk mengumpulkan KrisFlyer miles. Untuk mengetahui welcome bonus kartu kredit terbaik saat ini, silahkan kunjungi artikel PinterPoin ini.

CIMB Niaga JCB Ultimate

Kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate adalah salah satu yang terbaik untuk mengumpulkan KrisFlyer miles.

Menggunakan KrisFlyer Miles

Penggunaan KrisFlyer miles pada umumnya adalah untuk penukaran tiket terbang atau upgrade kelas kabin. Selain itu, KrisFlyer juga bisa digunakan untuk berbagai macam hal, namun nilai yang didapat hampir pasti tidak akan melebihi penukaran tiket.

Terbang

Penukaran untuk award ticket merupakan metode penggunaan KrisFlyer miles paling umum. Untuk penukaran tiket pesawat, terdapat 2 jenis award pada program KrisFlyer, yaitu Saver dan Advantage.

Saver award membutuhkan jumlah miles yang jauh lebih sedikit ketimbang Advantage. Namun, umumnya ketersediaan kursi pada Saver award lebih sulit/sedikit ketimbang Advantage.

Advantage award memerlukan jumlah miles yang lebih banyak tapi ketersediaan kursi hampir selalu ada di kebanyakan rute. Anda juga bisa mendapatkan gratis 1 stopover sedangkan Saver award mengharuskan Anda membayar SGD$100 untuk melakukan 1x stopover.

Anda bisa menukarkan KrisFlyer untuk terbang dengan maskapai SIA Group: Singapore Airlines, SilkAir (klik disini untuk tabel penukarannya) dan ditukarkan voucher Scoot.

Penukaran KrisFlyer miles dimulai dari 7.500 KrisFlyer miles (Saver award) dan tambahan pajak, fuel surcharge, dan airport tax. Nominal dari biaya dan pajak akan bervariasi tergantung dari bandara dan peraturan negara lain.

Penting: Akses award business class, first class, dan Suites Singapore Airlines terutama di penerbangan jarak jauh hingga saat ini hanya dikhususkan untuk anggota KrisFlyer saja. Namun sekarang ini sudah ada program yang bisa mengakses tersebut, contohnya Alaska MileagePlan.

Penukaran untuk Maskapai Lain

KrisFlyer miles bisa juga ditukarkan untuk penerbangan dengan maskapai dunia yang tergabung dalam aliansi maskapai Star Alliance (klik disini untuk tabel penukarannya) bersamaan dengan Singapore Airlines:

Panduan Lengkap KrisFlyer Singapore Airlines

Tukarkan KrisFlyer miles untuk terbang dengan maskapai Star Alliance.

Selain itu, KrisFlyer bisa ditukar untuk terbang dengan maskapai partner (non-Star Alliance) seperti Alaska Airlines, Virgin Atlantic, Virgin Australia, Vistara, dan Juneyao Air. Silahkan klik untuk melihat harga penukaran miles pada masing-masing maskapai.

Catatan: Anda tidak bisa menggunakan KrisFlyer miles untuk first class SWISS karena hanya dibatasi untuk member elit SWISS saja.

Star Alliance Round the World Award

Salah satu opsi penukaran terbaik KrisFlyer miles adalah Star Alliance Round the World Award (RTW) di business class atau first class Singapore Airlines & maskapai Star Alliance.

Melalui skema RTW tersebut, dalam kurun waktu 12 bulan, Anda bisa terbang ke 7 kota di seluruh dunia dengan maksimum jarak tempuh 35.000 mil secara keseluruhan. Jumlah KrisFlyer miles yang dibutuhkan adalah:

  • 180.000 KrisFlyer miles – economy class
  • 240.000 KrisFlyer miles – business class
  • 360.000 KrisFlyer miles – first class

Secara umum, penukaran untuk business class lebih masuk akal dan mudah karena mayoritas maskapai mempunyai kabin business class.

Saya pribadi tidak menyarankan Anda untuk menukarkan economy class karena valuasi yang sangat buruk mengingat harga tiket economy tidak semahal business atau first class.

Sayangnya, tidak semua rute penerbangan akan dilayani oleh first class. Nyatanya, hanya ada 7 maskapai Star Alliance yang memiliki first class: Air China, Air India, ANA, Asiana, Lufthansa, Singapore Airlines, dan SWISS (tidak bisa diakses).

Peraturan Round the World Award
  • Harus terbang satu arah melingkari bumi (Barat-Timur atau Timur-Barat)
  • Hanya dapat terbang melewati Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik masing-masing 1 kali
  • Anda harus memulai dan menyudahi penerbangan di negara yang sama
  • Backtracking atau terbang ke rute berlawanan tidak diijinkan (misalnya: Singapore – Frankfurt – Bangkok)
  • Anda diijinkan untuk melakukan stopover sekali di tiap kota dan 2 kali di tiap negara
  • Anda dapat mengunjungi 7 kota dengan maksimum 16 segmen penerbangan
  • Total jarak dari keseluruhan perjalanan tidak boleh melebihi 35.000 mil
  • Anda tidak bisa merubah itinerary jika perjalanan sudah dimulai
  • Seluruh penerbangan harus masuk dalam kategori Saver award untuk dapat disatukan pada Round the World Award

Contoh penukaran yang diizinkan dan mematuhi peraturan. Penerbangan dimulai dari Jakarta kemudian ke arah Barat (Singapore – Johannesburg – Frankfurt – New York – dst).

Namun, Round the World Award ini juga cukup sulit untuk didapatkan karena ketersediaan kursi di tiap maskapai bervariasi. Anda harus menyusun rute-rute perjalanan dengan matang karena proses pemesanan harus dilakukan sekaligus dalam 1x telepon.

Untuk memesan, Anda harus mengisi formulir ini dan mengirimkan ke alamat email: KF_contact@singaporeair.com.sg atau menelpon ke nomor Singapore Airlines di +65 6789 8777.

Pastikan Anda telah memiliki informasi berupa tanggal perjalanan, kota asal dan tujuan, maskapai, nomor penerbangan, dan waktu berangkat & tiba, saat akan memesan untuk menghemat waktu Anda dan agen Singapore Airlines.

KrisFlyer Spontaneous Escapes

Setiap bulannya (ditiadakan selama COVID-19), Singapore Airlines akan mengadakan promo Spontaneous Escapes. Melalui promo tersebut, anggota KrisFlyer bisa menikmati diskon 30% atau bahkan lebih (contoh: 51%) ketika ada perayaan tertentu.

KrisFlyer Spontaneous Maret

Spontaneous Escapes seringkali mengikutsertakan kota-kota di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Surabaya, Semarang, Yogya, dsb. Selain itu, destinasi menarik di Eropa, Amerika, Australia, dan Asia juga sering ditemui pada promo bulanan tersebut.

Klik disini untuk melihat contoh promo Spontaneous Escapes terakhir di bulan Maret 2020.

 

Tingkatan Keanggotaan

Terdapat 3 tingkatan keanggotaan pada KrisFlyer reguler diikuti dengan PPS Club. Berikut perbedaan dan bagaimana cara mendapatkan status keanggotaan:

KrisFlyer

Setelah mendaftar, Anda akan menjadi anggota KrisFlyer secara otomatis.

  • Dapat mengumpulkan dan menggunakan KrisFlyer miles
  • Dapat mengumpulkan elite miles untuk mendapatkan status elit Singapore Airlines
KrisFlyer Elite Silver

Anda akan menjadi anggota KrisFlyer Elite Silver setelah mendapatkan 25.000 elite miles dalam periode 1 tahun. Manfaat dari status Silver diantaranya:

  • Mendapat status Star Alliance Silver yang berlaku pada seluruh maskapai Star Alliance
  • 25% bonus KrisFlyer miles dari penerbangan bersama Singapore Airlines, Silk Air, dan Virgin Atlantic
  • Prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket dan airport standby
  • Biaya-biaya yang diasosiasikan dengan KrisFlyer service fees akan digratiskan atau didiskon (contoh: penggantian nominee)
  • Gratis pemilihan kursi standar pada saat pemesanan tiket Singapore Airlines atau Silk Air economy class dengan jenis tarif “Lite”
KrisFlyer Elite Gold

Anda akan menjadi anggota KrisFlyer Elite Gold setelah mendapatkan 50.000 elite miles dalam periode 1 tahun. Manfaat dari status Gold diantaranya:

  • Mendapat seluruh manfaat yang didapatkan KrisFlyer Elite Silver diatas
  • Mendapat status Star Alliance Gold yang berlaku pada seluruh maskapai Star Alliance
  • Tambahan bagasi pada penerbangan Singapore Airlines, Silk Air, Virgin Atlantic, Virgin Australia dan maskapai Star Alliance
  • Prioritas boarding dan penanganan bagasi
  • Mendapat akses ke Star Alliance Gold lounge saat terbang dengan maskapai Star Alliance apa saja. Dapat mengajak 1 orang yang berada dalam reservasi yang sama dengan Anda
  • Akses lounge partner (klik disini untuk detilnya)
  • Gratis pemilihan kursi standar dan “forward zone” pada saat pemesanan Singapore Airlines atau Silk Air economy class dengan jenis tarif “Lite”
PPS Club

Anda akan menjadi anggota PPS Club setelah mendapatkan PPS Value sebesar S$25.000 dalam setahun. PPS Value hanya bisa didapatkan dari penerbangan di business class, first classes dan Suites Singapore Airlines/Silk Air. Manfaat dari keanggotaan tersebut:

  • Bonus 25% tier miles
  • Mendapat status Star Alliance Gold dan seluruh manfaatnya
  • Jalur imigrasi dan security khusus
  • Akses menuju lounge SilverKris Changi Airport
  • Prioritas dalam penukaran tiket Saver award
  • Ekstra kuota bagasi
  • KrisFlyer miles berlaku selamanya selama menjadi anggota PPS Club
  • Hadiah upgrade kelas kabin setiap kali PPS Value menyentuh angka tertentu
  • Hadiah perpanjangan keanggotaan setiap tahun
Solitaire PPS Club

Anda akan menjadi anggota Solitaire PPS Club setelah mendapatkan PPS Value sebesar S$50.000 dalam setahun. Manfaat dari keanggotaan paling eksklusif tersebut:

  • Bonus 25% tier miles
  • Mendapat status Star Alliance Gold dan seluruh manfaatnya
  • Bisa menghadiahkan supplementary card ke 1 orang
  • Layanan first class check in di Changi Airport dan bandara lain diseluruh dunia
  • Jalur imigrasi dan security khusus
  • Akses menuju area first class di lounge SilverKris Changi Airport
  • Akses menuju Plaza Premium Lounge di terminal 2 bandara Heathrow London
  • Prioritas dalam penukaran tiket Saver award
  • Ekstra kuota bagasi
  • KrisFlyer miles berlaku selamanya selama menjadi anggota PPS Club
  • Hadiah upgrade kelas kabin setiap kali PPS Value menyentuh angka tertentu
  • Hadiah perpanjangan keanggotaan setiap tahun

 

Star Alliance

Singapore Airlines merupakan salah satu pendiri dari aliansi maskapai terbesar di dunia, Star Alliance.

Seluruh manfaat yang didapatkan dari Star Alliance Silver (KrisFlyer Silver) dan Gold (KrisFlyer Gold/PPS/Solitaire) berlaku untuk seluruh maskapai yang tergabung dengan Star Alliance.

IMG_7396

Star Alliance adalah aliansi maskapai terbesar di dunia. Foto Boeing 787-10 Singapore Airlines di bandara Ngurah Rai Denpasar.

Manfaat dari Star Alliance Silver:

  • Prioritas daftar tunggu pemesanan tiket
  • Priority stand by di bandara

Manfaat dari Star Alliance Gold:

  • Priority check in di airport
  • Gold Track (prioritas di imigrasi dan security line)
  • Prioritas penanganan bagasi
  • Prioritas stand by di bandara
  • Tambahan kuota bagasi
  • Akses ke lounge Star Alliance Gold
  • Priority boarding
  • Prioritas daftar tunggu pemesanan tiket

Anda bisa mencari lounge Star Alliance di seluruh dunia di link ini.

Mencari Ketersediaan Kursi Star Alliance

Website Singapore Airlines tidak menampilkan penerbangan partner Star Alliance secara keseluruhan. Saya sarankan untuk menggunakan award search tool United untuk mencari penerbangan partner Star Alliance.

Screen Shot 2018-07-28 at 12.22.28 PM.png

Jumlah miles yang ditampilkan akan berbeda dengan KrisFlyer. Anda hanya perlu menggunakan award search tool ini untuk mencari penerbangan Star Alliance yang tidak ditampilkan di website Singapore Airlines.

Setelah menemukan penerbangan yang diinginkan, Anda bisa menelpon Singapore Airlines atau mencoba mencari di website Singapore Airlines untuk memesan penerbangan tersebut dengan menggunakan KrisFlyer miles.

 

Current Sweet Spot KrisFlyer

Sweet spot adalah kesempatan penukaran miles yang menguntungkan dan kemungkinan besar akan dihilangkan setelah menjadi terlalu populer.

Pada program KrisFlyer, salah satu opsi penukaran yang menurut saya menguntungkan adalah terbang dengan Singapore Airlines ke Eropa via Istanbul. Anda hanya memerlukan 92.000 miles 49.000 miles untuk terbang di business class selama 11 jam+. Baca selengkapnya di artikel ini.

Star Alliance Round the World Award melalui KrisFlyer juga akan menguntungkan jika Anda memiliki KrisFlyer miles dalam jumlah banyak. Lihat contoh berikut:

  • Dengan 240.000 KrisFlyer miles, Anda bisa terbang 7 kali di business class maskapai Star Alliance (34.286 KrisFlyer miles per 1 segmen penerbangan business class)
  • Dengan 360.000 KrisFlyer miles, Anda bisa terbang 7 kali di first class maskapai Star Alliance (51.429 KrisFlyer miles per 1 segmen penerbangan first class)

Sebagai perbandingan, Anda akan memerlukan 115.000 KrisFlyer miles untuk penerbangan first class/Suites sekali jalan dari Jakarta ke London. Dengan RTW Award, jumlah miles tersebut bisa ditekan sampai 51.429 miles!

Penutup

Singapore Airlines adalah maskapai internasional yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Didukung dengan frequent flyer program yang kompetitif, anggota KrisFlyer atau loyalis Singapore Airlines bisa mengumpulkan KrisFlyer miles dengan beragam cara.

Semoga panduan lengkap KrisFlyer ini dapat membantu Anda agar bisa memanfaatkannya untuk pengalaman traveling yang lebih baik.

.

Sudah menjadi anggota KrisFlyer?