teks, cuplikan layar, kartun

5 Bank Penerbit Kartu Kredit Dengan Konversi Miles Tercepat

Time is the essence. Frasa tersebut mungkin sangat cocok digunakan ketika ada promo penukaran miles yang sangat time-limited sehingga Anda akan mau menukarkan poin kartu kredit bank menjadi airline miles secepatnya.

Oleh karena itu, melalui artikel ini saya akan memberikan opini mengenai 5 (lima) bank penerbit kartu kredit di Indonesia yang memiliki proses konversi poin kartu kredit menjadi airline miles tercepat.

Kelima bank tersebut antara lain adalah:

1. Jenius dari Bank BTPN

teks, cuplikan layar, Font, logo, Grafis, Merek, desain grafis, deasin

Jenius dari Bank BTPN memiliki konversi poin kartu kredit (Yay Points) menjadi airline miles tercepat di Indonesia di mana prosesnya adalah instan dan real-time.

Hal ini bisa terjadi karena Application Programming Interface (API) dari Jenius terkoneksi dengan API dari Frequent Flyer Program (FFP) maskapai yang bekerja sama seperti KrisFlyer dari Singapore Airlines ataupun GarudaMiles dari Garuda Indonesia.

Saya sendiri sudah beberapa kali menukarkan Yay Points menjadi KrisFlyer Miles dan memang prosesnya instan sehingga dalam kurun waktu kurang dari 10 detik, Yay Points saya langsung dikonversikan menjadi KrisFlyer Miles yang bisa saya gunakan saat itu juga.

Kekurangannya? Untuk saat ini kelipatan penukaran poinnya adalah setiap 20.000 Yay Points yang mana mungkin cukup berat dan lama dikumpulkan bagi orang dengan nominal spending yang tidak terlalu tinggi setiap bulannya.


2. Bank Danamon

teks, cuplikan layar, Font, nomor

Bank Danamon adalah bank penerbit kartu kredit di Indonesia dengan proses konversi poin kartu kredit menjadi airline miles tercepat kedua di Indonesia.

Apabila Anda menggunakan website mereka untuk menukarkan poin (https://dpoint.id/), Anda bisa menukarkan D-point Anda menjadi GarudaMiles hanya dalam waktu 1 (satu) hari kerja.

Saya pernah mencoba transfer D-Point saya menjadi GarudaMiles pada sekitar pukul 18.00 dan ternyata GarudaMiles tersebut masuk pada pukul 11.00 keesokan harinya.

Begitu juga untuk penukaran KrisFlyer ataupun Asia Miles, prosesnya memakan waktu 1-2 hari kerja bergantung pada jam penukarannya tetapi rata-rata masuk dalam kurun waktu 1 (satu) hari kerja.

Kekurangannya? Danamon baru akan mengkreditkan D-point dari transaksi Anda setiap akhir bulan (di atas tanggal 26) sehingga jika ada promo konversi yang sedang berlangsung dan D-Point Anda belum dikreditkan, maka Anda bisa saja kelewatan promo tersebut.


3. Bank CIMB Niaga

teks, deasin

CIMB Niaga adalah bank dengan proses penukaran poin kartu kredit (Poin X-Tra) menjadi airline miles tercepat ketiga di Indonesia.

Apabila Anda menghubungi call center prioritas CIMB Niaga dan menukarkan Poin X-Tra Anda untuk KrisFlyer Miles di hari Senin sebelum pukul 14.00 WIB, maka Anda akan memperoleh KrisFlyer Miles tersebut di akun Anda dalam waktu 1 (satu) hari kerja.

Sayangnya, jika Anda menukar miles di atas pukul 14.00 WIB atau di hari lain (bukan Senin), maka biasanya proses ini memakan 2-3 hari kerja. Hal ini menyebabkan saya menaruh CIMB Niaga di posisi ketiga.

Kekurangannya? CIMB Niaga mengenakan biaya penukaran Poin X-Tra menjadi airline miles sebesar 2.500 poin X-Tra untuk setiap penukaran. Oleh karena itu, saya menyarankan Anda untuk mengkonversi poin X-Tra dalam jumlah besar untuk setiap penukaran.


4. Bank OCBC

teks, cuplikan layar, Font, nomor

Bank OCBC, khusus untuk kartu kredit spesialnya yaitu OCBC Voyage memiliki proses konversi poin kartu kredit (Voyage Miles) menjadi airline miles tercepat keempat di Indonesia.

Apabila Anda menghubungi Voyage Concierge dan menukarkan Voyage Miles Anda, maka keesokan harinya mereka akan memproses permintaan tersebut dan seringkali keesokan harinya lagi Anda akan sudah menerima airline miles yang diinginkan. Oleh karena itu, prosesnya biasanya memakan waktu 2 (dua) hari kerja.

Kekurangannya? Khusus untuk airline miles dari Voyage Complimentary Benefit, proses ini memakan waktu lebih lama karena Anda harus terlebih dahulu mengkonfirmasi kepada pihak Voyage Concierge bahwa Anda ingin menukarkan Voyage Complimentary Benefit menjadi Voyage Miles baru kemudian Anda konversi lagi menjadi airline miles.


5. Bank DBS Indonesia

teks, cuplikan layar, Font, diagram, Grafis, desain grafis, deasin

Bank DBS Indonesia masuk pada posisi kelima sebagai bank dengan proses penukaran poin kartu kredit untuk airline miles tercepat di Indonesia.

Menggunakan aplikasi Bank DBS (‘Digibank Indonesia’), Anda bisa menukarkan Digibank Mileage Anda menjadi aneka jenis airline miles dengan periode waktu penukaran yang berkisar antara 2 -5 hari kerja.

Kekurangannya? Proses penukaran terkesan tidak praktis karena Anda hanya bisa menukarkan maksimal 50.000 airline miles setiap kali tukar (tetapi tidak ada batasan penukaran) sehingga apabila Anda ingin menukarkan 1.000.000 miles, maka Anda harus melalui proses pengajuan dan verifikasi password sebanyak 20x.



Terlama: Bank HSBC Indonesia

teks, cuplikan layar, Font, Grafis

Jika Anda bertanya “apa kartu kredit dengan proses konversi poin ke airline miles terlama di Indonesia”, saya tanpa ragu akan menjawab HSBC Indonesia.

Berhubung kartu kredit dari HSBC Indonesia sering mengadakan promo point multiplier, maka saya sering juga menukarkan poin tersebut dengan kelipatan 1.000.000 HSBC Rewards (setara 40.000 airline miles) agar mendapat bonus cashback 15% poin.

Poinnya sendiri pasti masuk, hanya saja mereka membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memproses hal tersebut. Ketika mereka bilang “proses penukaran poin menjadi airline miles membutuhkan waktu kurang lebih hingga 14 hari kerja”, itu berarti mereka benar-benar membutuhkan 14 hari kerja untuk memprosesnya 🙂

Dari semua kartu kredit saya, saya bisa bilang bahwa HSBC inilah yang paling lambat dari segi penukaran poin kartu kredit menjadi airline miles.


Baca juga: 5 Kartu Kredit Dengan Airport Perks Terbaik

Baca juga: 5 Kartu Kredit Dengan Transfer Partner Terbanyak


Penutup

Setiap bank di Indonesia memiliki kecepatan memproses poin kartu kredit menjadi airline miles sendiri-sendiri.

Jika Anda mencari bank penerbit kartu kredit dengan kecepatan memproses poin kartu kredit menjadi airline miles tercepat, maka saya akan merekomendasikan kartu kredit dari Jenius, Danamon, dan CIMB Niaga.

teks, cuplikan layar, Font, logo, Grafis, Merek, desain grafis, deasin
Untuk saat ini, kartu kredit Jenius menjadi kartu kredit dengan konversi poin kartu kredit menjadi airline miles tercepat di Indonesia

Ketika ada promo yang time-sensitive (seperti bonus 50% penukaran poin kartu kredit menjadi GarudaMiles), maka ada baiknya Anda memahami bank mana yang memiliki proses konversi poin kartu kredit menjadi airline miles dengan cepat.

Apakah Anda memiliki kartu kredit dari salah satu bank yang disebutkan di atas?
Share

30 comments
    1. Jawaban standar dari CS 5 hari kerja.
      Tapi sebagai nasabah kita bisa minta bantuan untuk dipercepat prosesnya dengan status “urgent”.
      Pengalaman saya 2x tukar poin BCA Amex ke Krisflyer cuma membutuhkan waktu 1-2 hari kerja (telepon hari Minggu, Senin/Selasa sudah masuk).

  1. Dalam setahun ini saya sudah 4x menukarkan point Citibank Premiermiles menjadi Krisflyer miles. Waktunya sekitar 5 hari kerja. Tidak pernah 1-2 hari kerja. Tapi tidak masalah, 5 hari kerja sudah cukup bagus.

  2. Untuk kartu kredit co brand, bni garuda termasuk cepat karena 2-3 hari setelah transaksi dilakukan langsung terkonversi menjdi garuda miles.
    Berbeda dengan bca sq, harus menunggu billing tagihan terbit dulu lalu kemudian 1-2 hari setelahnya akan terkonversi menjadi miles.

  3. Pagi Ko, mau tanya kalau airline miles ini apa bisa meningkatkan status keanggotaan contoh seperti garuda miles, darj gold ke platinum? Terima kasih

  4. pengalaman saya pribadi, citibank adalah bank yg cepat dalam mengubah poin ke miles. pengalaman saya awal maret-april 2023 yg lalu, butuh 1 hari kerja saja. Dan yg keren adalah mengisi permohonan di formulir online, walaupun menukar melalui call center juga bisa.

  5. Standchart harus konfirmasi dll baru proses, mreka telfon konfirmasi random times, ga bisa request, dan kalau tdk di angkat, harus request ulang. Haiz.

  6. Rabu malam jam 8 wita request transfer digibank milage ke garudamiles, kamis jam 3 sore dicek di app garuda, miles sudah masuk. Kurang dari 24 jam mantap

  7. Cimb jcb ultimate
    Saya tukar ke KF hari senin jam 3 sore gitu
    Besoknya saya cek sebelum jam 12 siang sudah terkonversikan ke KF
    Tidak sampai 24 jam

    1. konfirmasi ke maybank cust care, jawabannya tergantung kapan bapak tukar, sebab maybank prosesnya mingguan.

      di bawah jam 1 hari jumat, akan diproses senin depan. di atas jam 1 hari jumat, akan diproses 2 minggu kedepan (hari senin juga).

  8. UOB tuker ke Asia Miles, sudah 10 hari kerja juga tidak masuk.
    Lebih baik lupakan saja kalau mau tukar Asia Miles pakai UOB, call centernya hanya eskalasi terus tidak ada kejelasan.

  9. Jika saya menukarkan HSBC Master Card 520,000 point dan HSBC Visa Signature 520,000 point, apakah bisa mendapatkan 15% extra?

  10. Saya tukar mandiri ke garudamiles (promo 1 livin = 1 garudamiles) dari 19 des sampai sekarang belum masuk. Udah telpon 2x disuruh tunggu2 terus

    1. e_W

      Mandiri memang memiliki tanggal-tanggal tertentu di mana mereka baru akan memproses Livin’Poin menjadi airline miles. Ditunggu saja, yang pasti tidak instan ataupun cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.