Selamat datang di panduan lengkap Asia Miles, frequent flyer program milik Cathay Pacific dan Cathay Dragon.

Artikel ini khusus dibuat untuk mengulas lengkap tentang Asia Miles, mulai dari cara mengumpulkan, menggunakan, serta tips mengumpulkan Asia Miles dengan terbang dan pengeluaran sehari-hari menggunakan kartu kredit.

Anda bisa menukarkan Asia Miles untuk banyak hal seperti terbang dengan Cathay Pacific dan maskapai rekanannya. Selain itu, Anda juga memiliki akses ke aliansi maskapai oneworld dengan menjadi anggota Asia Miles.

Kebetulan, Cathay Pacific merupakan salah satu dari segelintir maskapai yang membedakan program keanggotaannya:

  • Asia Miles (untuk pengumpulan & penukaran miles)
  • Marco Polo Club (keanggotaan berbayar US$100 – untuk menentukan status elite dengan Cathay Pacific)
Panduan asia miles cathay pacific

Cathay Pacific memiliki 2 program: Asia Miles & Marco Polo Club.

Penting: Asia Miles tidak akan kadaluwarsa asalkan ada aktivitas eligible seperti penambahan atau pengeluaran miles dalam 18 bulan terakhir.

Mendapatkan Asia Miles

Secara umum Asia Miles bisa dikumpulkan melalui:

  • Terbang
  • Kartu kredit
  • Menginap di hotel
  • Menyewa mobil
  • Belanja – Asia Miles iShop
  • Perbankan/keuangan

Panduan ini akan lebih difokuskan pada metode perolehan miles melalui terbang dan kartu kredit. Anda bisa menuju ke laman resmi Cathay Pacific ini untuk informasi mendapatkan Asia Miles.

Terbang

Cara yang paling simpel dan tradisional untuk mendapatkan Asia Miles adalah terbang dengan Cathay Pacific, Cathay Dragon, dan maskapai partner Cathay. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan kalkulator perolehan Asia Miles, dimana Anda tinggal memasukkan rute penerbangan dan kelasnya untuk mengetahui jumlah miles yang akan didapat.

Panduan Asia Miles Cathay Pacific

Kalkulator perolehan Asia Miles mempermudah untuk mengetahui jumlah miles yang akan didapat berdasarkan jarak dan kelas tiket.

Untuk mengakses tabel lengkap perolehan Asia Miles dari penerbangan dengan Cathay dan maskapai partnernya, silahkan kunjungi laman resmi Asia Miles ini.

Kartu Kredit

Menurut saya, cara tercepat dan paling efisien untuk mendapatkan Asia Miles yaitu melalui penggunaan kartu kredit yang tepat dan bijak untuk pengeluaran sehari-hari.

Sebelumnya, CIMB Niaga JCB Ultimate merupakan kartu terbaik untuk mengumpulkan Asia Miles, yakni Rp3.333 / 1 Asia Miles. Sayangnya kartu tersebut mengalami devaluasi yang signifikan. Berikut segelintir kartu kredit yang memiliki rasio perolehan Asia Miles yang baik saat ini:

  • Citi Prestige – Rp7.500 / 1 Asia Miles (Rp6.520 / 1 Asia Miles untuk nasabah Citigold)
  • Danamon World Elite – Rp6.250 / 1 Asia Miles dan Rp4.166 / 1 Asia Miles (transaksi mata uang asing)
  • UOB PRIVI Miles – Rp8.000 / 1 Asia Miles dan Rp4.000 / 1 Asia Miles (transaksi mata uang asing)

Daftar lengkap kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan Asia Miles dapat dilihat di artikel ini.

Sejumlah kartu kredit juga menawarkan welcome bonus atau hadiah berupa miles bagi nasabah baru. Kartu kredit seperti HSBC Visa Signature menawarkan bonus sebesar 510.000 poin yang bisa diubah menjadi 30.000 Asia Miles.

Anda bisa memanfaatkan welcome bonus dan penggunaan kartu kredit tepat untuk pengeluaran sehari-hari/bulanan untuk mengumpulkan Asia Miles. Untuk mengetahui welcome bonus kartu kredit terbaik saat ini, silahkan kunjungi artikel PinterPoin ini.

Shopping Portal

Asia Miles iShop merupakan sebuah shopping portal yang mirip dengan KrisFlyer Spree, dimana Anda bisa mendapatkan Asia Miles setiap kali Anda berbelanja online di merchant yang berpartisipasi pada portal tersebut.

Pastikan Anda telah berhasil log in dan menuju ke website merchant pilihan Anda melalui portal Asia Miles iShop untuk mendapatkan Asia Miles.

 

Menggunakan Asia Miles

Penggunaan Asia Miles paling umum adalah untuk penukaran tiket terbang dengan Cathay Pacific (Cathay Dragon), maskapai partner Oneworld dan upgrade kelas kabin.

Untuk penukaran tiket Cathay, terdapat 2 jenis award yaitu Asia Miles Standard Award dan Choice Award. Anda akan lebih berpeluang untuk mendapatkan kursi pada Choice Award, namun tentu dengan harga penukaran yang lebih tinggi.

Catatan: Penukaran Asia Miles untuk penerbangan dengan maskapai partner mengacu pada tabel Standard Award, namun akan dikenakan tambahan miles yang bervariasi.

Tabel Asia Miles Standard Award yang lebih terjangkau, namun ketersediaan kursi lebih sedikit ketimbang Choice.

Tabel Asia Miles Choice Award.

Anda bisa menukarkan Asia Miles untuk terbang dengan maskapai: Cathay Pacific, Cathay Dragon, Air Canada, Air China, Air New Zealand, Alaska Airlines, Austrian, Bangkok Airways, Gulf Air, LATAM, Lufthansa, Shenzhen Airlines dan SWISS.

Selain itu, Anda juga bisa menukarkan Asia Miles pada penerbangan maskapai oneworld:

Anggota aliansi maskapai Oneworld saat ini.

Untuk penukaran tiket maskapai Cathay Pacific, Cathay Dragon, Air China, Alaska Airlines, British Airways, Finnair, Iberia, Japan Airlines, LATAM, Malaysia Airlines, Qantas, Qatar Airways, Royal Air Maroc, Royal Jordanian Airlines, S7 Airlines, dan SriLankan Airlines, Anda bisa memesan di laman ini secara langsung.

Untuk maskapai selain yang disebutkan diatas dan pemesanan open-jaw, round the world, stopover, kombinasi maskapai, Anda harus mengisi formulir Flight Award Request ini.

Pada beberapa maskapai partner, Anda diwajibkan untuk memesan tiket pulang-pergi. Anda bisa menuju ke laman Asia Miles ini untuk informasi lengkapnya.

Berikut tabel harga upgrade kelas penerbangan menggunakan Asia Miles:

Screen Shot 2018-08-14 at 10.23.07 AM.png

Upgrade dari economy class menjadi business class hanya dapat dilakukan pada penerbangan yang tidak memiliki kabin premium economy.

 

Tingkatan Keanggotaan

Jika hanya menjadi anggota Asia Miles, maka Anda tidak dapat meningkatkan status elite dengan Cathay Pacific. Anda harus tergabung sebagai anggota Marco Polo Club dengan membayar US$100 per tahun, klik disini untuk menuju ke laman pendaftaran.

Anda harus mengumpulkan Club Points untuk dapat menjadi member elit. Terdapat 4 tingkatan keanggotaan pada Marco Polo Club:

MPC

Terdapat 4 tingkatan keanggotaan Marco Polo Club.

Green

Keanggotaan Green Marco Polo Club didapat secara otomatis setelah membayar biaya keanggotaan sebesar US$100. Anda dapat memperpanjang keanggotaan dengan 20 Club Points atau membayar US$100 per tahunnya. Anda akan mendapatkan hadiah ketika mencapai perolehan Club Points tertentu:

  • Setelah mengumpulkan 200 Club Points: 1 akses ke lounge business class

Silver

Diperlukan 300 Club Points untuk menjadi anggota Silver. Anda akan mendapatkan hadiah ketika mencapai perolehan Club Points tertentu:

  • Setelah mengumpulkan 450 Club Points: 2 akses ke lounge business class

Gold

Diperlukan 600 Club Points untuk menjadi anggota Gold. Anda akan mendapatkan hadiah ketika mencapai perolehan Club Points tertentu:

  • Setelah mengumpulkan 800 Club Points: 2 akses ke lounge business class
  • Setelah mengumpulkan 1.000 Club Points: 4 upgrade ke kelas kabin selanjutnya yang bisa diamankan sebelum penerbangan

Diamond

Diperlukan 1.200 Club Points untuk menjadi anggota Diamond. Anda akan mendapatkan hadiah ketika mencapai perolehan Club Points tertentu:

  • Setelah mengumpulkan 1.400 Club Points: 2 akses ke first class atau lounge business class
  • Setelah mengumpulkan 1.600 Club Points: 4 upgrade ke kelas kabin selanjutnya yang bisa diamankan sebelum penerbangan
  • Setelah mengumpulkan 1.800 Club Points: Bisa menghadiahkan status Gold untuk 1 orang
Marco+Polo+Status+Benefits.png

Perbandingan manfaat di tiap tingkatan keanggotaan. Klik disini untuk melihat detilnya.

Manfaat di Partner

Sebagai anggota elit Marco Polo Club, Anda juga bisa menikmati beberapa manfaat di beberapa partner chain hotel ternama dunia seperti Four Seasons, Langham, Swire Hotels, dan The Peninsula.

Selain itu, anggota Marco Polo juga bisa mendapat akses dan fasilitas khusus di partner kategori dining, sewa mobil, dan retail/wellness. Silahkan kunjungi link ini untuk informasi detilnya.

 

Oneworld

Cathay Pacific merupakan salah satu pendiri dari aliansi maskapai Oneworld. Terdapat 13 maskapai yang tergabung sebagai “full member” pada aliansi ini. Selain itu, terdapat juga 30 maskapai afiliasi yang membantu memperluas rute domestik di negara lain.

Maskapai anggota aliansi Oneworld saat ini.

Sebagai anggota Marco Polo Club, status Anda akan disesuaikan dengan status yang terdapat di Oneworld. Berikut persamaannya:

  • Marco Polo Club Silver = Oneworld Ruby
  • Marco Polo Club Gold = Oneworld Sapphire
  • Marco Polo Club Diamond = Oneworld Emerald

Seluruh manfaat yang didapatkan dari status tersebut berlaku untuk seluruh maskapai yang tergabung dalam aliansi Oneworld. Berikut tabel perbandingan manfaat bagi tiap tingkatan keanggotaan:

Asia Miles Oneworld

Akses ke lounge first class Oneworld bisa didapatkan dengan menjadi anggota Oneworld Emerald. Klik disini untuk daftar lengkap lounge Oneworld di seluruh dunia.

Tips Mencari Ketersediaan Kursi di Oneworld

Asia Miles merupakan salah satu program terbaik untuk mencari ketersediaan award flight Oneworld. Namun, sayangnya program ini masih tidak dapat menampilkan seluruh penerbangan maskapai Oneworld.

Cara rekomendasi untuk mencari penerbangan partner Oneworld secara ekstensif adalah dengan menggunakan search engine milik maskapai British Airways. Anda harus terdaftar sebagai anggota terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Mesin pencarian BA cukup akurat asalkan Anda memecah segmen penerbangan. Misalnya untuk penerbangan Jakarta (CGK) – London (LHR) via transit Hong Kong (HKG) dengan Cathay Pacific.

Jangan mencari CGK-LHR secara langsung dikarenakan tidak adanya penerbangan langsung dari Jakarta menuju London dengan maskapai Oneworld. Melainkan, Anda harus mencari secara terpisah, CGK-HKG lalu HKG-LHR dikarenakan adanya transit di Hong Kong.

Setelah menemukan ketersediaan kursi melaliui British Airways, selanjutnya Anda tinggal memesan penerbangan melalui Asia Miles dengan mengisi formulir Flight Award Request ini.

Current Sweet Spot Asia Miles

Sweet spot adalah kesempatan penukaran miles yang menguntungkan dan kemungkinan besar akan dihilangkan setelah menjadi terlalu populer.

Program Asia Miles mempunyai sejumlah sweet spot, yakni:

  • Round the World award (oneworld Multi-Carrier Award Chart) paling terjangkau dan accessible bagi orang Indonesia
  • Memanfaatkan distance-based pada award chart Asia Miles (Jakarta – Shanghai dirubah menjadi Singapore – Shanghai untuk menghemat 20.000 Asia Miles)

Contoh rute Round the World dengan maskapai oneworld yang bisa dipesan menggunakan Asia Miles.

Karena informasi yang ekstensif, kedua sweet spot tersebut akan dibahas secara khusus pada artikel terpisah.

Penutup

Menurut opini saya, Asia Miles adalah salah satu program yang wajib dimiliki oleh orang Indonesia. Asia Miles saya pandang sebagai pintu akses terbaik menuju inventoris award flight Oneworld bagi orang Indonesia.

Banyaknya bank yang bekerja sama dengan program Asia Miles menjadi faktor mendukung untuk mengumpulkan Asia Miles. Selain itu, Asia Miles juga mempunyai fitur Round the World yang menarik ketimbang program lain.

Semoga panduan Asia Miles ini bisa bermanfaat bagi Anda.

.

Apakah Anda sudah menjadi anggota Asia Miles?