Review: Kartu Kredit HSBC Visa Signature (Updated)

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit HSBC Visa Signature menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit HSBC Visa Signature adalah salah satu kartu kredit top-tier dari bank HSBC Indonesia yang memiliki welcome bonus sangat besar dan konvertibilitas yang baik. Kelebihan kartu ini terletak pada welcome bonus yang besar dan berbagai fitur yang unik begitu Anda mencapai ‘Million Points Club’.

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki 3 jenis rasio perolehan poin.

Rasio perolehan ini bergantung sepenuhnya pada jenis pengeluaran (spending). Spending yang tidak masuk dalam kategori apapun akan memperoleh poin paling sedikit sedangkan spending yang masuk dalam kategori khusus akan memperoleh poin yang lebih besar.

  • Spending Rp1.500 untuk kategori perjalanan dan bersantap = 4 Poin Rewards HSBC
  • Spending Rp1.500 untuk kategori transaksi di luar negeri = 2 Poin Rewards HSBC
  • Spending Rp1.500 untuk kategori selain yang sudah disebutkan = 1 Poin Rewards HSBC

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 17 Poin Rewards HSBC = 1 KrisFlyer Miles/Asia Miles/GarudaMiles
Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp20.000.000 Masa Berlaku
Poin
2 tahun
Kartu Kredit
Referensi
Tidak perlu Min.
Transfer
10.000 miles
Biaya Tahunan
Rp1.000.000 Rekanan
Penukaran
Welcome Bonus
30.000 miles Biaya
Penukaran
Rp0
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp6.375 – Rp25.500/mile Penggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp12.750/mile Manfaat di
Bandara
Lounge domestik gratis
tidak terbatas bersyarat
Keanggotaan Priority Pass
(akses gratis tidak terbatas
bersyarat)

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3,5)

Anda bisa mendapatkan 1 airline miles setiap melakukan transaksi dalam kategori perjalanan atau bersantap sebesar Rp6.375. Nilai yang didapat adalah 2,5.

Untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 airline miles setiap melakukan transaksi sebesar Rp12.750. Nilai yang didapat adalah 1,5.

Untuk transaksi selain yang disebutkan diatas, Anda akan mendapatkan 1 airline miles setiap melakukan transaksi sebesar Rp25.500. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 1,5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan total 510.000 point reward HSBC atau setara dengan 30.000 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles setelah pemakaian kartu sebesar Rp30.000.000  dalam 3 bulan setelah kartu disetujui. Nilai yang didapat adalah 2.

Nilai: 2

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1,5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific. Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki bonus unik berupa keanggotaan Priority Pass dengan akses gratis tidak terbatas selama 1 tahun, tambahan HSBC Poin Rewards sebesar 10% untuk penukaran airline miles, dan biaya tahunan gratis ketika Anda memiliki setidaknya 1 juta poin (“Million Points Club”).

HSBC sendiri juga sering mengadakan travel fair walaupun maskapai yang diajak bekerja sama bisa berbeda-beda. Pemegang kartu kredit HSBC Visa Signature bisa mendapatkan cashback untuk pemesanan tiket pesawat selama periode travel fair.

Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memberikan akses gratis tidak terbatas ke berbagai lounge bandara di Indonesia dengan syarat bertransaksi rata-rata minimal Rp5.000.000/bulan dalam 3 tagihan terakhir. Daftar lounge yang dapat diakses bisa dilihat di sini. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp1.000.000 per tahunnya dan bisa di-waive (dihapuskan) dengan cara bertransaksi Rp30.000.000 dalam waktu 3 bulan atau dengan memiliki minimal 1.000.000 Poin Rewards HSBC.

Nilai: 0.8

Total Nilai: 6.3 / 10

“Kartu kredit top-tier dari bank HSBC Indonesia yang memiliki welcome bonus yang sangat menarik namun sayangnya memiliki earning rate yang sangat tidak atraktif untuk kartu kredit di kelasnya.”

 

Penutup

Kartu kredit HSBC Visa Signature sangat cocok bagi Anda yang mengincar welcome bonus besar dan juga fitur unlimited priority pass. 

Sekedar informasi, welcome bonus sebesar 510.000 HSBC point reward (setara 30.000 airline miles) cukup untuk naik Singapore Airlines First Class one way rute Jakarta – Singapura.

Terbang first class hanya dengan mengajukan kartu kredit HSBC Visa Signature ini 🙂

Tambahkan dengan spending beberapa belas juta Rupiah di kategori travel ataupun santapan untuk memperoleh 42.500 HSBC point reward (setara 2.500 airline miles), maka Anda akan bisa terbang di First Class Singapore Airlines untuk 2 leg yaitu Jakarta-Singapura-Manila meskipun hanya sekali jalan.

Sayangnya, kartu kredit ini sangat kurang atraktif dari sisi earning rate. Kecuali untuk transaksi pada kategori travel ataupun restoran, maka earning rate dari kartu ini sangat buruk (bahkan boleh dibilang yang terburuk) untuk kartu kredit kelas top-tier.

Saya menyarankan kartu kredit ini untuk Anda yang serius mengincar welcome bonus yang masif ataupun mengincar fitur Priority Mass dengan akses gratis tidak terbatas yang bisa Anda dapatkan ketika Anda memiliki 1 juta Poin Rewards HSBC.

.

Apa pendapat Anda mengenai kartu kredit HSBC Visa Signature? 


Perubahan

*Per 1 Oktober 2021: Welcome bonus dari kartu kredit HSBC Visa Signature bisa didapat kembali meskipun Anda pernah memiliki kartu ini sebelumnya.


 

Share
62 comments
  1. Pagi Ko,

    suka baca review nya semua di pinter poin.
    Sekedar saran, apakah bisa dibikin grup “Ulasan kartu kredit” di web pinterpoin ini?
    Soalnya sdh cari2 gak nemu euy.

  2. Ko Vincent,

    Saya dapat info dari marketing KK HSBC, bahwa untuk mendapatkan kartu ini :
    1. Harus mempunyai rekening HSBC min 500 juta
    2. Iuran tahun pertama sebanyak 1 juta tidak bisa diwaiver

    Apakah memang benar begitu?

    Thanks

    1. Mau info pak, saya di approve hsbc nya tanpa memiliki tab di hsbc. Reff nya waktu it bca aja limit 30jt. Wkt it jg dibilang annual gk bs di waive, sy pikir 510rb point worth it dgn 1jt jd yauda, pas di acc sy ditawarin program kartu tambahan bebas annual sy ambil. Smpe hr ini ud bulan ke 3 trnyata anuualnya gk keluar sepeserpun di kartu utama saya 🙂 atau ad min spending kah ya makanya sy gk kena annual. Tp so far hsbc ini worth it sekali..

      1. Dear Melvina,

        Merupakan hal yang mengembirakan mendengar kasus Anda.
        Saat itu, anda mengapply kartu melalui jalur apa? Marketing kah? Datang ke kantor cabang? Atau telemarketing?

        Thanks

    2. Kalau punya account HSBC dengan min 500 juta, jatuhnya sudah masuk HSBC Premier. Malah mestinya sudah dapat kartu yang Premier MasterCard (tanpa annual fee).

      1. Pak Arie,

        Mungkin cuma akal-akalan marketing cabang tersebut? 🙂

        Mendengar cerita teman-teman, saya akan coba gali informasi dari cabang atau marketing lain lagi lebih lanjut

        Terima kasih atas responnya semua

  3. Pagi ko.. mau tanya nih, untuk welcome gift berlaku sampai kapan ya?? Kalau saya bisa transaksi 30 juta dalam sebulan apakah akan dapat langsung 30rb miles??

  4. Adakah yang tahu, kalau dulu sudah pernah punya kartu ini tapi sudah ditutup dan sekarang mau apply lagi, harus jeda berapa lama supaya bisa mendapatkan welcome bonus nya lagi? 1 tahun ?

    1. Halo HW,

      Sepengetahuan saya, berbeda dengan Citi, apabila Anda sudah pernah memiliki kartu ini lalu kemudian menutup lalu apply lagi, Anda tetap tidak akan mendapatkan welcome bonus karena CIF (Customer Information File) Anda tetap sama.

      1. Halo, saya ada pertanyaan. Kalau sebelumnya sudah punya kartu kredit gold lalu diupgrade menjadi visa signature apakah masih bisa mendapatkan welcome bonusnya?.. Thanx

        1. Pak Edmund,

          Sayangnya tidak ya, bonus Visa Signature berlaku hanya untuk pemegang kartu kredit HSBC yang belum pernah memiliki kartu tersebut

          Regards

      2. Kalo saya cuma punya hsbc platinum cash back. Jika saya apply kartu ini apakah dapat welcome bonus bos edwin?

        1. Tony,

          Mengacu dari S&K HSBC, seharusnya Anda tidak dapat. Tapi tidak ada salahnya Anda tetap mencoba dan mengajukan kartu kredit ini.

  5. Hi Ko,
    Saya baru mencoba aplikasi kartu kredit ini.
    Saya ingin menanyakan, apakah free tiket pp singapore utk 2 org itu yang dimaksud dengan welcome bonus 30,000 airlines miles nya?

    1. Halo Daniel,

      Betul sekali. Free tiket PP singapore untuk 2 orang tersebut dapat disamakan dengan welcome bonus 30.000 airline miles-nya.

      Hal ini dikarenakan tiket PP ke Singapura menggunakan miles adalah 15.000 KrisFlyer Miles, dikalikan 2, maka dapat ditemukan 30.000 airline miles yang mana adalah setara welcome bonus dari kartu kredit HSBC Visa Signature.

      1. Hi Ko,

        Thank you response nya. Jadi ok kalau traveloka di anggap travel spend. Karena bisa bayar bills via traveloka kalau begitu. Soalnya kalau harus actual travel saja baru dapat 4x poin terlalu sempit category nya.

  6. Dear PP

    Saya rencana mau coba apply, kalau lihat T&C nya, batas akhir kan 31 Maret 2020, apakah itu maksudnya jika kita apply selambat lambatnya di 31 Maret 2020, dan jika kartu di approved diatas tanggal tsb, masih bisa dapat bonus nya?

    Kemudian, jika setelah spending minimum dan mendapatkan HSBC Rewards Point tsb, berapa lama yah expired nya?

    Jika lets say 1 tahun, lalu nanti mendekati expired baru saya conver ke KrisFlyer misalnya, nanti 30k miles krisflyer tsb akan extend lg expired 2 tahun kedepan apakah begitu?

    Thank you!

    1. Eric,

      Biasanya HSBC cenderung memperpanjang periode persetujuan kartu kredit yang layak memperoleh welcome bonus, dan kali ini tidak terkecuali. Saya sangat yakin bahwa meskipun kartu kredit Anda disetujui di atas 31 Maret 2020, Anda akan tetap memperoleh welcome bonus karena mereka hamper selalu pasti memperpanjang periode persetujuan-nya.

      HSBC Rewards Points akan expire dalam periode waktu 1 tahun sejak poin dikreditkan.

      Dan betul sekali, akan bijaksana bagi Anda untuk mengconvert poin kartu kredit tersebut mendekati masa kadaluarsa-nya. Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda memang butuh, Anda bisa convert lebih awal. FYI, masa expired KrisFlyer adalah 3 tahun dan bukan 2 tahun.

  7. Tambahan info

    Daftar akses free airport lounge dari hSBC visa signature dari website adalah tidak update

    Contohnya

    Di web menerangkan gratis untuk lounge concordia bandara ngurah rai, namun fakta lapangan free access sudah dihentikan sejak Agustus 2020.

    Sebaiknya sebelum pergi,bisa bertanya ke RM atau call center HSBC dulu.

    1. Abdi,

      Betul sekali akan ditagihkan pada billing statement pertama kartu kredit. Namun bisa dihapuskan dengan cara bertransaksi dalam jumlah tertentu.

      1. Hai Edwin,

        Sengaja saya reply komen lama ini untuk konfirmasi.

        Kalau annual feenya ditagihkan bahkan di billing pertama, maka aktivitas transaksi untuk mendapatkan welcome bonus bisa sekalian dihitung sebagai syarat total transaksi untuk waive annual fee ya.

        Transaksi total 30 juta di 3 bulan pertama bisa dapat welcome bonus + waive annual fee.

  8. Halo,
    Free airport HSBC Visa Signature ini berlaku syarat rata-rata spending kartu kredit sebesar Rp. 5 juta selama 3 bulan terakhir. Jadi sepertinya airport perks nya tidak terlalu menarik lagi.

    1. Niko,

      Terimakasih atas informasinya. Yang rata-rata spending ini untuk apa? akses lounge domestik? Karena jika Anda mendapat unlimited Priority Pass setelah mengumpulkan 1.000.000 poin HSBC, maka tidak ada syarat tersebut.

  9. Sekedar info: Saya baru saja telp HSBC dan menanyakan ttg HSBC Visa Signature. Ternyata menurut mereka sementara aplikasi utk kartu ini di freeze selama pandemi dan kalaupun nanti dibuka kembali, applicant harus memiliki rekening tabungan HSBC & welcome bonus pun akan bervariasi. Tidak menjamin akan dapat welcome bonus 510.000 point reward HSBC.
    Apakah ada yg mengalami yang berbeda?

  10. Sore Edwin,

    Jika ada, apakah boleh saya minta kontak RM/Marketing HSBC daerah Jakarta untuk apply CC Visa Signature. Terimakasih

    1. Dwi,

      Saya berdomisili di Surabaya dan tidak memiliki kontak RM maupun marketing HSBC di wilayah Jakarta. Saran saya, langsung datangi saja kantor HSBC terdekat dan minta referensi marketing kartu kredit.

  11. Hi,

    Hanya sekedar info bahwa untuk medapatkan Welcome Bonus yang dahulunya dengan pemakaian 30 Juta sudah diturunkan menjadi 15 Juta dengan transaksi selama 3 bulan sudah bisa mendapatkan 510,000 poin yang setara 30,000 miles. Begitu juga dengan melakukan transaksi 15 Juta selama 3 bulan dapat melakukan waive annual fee. Info tersebut yang saya dapatkan langsung dari Call Centre HSBC dikarenakan saya baru melakukan program tersebut.

  12. Apakah saat ini promo welcome bonus nya masih valid? Persyaratan utama untuk bisa apply HSBC signature ini apa ya?

    1. Juan,

      Masih Valid. Kartu ini memiliki limit minimum 30 juta jadi saran saja sebaiknya Anda sudah memiliki kartu kredit referensi dengan limit >30 juta.

  13. untuk masa pandemi ini gimana ya cari marketingny ? saya cari2 di web ga ada option buat apply online juga. saya berdomisili diPalembang.

    1. Lsng ke kantor cabangnya saja, ada kemungkinan diminta untuk deposit juga (terjadi pada saya). Sejauh ini saya lancar dan s&k sesuai yang diinfokan oleh WIN.

      1. Apa ad kenalan ya pak di Palembang, saya ad coba tny di Palembang, salah satu marketingny bilang harus 500jt, soalny signature tergabung dalam premier juga. Somehow… Mau jelasin tp takutny dibilang nyolot.

      2. Oh ya saya juga ad coba telp call center, katany akan di sambung / refer ke marketing tp sampe skrg ga ad kabar apa2 juga udah 1 mggu lebih

  14. Apakah benar jika HSBC Visa Signature tidak bisa dihapuskan iuran tahunannya? Karena berdasarkan info RM nya demikian, meski nasabah Advance atau Premier?
    Kalau saya punya HSBC Visa Platinum saat ini dengan limit 25jt, apakah bisa langsung pengajuan kartu baru HSBC Visa Signature atau harus menunggu naik limit jadi 30jt dan melakukan upgrade?
    Terima kasih.

    1. Yth. Pinterpoin.
      Saya sudah memiliki kartu kredit HSBC Platinum dan menjadi nasabah HSBC Advance. Jika saya mengajukan yang Signature, apakah saya tetap tidak dikenakan iuran tahunan? Trims

      1. Pak Edwin,
        Apakah kalo sdh memiliki KK Premier HSBC, tidak akan mendapatkan welcome rewards? Saya mencoba apply kartu tsb, tetapi dr Program Owner HSBC menyatakan tdk bs mendapatkan bonus, kecuali kartu Premier nya ditutup 1th baru ulang apply kartu Visa Signature tsb.

        Apakah benar? Mohon info nya.
        Terima kasih.

        1. Donny,

          KK Premier HSBC Rewards masih terus memberikan welcome bonus selama Anda memenuhi syarat yang ada. Sepengetahuan saya memang harus ada jeda antara pengajuan kartu Anda yang mungkin pernah ditutup sebelumnya dengan pengajuan yang baru yaitu 6 bulan.

        2. Pak Edwin,
          Saya dulu sdh pernah pny kartu Visa Signature (sdh tutup mungkin 7-8th). Skrg pakai kartu Premier. Kalo saya apply kartu Visa Signature lagi apa bs dpt welcome bonus? Info nya sdh tdk bs, kecuali saya tutup kartu premier saya selama 1th dl, lalu apply kartu visa signature lagi. Agak sayang sih kalo mau tutup kartu Premier krna sering ada point multiplier. Terima kasih

  15. Halo teman2 di sini apakah ada yg punya contact RM bank HSBC yg bisa dihubungi utk apply CC HSBC area Jakarta? Jika berkenan berbagi, mohon infonya yah. Terima kasih sebelumnya

  16. Jika sudah ada kartu Platinum dengan limit 31 juta, apakah jika apply baru Visa Signature masih eligible untuk welcome bonusnya?

  17. hi edwin mau tanya , setelah dapet welcome bonus better jangan ditukar dulu ya pointnya mending di akumulasi sampai 1jt point baru ditukarkan , apa betul seperti itu?

    1. UP… saya juga ingin bertanya ini. Karena awalnya kita sudah dapat starting point 510.000 poin kan ya? Kalau sudah ditukarkan, akan kembali menjadi 0 dan akan sulit untuk mencapai 1.000.000 (1 juta) poin…?

      1. Bantu jawab, idealnya begitu. Namun menurut saya ini hanya worth it dan/atau mungkin dilakukan jika ada promo multiplier. Pengalaman dulu di tahun 2020 dengan promo multiplier (kartu Premier) dalam 2-3 bulan saja sudah bisa terkumpul 1,5 juta poin termasuk welcome bonus. Hanya saja semakin kesini perolehan poin multiplier semakin sedikit/dipersulit dari segi minimum spending nya. Kalo mengejar 1 Million Club murni tanpa promo, resikonya poin lama yang terkumpul sudah mendekati kadaluarsa (masa berlaku poin hanya 2 tahun di HSBC).

    2. Ruby,

      Betul sekali karena HSBC sering mengadakan promo point multiplier jgua sehingga seharusnya di 1-2 tahun pertama Anda punya cc tersebut tidak akan susah untuk bisa mengumpulkan 1 juta poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea