Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit HSBC Premier MasterCard menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit HSBC Premier MasterCard adalah kartu kredit spesial dari bank HSBC Indonesia yang ditujukan kepada nasabah dengan Asset Under Management (AUM) setidaknya 500 juta Rupiah. Kartu ini merupakan salah satu kartu kredit spesial terbaik di Indonesia dengan fitur utama berupa welcome bonus setara 30.000 airline miles dan bonus spesial berupa unlimited Priority Pass ketika Anda memiliki 1 juta poin.

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 17 point reward HSBC = 1 KrisFlyer Miles/Asia Miles/GarudaMiles

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki 2 jenis rasio perolehan poin bergantung pada jenis transaksinya. Transaksi yang masuk dalam kategori spending dalam mata uang asing akan memperoleh poin lebih banyak. Berikut adalah detail perolehan poin dari kartu kredit HSBC Premier MasterCard:

  • Spending 1.500 Rupiah untuk transaksi retail dalam negeri = 1 point reward
  • Spending 1.500 Rupiah untuk transaksi retail di luar negeri = 3 point reward
  • Spending 1.500 Rupiah untuk transaksi pendidikan, rumah sakit, dan luxury goods = 5 point reward

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi retail dalam negeri sebesar 25.500. Nilai yang didapat adalah 0.5

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi retail di luar negeri sebesar 8.500. Nilai yang didapat adalah 2

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi pendidikan, rumah sakit, dan luxury goods sebesar 5.100. Nilai yang didapat adalah 2.5

Nilai: 1.65

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan total 510.000 point reward HSBC atau setara dengan 30.000 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles setelah pemakaian kartu sebesar 15 juta Rupiah dalam periode 60 hari setelah kartu disetujui.

Nilai: 1.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific. Anda juga bisa menukarkan HSBC point reward dengan voucher hotel. Daftar hotel yang berpartisipasi bisa Anda lihat di sini.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki bonus unik berupa unlimited Priority Pass selama 1 tahun, tambahan HSBC point rewards hingga 25% pada saat penukaran airline miles, dan gratis iuran tahunan ketika Anda memenuhi syarat tertentu.

Kartu ini juga sering mengadakan travel fair walaupun maskapai yang diajak bekerja sama bisa berbeda-beda. Pemegang kartu kredit HSBC Premier MasterCard bisa mendapatkan cashback untuk pemesanan tiket pesawat selama periode travel fair.

Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia. Klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Anda tidak perlu membayar iuran tahunan kartu ini selama Anda menjadi nasabah prioritas HSBC dengan Asset Under Management (AUM) minimal senilai 500 juta Rupiah.

Nilai: 1

Total Nilai: 6.65 / 10

“Kartu kredit spesial dari bank HSBC Indonesia yang memiliki welcome bonus yang sangat menarik, konvertibilitas yang baik, serta bonus unik yang tiada duanya namun memiliki earning rate yang kurang atraktif  untuk kartu kredit di kelasnya.”

 

Penutup

Sama seperti saudara-nya yaitu HSBC Visa Signature, kartu kredit HSBC Premier MasterCard cocok bagi Anda yang mengincar welcome bonus besar dan fitur unlimited Priority Pass.

Anda bisa terbang di first class hanya dengan mengajukan kartu kredit HSBC Premier MasterCard ini

Sayangnya, kartu ini sangat kurang atraktif dari sisi earning rate. Kecuali untuk transaksi retail di luar negeri dan transaksi dalam kategori tertentu, earning rate dari kartu ini tergolong cukup buruk.

Untungnya, kartu kredit HSBC Premier MasterCard belakangan ini sangat sering mengadakan program point multiplier yang membuat earning rate dari kartu kredit ini sangat atraktif terutama apabila dikombinasikan dengan bonus poin sebesar 15/25%.

Apapun itu, saya menyarankan kartu kredit ini untuk Anda yang serius mengincar welcome bonus yang masif dan mengincar unlimited priority pass yang bisa Anda dapatkan ketika Anda memiliki 1 juta HSBC point reward.

.

Apa pendapat Anda mengenai kartu kredit HSBC Premier MasterCard? 


Perubahan

*Pada 2020: Peningkatan intensitas program point multiplier dari HSBC menjadi sepanjang tahun dari sebelumnya beberapa kali setahun