Review: Kartu Kredit HSBC Premier MasterCard (Updated)

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit HSBC Premier MasterCard menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit HSBC Premier MasterCard adalah kartu kredit spesial dari bank HSBC Indonesia yang ditujukan kepada nasabah dengan Asset Under Management (AUM) setidaknya 500 juta Rupiah. Kartu ini merupakan salah satu kartu kredit spesial terbaik di Indonesia dengan fitur utama berupa welcome bonus setara 30.000 airline miles dan bonus spesial berupa unlimited Priority Pass ketika Anda memiliki 1 juta poin.

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 17 point reward HSBC = 1 KrisFlyer Miles/Asia Miles/GarudaMiles

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki 2 jenis rasio perolehan poin bergantung pada jenis transaksinya. Transaksi yang masuk dalam kategori spending dalam mata uang asing akan memperoleh poin lebih banyak. Berikut adalah detail perolehan poin dari kartu kredit HSBC Premier MasterCard:

  • Spending 1.500 Rupiah untuk transaksi retail dalam negeri = 1 point reward
  • Spending 1.500 Rupiah untuk transaksi retail di luar negeri = 3 point reward
  • Spending 1.500 Rupiah untuk transaksi pendidikan, rumah sakit, dan luxury goods = 5 point reward

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi retail dalam negeri sebesar 25.500. Nilai yang didapat adalah 0.5

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi retail di luar negeri sebesar 8.500. Nilai yang didapat adalah 2

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi pendidikan, rumah sakit, dan luxury goods sebesar 5.100. Nilai yang didapat adalah 2.5

Nilai: 1.65

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan total 510.000 point reward HSBC atau setara dengan 30.000 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles setelah pemakaian kartu sebesar 15 juta Rupiah dalam periode 60 hari setelah kartu disetujui.

Nilai: 1.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific. Anda juga bisa menukarkan HSBC point reward dengan voucher hotel. Daftar hotel yang berpartisipasi bisa Anda lihat di sini.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki bonus unik berupa unlimited Priority Pass selama 1 tahun, tambahan HSBC point rewards hingga 25% pada saat penukaran airline miles, dan gratis iuran tahunan ketika Anda memenuhi syarat tertentu.

Kartu ini juga sering mengadakan travel fair walaupun maskapai yang diajak bekerja sama bisa berbeda-beda. Pemegang kartu kredit HSBC Premier MasterCard bisa mendapatkan cashback untuk pemesanan tiket pesawat selama periode travel fair.

Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia. Klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Anda tidak perlu membayar iuran tahunan kartu ini selama Anda menjadi nasabah prioritas HSBC dengan Asset Under Management (AUM) minimal senilai 500 juta Rupiah.

Nilai: 1

Total Nilai: 6.65 / 10

“Kartu kredit spesial dari bank HSBC Indonesia yang memiliki welcome bonus yang sangat menarik, konvertibilitas yang baik, serta bonus unik yang tiada duanya namun memiliki earning rate yang kurang atraktif  untuk kartu kredit di kelasnya.”

 

Penutup

Sama seperti saudara-nya yaitu HSBC Visa Signature, kartu kredit HSBC Premier MasterCard cocok bagi Anda yang mengincar welcome bonus besar dan fitur unlimited Priority Pass.

Anda bisa terbang di first class hanya dengan mengajukan kartu kredit HSBC Premier MasterCard ini

Sayangnya, kartu ini sangat kurang atraktif dari sisi earning rate. Kecuali untuk transaksi retail di luar negeri dan transaksi dalam kategori tertentu, earning rate dari kartu ini tergolong cukup buruk.

Untungnya, kartu kredit HSBC Premier MasterCard belakangan ini sangat sering mengadakan program point multiplier yang membuat earning rate dari kartu kredit ini sangat atraktif terutama apabila dikombinasikan dengan bonus poin sebesar 15/25%.

Apapun itu, saya menyarankan kartu kredit ini untuk Anda yang serius mengincar welcome bonus yang masif dan mengincar unlimited priority pass yang bisa Anda dapatkan ketika Anda memiliki 1 juta HSBC point reward.

.

Apa pendapat Anda mengenai kartu kredit HSBC Premier MasterCard? 


Perubahan

*Pada 2020: Peningkatan intensitas program point multiplier dari HSBC menjadi sepanjang tahun dari sebelumnya beberapa kali setahun

Share
28 comments
  1. Welcome bonus untuk 2 kartu HSBC dua2nya tanpa syarat ya Bro? Alias, sekali dapet kartu langsung d ksh?

    Trus walaupun kartu ini Lebih high end Mendingan tetep Pilih yg visa signature ya Karena earning rate nya jauh lebih baik Dan AF nya pun tidak susah untuk di waive Sepertinya?

    1. Halo Jon,

      Betul sekali, tapi urutannya adalah Anda sebaiknya memperoleh kartu kredit HSBC Signature terlebih dahulu sebelum mengajukan kartu kredit HSBC Premier Mastercard.

      Untuk earning rate, bergantung transaksinya. Kalau Anda sering bertransaksi di LN, maka kartu kredit HSBC Premier lebih baik dimiliki karena earning rate LN yang lebih bagus dan kurs-nya lebih bersahabat. Kalau kartu visa Signature, sebaliknya.

  2. info tambahan untuk AF nya, saya sudah tidak menjadi nasabah hsbc prio sejak 4 tahun lalu, tetapi AF nya tidak pernah ditagihkan selama PERNAH terflag sebagai nasabah prio aum min 500. ( konfirmasi ke PRM saya sendiri ).

    jadi ada baiknya untuk sekedar asal saja taruh 500 dan diflag prio maka kartu ini akan menjadi FFL.

    1. Alv,

      Terimakasih banyak atas informasinya!! Saya semakin tidak sabar untuk memiliki kartu kredit HSBC Premier Mastercard ini. Free For life untuk nasabah yang ‘pernah’ menjadi prioritas merupakan fitur yang cukup menarik.

    2. Kalau misal sudah punya hsbc premiere, lalu mau apply yg signature jg apakah masih eligible utk welc bonus 30,000 miles ny? Kan lumayan dpt 60,000 kalau ditotalin :))

      1. John,

        Bisa. Tapi saya merekomendasikan urutannya Signature dulu baru Premier karena teman saya ada yang berhasil memperoleh dua kali welcome bonus dengan urutan tersebut.

      2. Halo John, saya sudah mendapatkan hsbc premiere ini, tapi ketika tanya ke sales CC nya RM, katanya sudah ga eligible lagi. jd informasinya memang simpang siur. apa temen2 disini ada yg udah pernah dapet 30+30rb miles dengan urutan HSBC premiere mastercard, lalu HSBC Visa Signature?

        1. Michael,

          Sepengetahuan saya tidak bisa. Pada Masterclass PinterPoin yang diadakan di Surabaya beberapa saat lalu, saya sempat berbincang dengan seseorang yang memiliki HSBC Premiere lalu kemudian apply lagi HSBC Signature dan beliau tidak memperoleh welcome bonus kartu kredit HSBC Visa Signature karena dianggap ‘sudah memiliki kartu kredit HSBC’ sebelumnya.

    3. kok di saya , mau tutup rekening premier, kartu kredit premier saya bakal ditutup ya katanya?

      ada info terbaru ga ya?

      makasi

      1. hai.. kartu premiere anda akan di tutup jika 6 bulan berturut tidaK MENCAPAI AUM 500juta dan di downgrade menjadi signature atau platinum. untuk signature tidak ada pembebasan iuran secara murni ya kecuali dengan syarat tertentu. hal inmi yg saya alamai setelah tidak lagi memenuhi aum selama 6bulan dan automatis downgrade dengan tanpa persetujuan ex nasabah primiere.

  3. Untuk kartu hsbc premier mastercard, apakah nilai tukar nya cukup baik saat dipakai di luar negeri? Beda berapa % kah dari kurs mastercard? Apakah tip pinterpoin punya data referensi agar sy tahu nanti mau palai ini atau cimb world mastercard saat traveling nanti. Thanks

      1. Pak Edwin,
        Apa syarat utk mengajukan kartu kredit CIMB Niaga World Master? Apakah sudah di upgrade dr CIMB platinum?
        Trims

        1. Rudi,

          Kalau persyaratan tidak berubah maka syarat untuk mengajukan kartu kredit CIMB Niaga World MasterCard adalah limit cc minim 75 juta pada kartu kredit CIMB Anda yang lain barulah Anda bisa meminta upgrade.

  4. Untuk kartu premier ini, apakah transaksi dengan usd dihitung sebagai transaksi luar negeri atau tidak yah?
    Karena saya dapat poinny dihitung sebagai transaksi dalam negeri

    1. Erick,

      Transaksi dalam USD dihitung sebagai transaksi luar negeri. Poin bonus dari trx luar negeri akan dikreditkan pada ‘penyesuaian poin’ namun mengacu pada ketentuan yang ada.

      1. Pak Edwin,

        Makasih infonya, untuk penyesuaian poinnya dilakukan setiap kapan yah?
        Apakah termasuk bonus multiplier x10 juga akan disesuaikan pada saat yang sama?
        Karena per billing kemarin poin yang saya dapat hanya poin reguler saja belum termasuk bonus.

        1. Erick,

          Biasanya pada Senin minggu ke-4 bulan tersebut. Kebetulan poin bonus 10x multiplier saya untuk Agustus 2020 lalu masuk pada 21 September (senin) ini.

  5. siang. jika kartu kredit atas nama istri saya dengan pengumpulan poin misalkan sudah 1 jt poin. apakah itu waktu ditukarkan krisflyer miles apakah bisa atas akun krisflyer saya ? karena saya memiliki saldo krisflyer . atau harus ditukarkan ke nama akun krisflyer yg sama persis?

    1. Ray,

      Tidak bisa karena nama di pemegang kartu poinnya hanya bisa ditukarkan ke akun airline miles dengan nama yang sama persis.
      Hanya saja di KF nya nanti Anda bisa menukarkan tiket atas nama orang lain hingga 5 nama berbeda. Jadi no big deal.

  6. Hi PinterPoin, apakah kartu Premier ini masih berlaku FFL untuk AF-nya apabila sudah bukan nasabah prio lagi ?

    1. RO,

      Teman saya ada yang sudah kehilangan status Prio di HSBC nya namun kartu-nya masih bisa di keep dan masih FFL untuk annual fee nya.

  7. benar bro, HSBC Premier tetap FFL bahkan meskipun rekening HSBC telah ditutup.

    Oiya, saya baru tahu dari call center kalau HSBC Premier bisa digunakan di lounge domestic namun kalau mau dipakai di lounge luar negeri harus memiliki Priority Pass yang bisa didapat dengan menjadi 1 million club. sedangkan untuk medapat 1 million club either harus memiliki poin besar or dana mengendap di rekening 1 atau 2 milliar. Apa betul infonya?

  8. Halo PinterPoin, apakah jika sudah jadi nasabah HSBC Premier Salary, pengajuan untuk kartu kredit HSBC Premier ini belum pasti disetujui karena ada syarat minimum penghasilan 240juta/bulan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea