Panduan Pemula: Mengenal Berbagai Jenis Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit dan menggunakannya dalam berbagai kesempatan merupakan salah satu cara tercepat untuk mengumpulkan airline miles tanpa harus terbang sama sekali.

Oleh karena itu, saya selalu menyarankan kepada para pembaca PinterPoin untuk memiliki kartu kredit yang tepat agar Anda bisa terbang di business class ataupun first class tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Hanya saja, mengingat di Indonesia sendiri terdapat lebih dari lima puluh kartu kredit yang memiliki fitur pengumpulan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan airline miles, maka tentunya memilih kartu kredit yang tepat merupakan kunci sukses dalam permainan ini.

Terlalu sedikit (kartu kredit) maka Anda akan seringkali melewatkan promo yang menarik; namun terlalu banyak (kartu kredit) akan memberatkan Anda dari sisi annual fee ataupun manajemen portofolio kartu kredit yang baik. Oleh karena itu, kartu kredit Anda harusnya berimbang dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate
Memiliki kartu kredit yang tepat Akan mempermudah Anda mengumpulkan airline miles dengan cepat

Baca juga: Kartu Kredit Dengan Welcome Bonus Poin & Miles Terbesar

Baca juga: 16 Kartu Kredit di Dompet Saya Sekarang


Pembagian Jenis Kartu Kredit Versi PinterPoin

PinterPoin membagi jenis kartu kredit berdasarkan pagu kredit (limit) minimum yang diberikan.

Menggunakan klasifikasi tersebut, maka terdapat 4 jenis kartu kredit di Indonesia yaitu bottom-tier, mid-tier, top-tier, dan special credit card. Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing jenis kartu kredit:

1. Kartu Kredit Bottom-Tier

Kartu kredit bottom-tier atau seringkali saya sebut juga sebagai entry level credit card adalah kartu kredit yang seringkali ditujukan untuk pengguna baru (belum pernah memiliki kartu kredit) ataupun bagi mereka yang tidak mengumpulkan poin kartu kredit.

Kartu kredit jenis ini biasanya Anda peroleh sebagai kartu kredit pertama Anda.

Saya mendefinisikan kartu kredit bottom-tier sebagai kartu kredit dengan limit minimum dibawah 10 juta Rupiah. Berikut adalah beberapa contoh kartu kredit bottom-tier:

  • Mandiri SKYZ
  • BCA Visa Gold
  • BRI Touch Visa Gold
  • CIMB Niaga MasterCard Gold
  • UOB YOLO Card
Mandiri SKYZ adalah kartu kredit bottom tier yang memiliki fitur penukaran poin menjadi airline miles

 

2. Kartu Kredit Mid-Tier

Kartu kredit mid-tier adalah kartu kredit yang ditujukan bagi mereka yang sudah memiliki track record yang cukup baik dalam menggunakan kartu kredit.

Berbeda dengan kartu kredit bottom-tier, sebagian besar kartu kredit di kategori ini memiliki fitur pengumpulan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan airline miles meskipun belum tentu earning rate dari kartu kredit di kategori ini bagus.

Saya sendiri mendefinisikan kartu kredit mid-tier sebagai kartu kredit dengan limit minimum antara 10 – 29 juta Rupiah. Berikut adalah beberapa contoh kartu kredit mid-tier:

  • BCA Singapore Airlines Visa Signature
  • CIMB Niaga Visa Platinum
  • DBS Travel Platinum
  • UOB Preferred Platinum
  • Mandiri Visa Platinum
DBS Travel Platinum adalah salah satu kartu kredit mid-tier terbaik

 

3. Kartu Kredit Top-Tier

Kartu kredit top-tier adalah kartu kredit yang ditujukan untuk nasabah yang sudah dipercaya oleh pihak bank dan biasanya memiliki limit minimum yang tinggi.

Sepengetahuan saya, hampir semua kartu kredit top-tier di Indonesia memiliki fitur pengumpulan poin yang bisa ditukarkan menjadi airline miles. Selain itu, biasanya kartu kredit di kategori ini memiliki earning rate yang sangat baik atau bahkan terbaik di kelasnya.

Saya sendiri mendefinisikan kartu kredit top-tier sebagai kartu kredit dengan limit minimum setara atau diatas 30 juta Rupiah. Berikut adalah beberapa contoh kartu kredit top-tier:

  • CIMB Niaga JCB Ultimate
  • Mandiri Visa Signature
  • BCA Singapore Airlines Visa Infinite
  • UOB PRIVI Miles
  • HSBC Visa Signature
  • Citi Prestige
  • DBS Travel Visa Signature
Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles
UOB PRIVI Miles adalah salah satu kartu kredit top-tier termudah untuk diperoleh dengan limit minimum 30 juta Rupiah saja

 

4. Kartu Kredit Spesial

Kartu kredit spesial adalah kartu kredit yang hanya bisa Anda peroleh dengan memenuhi syarat tertentu seperti menjadi nasabah prioritas ataupun private banking di suatu bank ataupun memiliki status tertentu di suatu airline maupun hotel chain.

Limit awal dari kartu kredit jenis ini biasanya bergantung pada Asset Under Management (AUM) Anda di bank tersebut. Berikut adalah beberapa contoh kartu kredit spesial:

  • HSBC Premier MasterCard World (Hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah nasabah prioritas di HSBC dengan AUM setidaknya 500 juta Rupiah)
  • CIMB Niaga Visa Infinite Preferred (Hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah nasabah prioritas di CIMB Niaga dengan AUM setidaknya 500 juta Rupiah)
  • Standard Chartered Visa Infinite (Hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah nasabah prioritas di Standard Chartered dengan AUM setidaknya 500 juta Rupiah)
  • OCBC NISP Voyage (Hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah nasabah prioritas di OCBC NISP dengan AUM setidaknya 1 miliar Rupiah)
  • Mandiri Prioritas MasterCard World (Hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah nasabah prioritas di Mandiri dengan AUM setidaknya 1 miliar Rupiah)
  • BCA Singapore Airlines PPS Club (hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah anggota PPS Club Singapore Airlines)
Kartu kredit Mandiri Prioritas MasterCard World hanya bisa dimiliki jika Anda adalah nasabah prioritas Bank Mandiri

Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan GarudaMiles


Penutup

Memiliki kartu kredit yang tepat merupakan cara tercepat untuk mengumpulkan airline miles tanpa harus terbang sama sekali. Oleh karena itu, Anda harus memiliki berbagai kartu kredit top-tier ataupun kartu kredit spesial agar bisa konstan terbang di business atau bahkan first class tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Manfaatkanlah kartu kredit untuk traveling murah atau bahkan gratis

Bagi Anda yang belum memulai ‘karir’ di dunia kartu kredit, saya menyarankan Anda untuk segera melakukannya karena seperti yang sering saya sampaikan ke orang-orang, semua membutuhkan waktu dan proses termasuk membangun portofolio kartu kredit ideal.

 

Apa kartu kredit yang Anda miliki sekarang?

Share

22 comments
  1. Saya baru bikin CIMB Niaga Mastercard Platinum dan ternyata poin xtra nya ga bisa dituker ke Kris Flyer miles (padahal niatnya mau ngumpulin KF miles). Dalam kondisi begini lebih baik saya ganti kartu tersebut jadi CIMB Niaga Visa Platinum atau tunggu sampe bisa naek kelas ya? Atau malah lebih baik apply kartu lain lagi?

    1. Dear edwin

      Saya mulai belajar dan serius mengumpulkan poin setelah bertemu dengan pinterpoin secara tidak sengaja.

      Hasilnya adalah, setelah mengikuti panduan pinterpoin saya sudah berhasil menukarkan poin citi premiermiles untuk tiket dan menginap dihotel pada bulan desember ini selama 3 malam (new year)

      Hanya agak kecewa dengan HSBC aja, sistim poinnya memang jelek, sesuai dengan yang ditulis dipinterpoin (saya rencana menutup HSBC visa signature saya dalam waktu dekat)

      Saya ada satu pertanyaan tentang kartu kredit BCA saya.

      Saat ini kartu kredit bca saya adalah dari kelas terendah, yaitu silver batman. Nah, rencananya saya mau minta kartu BCA singapore airlines infinite.

      minggu lalu sudah telp langsung ke CS BCA untuk mendapatkan kartu bca singapore tersebut.

      Menurut Edwin, kira2 bisa disetujui tidak ya? soalnya dari silver langsung ke infinite?

      1. Ada cara ga sih buat dptin CC Citibank Prestige? Pernah ditolak Krn penghasilan sesuai spt nurut credit analyst Citibank masih kurang persyaratan.im willing to pay annual fee padahal. kartu JCB ultimate keluaran CIMB niaga punya ku ga dipandang oleh credit analyst Citibank sama sekali. padahal annual fee 2 kartu kredit tsb ampir sama.

        1. Halo Ali J.

          Anda bisa memperoleh CC Citi Prestige menggunakan jalur biasa. Tapi memang kartu kredit keluaran Citi terkenal cukup sulit diperoleh…. saya sendiri sampai saat ini belum berhasil memiliki kartu kredit Citi Prestige ini. Saran saya, terus saja tingkatkan limit kartu kredit Anda lainnya.

      2. Halo Herry,

        Selama limit minimal kartu kredit Anda mencukupi (yang mana adalah 30 juta Rupiah untuk kartu kredit BCA SQ Visa Infinite), maka pengajuan Anda kemungkinan besar akan disetujui.

        Jika limit kartu kredit BCA Silver Anda diatas atau setara 30 juta, maka saya yaking pengajuan kartu BCA SQ Visa Infinite tersebut akan disetujui; namun apabila dibawahnya, saya tidak yakin Anda akan bisa memperoleh kartu kredit tersebut.

    2. Halo Brandon,

      Anda lebih baik menggunakan kartu tersebut sampai ‘naik kelas’ menjadi CIMB Niaga Visa Infinite di mana kartu tsb memiliki pengumpulan KF miles yang sangat baik. Sambil menunggu kartu Anda ‘naik kelas’ (yang mana bisa cukup lama) Anda bisa mempertimbangkan untuk mengajukan kartu kredit lain yang memiliki konvertibilitas yang baik atau memiliki fitur pengumpulan KrisFlyer Miles.

  2. COMMENTSaya pribadi dari 2013 di issue kartu bca visa signature Dan saat Itu juga di kasih ANZ (DBS) Travel Platinum. Waktu Itu Masih belom ngerti Soal miles Jadi cuman di earn tidak pernah pake sampe 2017 akhir baru mulai redeem untuk business class flight Karena baru sadar miles udh lumayan banyak. Padahal dari 2013-2017 ke Asia tengara mana2 naik Air Asia melelu Karena murah.

    Tapi waktu saya mulai baca article2 di pinterpoint di 2018 awal, earning rate saya tambah lumayan. Bukan Karena pemakaian kartu kredit saya bertambah banyak tapi Lebih Karena pemakaian kartu kredit yg Lebih tepat. Saya banyak baca & planning bagaimana untuk mendapatkan kartu tertentu yg tergolong susah.

    Contoh Saya Bisa ganti kartu BCA SQ signature ke infinite juga Karena baca di pinterpoint. BCA sendiri tidak (Mungkin belom juga) menawarkan ke saya untuk upgrade.

    Sekarang 4 dari 5 kartu kredit yg saya miliki sekarang Itu saya dapat info nya dari pinterpoint Dan saya harus menekankan bahwa lewat kartu kredit yg tepat and Bisa MEMAKSIMALKAN Jumlah miles yang ada Bisa dapat. Kata kunci adalah memaksimalkan Karena balik lagi, Jumlah miles yang anda dapat BERGANTUNG BESAR dengan JUMLAH PEMAKAIAN kartu anda.

    Trus ada 2 tips yg saya selalu lakukan.

    1) Semua pengeluaran sebisanya di kartu kredit.
    Hal2 kecil seperti pembelian pulsa/data saja saya beli lewat tokopedia. Toh Harga Kurang Lebih sama, Kadang kala ada dapet voucher jg Bisa dapet potongan.

    Dan tidak perlu terlalu kuatir Soal biaya pemakaian kartu di tokopedia karena Sangat minimal. Hanya 1.15% – 1.5% (Setiap 1 jt hanya 11.500- 15rb biaya pengunaan kartu) . Untuk kalian yg sering beli barang branded di Jastip IG jg bs request penjual nya masukin pembayaran ke tokopedia. Seller tidak kena komisi sama sekali, kita pun Jadi ya bs bayar pake kartu kredit yg Sebenarnya jastip2 biasa tidak menerima.

    2) Target kartu yg di miliki sebaliknya minimal 3

    1 kartu dengan earning rate terbaik yg anda Bisa miliki
    1 kartu yang Kadang kala mempunyai special earning rate di Periode2 tertentu
    1 kartu yg mempunyai welcome bonus

    Jd 2 kartu pertama Itu yang kita tahan terus sampai kita mempunyai kartu Lebih baik. Untuk kartu ke 3, kita rotasi terus waktu welcome bonus nya sudah berhasil kita dapat kan. Rata2 kartu dengan welcome bonus di spread Selama 3 bulan. Jd secara realistis anda Bisa apply 2 mcm kartu dengan welcome bonus per tahun nya WALAUPUN anda tidak ada rencana memakai nya jangka panjang.

    1. Jon,

      Terimakasih atas informasinya, informasi yang Anda share di sini turut membantu pembaca PinterPoin lainnya memahami pentingnya memiliki kartu kredit yang tepat 🙂

    2. Halo Jon, saya ingin bertanya pendapat pribadi anda yang sudah mengalami, mengenai upgrade BCA visa signature ke infinite apakah worthed menurut anda?

      Karena dengan proses upgrade ke infinite tentunya sudah tidak ada welcome bonus dari kartu infinite sebesar 12.500 poin, dan secara transaksi antara signature dan infinite hanya selisih Rp 2000 saja utk setiap poinnya, serta secara bonus poin kartu infinite hanya bisa mendapat 1.000 poin lebih banyak dengan transaksi 2x lipat lebih (50jt), dibandingan dengan kartu infinite yang katanya “Wajib” membayar iuran tahunan tanpa bisa di waive dengan cara apapun apakah sebanding dan masih worthed?

      Mungkin pembaca lain yang pernah memiliki kedua kartu tersebut bisa membantu menjawab kegalauan saya untuk upgrade kartu BCA signature saya ke BCA SQ infinite

  3. Halo para suhu,

    Saya baru mau memulai untuk mendedikasikan diri di pengumpulan miles, apa ada yang bisa bantu saya untuk mengenalkan dengan sales credit card citibank dan hsbc? Saya sering skali ditelpon oleh telemarketing credit card, namun saya merasa sperti scam, apa ada cara untuk mengetahui yang mana scam yang mana tidak? Terima kasih 😀

    1. Jose,

      Perhatikan nomor-nya, jika biasanya nomornya singkat (5 digit) biasanya sih legit dari bank tersebut. Atau jika Anda mau aman sih lebih baik lgsg ke marketing kartu kredit tsb.

      1. Thankyou Pak Edwin. Kalau kt mau lgsg ke marketing kartu kredit itu biasa cara ampuhnya kita hubungi kemana ya? Dan apabila kt sudah pny kartu top tier sperti jcb ultimate, akan membantu misat untuk kt apply citi prestige? Thank you yaa skali lagi.

  4. Halo admin…
    boleh dong sesekali review tentang kartu kredit BRI terutama BRI JCB Platinum…berhubung sangat susah mendapati reviewer yg sejelas dan seresponsif pinterpoin…
    berhubung saya memiliki kartu BRI JCB Platinum, namun sangat jarang dipakai krn benefitnya yg saya pribadi krg begitu jelas…
    bahkan untuk cicilan 0% saja, kartu ini tdk mendukung, sampai saya harus mengajukan kartu tambahan dari BRI (dikasihnya kartu Wonderful Indonesia) untuk mengakomodir ini disaat perlu
    trims sebelumnya

    1. Meiko,

      Siap, ditunggu saja ya review-nya 🙂 sebenarnya kami tidak terlalu fokus BRI sih karena memang dia dari awal tidak serius pada bisnis kartu kredit-nya terutama untuk cc top-tier.

  5. Jika sudah punya kartu2 yang di mid – top tier, apakah kartu yang bottom tier di nonaktifkan aja ya?
    Karna sepertinya tdk terpakai juga.

  6. halo pinter poin,

    utk penukaran krisflyer miles setahu saya yang terbaik cimb visa infinite dimana mendapat 1 kf utk belanja 5000 = 200 / 5000 = 4%
    benar seperti itu ? adakah lebih baik?

    bagaimana dengan utk pengumpulan poin marriot atau accor ?
    kartu kredit apa yg disarankan ?
    berapa 1 poin marriot utk belanja Rupiah? (valuasi poin marriot 135)
    berapa 1 poin accor utk belanja rupiah ? (valuasi poin accor 300)

    1. berapa 1 poin marriot utk belanja Rupiah? (valuasi poin marriot 135) -> Danamon Amex Gold/Platinum -> sekitar 2,3% (Gold) 3,7% (Platinum)
      berapa 1 poin accor utk belanja rupiah ? (valuasi poin accor 300) -> CIMB World Accor -> sekitar 2,2%

  7. Saya belum memiliki kartu kredit apapun dan gaji saya sebagai pegawai yang baru bekerja sekitar 9 bulan sejak saya lulus melebihi 10 juta. Adakah saran kartu kredit pertama yang spesifik untuk orang-orang yang situasinya seperti saya? Saya by mistake apply kartu kredit BCA yang sepertinya terlalu tinggi untuk saya along with my BCA card so I probably won’t be able to apply for a BCA CC for a while.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea