GarudaMiles merupakan salah satu Frequent Flyer Program (FFP) favorit saya, program FFP dari maskapai Garuda Indonesia ini tergolong mudah untuk dikumpulkan dikarenakan banyaknya pihak ketiga terutama bank penerbit kartu kredit yang bekerja sama dengan Garuda Indonesia.

Selain itu, Garuda Indonesia juga sangat sering mengadakan bonus perolehan maupun penukaran GarudaMiles sehingga mempermudah penggunanya untuk mengumpulkan dan menukarkan miles secara efektif.

GarudaMiles adalah salah satu FFP favorit saya

Garuda Indonesia juga banyak melayani rute domestik maupun internasional sehingga apabila Anda sering berpergian ke luar kota ataupun luar negeri, maka keanggotaan GarudaMiles adalah sesuatu yang wajib Anda miliki.


Baca juga: Panduan Lengkap GarudaMiles


Pada post kali ini, saya akan lebih menekankan kartu kredit non-private banking yang mungkin Anda mau pertimbangkan untuk miliki untuk mengumpulkan GarudaMiles.

Berikut beberapa rekomendasi saya:

1. Danamon World Elite MasterCard

Danamon World Elite MasterCard adalah kartu kredit Prioritas dari Bank Danamon yang ditujukan untuk nasabah dengan Asset Under Management (AUM) setidaknya 1 miliar Rupiah. Kartu ini adalah kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan GarudaMiles saat ini.

Kartu ini memiliki earning rate 4.687 = 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam Rupiah dan 3.125 Rupiah = 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang asing yang mana adalah terbaik di Indonesia dari segala aspek.

Sayangnya, iuran tahunan (annual fee) sebesar 6 juta Rupiah dari kartu ini saya rasa kurang sebanding dengan benefit yang diperoleh seperti airport perks dan sebagainya meskipun konon katanya bisa digratiskan. Kartu ini hanya cocok bagi Anda yang benar-benar serius dan fokus mengumpulkan GarudaMiles.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon World Elite MasterCard


2. Mega First Visa Infinite

Mega First Visa Infinite adalah kartu kredit Prioritas dari Bank Mega yang menjadi kartu kredit terbaik kedua di Indonesia untuk mengumpulkan GarudaMiles setelah Mega Travel Card mengalami devaluasi yang signifikan.

Kartu ini sendiri juga mengalami devaluasi pada Mei 2021 lalu namun untungnya tidak terlalu signifikan. Untuk saat ini, kartu Mega First Visa Infinite memiliki earning rate 5.208 = 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang Rupiah maupun dalam mata uang asing.

Keunggulan utama dari kartu ini terletak pada airport perks yang sangat komprehensif. Berikut airport perks dari kartu kredit Mega First Visa Infinite:

  • Airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia. Klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini. Akses airport lounge domestik bisa digunakan untuk pemegang kartu dan satu pendamping.
  • Airport perks berupa free 2 makanan & 2 minuman di Coffee Bean and Tea Leaf di bandara. Klik disini untuk mengetahui daftar Coffee Bean and Tea Leaf yang bekerja sama.
  • 6 kali akses ke airport lounge yang bekerja sama dengan Priority Pass dalam setahun. Untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, terdapat syarat tambahan berupa minimum saldo Rp 2.000.000.000 di akun Mega First selama 3 bulan terakhir.

Baca juga: Review Kartu Kredit Mega First Visa Infinite


3. Mega Travel Card

Mega Travel Card adalah kartu kredit top-tier dari Bank Mega yang dulunya sempat menempati posisi pertama kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan GarudaMiles di Indonesia. Sayangnya, devaluasi masif pada Mei 2021 lalu membuat kartu kredit ini terhempas di posisi ketiga.

Meskipun begitu, kartu kredit ini masih layak untuk dimiliki karena pagu kredit (limit) minimum yang kecil yaitu 20 juta Rupiah saja dan terdapat banyak cara untuk mengajukan kartu kredit ini yaitu dengan metode secured ataupun dengan metode reguler.

Per 1 Mei 2021 lalu, earning rate dari kartu kredit ini adalah 6.200 Rupiah = 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang Rupiah maupun mata uang asing.


Baca juga: Review Kartu Kredit Mega Travel Card


4. Mandiri Prioritas MasterCard World

Kartu kredit Mandiri Prioritas MasterCard World adalah kartu kredit spesial dari Bank Mandiri yang mensyaratkan Asset Under Management (AUM) setidaknya 1 miliar Rupiah untuk bisa mengajukan kartu kredit ini.

Kartu ini memiliki earning rate 6.666 Rupiah = 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam Rupiah dan 3.333 Rupiah = 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Kelebihan kartu ini terletak pada welcome bonus yang cukup menarik yaitu cashback sebesar 1,5 juta Rupiah (sebelumnya mereka sempat menawarkan welcome bonus berupa 30.000 GarudaMiles) dan gratis iuran tahunan seumur hidup selama Anda masih terdaftar sebagai nasabah prioritas dari Bank Mandiri.


Baca juga: Review Kartu Kredit Mandiri Prioritas World MasterCard


5. BCA American Express Platinum

Kartu BCA Amex Platinum juga merupakan kartu kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat.

Walaupun ‘hanya’ memiliki earning rate 7.500 Rupiah = 1 GarudaMiles, Kartu BCA Amex Platinum cukup sering mengadakan promo points multiplier sehingga Anda bisa mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat jika selalu memanfaatkan promo yang ada.

Jika Anda memang berminat mengajukan kartu ini, saya sarankan menunggu promo pendaftaran BCA AMEX Platinum dengan welcome bonus setara 26.666 airline miles.


Baca juga: Review Kartu BCA American Express Platinum


6. Danamon American Express Platinum

Sama seperti BCA Amex Platinum, kartu kredit Danamon Amex Platinum memiliki earning rate 7.500 Rupiah = 1 GarudaMiles. Kartu ini juga terkadang mengadakan promo points multiplier walaupun tidak sesering BCA Amex Platinum.

Kelebihan kartu ini terletak pada konvertibilitas-nya yang cukup unik di Indonesia. Kartu ini merupakan satu-satunya kartu yang bisa mengkonversikan poin kartu menjadi poin Marriott Bonvoy

Nantinya, poin Marriott Bonvoy bisa Anda tukarkan lagi menjadi airline miles yang sulit dikumpulkan melalui kartu kredit seperti Alaska Miles ataupun American Airlines Advantage.


Baca juga: Review Kartu Danamon American Express Platinum


7. UOB PRIVI Miles

Dengan earning rate 8.000 Rupiah = 1 GarudaMiles, kartu UOB PRIVI Miles akan membantu Anda mengakumulasikan GarudaMiles dengan cepat terutama apabila Anda sering bertransaksi dalam mata uang asing yang mana earning rate-nya akan lebih baik lagi yaitu 4.000 Rupiah = 1 GarudaMiles.

Terdapat juga welcome bonus sebesar 31.500 UOB Miles (setara 4.500 GarudaMiles) bagi Anda yang bertransaksi sebesar 15 juta rupiah dalam periode 3 bulan setelah kartu disetujui. Kartu kredit ini juga relatif mudah didapat dengan pagu kredit (limit) minimum yang hanya sebesar 30 juta Rupiah saja.


Baca juga: Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles


8. BNI Garuda Indonesia Visa Signature

Kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature merupakan kartu kredit yang saya rekomendasikan untuk pengumpulan GarudaMiles dalam jangka pendek.

Dikarenakan kartu kredit ini memiliki earning rate yang tidak semenarik kartu kredit lainnya (9.000 Rupiah = 1 GarudaMiles), maka Anda lebih baik memanfaatkan welcome bonus dari kartu ini yang bisa sangat besar ketika ada promo tertentu seperti pada promo App-Fly yang berhadiah hingga 50.000 GarudaMiles.

Kartu ini juga memiliki fitur unik yaitu fast track upgrade ke GarudaMiles Gold Jika Anda bertransaksi senilai 8 juta Rupiah berturut-turut selama 5 bulan sejak kartu diterima.


Baca juga: Review Kartu Kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature


9. HSBC Visa Signature

Sama seperti BNI Garuda Indonesia Visa Signature, saya menyarankan kartu kredit ini untuk pengumpulan GarudaMiles dalam jangka pendek.

Earning rate dari kartu kredit ini kurang bagus kecuali untuk spending di restoran, tiket pesawat, hotel, dan paket wisata tur (6.375 = 1 GarudaMiles). Anda lebih baik menggunakan kartu kredit lain apabila bertransaksi di luar kategori tersebut. Untungnya, mereka sering mengadakan promo point multiplier.

Hanya saja, kartu ini masuk rekomendasi karena memiliki welcome bonus yang cukup besar yaitu 510.000 point reward HSBC (setara 30.000 GarudaMiles) dan cenderung mudah diperoleh dengan pagu kredit (limit) minimum yang hanya sebesar 30 juta Rupiah saja.


Baca juga: Review Kartu Kredit HSBC Visa Signature


10. Citi Garuda Indonesia

Citi Garuda Indonesia layak dimiliki jika Anda sering membeli tiket Garuda Indonesia secara cash.

Kartu kredit ini memiliki earning rate 10.000 Rupiah = 1 GarudaMiles namun untuk transaksi pembelian tiket menggunakan EDC Citibank di kantor Garuda Indonesia, kartu ini memiliki earning rate 6.666 Rupiah = 1 GarudaMiles.

Kartu ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik seperti welcome bonus hingga 7.500 GarudaMiles dan tambahan bagasi 20 kg untuk penerbangan Garuda Indonesia.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Garuda Indonesia


Penutup

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara termudah untuk mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat. Saya menghimbau Anda memiliki kartu kredit yang memiliki orientasi jangka panjang dan orientasi jangka pendek.

Kartu kredit dengan orientasi jangka panjang (dimiliki karena tingkat perolehan yang baik) bisa Anda gunakan untuk mengakumulasi GarudaMiles perlahan-lahan namun pasti sedangkan kartu kredit dengan orientasi jangka pendek (dimiliki karena welcome bonus yang besar) bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan promosi yang immediate alias mendadak seperti diskon 50% penukaran GarudaMiles tanpa minimum pax.

Garuda Indonesia First Class

Sweet spot penukaran GarudaMiles adalah untuk First Class Garuda Indonesia saat diskon 50%.

Setelah devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate, Mandiri Visa Signature, dan yang terakhir Mega Travel Card untuk pengumpulan GarudaMiles, saat ini saya masih merekomendasikan Anda untuk memiliki kartu kredit Mega Travel Card untuk kartu kredit non-prioritas dan Danamon World Elite untuk kartu kredit prioritas jika Anda memang serius mengumpulkan GarudaMiles.

.

Apakah Anda tertarik untuk mengumpulkan GarudaMiles menggunakan kartu kredit?