10 Kartu Kredit Terbaik untuk Mengumpulkan GarudaMiles

Update: Kartu Kredit Mega First Visa Infinite & Mega Travel Card dikeluarkan dari daftar ini karena sudah tidak memiliki opsi penukaran poin kartu kredit menjadi GarudaMiles efektif pada 25 Maret 2022.

GarudaMiles merupakan salah satu Frequent Flyer Program (FFP) favorit saya. Program FFP dari maskapai Garuda Indonesia ini tergolong mudah untuk dikumpulkan dikarenakan banyaknya pihak ketiga terutama bank yang bekerja sama dengan Garuda Indonesia.

Selain itu, Garuda Indonesia juga sangat sering mengadakan bonus perolehan maupun penukaran GarudaMiles sehingga mempermudah penggunanya untuk mengumpulkan dan menukarkan miles secara efektif.

GarudaMiles adalah salah satu Frequent Flyer Program favorit saya

Garuda Indonesia juga banyak melayani rute domestik maupun internasional sehingga apabila Anda sering berpergian ke luar kota ataupun luar negeri, maka keanggotaan GarudaMiles adalah sesuatu yang wajib Anda miliki.

Oleh karena itu, melalui post kali ini saya akan membahas beberapa kartu kredit non-private banking yang layak Anda pertimbangan untuk miliki apabila Anda memang serius mengumpulkan GarudaMiles. Berikut adalah beberapa rekomendasi saya:


1. Danamon World Elite MasterCard

Danamon World Elite adalah kartu kredit top-tier dari Bank Danamon dengan limit minimum Rp200.000.000 dan merupakan kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan GarudaMiles saat ini.

Kartu ini memiliki tingkat perolehan Rp4.687/GarudaMiles untuk transaksi dalam negeri dan Rp3.125/GarudaMiles untuk transaksi di luar negeri yang mana adalah tingkat perolehan GarudaMiles terbaik di Indonesia.

Sayangnya, iuran tahunan (annual fee) sebesar Rp6.000.000 dari kartu ini saya rasa kurang sebanding dengan benefit yang diperoleh seperti airport perks dan sebagainya meskipun konon katanya bisa digratiskan. Singkat kata, kartu ini hanya cocok bagi Anda yang benar-benar serius dan fokus mengumpulkan GarudaMiles.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon World Elite MasterCard


2.Danamon JCB Precious

Danamon JCB Precious adalah kartu kredit mid-tier dari Danamon yang baru saja diluncurkan pada Maret 2022 lalu. Kartu kredit ini merupakan salah satu kartu kredit terbaru dan terbagus untuk mengumpulkan GarudaMiles dengan earning rate sebesar Rp9.375/GarudaMiles untuk transaksi tanpa bonus dan Rp4.687/GarudaMiles dengan memperhitungkan bonus ketika transaksi Anda mencapai tepat Rp10.000.000 di bulan tersebut.

Kartu kredit ini juga sangat menarik dengan penawaran welcome bonus berupa voucher Traveloka sebesar Rp3.500.000 hingga 30 Juni 2022 dan juga aneka airport perks seperti fitur LoungeKey sebanyak 8 (delapan) kali akses di Asia dan Eropa, akses lounge gratis tidak terbatas di Jepang dan Hawaii, dan juga akses gratis tidak terbatas ke berbagai lounge bandara domestik yang bekerja sama dengan Danamon.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon JCB Precious


3. Mandiri Prioritas MasterCard World

Kartu kredit Mandiri Prioritas MasterCard World adalah kartu kredit spesial dari Bank Mandiri yang mensyaratkan Asset Under Management (AUM) setidaknya Rp1.000.000.000 untuk bisa mengajukan kartu kredit ini.

Kartu ini memiliki earning rate Rp6.667/GarudaMiles untuk transaksi di dalam negeri dan Rp3.333/GarudaMiles untuk transaksi di luar negeri.

Kelebihan kartu kredit ini terletak pada welcome bonus yang cukup menarik yaitu cashback sebesar Rp1.500.000 dan gratis iuran tahunan seumur hidup selama Anda masih terdaftar sebagai nasabah prioritas dari Bank Mandiri.


Baca juga: Review Kartu Kredit Mandiri Prioritas World MasterCard


4. Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite

Setelah perubahan perolehan poin pada 1 November 2021, Maybank Visa Infinite menjadi salah satu kartu kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat.

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/GarudaMiles, Maybank Visa Infinite merupakan kartu kredit yang relatif lebih mudah untuk diperoleh dengan earning rate yang cukup baik. Selain bisa ditukarkan dengan GarudaMiles, poin dari kartu ini dapat ditukarkan juga KrisFlyer Miles atau Asia Miles.


Baca juga: Review: Kartu Kredit Maybank Visa Infinite


5. BCA American Express Platinum

Kartu BCA American Express (Amex) Platinum juga merupakan kartu kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat.

Walaupun ‘hanya’ memiliki tingkat perolehan Rp7.500/GarudaMiles, kartu BCA Amex Platinum cukup sering mengadakan promo points multiplier sehingga Anda bisa mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat jika selalu memanfaatkan promo yang ada.

Jika Anda memang berminat mengajukan kartu ini, saya sarankan menunggu promo welcome bonus BCA American Express setara 26.666 airline miles.


Baca juga: Review Kartu BCA American Express Platinum


6. Danamon American Express Platinum

Sama seperti BCA Amex Platinum, kartu kredit Danamon Amex Platinum memiliki tingkat perolehan Rp7.500/GarudaMiles. Kartu ini juga terkadang mengadakan promo points multiplier walaupun tidak sesering BCA Amex Platinum.

Kelebihan kartu ini terletak pada konvertibilitas-nya yang cukup unik di Indonesia. Kartu ini merupakan satu-satunya kartu yang bisa mengkonversikan poin kartu menjadi poin Marriott Bonvoy dan Hilton Honors.

Nantinya, poin Marriott Bonvoy bisa Anda tukarkan lagi menjadi airline miles yang sulit dikumpulkan melalui kartu kredit seperti Alaska Miles ataupun American Airlines Advantage.


Baca juga: Review Kartu Danamon American Express Platinum


7. Citi Prestige

Perjuangan untuk mendapatkan kartu top-tier seperti Citi Prestige dimulai dari membangun kredit.

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/GarudaMiles (efektif Rp6.520/GarudaMiles jika Anda adalah nasabah Citigold) dan welcome bonus setara 30.000 airline miles, kartu kredit Citi Prestige juga merupakan salah satu kartu kredit unggulan untuk mengumpulkan GarudaMiles.

Sayangnya, kartu kredit ini cukup sulit didapatkan dengan pagu kredit (limit) minimum sebesar Rp100.000.000 dan memiliki iuran tahunan sebesar Rp3.500.000 yang tidak bisa dihapuskan namun masih sebanding dengan fitur luxury airport transfer yang Anda peroleh.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


8. DBS Travel Signature

Dengan tingkat perolehan Rp8.000/GarudaMiles untuk transaksi di dalam negeri dan Rp5.000/GarudaMiles untuk transaksi di luar negeri, DBS Travel Signature juga merupakan kartu kredit yang layak Anda pertimbangkan untuk mengumpulkan GarudaMiles.

Kartu ini memiliki kelebihan berupa welcome bonus sebesar 3.000 digibank mileage (setara 3.000 GarudaMiles), poin yang berlaku selamanya, dan airport perks yang cukup menarik.

Sayangnya kartu kredit ini memiliki limit awal yang cukup tinggi yaitu Rp50.000.000 dan annual fee yang terkadang sulit untuk dihapuskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature


9. UOB PRIVI Miles

Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles

Dengan tingkat perolehan Rp9.000/GarudaMiles, kartu UOB PRIVI Miles menempati posisi kesembilan. Kelebihan utama kartu kredit ini terletak pada fitur double points untuk transaksi dalam mata uang asing, efektif membuat kartu kredit ini memiliki earning rate Rp4.500/GarudaMiles

Terdapat juga welcome bonus sebesar hingga 36.000 Poin Reward (setara 4.000 GarudaMiles) bagi Anda yang bertransaksi sebesar Rp5.000.000/bulan dalam periode 3 bulan setelah kartu disetujui. Kartu kredit ini juga relatif mudah didapat dengan pagu kredit (limit) minimum yang hanya sebesar Rp25.000.000 saja.


Baca juga: Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles


10. BNI Garuda Indonesia Visa Signature

Kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature merupakan kartu kredit yang saya rekomendasikan untuk pengumpulan GarudaMiles dalam jangka pendek.

Meski melakukan co-branding dengan Garuda Indonesia, kartu kredit ini memiliki tingkat perolehan yang tidak semenarik kartu kredit top-tier lainnya yaitu Rp9.000/GarudaMiles. Hanya saja, kartu kredit ini sering menawarkan promo welcome bonus yang sangat menarik seperti pada event BNI – Garuda Indonesia Travel Fair lalu.

Kartu ini juga memiliki fitur unik yaitu fast track ke GarudaMiles Gold Jika Anda bertransaksi senilai Rp8.000.000/bulan selama 5 bulan sejak kartu diterima dan diskon 10% untuk penukaran GarudaMiles di Sales Office Garuda Indonesia.


Baca juga: Review Kartu Kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature


Penutup

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara termudah untuk mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat. Saya menghimbau Anda memiliki kartu kredit yang memiliki orientasi jangka panjang dan orientasi jangka pendek dalam mengumpulkan GarudaMiles.

Kartu kredit dengan orientasi jangka panjang (dimiliki karena earning rate yang baik) bisa Anda gunakan untuk mengakumulasi GarudaMiles perlahan-lahan namun pasti sedangkan kartu kredit dengan orientasi jangka pendek (dimiliki karena welcome bonus yang besar) bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan promosi yang immediate alias mendadak seperti diskon 50% penukaran GarudaMiles tanpa minimum pax.

Garuda Indonesia First Class

Setelah devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate, Mandiri Visa Signature, dan yang terbaru dihilangkannya opsi penukaran GarudaMiles dari kartu kredit Bank Mega, maka saat ini saya merekomendasikan Anda untuk memiliki kartu kredit Maybank Visa Infinite untuk kartu kredit non-prioritas dan Danamon World Elite untuk kartu kredit prioritas.

Garuda Indonesia sendiri sangat sering mengadakan promo bonus penukaran poin kartu kredit menjadi GarudaMiles dan juga diskon penukaran GarudaMiles. Dengan perencanaan yang baik, maka saya cukup yakin Anda akan bisa terbang di kabin kelas bisnis atau bahkan kabin First Class Garuda Indonesia setiap saat.

.

Apakah Anda tertarik untuk mengumpulkan GarudaMiles menggunakan kartu kredit?

Share

42 comments
  1. Menambahkan satu kartu kredit lagi yaitu kartu kredit Mega Travel Card. Setiap pembelanjaan 7.500 akan mendapatkan 1 mega mileage point senilai Rp130 apabila ditukarkan di grup antavaya. Namun bisa juga dikonversikan ke garudamiles dengan rasio 1:1. Welcome bonus sebesar 5.000 mega mileage point (berlaku untuk nasabah baru bank mega). Selain itu, apabila dalam satu tahun pemakaian mencapai 120juta, akan diberikan loyalty bonus sebesar 10.000 mega mileage point.

    1. @suria wow, sekarang mega travel bisa tukar ke GM ya?, dulu waktu awal2 masih belum bisa, opsi nya cuma bisa tukar GM aja gan?.

      Lumayan menarik juga nih.

      1. @iwan Bisa, kemarin saya berhasil tukar mega mileage poin ke GM. Kata call center nya memang bisa ditukar seterusnya. Info penukaran ini yang ga mucul di websitenya bank mega maupun ringkasan produk mega travel card. Opsi penukaran miles cuma GM aja. Namun bisa ditukarkan di grup antavaya senilai Rp130/poin.
        Memang lumayan menarik apalagi ada bonus loyalty sebanyak 10.000 mega mileage point (setara 10.000 GM)

        1. @suria : untuk annual fee nya saya baca syarat ketentuan di tahun kedua tidak bisa dihapuskan ya pak ? atau bisa dengan spent2 tertentu ?

    2. Wow, saya juga baru tahu info ini. Berarti kalau belanja di luar negeri itu akan setara 3,750 per mile karena Mega Travel Card itu akan double point untuk pembelanjaan luar negeri.

    3. Mau tanya jika saya apply dan berhasil di approve untuk CC seperti Citi Premier Miles, HSBC Visa Signature, dsbnya dan melakukan syarat pembelanjaan, apakah miles yg didapat bisa diakumulasikan ke 1 akun Garuda miles? Jadi bisa dapat bonus 25k + 30k total 55k dari 2 CC tersebut?

      Bagaimana jika saya suka ganti2an pakai CC? apakah miles dari setiap transaksi CC yang berbeda bank itu akan terkumpul ke 1 akun Garuda Miles?

      Thanks atas infonya.

    1. Halo Ali,

      Pengalaman saya pribadi JCB Card mudah digunakan di Indonesia karena sekarang sudah banyak sekali merchant yang bekerjasama dengan JCB di Indonesia sebagai moda pembayaran.

      1. Pak Edwin. Ga kawatir pak ngumpulin Garuda miles banyak2? Saya kok kawatir ya. Habis lihat laporan keuangan garuda.. lagi pula rutenya yg international tidak banyak. Dan rute internationalpun lebih worth it scr poin miles dan fasilitas mending pakai asia miles atau kris.
        Atau at least saya sarankan cari yg bisa convert ke beberapa miles. Tidak hanya garuda miles.
        Makanya saya masi sedih jcb ultimate devaluasi besar2an. Padahal kalau sebelum devaluasi dgn spend jcb 33,33 juta. Kita sudah bisa dapat miles one way ke hongkong

        1. Tambahan pak edwin.
          Ditunggu review 10 kartu kredit penukaran asia milesnya.

          Hahaha

  2. Mau tanya tentang Garuda Miles, Apabila kita sudah menjadi member Garuda Miles. setelah kita apply kartu kredit, apakah kita mendapatkan keanggotan garuda miles yang baru atau bisa di update dengan keanggotan miles sebelumnya?

    Terima kasih.

    1. Engga. Tinggal masukan no GM di formulit BNI Garuda Visa signature/platinum. Kalao kartu larn yg bisa tuker poin Gm,tinggal sebutin no GM yg ada pas tuker

  3. apakah benar untuk niga jcb ultimate pointnya semudah itu? berlaku jga untuk pembelian dalam negeri perolehan pointnya sesuai info tersebut? dan syarat applynya apakah mudah spt kk umumnya tau harus ada syarat kusus?

    1. Halo Andy,

      Betul sekali, kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate mendapatkan pointnya semudah dan se-efisien itu. Berlaku juga untuk pembelian dalam negeri perolehan poinya. Syarat apply cukup sulit karena kartu kredit ini tergolong kartu top-tier. Minimal limit 75 juta.

  4. Di sini dan di beberapa web lain ditampilkan seolah-olah konversi Fiesta Poin Bank Mandiri ke Garuda Miles adalah 1:1. Ini tidak valid. Sejak pertama kali saya menggunakan Fiesta Poin (ca 2016) hingga sekarang, rasio konversi tidak pernah berubah dari: 3:1. Perlu 3 Fiesta Poin untuk memperoleh 1 Garuda Miles.

    1. Halo Koen,

      Apakah kartu kredit Anda adalah Mandiri Visa Signature? Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website mandiri, konversi fiesta poin bank mandiri untuk visa signature adalah 1:1. Mungkin Anda perlu mention kartu Anda ketika menukarkan FiestaPoin untuk GarudaMiles :). Lengkapnya bisa Anda baca di sini.

    2. Koen,

      Sedikit tambahan – saya menanyakan beberapa orang pemegang kartu kredit Mandiri Visa Signature dan semua bilang konversi poin x-tra ke GarudaMiles adalah 1:1. Mungkin Ada sedikit kesalahan penukaran di pihak Anda, saya sarankan menukar menggunakan layanan phone service Mandiri.

    1. Di share Bro. Apa pernah terjadi kepada kamu/kel/teman?

      Biar mengedukasi yg membaca Karena saya jg Tertarik untuk tau

      1. Paul,

        Sayangnya setelah devaluasi welcome bonus dan devaluasi fitur airport perks, menurut saya Citi Garuda > DBS Signature.

  5. Penukaran melalui website fiestapoin memang 3:1 untuk Garuda Miles dengan minimal penukaran 1000 fp untuk semua jenis kartu , namun penukaran melalui call center untuk Mandiri Visa Signature adalah 1:1 dengan minimal penukaran 10000 fp.

      1. Ya, paham terkait konversi baru. Saya ini mereffer ke pertanyaan koen diatas yang bilang penukaran fp 3:1. Entah kenapa jd komen baru

        1. Halo mau tanya, utk Mega Travel Card / Visa Infinite nya saya pernah tanya di Mega Call Center. Utk setiap transaksi Rp 10.000, dapat 130 Mega Rewards. Lalu butuh 17.500 Mega Rewards untuk dapat 100 Garuda Miles. Berarti per 1 Garuda Miles transaksinya Rp 13.461 (Tiga Belas Ribuan).

          Sedangkan di sini disebutkan hanya Rp 4.808 / GM.

          Yang benar yg mana ya pak? Atau ada transaksi minimal supaya dapat Rp 4.808 / GM?

          Thanks

  6. Saya sampai saat ini masih tidak bisa mendaftar sebagai anggota GFF.. apapakah memang sedang bermasalah? Mungkin ada yg tahu?

    1. Bro,

      Saya yang sudah lama menjadi anggota GFF aja sampai hari ini tidak bisa mengecek balance miles secara online…. kita tau lah gimana kualitas sistemnya GA.

  7. Hi Edwin,

    Mind elaborating kenapa GarudaMiles jadi salah satu FFP favorit? Fokus saya kumpulin miles adalah untuk cobain aspirational products.

    Selain GA F, apakah ada sweet spot redemption di maskapai lain? Karena setelah coba Super Diamond saya udah nggak tertarik lagi untuk kumpulin GarudaMiles berhubung ratenya yang mahal. Dua kali redeem GarudaMiles itu juga karena 1x diskon 70% (gagal coba Super Diamond) dan upgrade DPS-CGK (akhirnya berhasil coba Super Diamond).

    Pengen coba beberapa products-nya SkyTeam (SU A350, KL 787, etc), tapi mahal redeem via GarudaMiles.

    1. Refky,

      Menurut saya pribadi GarudaMiles mudah dikumpulkan dari kartu kredit, banyak bonus pengumpulannya (seperti promo bonus 30% sekarang), dan banyak diskon penukarannya (seperti pada saat Big Bang Jakarta) sehingga penukaran GarudaMiles untuk penerbangan Garuda Indonesia jujur bisa sangat sangat murah jika Anda tahu caranya.

      Dan untuk sweet spot redemption maskapai lain, setahu saya tidak ada. Satu-satunya sweet spot penukaran GarudaMiles adalah untuk first class-nya yang mana saat diskon ‘hanya’ 54.000 GarudaMiles. Cukup murah dan pengalaman penerbangan saya 2x di first class Garuda Indonesia sangat mind blowing.

  8. Nice thread 🙂
    Sangat bermanfaat untuk update miles GA.

    Sayang sy melewatkan batas waktu penukaran fiestapoin mandiri signature pdahal bisa di konversi 16 rb miles.

  9. Hallo Edwin,

    Saya coba hub CS danamon untuk daftar danamon Amex kok katanya khusus nasabah prioritas y? Setahu saya artikel Anda menyatakan ini terbuka buat semua. Apa ada CS khusus/datang ke cabang? Saya sudah HUCA 2x tetap sama soalnya.

    Makasih.

    1. Dwi,

      Danamon Amex kebetulan sepengetahuan saya memang bisa untuk nasabah biasa (non-prio) namun tetap harus mendapat sejenis rekomendasi dari kepala cabang (kacab) Danamon Anda.
      Saya sarankan menghubungi RM Anda di Danamon untuk informasi lebih lanjut.

  10. Mas Edwin, aku mau minta sarannya nih. Miles ku di Digibank Visa Travel Signature masih ada sekitar 400.000 miles, dan miles di Garuda udah hampir 800.000. Dengan program tambahan miles 30% pada desember ini apa sebaiknya miles saya yang di Digibank ditukar saja? Galau nih… karena dpt bonus hingga 100ribu miles juga jarang, walau pada Oktober lalu aku dapet juga bonusnya. Plis sarannya..

    1. Erfan,

      Tidak bijak untuk mengalokasikan semua miles Anda pada satu frequent flyer program layaknya sebuah perkataan ‘don’t put all your eggs in one basket
      Saya saran Anda lebih baik menukarkannya untuk Krisflyer dan Asia Miles juga saja. Saya sendiri jika jadi Anda akan menukarkan sebagian besar miles DBS tersebut ke Asia Miles karena Asia Miles memiliki opsi penukaran hotel yang menurut saya sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea