teks, cuplikan layar, Font, logo, Grafis, Merek, desain grafis, deasin

Menarik: Kategori Double Yay Points dari Kartu Kredit Jenius

Salah satu hal yang membuat kartu kredit Jenius menarik menurut saya adalah fitur Double Yay Points untuk transaksi pada kategori tertentu.

Hanya saja, masih banyak kategori Double Yay yang cukup membingungkan karena dari pihak Jenius sendiri tidak mendetailkan merchant mana saja yang masuk pada kategori double Yay Points tertentu dan mana yang tidak.

Sebagai contoh, salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan dari pembaca PinterPoin yang beberapa kali saya dapat adalah “Kenapa Grabfood masuk kategori Double Yay Points sedangkan GoFood tidak masuk.

Melalui artikel ini saya ingin sedikit memahami Anda konsep dari Merchant Category Code (MCC) dan apa pengaruhnya terhadap kategori Double Yay Points dari Jenius ini.


Merchant Category Code (MCC)

Merchant Category Code secara praktis adalah 4 angka yang ditetapkan di awal oleh pihak issuer seperti Visa/Mastercard/JCB/Amex dan sebagainya untuk mengklasifikan suatu transaksi individual masuk dalam kategori transaksi apa.

Sebagai contoh, transaksi di merchant dengan Category Code 5462 di Visa berarti adalah transaksi yang dilakukan di toko roti (bakery).

Setiap digit dari MCC sendiri merepresentasikan jenis kategori transaksi tapi berikut adalah ilustrasinya:

teks, cuplikan layar, Font, nomor, deasin

Transaksi di MCC spesifik ini juga yang menjadi basis apakah suatu kartu kredit seperti Jenius, Maybank BMW/MINI, BNI JCB Ultimate dan sebagainya akan memberikan poin yang berlipat dari transaksi tersebut.

Untuk mengetahui suatu transaksi masuk pada MCC yang mana, Anda bisa menghubungi pihak Customer Service (CS) dari masing-masing bank.

Pengkategorian Double Yay Jenius

Berikut adalah kategori transaksi yang bisa dapat Double Yay Points di Jenius:

teks, cuplikan layar, Font

Berdasarkan informasi dari website Jenius, berikut adalah pengkategorian MCC yang berhak memperoleh Double Yay Points dari Jenius:

Kecantikan & Fashion
teks, cuplikan layar, Font, nomor, Paralel, garis, struk

Pada kategori ini, yang di luar dugaan saya adalah kategori MCC 5944 (Jewelry Stores) dan juga MCC 7298 (Health and Beauty Spas).


Makanan & Minuman
teks, cuplikan layar, Font, garis, nomor, putih

Pada kategori ini, yang di luar dugaan saya adalah kategori MCC 5499 (Misc Food Stores). Misc Food Stores ini definisinya luas dan tidak mengejutkan jika GrabFood masuk pada kategori MCC ini.


Belanja Bulanan & Bensin
teks, Font, cuplikan layar, garis, nomor, putih

Perjalanan & Hiburan

Kategori Double Yay ini paling unik karena meliputi banyak sekali MCC airlines maupun hotel yang daftarnya bisa Anda baca sendiri di sini.

Selain itu, terdapat juga MCC yang berhak memperoleh Double Yay Points di kategori ini sebagai berikut:

teks, cuplikan layar, Font, nomor, garis, hitam dan putih, Paralel, struk
teks, cuplikan layar, Font, garis, nomor, hitam dan putih, Paralel, struk

Pemesanan tiket melalui OTA seperti Traveloka ataupun Tiket.com seharusnya masuk pada kategori ini.

Menariknya, saya tidak menduga bahwa MCC 5309 (Duty Free Stores) masuk pada kategori ini.


Baca juga: Review Kartu Kredit Jenius

Baca juga: The Next Big Thing – Kartu Kredit Jenius


Penutup

Memahami MCC yang bisa memperoleh Double Yay Points dari Jenius merupakan kunci mengoptimalkan kartu kredit Jenius untuk transaksi dalam negeri.

Dengan memastikan bahwa transaksi paling besar atau paling sering Anda berada di kategori Double Yay yang tepat, maka Anda bisa memperoleh poin dengan lebih cepat dan efisien tentunya.

teks, cuplikan layar, Font, logo, Grafis, Merek, desain grafis, deasin
Optimalkan kartu kredit Jenius Anda melalui pemilihan kategori Double Yay yang tepat

Saya sendiri saat ini memilih Double Yay kategori Beauty & Fashion karena kartu Maybank BMW/MINI saya sudah meng-cover kategori lainnya sehingga paling optimal bagi saya untuk mencari kategori transaksi yang belum di-cover oleh kedua kartu tersebut yang mana adalah beauty & fashion.

Apa kategori Double Yay Points yang Anda pilih?
Share

92 comments
  1. Saya sdh memilih kategori belanja bulanan dan bensin, tapi dengan minimal belanja 20jt/ bln apa yg harus saya belanjakan??,andai ada kategori gadget atau elektronik mungkin akan lbh cepat mencapai target.

      1. Halo kakak2,
        Mau tanya, kalo beli MacBook di IBOX atau DIGIMAP, apakah bisa masuk salah 1 Kategori Yay Jenius?
        Sayang belajar hampir belasan juta ngak dapat Double Yay
        Jika ada yg punya cara, please advice nya. Thanks in advance

  2. Mau tanya, kalau double points yg untuk transaksi International apakah termasuk transaksi online asalkan mata uangnya selain IDR (termasuk leway perantara paypal), atau hanya untuk transaksi luar negeri di merchant offline?

    Lalu semisal transaksi dalam negeri di luar merchant2 tersebut (semisal tokopedia) apakah tetap dapat points walaupun tidak double?

    Terima kasih sebelumnya

  3. Grocery Stores / Supermarket disini agak sedikit bias, sy transaksi di Alfamart & Ranchmarket yg seharusnya masuk kategori tersebut malah ga dpt double points.

    Setelah saya cb call CS Jenius, tnyata merchant tsb masuknya ke kategori F&B. mungkin masuk ke Misc. Food stores tersebut

    1. Kartu scam kebanyakan gimmick.. beli sepatu d group MAP . Kategori fashion n beauty.
      Ga dapet double points.
      Padahal di 5661 ada tulisannya shoe store.
      CS d hubungi susah nya setengah mati. Apps lemot

      1. Saya mengalami hal yang serupa setelah membeli satu set kaos laki-laki di Marks & Spencer. Menurut CS Jenius, kode MCC untuk produk yang saya beli tidak termasuk dalam kategori Fashion & Beauty.

        Ironically, beberapa minggu sebelumnya, saya membeli dua potong pakaian perempuan di Marks & Spencer dan dapat double yay karena kode MCC yang berbeda.

        Bingung? Jelas.

  4. hi, nanya donk untuk transfer yay points itu hanya bisa kelipatan 20rb yay points saja kah? atau bisa misal 23.500? thank you

  5. Ini kenapa yang tanya jadi ga berkualitas gini yah. Tanya sendiri woiii telp call center pake pulsa sendiri, baca yang bener ke web jenius… mau punya miles tuh harus repot, rajin baca.

    1. Hahahahha ya begini jadi nya.. sekarang semakin banyak orang yang tau CC untuk miles , semua berlomba2 bikin CC. Semua buka kelas miles hunter. Sekarang semua orang berlomba2 buat CC miles , akhirnya semua bank devaluasi , miles semakin mahal.
      Inti dari semua nya itu cuma 1. PUNYA TRANSAKSI !!
      Kalau sbulan pengeluaran cuma 20-50jt percuma. Harus nabung berapa tahun buat redeem

  6. Di awal 2023 saya pernah transaksi untuk AirBNB dan… gak dapet poin apapun. Padahal lumayan juga nilai transaksinya. Padahal setau saya tidak ada jenis transaksi yang tidak bisa mendapat poin. Apakah ada yg pernah transaksi di AirBNB?

  7. Saya mau tanya, saya ada poin 75rb, kemungkinan otw 100rb dalam waktu dekat. Ada rencana ke Jepang dan mau saya tuker Krisflyer. Tapi saya bingung bagusnya dituker:
    1. tiket PP Jakarta-Tokyo (90.000 poin); atau
    2. tiket bisnis oneway Jakarta-Tokyo (70.000 poin) tapi tiket baliknya beli sendiri ekonomi.
    Mungkin abangabang sekalian atau ko Edwin bisa bantu kebingungan saya

    1. mgkn saya coba bantu jawab karena kapan hari saya mencoba2 cari flight international yg mau diredeem..
      kalau international flight kalau mau bayar (bukan dengan miles) sebaiknya PP, karena kmrn saya cek untuk rute one way tokyo jakarta itu hanya beda 2-3jt drpd yg PP. cek dari web SQ maupun dari tiket.com or traveloka semuanya kurang lebih sama (tetap jauh lebih mahal one way drpd PP).

    2. Hi Yoo,

      Mungkin bisa dipertimbangkan cari award Saver, misal Jakarta-Singapura-Seoul-Tokyo hanya 52.500 miles sekali jalan (105.000 miles pulang pergi).

      1. Ini pake SQ pa? Berarti transit 2x ya..

        Saya pernah coba hitung CGK – TYO pakai SQ dan Saver. Hasilnya kalau pake SQ cm bayar tax 400K, tp klo pake Saver bisa tambah biaya sampai 2,9 juta. Memang begitu ya?

        1. Hi Odum,

          Bisa campur-campur, mau SQ/Asiana/ANA/Ethiopian bisa. Untuk fuel surcharge sendiri tergantung kombinasi maskapai spesifik yang dipakai; beda kombinasi, beda rute, beda biaya.

      2. Kalo itu teknisnya gimana ya hehe? Belum terlalu paham. Apakah redeem Jakarta-SG lalu SG-Seoul (atau JKT-Seoul) dan Seoul-Tokyo? Untuk Seoul-Tokyo ceknya dimana ya? Saya cek calculator krisflyer di web singapore airlines tidak muncul untuk seoul-tokyo

      3. Eric,
        Boleh share ke pembaca Pinterpon gimana caranya bisa JKT-SG-Seoul-Tokyo hanya 52.500?
        Bagaimana carnaya juga bisa stop di Seoul ? Apakah dengan memakai Stopover (tapi tidak ada pilihan Seoul, hanya SG)? Atau dengan kontak CS SQ? Tlg share teknisnya,
        Terima kasih

        1. Pembaca PinterPoin,

          Bisa dirangkai penerbangannya via krisflyer chatbot.Detailnya kita spill di KrisFlyer Masterclass karena ini cukup kompleks.

        2. Edwin,
          Terima kasih reply nya. Saya sudah coba merangkai flight SUB-SIN-HKG (stopover 3 hari di HKG)-TPE & pulangnya TPE-SIN-SUB, kena 92.000 utk Business Saver melalui Chatbot. Bukankah seharusnya 36.000 x 2 = 72.000 ya? HKG-TPE saya menggunakan Eva Air. Semuanya available dlm Saver.
          Mungkin tim Pinterpoin bisa bantu kasih pencerahan? Dan semoga saya bisa ikut kelas Masterclass di masa2 mendatang ya, Terima kasih!

    3. Normalnya cuma 54rb PP CGK Tokyo, coba utak atik aja Mas Bro yg murah2 milesnya, bisanya sejalan untuk jarak cgk tokyo itu cuma 27rb miles (kelas Saver). Kalau kelas Advantage yg lebih flexible di reschedule biasanya lebih mahal ratenya. Ganti tanggal atau Bandara saja coba, Kansai Osaka, Haneda, Nagoya, atau Fukuoka. Kalau gaada juga miles yg murah meski sudah utak atik tanggal dan bandara, harap bersabar saja holidaynya, lalu cari keberangkatan flight 6-12 bulan ke depan hehe.. tapi kalau sudah ndak sabar untuk liburan coba cari opsi star alliance yg kerja sama, misal Ana, siapa tahu saja milesnya masih 27ribu one way – agar lebih murah drpd yg one way 46ribu.. karena sayang kalau miles ditukar untuk waktu2 perjalanan yg sudah dekat, menurut saya lebih baik bayar cash cari promo

  8. Barusan diterima buat jenius dan BCA krisflyer infinite. Pertanyaan saya, apakah BCA krisflyer infinite masih worth it untuk dipakai mengingat perolehan poin (standarnya) lebih baik jenius ini plus jenius mudah menghapuskan annual feenya?

    Krn klo tidak worth, kyknya mending gk saya aktifkan BCA krisflyer infinitenya

    1. Menurut saya, saat ini Jenius lebih unggul untuk program2 milesnya dan ada bbrp promo2 menarik seperti kintan shaburi dll.
      Namun utk jangka panjangnya kita belum tahu apakah Jenius mengadakan promo miles lg, jika tidak ada promo miles maka standar perolehan miles 10.000=1 mile. Ini sama dgn BCA Kris infinite.
      Keunggulan BCA Infinite mungkin lebih menonjol ketika ada pameran travel ya dan perolehan milenya 10.800=1 mile, Bonus 2.000 KrisFlyer miles (minimum transaksi Rp50 juta) atau 1.000 KrisFlyer miles (minimum transaksi Rp 20 juta) per siklus tagihan , juga ada welcome bonus ya harusnya jika blm pernah mengajukan cc yg signature.
      Saya pemakai keduanya dan masih menyimpan CC Kris Infinite jika sewaktu2 ada promo menarik.

      1. Setuju dengan Kiwi, saya juga masih aktif memakai keduanya sampai sekarang.

        BCA SQ Infinite cuma saya pakai di 20jt aja per billing, supaya dapat bonus 1000 miles (ratenye jadi Rp 7,015/mile). Kalau kejar 50jt per billing ratenya jadi Rp 7,543/mile sehingga menurut saya kurang menarik (better switch ke CC lain yg Rp 7,500/mile flat).
        Lebih baik setelah hit 20jt di BCA SQ Infi, pindah ke Jenius untuk kejar target 20jt/bulan Jan Feb Mar 2024 supaya dapat program bonus 6,000 yay points.

      2. Satu lagu keunggulan BCA infinite kl dibandingin ama jenius. Krn sama2 cuma bisa redeem ke KF, bca lbh enak krn lgsg teredeem di akhir tagihan ke KF, kl jenius musti kelipatan 20rb yay points.. jd kl punya 38rb yay points ttp aja jadinya 20rb KF

      3. Tetap keep saja BCA Infinite Anda, gunakan untuk transaksi min 20 atau 50 juta sekalian, jangan kentang atau tanggung2 di antaranya.. hehe nanti malah sia2 gak achieve monthly bonus. Dan kenapa harus tetap disimpan, meski devaluasi, tapi skrg Infinite dan JCB (kartu utama) BCA bisa diajukan penghapusan biaya tahunan. Jadi dia memberikan benefit di tengah devaluasi, syukur deh.. Dan pertahankan JCB untuk lounge pastinya

  9. Saya kecewa memilih kategori belanja bulanan dan bensin, ternyata Ranch market, Superindo, Hypermart tidak masuk dalam kategori belanja bulanan. Bensin aja yang di double yay. Dari 3 lokasi hypermart yg saya belajakan hanya 1 yg dikategorikan double yay.

  10. Pengkategorian Double Yay untuk supermarket ini membingungkan.
    Dari awal punya Jenius, aktifin kategori double yay-nya yang Belanja Bulanan & Bensin.

    Akhir Desember belanja di Lottemart, masuk double yay.
    Awal Januari 2x belanja di Lottemart, dua-duanya gak masuk double yay.

    Komplain ke CS lewat chat, dijawab kalau setelah dicek katanya merchant masuk kategori F&B.
    Ditanya kenapa bisa berubah padahal sebelumnya dapat double yay, katanya kewenangan visa.

    Padahal salah satu dari dua transaksi di Januari itu dilakukan di lokasi yang sama dengan yang dilakukan di akhir Desember. Jadi kemungkinan kategori MCC mesin-mesin EDC di merchant bisa berbeda-beda ya.

    Praktis yang bisa dipastikan akan dapat double yay cuma bagian isi bensinnya aja. Bagian supermarketnya untung-untungan hahaha

  11. Kalau merchant menggunakan third-party payment gateway untuk payment processor CCnya apakah masih masuk pengkategorian sesuai tipe merchant atau ngikut si payment gateway? Sebagai contoh:
    1. Transaksi via mamikos yg process CC-nya Xendit
    2. Transaksi via agoda.com tapi melalui paypal (CC dikonek ke paypal)

    Terima kasih sebelumnya

  12. Halo, mau tnya saya & istri pnya cc jenius dgn limit 4.3jt
    Anehnya skrg CC saya tidak bisa dipakai untuk transaksi. Pdahal sya kalo pake cc selalu saya bayar di awal, jadi limit cc masi full (4.3jt)

    Akhirnya sya telp ke cs jenius & di infokan kalo transaksi bulanan saya uda melebihi limit dari bank. Dan cc saya baru bisa dipakai lagi di bulan Februari. Jadi walaupun masi ada limit di cc yg 4.3 jt , tetap gak bisa digunakan / gesek lagi.
    Apa ada solusi untuk ini? Apa ada yg mengalami hal yang sama?

    Mengingat sebenernya mau ngejer poin bonus 6000miles transaksi 60jt (3bulan) tapi kalo di batesin begini bagaimana mau transaksi 60jt ya?

    1. Sama, mulai hari ini saya pakai transaksi malah ditolak terus sudah 2 merchant, limit saya 50 dan sudah pakai transaksi total mungkin lebih 150
      Padahal beberapa hari lalu masih bisa pakai metode top-up, bisa jadi sudah dibatasi atau ada total maksimal pemakaian biarpun pakai metode tersebut

    2. sama banget kasusnya, baru kemarin begini. Hari Jumat pagi dipake buat transaksi setelah top up masih bisa tapi sorenya udah ga bisa hiks. Ga bakal kekejar lah bonus milesnya

      1. Apakah transaksi dalam bulan ini hanya sebatas limit atau sudah berapa x lipat dari limit?
        saya membaca dari selebgram Miles, katanya hipotesisnya
        transaksi maksimal tidak sebatas limit kartu kredit, namun kasusnya beda beda, ada yang bisa transaksi 2x limit – 3x limit max dalam 1 bulan
        saya sendiri udah 6x lipat dari limit dan sekarang juga sudah decline
        saya akan coba kembali dibulan depan untuk mengetest maksimal bisa berapa x lipat dari limit
        yang penting niatnya mau kejar target untuk promo 6.000 yay point

        1. sepertinya juga sudah hampir 6x limit pak. Kalau ternyata bulan depan tidak bisa lebih dari lmit berarti ga bisa ikut bonus 6000 yay points hiks

    3. Halo Pak Erik,
      Saya juga mengalami hal yg sama.
      Kemudian saya coba tlp CS Jenius,dijelaskan bahwa pemakaian saya telah melebihi limit (15 juta).
      Saya tanya ke CS sebelumnya saya pake bisa lebih dari limit,ternyata per tanggal 19 Jan 2024 ada kebijakan baru dari jenius bahwa pemakaian maksimal sesuai limit jd ga bisa topup lagi di cc nya.
      Begitu penjelasan CS Jenius..bagi yg limitnya kecil seperti saya,kyknya gak bisa ngejar bonus 6000 miles,kecuali mencoba permohonan penambahan limit.
      Demikian infonya,makasih

    4. sama,, saya mengalami hal yg sama dan udah complain berulang x

      dikatakan begitu gak bisa utk transaksi lagi

      bank apaan ini ya seenaknya mengubah TNC secara mendadak

      bener itu yg bilang bahwa, pinter poin tolong dibuatin artikel biar ga pada kejebak

      mau promo tapi dibatasi ya gimana bisa dapetin 6000 pointnya,, pada kabur kalau begini caranya.

    5. Betul sekali, sudah kontak ke CS juga demikian jawabannya. Baru bisa dipakai bulan berikutnya.

      Akhirnya secara pribadi memutuskan setelah close billing cycle januari mau ditutup saja. Rasanya tidak sopan seenaknya mengubah T&C tanpa pemberitahuan jauh-jauh hari.

      Bagaimana yang sudah topup puluhan juta dengan ekspektasi akan melakukan pembelian besar, bisa nangis darah uangnya nyangkut karena tidak bisa dicairkan juga kata CS

      1. Ssama kasusnya nih. bahkan saya di kenakan charge “over limit fee” 100rb di billing bulan ini. Fix ditutup aja, karena buka cc ini cuma buat ngejer bonusnya aja.

        1. Ini serius harus pakai sesuai limit ga bisa topup? Limit saya 24.200.000 dan kemarin sempat topup ke 30 juta masih bisa kok. Baru rencana bayar sewa ruko pakai ini, ngeri juga kl udah topup duitnya nyangkut ga bisa dipake

  13. Hai Mas,
    mau nanya. Kalo kita transaksi di traveloka dan tiket.com kan kemungkinan double yay point masuknya ke kategori travel.
    Kalo agoda sama bookcabin, apakah masuk kategori travel juga ya biar dapat double yay nya?
    Mohon infonya, terima kasih

  14. Dengar2 ada perubahan tnc.
    Pemakaian bulanan, tidak bisa melebihi limit. Jadi kalau qt melakukan pembayaran, tidak membuka limit, tapi digunakan untuk mengurangi tagihan berikutnya. Apa benar?

    1. Betul sekali, sekarang jenius tidak bisa menggunakan fitur top up jadi untuk limit di bawa 20juta lupakan program 6000 point nya

    2. Saya tadi barusan coba. Transaksi sebesar 95% dari limit, terus saya langsung bayar. Ternyata limitnya balik juga (Pertama coba 1jt dulu, ternyata bisa, langsung saya bayar full sisanya). Alhasil bisa transaksi lagi.

      Cuman belum coba kedua kalinya, jadi apakah ada maksimal penggunaan blm bisa mastiin.

    1. Bantu koreksi aja.
      Selain 4 jenis kategori yang dipilih, transaksi apapun dalam mata uang asing dapat bonus double point juga kok.

    1. Hallo Clara,
      Saya pilih Travel & Leisure, dan waktu booking di Harris Hotel dapat double poin dengan catatan payment offline. Kalau via OTA belum tau krn baru pertama pilih kategori travel,

  15. @Eric/Edwin/ teman2,
    Gimana caranya beli tiket JKT-SG-Seoul-Tokyo dengan mileage 105.000 utk Business, seperti Eric tulis di atas?
    Saya cek Stopover hanya bisa SG? Thanks sebelumnya

  16. Sudah. Masuk 2x, di tgl 15 Dec 23 untuk trx Nov 23, dan 15 Jan 24 untuk trx Dec 23. Lumayan berasa sih triple point nya untuk transaksi foreign currency. Sepertinya CC Jenius ini memang baiknya difokuskan untuk transaksi foreign currency aja untuk double yay, dan pas sedang ada promo triple yay.

  17. Pa, cara kita tau merchant ada di kategori apa tepatnya gimana ya? Krn ktnya sesuai dengan yg di daftarkan di Via. Beberapa waktu lalu belanja cukup banyak sampai 48jt krn ada kebutuhan utk acara. Belanjanya produk kain dan jaket, udah yakin dong produk fashion.

    Tp ternyata ngga masuk kategori double yay. Udah chat jenius katanya emang bkn kategori fashion merchantnya. Aneh bgt jual pakaian tp bkn kategori fashion 😐

  18. Halo kakak2,
    Mau tanya, kalo beli MacBook di IBOX atau DIGIMAP, apakah bisa masuk salah 1 Kategori Yay Jenius?
    Sayang belajar hampir belasan juta ngak dapat Double Yay
    Jika ada yg punya cara, please advice nya.
    Thanks in advance

    1. Alycia,

      Tidak dapat. Anehnya, dulu saya di klinik estetika dapat double yay kategori kecantikan tapi per Januari ini sudah tidak dapat lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.