World of Hyatt merupakan loyalty program hotel yang cukup populer di Amerika Serikat. Banyak yang beranggapan bahwa World of Hyatt kini memegang predikat loyalty program hotel terbaik setelah Starwood Preferred Guest bergabung menjadi Marriott Bonvoy.

Saya pribadi setuju dengan opini tersebut karena memang benefit menjadi anggota elite World of Hyatt, spesifiknya Globalist, memang sangat menarik dan menguntungkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seluk beluk loyalty program hotel ini. Mungkin saja World of Hyatt akan cocok untuk Anda. Poin Hyatt sendiri cukup berharga, dimana saya memvaluasi sebesar Rp270,- per 1 poin.

World of Hyatt mempunyai satu kekurangan besar yakni sedikitnya properti hotel di luar Amerika Serikat. Namun Hyatt akhir-akhir ini rajin dalam mengakuisisi hotel seperti Alila. Alhasil dari awalnya hanya terdapat 4 properti di Indonesia, kini terdapat 14 properti (dan kapal) yang aktif beroperasi.

Luxury Downtown Jakarta Hotels | Grand Hyatt Jakarta

Grand Hyatt Jakarta yang terletak di bundaran HI merupakan salah satu hotel paling ikonik di Indonesia. Foto: Hyatt.

Bergabung Menjadi Anggota World of Hyatt

Setiap orang bisa bergabung menjadi anggota World of Hyatt secara gratis. Untuk melakukannya, klik link ini untuk menuju ke laman resmi pendaftaran anggota.

Hotel Anggota World of Hyatt

Hotel anggota World of Hyatt seperti Grand Hyatt dan Alila mungkin sudah tidak asing lagi. Selain itu, terdapat juga hotel-hotel lain yang bernaung dibawah World of Hyatt, yaitu:

World of Hyatt

Hotel anggota World of Hyatt.


Baca juga: Hotel Mewah Baru di Jakarta: St. Regis, Waldorf Astoria, Park Hyatt, dan The Langham


Mendapat Poin

Terdapat beberapa cara untuk mengumpulkan poin Hyatt, namun cara paling dominan dan masuk akal bagi orang Indonesia adalah dengan menginap. Berikut penjelasan masing-masing cara mengumpulkan poin Hyatt:

Hotels

Perolehan poin Hyatt akan berdasarkan pengeluaran dalam mata uang US Dollars. Anggota World of Hyatt akan mendapatkan 5 poin per US$1 (sebelum bonus status elite) ketika:

  • Menginap di Hyatt Hotels & Resorts
  • Menginap di Small Luxury Hotels of the World
  • Menginap di MGM Resorts
  • Membayar untuk makan, spa, dan servis di hotel

Mengadakan acara seperti meeting atau pernikahan juga akan mendapatkan poin, namun dengan tingkat perolehan yang lebih rendah, yakni 1 poin per US$1 (maksimum 50.000 poin per acara).

Anda juga bisa mendapatkan poin Hyatt melalui:

Mendapat Poin Melalui Partner

Poin Hyatt juga bisa didapatkan melalui rekanannya seperti:

Membeli Poin Hyatt

World of Hyatt sesekali mengadakan promo diskon pembelian poin atau bonus poin. Saya hanya menyarankan Anda untuk membeli ketika ada bonus agar bisa memaksimalkan penukaran poin tersebut.

Salah satu contoh keuntungan membeli poin Hyatt adalah untuk digunakan menginap di properti hotel high end yang cash rate-nya tinggi seperti Park Hyatt Maldives, Park Hyatt New York, dsb.

  • Harga per malam cash: US $1.700+ setelah pajak & biaya
  • Harga per malam poin: 30.000 poin yang bisa dibeli seharga US $540 (ketika ada diskon 25%)
  • Hemat: US $1.100+

 

Menggunakan Poin

Setelah berhasil mengumpulkan poin, langkah selanjutnya adalah menggunakan poin tersebut. Terdapat beragam cara untuk memanfaatkan poin Hyatt. Menurut saya pribadi, cara terbaik adalah dengan menukarkan untuk menginap di hotel kategori 1 Hyatt (5.000 poin per malam) atau high end seperti Park Hyatt Maldives, Park Hyatt New York, dsb.

Menginap

Seperti yang saya sebutkan, bagi saya cara terbaik untuk memanfaatkan poin Hyatt adalah dengan menginap. World of Hyatt sendiri dihiasi dengan beragam hotel mewah yang menarik. Penukaran dimulai dari 5.000 poin hingga 40.000 poin per malam untuk kamar standar.

Mirip dengan Hilton, Anda juga bisa menukarkan poin untuk tipe kamar yang lebih tinggi, dengan jumlah poin yang lebih banyak juga. Namun tidak saya sarankan guna menghemat poin, apalagi jika Anda sudah memiliki status elite Globalist yang hadir dengan complimentary upgrade.

Berikut tabel penukaran poin di hotel umum Hyatt:

Tabel penukaran poin Hyatt. Sistem Off-peak & Peak redemption akan diterapkan di tahun 2021.

Anda juga bisa menggunakan fitur kombinasi poin + cash, upgrade kamar dengan poin, menukar poin untuk menginap di all-inclusive resort, Miraval Resorts (45.000 poin per malam), dsb. Klik disini untuk informasi lengkapnya.

Hyatt

Tukarkan 30.000 poin (per malam) untuk menginap di Park Hyatt Maldives Hadahaa.

Experiences

Poin Hyatt juga bisa ditukarkan untuk beragam pengalaman menarik seperti (klik masing-masing untuk melihat detilnya):

Transfer Poin ke Airlines

Hyatt menggandeng 24 maskapai sebagai rekanan transfer poin atau memperoleh poin. Diantaranya adalah Singapore Airlines (KrisFlyer), Cathay Pacific (Asia Miles), American Airlines (AAdvantage), Korean Air (SKYPASS), Etihad (Etihad Guest), dsb.

Umumnya, Anda bisa mengubah 2,5 poin Hyatt menjadi 1 airline miles. Minimum transfer adalah 5.000 poin untuk 2.000 airline miles pilihan Anda. Kelipatan transfer setelahnya adalah per 1.250 poin.

Contoh: 5.000 poin Hyatt bisa ditukar menjadi 2.000 KrisFlyer miles.

Terdapat pengecualian rasio transfer untuk:

  • Aeromexico/LAN: 5.000 poin Hyatt = 4.000 kilometers
  • Air China: 5.000 poin Hyatt = 3.200 kilometers
  • China Eastern: 5.000 poin Hyatt = 3.200 poin
  • Qantas: 5.000 poin Hyatt = 2.400 poin
  • Southwest: 5.000 poin Hyatt = 2.400 poin
  • Virgin Atlantic: 5.000 poin Hyatt = 3.000 miles

Jika prioritas Anda dalam mengumpulkan poin hotel adalah untuk ditukarkan menjadi airline miles, maka saya lebih menyarankan Marriott Bonvoy secara general. Baca alasannya disini.

 

Tingkatan Keanggotaan

Terdapat beberapa tingkatan keanggotaan di program Hyatt. Jika Anda baru mendaftar, maka Anda akan memulai dengan status Member.

Tingkatan keanggotaan Hyatt dan persyaratannya.

Menurut saya, status Hyatt hanya akan menarik ketika Anda mencapai Globalist yang harus ditebus dengan menginap 60 malam atau memperoleh 100.000 base points atau mengadakan 20 meetings/events dalam setahun. Manfaat status Globalist:

  • 30% bonus poin
  • Upgrade kamar, termasuk Standard Suites
  • Late checkout hingga jam 4 sore
  • Garansi ketersediaan kamar hingga 48 jam sebelum tiba
  • Akses ke club lounge & gratis breakfast
  • Gratis parkir untuk free night award
  • Guest of Honor (bisa memberikan manfaat status kepada teman/keluarga meskipun tidak menginap bersama pemilik status)
  • Akses prioritas untuk ketersediaan kamar
  • Resort fees ditiadakan untuk award night dan eligible rate
  • dsb.

Jika Anda loyal dan berhasil mengumpulkan 1.000.000 base points, maka status Lifetime Globalist bisa Anda nikmati seumur hidup.

Terima kasih kepada Steve dari UponArriving yang menambahkan, anggota World of Hyatt tanpa status Globalist bisa menikmati manfaat seperti free upgrade dan free breakfast ketika menginap di hotel Small Luxury Hotels & Resorts of the World (SLH).

Tips: Pemegang status Explorist dan Globalist Hyatt bisa mendapatkan status match challenge dengan American Airlines (misalnya: Globalist = Executive Platinum American yang hadir dengan status oneworld Emerald) dan berlaku sebaliknya juga.

Manfaat keanggotaan lain bisa Anda lihat disini.

Viceroy Bali World of Hyatt

Viceroy Bali merupakan salah satu hotel anggota SLH. Jika Anda menginap dengan keanggotaan World of Hyatt di hotel ini, Anda bisa menikmati manfaat seperti free breakfast dan free upgrade kamar. Foto: Viceroy Bali.

Hyatt Privé

Hyatt Privé merupakan cara instan untuk menikmati fasilitas terbaik Hyatt tanpa harus mempunyai status elite.

Pada dasarnya, Anda memesan hotel Hyatt melalui layanan tersebut dan mendapatkan tambahan benefit seperti upgrade kamar, gratis breakfast, credit US$100, welcome gift, early check in dan late check out, dsb. Sayangnya, untuk memesan melalui program ini wajib dilakukan melalui travel agent yang bekerja sama.

Penutup

Untuk status Hyatt sendiri, saya mempunyai prinsip Globalist or nothing. Saya hanya akan loyal kepada Hyatt ketika saya tahu saya bisa mencapai Globalist. Namun kembali lagi, dibutuhkan perjuangan terlebih dahulu untuk mencapai Globalist.

Bagi saya, program lain seperti Marriott Bonvoy jauh lebih menarik dan mudah untuk didapatkan status dan poinnya di Indonesia. Jika Anda kebetulan sering menginap di hotel Hyatt, maka saya sarankan untuk mempertimbangkan program ini sebaik-baiknya.

.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi anggota World of Hyatt?