PinterPoin Zoom Webinar

Panduan Poin & Miles Untuk Pemula

Selamat datang di panduan poin dan miles untuk pemula.

Penasaran melihat orang yang terbang di Business Class atau bahkan First Class tanpa harus membayar mahal? Bingung mengapa orang yang Anda kenal mempunyai sederetan kartu kredit? Penasaran kenapa teman Anda selalu menawarkan diri untuk membayar dengan kartu kreditnya?

Jika Anda sampai di artikel ini, mungkin Anda sudah pernah mendengar namun belum sepenuhnya memahami istilah seperti poin, miles, frequent flyer program, dsb. Melalui artikel ini, saya akan membagikan tips dan langkah-langkah yang akan membantu setiap orang untuk memaksimalkan penggunaan poin dan miles.

Semoga segala informasi yang saya sertakan pada artikel ini dapat berguna dan menjawab pertanyaan Anda. Harapan saya, Anda bisa menjadi seorang #pinterpoin dan menikmati liburan mewah dengan memanfaatkan poin dan miles.

Tanpa menunda-nunda, berikut rangkuman singkat langkah menjadi seorang #pinterpoin:

  1. Daftarkan diri dengan frequent flyer program dan hotel loyalty program
  2. Dapatkan kartu kredit travel terbaik
  3. Maksimalkan pengeluaran dengan kartu kredit yang tepat
  4. Manfaatkan online shopping portal
  5. Selalu up-to-date dengan tips dan promo
  6. Pertimbangkan mengejar status elite frequent flyer program atau hotel loyalty program
  7. Belajar menukarkan poin dan miles untuk penerbangan atau hotel
  8. Pasang target travel impian dan wujudkan!
The Wing First Class Lounge adalah salah satu lounge terbaik di dunia, tentu saja bisa diakses dengan memanfaatkan poin dan miles. Foto: PinterPoin

Langkah Pertama – Daftarkan diri dengan frequent flyer program dan hotel loyalty program

Langkah yang paling awal yang harus Anda lakukan adalah memdaftarkan diri pada frequent flyer maskapai dan hotel loyalty program pilihan Anda. Umumnya, Anda tidak akan dipungut biaya untuk mendaftarkan diri sebagai anggota.

Panduan pemula poin miles
Contoh laman pendaftaran anggota program KrisFlyer milik Singapore Airlines

Mungkin kebanyakan dari Anda pasti bertanya, program mana yang harus didaftarkan? Anda bisa memulai dengan mendapatkan frequent flyer program dan loyalty program hotel yang sering Anda gunakan, namun tentu tidak terbatas sampai disitu saja.

Sebagai perspektif, saya pribadi saat ini memiliki akun pada 12 frequent flyer program dan 5 loyalty program hotel.

Sebagai awalan, daftarkan diri dengan program yang familiar bagi orang Indonesia, yakni GarudaMiles (Garuda Indonesia), KrisFlyer (Singapore Airlines), dan Asia Miles (Cathay Pacific) dengan alasan:

  • Ketiga maskapai tersebut umum digunakan oleh orang Indonesia
  • Ketiga program tersebut bekerja sama dengan hampir seluruh kartu kredit terbaik di Indonesia, menjadikan milesnya accessible atau mudah didapatkan
  • Ketiga maskapai tersebut masing-masing mewakili 3 aliansi maskapai terbesar dunia:
    • Garuda Indonesia – SkyTeam
    • Singapore Airlines – Star Alliance
    • Cathay Pacific – oneworld
Panduan pemula poin miles
Singapore Airlines merupakan anggota dari aliansi maskapai Star Alliance. Foto: PinterPoin

Untuk program hotel, saya sangat menyarankan untuk bergabung dengan program seperti Marriott Bonvoy, Accor Live Limitless, IHG Rewards Club, dan Hilton Honors.

Kembali saya ingatkan jika pilihan loyalty program tidak terbatas dengan yang saya sarankan saja. Anda bebas untuk memiliki akun frequent flyer program atau hotel loyalty program lain yang cocok bagi Anda.

 

Langkah Kedua – Dapatkan kartu kredit travel terbaik

Bagaimana cara  mengumpulkan poin dan miles, padahal jarang terbang atau menginap di hotel Dapatkan kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan poin dan miles dan manfaatkan welcome bonus-nya!

Kartu Citi Prestige menawarkan akses transfer poin ke 11 loyalty program! Kredit: Citi Indonesia

Pilihlah kartu kredit yang memberikan Anda fasilitas untuk mengumpulkan atau men-transfer poin kartu kredit ke akun frequent flyer atau hotel yang Anda miliki. Mengingat ada banyak sekali kartu kredit di pasaran, yang mana yang harus Anda pilih? Silahkan baca di artikel PinterPoin ini:

 

Langkah Ketiga – Maksimalkan pengeluaran dengan kartu kredit yang tepat

Sebisa mungkin gunakan kartu kredit untuk setiap pembayaran pada saat yang memungkinkan dan pastikan untuk selalu membayar penuh tagihan kartu kredit Anda tiap bulannya.

Perhatikan manfaat dan tingkat perolehan tiap kartu kredit yang Anda miliki. Misalnya, untuk mengumpulkan GarudaMiles, gunakan kartu Mega Travel Card yang memiliki earning rate sebesar Rp4.808 per 1 GarudaMiles di dalam negeri dan Rp2.404 per 1 GarudaMiles di luar negeri.

Panduan pemula poin dan miles PinterPoin
Kartu kredit Bank Mega kini menjadi andalan untuk mengumpulkan GarudaMiles. Kredit: Bank Mega

Ingat, bukan berarti Anda tidak boleh memakai uang tunai, namun pakailah uang tunai di momen yang tepat, misalnya saat penjual ngotot menerapkan biaya 3% untuk penggunaan kartu kredit. Pastikan valuasi dari poin dan miles yang Anda dapatkan melebihi biaya yang dibayarkan.

Sebelum melakukan pembayaran, ada baiknya untuk menguasai seluruh informasi mengenai kartu kredit yang Anda miliki. Mendapatkan 1 poin per Rp 10.000 bisa berbeda secara signifikan dengan memperoleh 1 poin per Rp 3.333.

Bayangkan jika Anda menggunakan kartu kredit sebesar Rp 100.000.000 tiap bulannya. Itu berarti Anda dihadapkan dengan pilihan mendapatkan 10.000 atau 30.000 poin. Selisih jumlah poin tersebut bisa berdampak signifikan terhadap proses akumulasi poin dan miles Anda.

 

Langkah Keempat – Manfaatkan online shopping portal

Tahukah bahwa Anda bisa mendapatkan miles KrisFlyer atau cashback saat berbelanja online?

Sebelum membeli sesuatu secara online, pastikan bahwa website dimana Anda ingin berbelanja tersebut ada melakukan kerja sama dengan maskapai penerbangan atau hotel.

Gunakan online shopping portal seperti ShopBack, Rakuten atau KrisFlyer Spree agar tidak melewatkan miles atau cashback yang seharusnya bisa didapatkan tanpa membayar lebih.


Tips: Daftar melalui link ini untuk mendapatkan US$30 gratis dari Rakuten.


Anda bisa mendapatkan bonus KrisFlyer miles setiap berbelanja di BliBli melalui KrisFlyer Spree

Selama Anda tidak lupa mengakses melalui shopping portal, Anda akan mendapatkan miles atau poin yang dijanjikan dengan syarat tidak melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku. Perhatikan promo kartu kredit yang terkadang mengadakan promo bonus poin di merchant tertentu.

Langkah Kelima – Selalu up-to-date dengan tips dan promo yang berlangsung

Pengetahuan adalah segalanya. Pastikan agar Anda selalu up-to-date dengan berita, tips, dan promo seputar hobi ini. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri pada e-newsletter dari bank, maskapai, hotel, dan merchant favorit Anda agar tidak kelewatan berita.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti PinterPoin untuk mendapatkan informasi terlengkap seputar poin, miles, kartu kredit, dan loyalty program di Indonesia:

 

Langkah Keenam – Pertimbangkan mengejar status elite frequent flyer program atau hotel loyalty program

Menjadi anggota elite frequent flyer maskapai atau hotel loyalty program adalah salah satu aspek sukses dalam strategi poin dan miles Anda. Sebagai seorang elite, Anda akan mendapat banyak sekali fasilitas tambahan yang tidak di dapatkan orang biasa.

Contoh manfaat yang didapatkan anggota elite maskapai adalah:

  • Bonus poin dan miles tambahan
  • Kemungkinan free upgrade ke kelas bisnis
  • Priority boarding
  • Ekstra bagasi
  • Akses masuk ke lounge
  • Customer service yang didedikasikan untuk anggota elite

Sedangkan untuk loyalty program hotel, contoh manfaatnya adalah:

  • Bonus poin saat menginap
  • Complimentary early check in dari jam 6 pagi (di hotel tertentu)
  • Complimentary late check out hingga jam 6 sore (di hotel tertentu)
  • Upgrade ke kamar sampai ke kelas suite
  • Mendapat sarapan gratis
  • Akses ke lounge hotel
Status Elite Hotel
Status elite bisa mendapatkan Anda welcome gift seperti wine atau champagne. Foto: PinterPoin

Perlu diperhatikan bahwa level keanggotaan di tiap program bisa jadi menggunakan sebutan atau istilah berbeda-beda. Misalnya Diamond pada Hilton Honors dan Titanium pada Marriott Bonvoy. Ketahui juga manfaat dari tiap level status agar Anda bisa memaksimalkan benefit yang didapat.


Baca juga: Cara Mendapatkan Status Platinum Marriott & Gratis Menginap 1 Malam Hanya dengan Rp6.400.000,- nett


Langkah Ketujuh – Belajar menukarkan poin dan miles untuk penerbangan atau hotel

Setelah berusaha keras untuk mengumpulkan poin dan miles, tentu akan datang saat untuk menikmatinya.

Setiap traveler memiliki prioritas yang berbeda-beda dengan poin dan miles yang dimiliki. Setiap orang wajib mengetahui nilai atau valuasi dari penukaran poin/milesnya, bisa dilakukan menggunakan metode valuasi atau perhitungan khusus.

Rumusnya simpel; semakin tinggi nilai valuasi poin/miles yang didapat, artinya semakin maksimal penggunaan poin dan miles Anda.

Untuk mempermudah Anda membandingkan valuasi, silahkan gunakan valuasi poin dan miles tahunan versi PinterPoin ini.

Garuda Indonesia First Class
Menukar miles untuk First Class biasanya menghadirkan valuasi poin/miles yang lebih tinggi. Foto: First Class Garuda Indonesia

 

Langkah Kedelapan – Pasang target travel impian dan wujudkan!

Memiliki target dan impian bisa menjadi motivasi yang baik bagi setiap orang. Pasanglah target Anda dan susun rencana perjalanan yang matang dengan mempersiapkan poin dan miles yang dibutuhkan untuk perjalanan tersebut.

Ketika mempunyai target yang jelas dan realistis, Anda akan terbantu untuk fokus pada hobi poin dan miles ini.

Terbang di Business Class bisa diwujudkan tanpa harus membayar mahal, tentunya dengan memanfaatkan poin dan miles. Foto: Business Class Singapore Airlines

Penutup

Jika Anda sering terbang atau menginap di hotel, maka jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk mengumpulkan poin/miles dan status elite. Jangan lupa untuk memaksimalkan pengeluaran Anda dengan menggunakan kartu kredit.

Sebelum mengakhiri panduan ini, saya ingin menegaskan bahwa poin dan miles bisa diibaratkan sebagai mata uang asing. Artinya poin dan miles mempunyai value dan bisa ‘dibelanjakan’ layaknya uang.

Jangan sia-siakan poin dan miles yang sudah dikumpulkan dengan susah payah. Gunakanlah di saat yang tepat dan menguntungkan, tanpa terasa liburan mewah akan bisa diwujudkan dengan biaya seminim mungkin.

.

Apakah Anda sudah memahami konsep dari poin dan miles?

Share

23 comments
  1. Bagaimana kalo untuk mahasiswa ya ka? 🙁 Kan kalo daftar kartu kredit harus punya pekerjaan tetap kan ya, sedangkan saya freelance.

    1. Kartika,

      Terima kasih untuk pertanyaannya. Kalau Kartika sudah membaca artikel-artikel sebelumnya, mungkin anda akan setuju bahwa kartu kredit memang merupakan penghasil poin/miles paling efisien dan efektif. Kalau belum punya kartu kredit, sebenarnya ada opsi lain untuk mendapatkan poin/miles namun memang agak terbatas. Contohnya, anda bisa menggunakan online shopping portal sebelum berbelanja, atau bisa juga mendapatkan kartu debit co-brand BNI Garuda Indonesia contohnya untuk mendapatkan GarudaMiles.

      Sebenarnya saya sudah sering mendapatkan pertanyaan seperti yang ditanyakan oleh Kartika ini. Nanti akan saya buatkan artikel tentang cara mengumpulkan poin/miles khusus untuk pembaca yang belum memiliki kartu kredit.

      Semoga membantu ya dan good luck dalam mengumpulkan poin/miles!

    2. Halo kak, saya ingin brtanya
      Apakah utk krisflyer ini bisa digunakan juga utk penerbangan lain dengan teamnya mereka?contoh saya mau terbang dgn eva air, tapi dgn point krisflyer. Apakah bisa?
      Dan juga kira2 kartu kredit apa yg direcommend apabila kita memiliki tagihan rutin bulanan?(biar dapat pointnya lumayan gt)
      Terima kasih

  2. halo mau tanya donk
    saya ada 480 ribu miles
    kl saya mau round the world
    rute nya itu gmn sih/.?

    apakah ada contoh rute favorit orang orang?
    saya dar jakarta

    thanks

  3. Hi Pinterpoin,

    Saya sdh follow dan action step stepnya.. thanks bro pinterpoint…

    #1 Daftar dan register Asiamiles, Garuda, Krisflyers
    #2 Dapat KK CitiBank premier miles , Citibank Garuda, Uob previmiles, BCA Krisflyers .

    Skrg next stepnya jujur saya bingung dan takut salah..
    Goal saya mau trip ke USA sama family di akhir 2019.

    1. Mau fokus ke KK yang mana ?
    a. Citibank harus belanja 50juta selama 3 bulan
    b. UOB harus belanjar 5 juta konsisten selama 3 bulan

    2. Pemakaian rutin keluarga saya mau dorong autodebet semua ke Citibank agar kuota 50juta tercapai, tapi untuk KK UOB saya bingung gmn pembagiannya kalau gakada biaya yang mesti dibayar, ngeri takut jadi konsumtif beli aneh2x. Notes : Pembayaran listrik PLN dan PAM gakbisa tuker jadi miles (update dari Citibank), tapi pemakaian rutin billing lainnya bisa..

    3. Saya bikin account an saya pribadi, bagaimana dgn istri dan anak anak saya apakah hrs register masing-masing satu account di setiap maskapai ?

    4. Apakah istri dibuatkan kartu tambahan di kartu kredit yang saya miliki sehingga jadi lebih maksimal?

    5. utk trip ke USA akhir tahun 2019, kira kira bagaima tips dan tricknya mulai dari maskapai dan hotelnya

    1. Hendra,

      Sama-sama! Semoga keinginan anda terwujud di tahun ini ya. Mari saya bantu jawab pertanyaan anda:

      1. Saya sarankan untuk menyelesaikan seluruh requirement untuk welcome bonus kartu kredit terlebih dahulu. Menurut saya, welcome bonus merupakan start yang bagus untuk memulai hobi di dunia poin dan miles ini. Setelah selesai, gunakan kartu kredit terbaik di tiap kategori pengeluaran.

      Contohnya: UOB PRVI Miles (Rp 7.000 / 1 mile) untuk pengeluaran sehari-hari, Garuda Citi Card (Rp 6.666 / 1 GarudaMiles + diskon 5% saat membeli tiket langsung dengan Garuda) untuk pembelian tiket Garuda Indonesia, HSBC Visa Signature (Rp 6.375 / 1 mile) untuk pengeluaran makan dan travel.

      2. Karena anda sedang dalam proses mendapatkan welcome bonus (Rp 50jt / 25.000 miles), maka anda sudah benar dengan menaruh seluruh pengeluaran ke kartu tersebut. Namun, ketimbang Citi, saya lebih menyarankan anda untuk menggunakan UOB PRVI Miles kedepannya karena rasio perolehan miles yang lebih baik. Usahakan anda tidak menjadi konsumtif karena hanya ingin mengumpulkan miles. Bagi saya, miles yang terkumpul tanpa disadari adalah yang terbaik.

      3. Anda bisa menggunakan poin/miles anda untuk ditukarkan tiket untuk istri & anak-anak anda. Namun, saya sarankan untuk dibuatkan akun frequent flyer masing-masing karena saat anda terbang dengan tiket berbayar, miles hanya bisa dikreditkan ke masing-masing akun frequent flyer. Anda tidak bisa mendapatkan miles dari penerbangan orang lain.

      4. Ketimbang istri anda dibuatkan kartu tambahan, lebih baik bila beliau didaftarkan kartu baru. Kenapa? Untuk mendapatkan welcome bonus.

      5. Saran saya adalah anda harus membuat rencana & timeline yang jelas terlebih dahulu. Anda tidak harus selalu menggunakan miles untuk tiap penerbangan anda. Bahkan, menurut saya penerbangan long haul/jarak jauh seperti ke USA bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengumpulkan miles!

      Karena anda memasang target akhir tahun 2019, saya sarankan untuk fokus pada 1 frequent flyer program saja. Sebenarnya anda juga bisa membeli miles, lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel berikut: https://pinterpoin.com/2018/12/03/hemat-puluhan-juta-penerbangan-business-first-class-dengan-membeli-miles/

      Untuk membantu, ketahui prioritas anda, seperti:

      – Terbang di economy/business/first class? Buat hitung-hitungan apakah anda akan berhasil mengumpulkan miles yang dibutuhkan untuk penerbangan tersebut. Ingat, selain miles anda juga harus mempertimbangkan ketersediaan award flight. Umumnya, award flight ke US tergolong paling sulit.

      – Jika anda akan loyal kepada 1 group hotel, apa yang anda pilih?

      Semoga membantu, let me know if you have further questions.

      1. Hi Master Pinterpoint

        Saya Hendra, sejak mengikuti panduan dan aktivasi kartu kredit rekomendasi, saya sdh praktekan sejak 27 desember sd skrg, Saya fokus pakai kartu kredit CITI dan UOB
        Total Pencapaian as of March :
        CITI mileage = 16.123 miles dan
        UOB =90. 847 point

        Semua kebutuhan bulanan keluarga saya meggunakan kartu kredit dan juga ada kegiatan kantor seperti biaya makan entertaiment, reward beli hadiah ke partners dll, saya volunteer kasih KK saya untuk yang bayarin dulu.

        Dengan posisi skrg, saya belom memutuskan akan pakai maskapai apa ke US di akhir tahun, jadi saya belum menukarkan, dan tidak menggunakan BCA Krislyers / Citi Garuda Flyers, karena belom pasti menggunakan maskapai Singpore airlnes..

        Questions :
        1. Apakah sd skrg apa yang saya lakukan sdh benar?
        2. Apakah yang harus saya lakukan spy bisa mempercepat pencapaian point?
        3. Trip ke USA , maskapai apa yang paling rekomendasi ?

        many Thanks
        Hendra P

        1. Hendra,

          Wow, terima kasih sudah mengikuti panduan kami! Berikut jawaban yang bisa saya bantu berikan:

          1. Bagi saya, jika Anda sudah memulai sesuatu, maka Anda sudah “menyelesaikan setengah jalan”. Jadi, apa yang Anda lakukan sudah benar karena transaksi Anda yang sebelumnya tidak mendapatkan miles kini telah mendapatkan miles 🙂

          2. Untuk memperoleh miles dengan “instan/cepat” mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan kartu kredit lain demi memperoleh Welcome Bonus. Untuk cara lain, Anda bisa memanfaatkan online shopping portal, penukaran rewards dari Grab/Telkomsel/dsb.

          3. Award ke USA tergolong salah satu paling mahal. Anda mungkin akan tertarik untuk membeli miles Alaska karena sweet spot Indonesia – Amerika di Cathay Pacific business class hanya membutuhkan 50.000 miles sekali jalan.

      2. Halo kak, saya ingin brtanya
        Apakah utk krisflyer ini bisa digunakan juga utk penerbangan lain dengan teamnya mereka?contoh saya mau terbang dgn eva air, tapi dgn point krisflyer. Apakah bisa?
        Dan juga kira2 kartu kredit apa yg direcommend apabila kita memiliki tagihan rutin bulanan?(biar dapat pointnya lumayan gt)
        Terima kasih

        1. Tony,

          Bantu jawab. Bisa. Anda bisa saja menukarkan KrisFlyer untuk penerbangan lain di maskapai yang masih satu team seperti KrisFlyer Miles untuk penerbangan EVA Air, hanya saja yang jadi masalah adalah belum tentu penukaran tersebut memberikan value yang baik.

          Dan untuk tagihan rutin bulanan, saya sarankan Anda untuk membayar via marketplace (cth: Toped, BL, Bli2, dsb) dan kartu kredit yang reccomended bergantung pada miles yang ingin Anda kumpulkan. Semisal KF maka saya rekomen CIMB Niaga JCB Ultimate namun untuk GarudaMiles saya rekomen Mega Travel Card.

  4. Hi Pinterpoin,

    Mau tanya, kalau seandainya saya book hotel dari kaligo.com. Itu kan website bisa earn miles dengan masukin membership number pas check out, kalau saya bayar pake cc co brand Krisflyer, apa milesnya jadi dapet double (di membership Krisflyer nya langsung dan di credit card), atau gimana ya konsepnya? Masih newbie nih 😀

  5. Hi. Saya mau tanya ttg pembelanjaan online seperti Blibli dan bukalapak. Untuk mendapatkan krisflyer point

    1. Processnya gimana? Benarkah harus log in dulu? Log in via chrome? Terus ikutiin link nya?
    2. Kalo kita klick misalkan blibli. Apakah kita harus ikut ke App blibli yg dari android atau harus ke chrome? Apakah chorme bisa? Yg mana yg di saran kan?
    3. Bagaimana kita bisa tau bahwa pembelanjaan kita di blibli atau bukalapak ter conenect dengan point krisflyer.

    Mohon penjelasan yg jelas. Terima kasih

  6. Hi,

    untuk pemula dalam mengumpulkan miles, berapa banyak kartu kredit yang diperlukan? apa 1 kartu kredit saja cukup?

    dalam hal penggunaan untuk dalam negeri sehari², apa setiap kali hendak membayar selalu menggunakan kartu kredit tersebut? atau ada kartu² tertentu untuk tiap² keperluan, misal untuk Supermarket menggunakan kartu A, makan menggunakan kartu B?

    Terima Kasih

    1. Anez,

      Saya menyarankan Anda memiliki lebih dari 1 kartu kredit dikarenakan ‘kartu kredit yang sempurna’ sejauh ini belum ada. Setiap kartu kredit memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga akan bijaksana bagi Anda untuk memiliki lebih dari 1 kartu kredit.

      Dan untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari, tentunya akan lebih menguntungkan bagi Anda untuk membayar menggunakan kartu kredit 🙂

      1. Jika saya untuk sekarang ini lebih sering menggunakan Air Asia atau Garuda Indonesia, kartu apa yang tepat untuk mengumpulkan miles poin kedua maskapai tersebut dalam penggunaan untuk pembayaran kebutuhan sehari² (diluar pembelian tiket pesawat)?

        Terima Kasih

  7. Hi pinterpoint! Terimakasih untuk penjelasannya, sangat membantu untuk pemula seperti saya ini. Saya mau bertanya, apakah ada kartu kredit syariah untuk mengumpulkan miles ini? Dan tentunya apakah welcome bonus nya ada?

    1. Riska,

      Sepengetahuan saya belum ada kartu kredit syariah yang bisa mengumpulkan airline miles dan menawarkan welcome bonus yang besar. Jika ada sekalipun, earning-rate nya akan sangat buruk sehingga saya lebih menyarankan Anda menggunakan kartu kredit konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea