Asia Miles adalah frequent flyer program (FFP) dari Cathay Pacific, maskapai asal Hong Kong yang menjadi anggota dari aliansi maskapai Oneworld. Salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan Asia Miles adalah dengan menggunakan kartu kredit dengan earning rate terbaik.

Asia Miles memiliki potensi flight redemption yang sangat menarik


Baca juga: Panduan Lengkap Asia Miles


Di Indonesia sendiri, terdapat cukup banyak bank dan kartu kredit yang bekerja sama dengan Asia Miles sebagai transfer partner. Alhasil, mengumpulkan Asia Miles tanpa terbang tidak sesulit yang dibayangkan.

Dari sekian banyak kartu kredit yang ke publik, hanya segelintir kartu yang memiliki rasio perolehan Asia Miles yang kompetitif.

Berikut 10 kartu kredit rekomendasi PinterPoin untuk mengumpulkan Asia Miles:

1. Citi Prestige

Setelah devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate, Citi Prestige menempati posisi pertama kartu kredit non-prioritas terbaik untuk mengumpulkan Asia Miles.

Dengan earning rate 7.500 Rupiah = 1 Asia Miles (6.520 jika Anda adalah nasabah Citigold) dan welcome bonus setara 30.000 miles, kartu kredit ini sangat cocok untuk mengumpulkan Asia Miles untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Sayangnya, kartu kredit ini memiliki iuran tahunan sebesar 3,5 juta Rupiah yang tidak bisa dihapuskan namun masih sebanding dengan fitur yang Anda peroleh.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


2. Danamon World Elite

Danamon World Elite MasterCard adalah kartu kredit Prioritas dari Bank Danamon yang ditujukan untuk nasabah dengan Asset Under Management (AUM) setidaknya 1 miliar Rupiah.

Kartu ini memiliki earning rate 6.250 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan 4.166 Rupiah = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Sayangnya, annual fee sebesar 6 juta Rupiah dari kartu ini saya rasa kurang sebanding dengan benefit yang didapat seperti airport perks dan sebagainya meskipun konon katanya bisa digratiskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon World Elite MasterCard


3. UOB PRIVI Miles

Dengan earning rate 8.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan 4.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing, UOB PRIVI Miles akan membantu Anda mengumpulkan Asia Miles dengan cepat terutama apabila Anda sering bertransaksi dalam mata uang asing.

Terdapat juga welcome bonus sebesar 31.500 UOB Miles (setara 4.500 Asia Miles) bagi Anda yang bertransaksi sebesar 15 juta rupiah dalam periode 3 bulan setelah kartu disetujui.

Kartu kredit ini juga relatif mudah didapat dengan limit minimum yang hanya 30 juta Rupiah saja.


Baca juga: Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles


4. DBS Travel Signature

Dengan earning rate 8.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan 5.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing, DBS Travel Signature juga merupakan kartu kredit yang layak Anda pertimbangkan untuk mengumpulkan Asia Miles.

Kartu ini memiliki kelebihan berupa welcome bonus sebesar 3.000 poin DBS (setara 3.000 Asia Miles) dan aiport perks yang cukup menarik.

Sayangnya kartu kredit ini memiliki limit awal yang cukup tinggi yaitu 50 juta Rupiah dan annual fee yang terkadang sulit untuk dihapuskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature


5. Citi Premier Miles

Citi Premier Miles memiliki earning rate 8.750 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan 5.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Jika Anda memang berminat mengajukan kartu kredit ini, saya menyarankan Anda untuk menunggu promosi welcome bonus selanjutnya karena untuk saat ini welcome bonus dari kartu kredit ini sedang ditiadakan.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Premier Miles


6. Danamon American Express Platinum

Danamon American Express Platinum memiliki earning rate 8.750 Rupiah = 1 Asia Miles.

Kelebihan kartu ini terletak pada konvertibilitas-nya yang cukup unik di Indonesia. Kartu ini merupakan satu-satunya kartu yang bisa mengkonversikan poin kartu menjadi poin Marriott Bonvoy. 

Nantinya, poin Marriott Bonvoy bisa Anda tukarkan lagi menjadi airline miles yang sulit dikumpulkan melalui kartu kredit seperti Alaska Miles ataupun American Airlines Advantage. Kartu ini juga terkadang mengadakan promo points multiplier yang cukup menarik.


Baca juga: Review Kartu Danamon American Express Platinum


7. HSBC Visa Signature

Saya menyarankan kartu kredit HSBC Visa Signature untuk pengumpulan Asia Miles dalam jangka pendek.

Earning rate dari kartu kredit ini kurang bagus kecuali untuk spending di restoran, tiket pesawat, hotel, dan paket wisata tur (6.375 = 1 Asia Miles). Anda lebih baik menggunakan kartu kredit lain apabila bertransaksi di luar kategori tersebut. Untungnya, mereka sering mengadakan promo point multiplier belakangan ini.

Kartu ini masuk rekomendasi karena memiliki welcome bonus yang cukup besar yaitu 510.000 point reward HSBC (setara 30.000 Asia Miles).


Baca juga: Review Kartu Kredit HSBC Visa Signature


8. Standard Chartered WorldMiles

Standard Chartered WorldMiles memiliki earning rate 10.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan 5.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Kartu ini dilengkapi dengan akses ke berbagai airport lounge domestik dan juga jatah Priority Pass sebanyak 1 (satu) kali setahun.


Baca juga: Review Kartu Kredit Standard Chartered WorldMiles


9. Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite memiliki earning rate 10.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan 5.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing

Kartu ini dilengkapi dengan akses ke berbagai airport lounge domestik dan complimentary green fee di berbagai klub golf.

Sayangnya, syarat minimum penukaran sebanyak 30.000 airline miles menempatkan posisi kartu ini dibawah Standard Charterd WorldMiles.


Review: Review Kartu Kredit Maybank Visa Infinite


10. DBS Travel Visa Platinum

DBS Travel Visa Platinum adalah kartu kredit mid-tier yang tergolong bagus untuk mengumpulkan Asia Miles dengan earning rate 10.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan 8.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Kartu ini dilengkapi dengan welcome bonus sebesar 2.000 poin DBS (setara 2.000 Asia Miles) dan juga dilengkapi dengan airport perks yang cukup baik.


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Platinum


Penutup

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan miles dengan cepat dan efektif. Bagi Anda yang serius mengumpulkan Asia Miles, pastikan Anda memiliki kartu kredit terbaik untuk melakukannya.

Cathay First Class WiFi

Tukarkan Asia Miles untuk penerbangan First Class Cathay Pacific

Salah satu opsi penukaran Asia Miles yang menarik sendiri adalah untuk Round the World (RTW) trip dengan maskapai Oneworld.

Hanya dengan 210.000 Asia Miles, Anda bisa terbang mengelilingi dunia dengan Business Class maskapai Oneworld seperti Cathay Pacific, Qatar Airways, Qantas, British Airways, dan masih banyak lagi.

Selain itu, saya hanya ingin menambahkan bahwa ketika CIMB Niaga World Cathay Pacific sungguh dirilis (kemungkinan besar dalam waktu dekat), saya merasa bahwa kartu kredit tersebut akan menempati posisi #1 untuk mengumpulkan Asia Miles.

.

Apakah Anda tertarik untuk mengakumulasikan Asia Miles menggunakan kartu kredit?