Review: Kartu Kredit Maybank BMW & Maybank MINI

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Maybank BMW dan Maybank MINI menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit Maybank BMW bersama dengan Maybank MINI adalah kartu kredit top-tier dari Maybank Indonesia yang ditujukan untuk para traveler aktif dan pemilik BMW/MINI. Kartu ini merupakan kartu kredit terbaru dari Maybank yang baru saja diluncurkan pada 11 Agustus 2022 lalu dan baru akan mulai dikirimkan pada akhir September 2022.

Catatan: Anda tidak harus memiliki mobil BMW/MINI untuk mengajukan kedua kartu kredit tersebut. Walaupun begitu, Anda dapat juga mengajukan dengan membawa STNK/SPK mobil BMW/MINI Anda untuk memperbesar peluang pengajuan Anda diterima.

Kelebihan utama dari kartu ini terletak pada welcome bonus yang sangat besar dan perolehan poin di luar negeri maupun transaksi kategori tertentu yang sangat baik. Boleh dibilang bahwa kartu kredit Maybank ini berpotensi menjadi pesaing kartu kredit terbaik di Indonesia yaitu CIMB Niaga JCB Ultimate.

Maybank BMW Card & Maybank MINI Card

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh TREATS Points yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Karena kartu Maybank BMW dan Maybank MINI merupakan kartu Visa Infinite, maka rasio penukarannya adalah sebagai berikut:

  • 30.000 TREATS Points = 30.000 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles/Enrich Miles
  • 10.000 TREATS Points = 20.000 AirAsia BIG Points
Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp25.000.000*Masa Berlaku
Poin
2 tahun
Kartu Kredit
Referensi
Tidak perluMin.
Transfer
30.000 miles
Biaya Tahunan
Rp1.500.000Rekanan
Penukaran
Welcome Bonus 60.000 miles + voucher
upgrade garansi Rp1.000.000
Biaya
Penukaran
Rp0
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp3.333 – Rp10.000/milePenggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp5.000/mileManfaat di
Bandara
* dokumen pemasukan dapat juga didukung dengan STNK/SPK mobil BMW/MINI yang Anda miliki, apabila ada.

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3,5)

Anda bisa mendapatkan 1 mile GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles/Enrich atau 2 poin AirAsia BIG untuk setiap transaksi sebesar:

  • Lokal:
    • Rp3.333 di BMW (untuk Maybank BMW) atau di MINI (untuk Maybank MINI) –> nilai 3,5
    • Rp5.000 di merchant kategori restoran, hotel, penerbangan, dan perjalanan –> nilai 3
    • Rp10.000 di merchant lain –> nilai 2
  • Luar negeri:
    • Rp5.000 untuk transaksi kategori apapun dalam mata uang asing –> nilai 3.
Nilai: 2,92

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu ini menawarkan 2 macam welcome bonus setelah bertransaksi minimal Rp30.000.000 dalam 3 bulan sejak kartu kredit disetujui berupa:

  • 60.000 TREATS Points (Visa Infinite) senilai 60.000 airline miles, dan
  • Voucher diskon Rp1.000.000 untuk upgrade garansi mobil BMW/MINI.

Bahkan dengan mengabaikan voucher diskon upgrade garansi, welcome bonus yang ditawarkan mencapai setara dengan 60.000 airline miles!

Nilai: 2

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1,5)

Kartu ini memiliki 5 rekanan transfer, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, dan AirAsia.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki beberapa bonus unik:

  • Untuk kendaraan apapun:
    • Cashback di pom bensin Shell sebesar selisih harga bensin Shell Super dan V-Power (~6%) hingga Rp100.000/bulan dengan minimum Rp200.000/transaksi.
  • Untuk pembelanjaan di BMW/MINI (tergantung merek cobrand kartu):
    • Gratis 1 tahun BMW/MINI Roadside Assistance
    • Diskon hingga 10% untuk beberapa produk BMW/MINI
    • Cicilan 0% hingga 24 bulan untuk transaksi di BMW/MINI

Kartu ini tidak bekerjasama dengan travel fair manapun. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 0,5

Airport Perks (Contoh: Lounge/Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memberikan manfaat apapun di bandara. Nilai yang didapat adalah 0.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp1.500.000 dan:

  • Gratis di tahun pertama tanpa syarat
  • Gratis seumur hidup dengan transaksi minimal 1x/tahun di BMW/MINI (tergantung merek cobrand) –> nilai 1
  • Kemungkinan besar bisa di-waive jika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu –> nilai 0,7.
Nilai: 0,85

Total Nilai: 7,17/ 10

Kartu kredit top-tier dari Maybank Indonesia dengan welcome bonus yang luar biasa besar dan perolehan poin di luar negeri yang bagus namun kurang spesial untuk perolehan poin untuk transaksi di luar kategori yang ditentukan .

Penutup

Kartu kredit Maybank BMW dan Maybank MINI merupakan kartu kredit baru terbaik yang diluncurkan di Indonesia dalam periode beberapa tahun ini. Dengan welcome bonus terbesar di Indonesia, perolehan poin di luar negeri yang bagus, dan manfaat khusus apabila Anda memiliki BMW/MINI, maka tentunya kartu ini tentu tidak boleh dilewatkan untuk Anda miliki.

Sebagai perbandingan, berikut perbandingan welcome bonus BMW Maybank dan MINI Maybank dengan welcome bonus kartu lain:

  • BMW Maybank/MINI Maybank: 60.000 miles (untuk kartu baru dengan jenis ini)
  • HSBC Visa Signature: 30.000 miles (untuk yang baru memiliki kartu kredit HSBC atau sebelumnya tidak memiliki kartu HSBC selama 6 bulan)
  • Citi Prestige: 30.000 miles (untuk yang baru memiliki kartu kredit Citi Prestige)
  • Danamon JCB Precious: Rp3.500.000 voucher Traveloka (promosi hingga 31 Desember 2022; untuk yang baru memiliki kartu kredit Danamon JCB Precious)

Saya sendiri secara pribadi sangat merekomendasikan Anda memiliki kartu kredit ini apabila Anda ingin mengambil welcome bonus yang sangat besar dan memiliki peroleh poin yang cukup baik untuk transaksi di luar negeri dengan kurs yang bersahabat.

Kartu ini juga sangat cocok bagi Anda yang sudah memiliki mobil BMW ataupun MINI atau berencana untuk memilikinya di masa depan.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit Maybank BMW atau Maybank MINI?



Share

21 comments
  1. Eric,

    Terima kasih informasinya. Sangat menarik, terutama untuk welcome bonus dan opsi gratis AF seumur hidup.

    Kendalanya, bagi yang belum berkendara BMW/MINI minimal perlu minta SPK ke showroom ya? Di kisaran 5 jutaan paling murah? Kemudian limit minimal kemungkinan ada di angka 100 juta jika berkaca ke KK Maybank Visa Infinite?

    1. Bima,

      Bantu jawab – Meskipun tidak memiliki BMW/Mini Anda tetap bisa mengajukan kartu kredit ini. Berikut kutipannya: “Fotokopi STNK/SPK BMW atas nama pemohon Kartu Kredit (jika ada) untuk proses aplikasi khusus.” Kata kunci disini adalah ‘Jika ada’ yang berarti meskipun Anda tidak memiliki nya pun seharusnya tetap bisa mengajukan kartu kredit ini hanya saja mungkin tidak ‘proses aplikasi khusus’ melainkan jalur reguler.

  2. Halo Eric,

    Limit minimum CC Maybank ini berapa yah? Apakah harus ada penempatan dana untuk memperoleh CC ini?
    Terimakasih

    1. Abraham,

      Bantu jawab – seharusnya sama seperti Maybank Visa Infinite yang berarti limit minimumnya adalah 49 juta Rupiah. Metode penempatan dana selalu ada dan sepengetahuan saya kalau di Maybank adalah 250 juta keep 3 (tiga) bulan.

      1. Edwin,

        Tempo hari saya mendapat infinite & JCB Maybank, trus waktu meminta welcome bonus, CS bilang saya cuma bisa pilih salah satu saja, padahal di T&C tidak ada ketentuan bahwa cuma NTB aja yg bisa dapat SUB. Saya belum HUCA, baru berbicara dgn 1 CS saja. Kalau macam ini kan bisa dipersulit nanti SUB Maybank Mini/BMW nya. Jadi menurut Edwin, saya tetap kejar terus SUB nya sampai sampai semua gitu?

  3. Dear PP

    Mengenai poini dibawah ini:
    Gratis seumur hidup dengan transaksi minimal 1x/tahun di BMW/MINI (tergantung merek cobrand) –> nilai 1

    Apakah harus transaksi via CC Maybank BMW? Jika iya, saya baca di website Maybank bahwa tidak ada minum transaksi, dengan kata lain, lets say jika bertransaksi seperti service / pembelian merchandise BMW, apakah masih eligible mendapatkan free AF for life tsb?

    Terima kasih

    1. Ric,

      Jujur masih banyak hal yang kita tidak tahu mengenai kartu kredit baru ini yang bahkan fisik kartunya belum dicetak. Tetapi menurut saya pribadi sih kalau Anda transaksi di BMW atau beli merchandise-nya mungkin bisa digratiskan di tahun tersebut saja namun bukan seumur hidup.

    2. Bantu Jawab: sesuai yang sudah saya tanyakan pas apply kartu tersebut adalah setiap tahun harus melakukan transaksi di BMW/MINI untuk bisa dilakukan waive annual fee ditahun tersebut sehingga terlihat seperti Free Annual Fee for life.

  4. dear pp,

    saya mencoba membuat di bandung dengan datang ke 3 cabang, 1 cabang bilang perlu AUM 250, 2 cabang bilang perlu AUM 500,
    akhirnya saya datang ke cabang yg meminta aum 250, tetapi pada kenyataanya setelah beres ttd semua dokumen, disarankan yang 500 saja karena dengan flagging premier, kartu akan diterima nasabah dibawah 10 hari kerja katanya. sedangkan bila dana locknya hanya 250, maka akan 14 hari kerja minimal.

    walhasil saya menaruh aum 500 disana, flagging premier, lalu dalam 3 hari katanya bisa diambil kembali 250 nya ( tetap premier tidak ada penalty below 500 ) . rencana senin saya ke maybank kembali untuk menarik 250 nya dan me lock 250 sisanya selama 1 bulan.

    akan saya update kembali kelanjutannya.

  5. Minta Tolong Kalau ada yang kenal dengan product manager card maybank bisa diinfokan, atau jika yang bersangkutan membaca comment ini, karena dari berbagai comment diatas, dapat kelihatan, bahwa pihak maybank tidak siap,

    Saya juga mengalami kendala yang sama

    Penempatan dana di deposti, check Ok
    Pengajuan, Check OK
    Dihubungi kembali oleh CS
    Kata Appraisal
    1.Tidak bisa apply krn sudah punya White card dan JCB
    2.Tidak memperoleh welcome bonus, jika diterima, hny dapat fisik kartunya saja

    Mudah2an bukan kartu PHP, balik aja ke CIMB deh, Red is your new black

  6. Hmm, aplikasi saya via website juga ditolak. Penasaran ada ga yang berhasil dapat kartunya dari apply di booth GIIAS kemaren?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea