MasterClass PinterPoin

Tanya Jawab Seputar Poin & Miles

Selamat datang di laman tanya jawab seputar poin dan miles. Artikel ini diperuntukkan bagi Anda yang mungkin masih belum memahami tentang poin dan miles pada umumnya.

Seringkali saya dihadapkan dengan pertanyaan mendasar tentang poin dan miles seperti:

  • Miles/mileage itu apa sih?
  • Apa yang bisa saya lakukan dengan poin atau miles?
  • Bagaimana saya bisa terbang atau menginap dengan menggunakan poin saya?
  • Apakah benar saya bisa terbang di kelas bisnis dengan poin kartu kredit?
  • Saya punya banyak poin dari beberapa kartu kredit saya, apakah semua poin nilainya sama?
  • Saya jarang sekali terbang, adakah cara lain untuk mendapatkan miles pesawat tanpa harus sering terbang?

Jika Anda sedang membaca artikel ini maka mungkin Anda juga memiliki pertanyaan yang serupa.

Apa itu poin atau miles?

Poin dan miles adalah sejenis “imbalan” yang diberikan ketika Anda terbang, menginap, atau menggunakan kartu kredit.

Setelah mencapai jumlah tertentu, poin dan miles tersebut bisa digunakan untuk banyak hal misalnya untuk ditukarkan tiket penerbangan atau menginap di hotel.

Bagi saya, miles dan poin bisa disamakan dengan “mata uang asing” yang bisa dibelanjakan untuk banyak hal seperti penerbangan, menginap di hotel, cashback, dll.

Ibaratkan GarudaMiles sebagai Rupiah dan Singapore Airlines KrisFlyer sebagai dolar Singapura. Anda harus menggunakan poin dan miles secara bijak layaknya uang biasa. Setiap orang akan memiliki valuasi poin yang berbeda-beda, tergantung dengan cara pemakaian dan kebutuhan.

currency
Ilustrasi mata uang asing.

Seringkali orang-orang tidak peduli atau tidak aware dengan poin yang mereka miliki. Sering saya jumpai orang yang menggunakan poin kartu kredit untuk menukar tiket menonton bioskop atau untuk membayar iuran tahunan.

Padahal, dengan menggunakan poin untuk hal-hal seperti itu, Anda telah kehilangan kesempatan untuk meningkatkan nilai poin atau miles secara signifikan.Bisa diibaratkan Anda dihadapkan dengan situasi seperti:

[box] Anda memiliki 100.000 poin, yang bisa ditukarkan dengan:

  1. Menukar tiket nonton bioskop untuk 1 orang seharga Rp50.000 dengan 10.000 poin (Rp5 per 1 poin)
  2. Membayar iuran tahunan kartu kredit sebesar Rp700.000 dengan 70.000 poin (Rp10 per 1 poin)
  3. Menukar tiket kelas bisnis Garuda Indonesia sekali jalan ke London seharga Rp27.000.000 dengan 90.000 poin (Rp300 per 1 poin)

Apakah Anda melihat perbedaan mencolok pada perbandingan valuasi poin tersebut? Anda diberi pilihan dan kesempatan untuk menilai poin Anda sendiri, Rp5, Rp10 atau Rp300 per 1 poin.

[/box]

Anda bisa memaksimalkan nilai poin atau miles dengan teori simpel berikut:

Semakin kecil jumlah poin yang dibutuhkan untuk mendapatkan “A” + Semakin mahal harga yang harus dibayar dengan uang untuk mendapatkan “A”

Bukan berarti saya melarang untuk menggunakan poin yang Anda miliki sesuai dengan keinginan Anda. Namun, harus diperhatikan bahwa menggunakan poin dan miles harus Anda maksimalkan karena mengumpulkan poin tidak selalu mudah.

 

Apa yang bisa saya lakukan dengan poin dan miles?

Jawaban singkatnya: Banyak sekali.

Anda ingin terbang di kelas bisnis atau bahkan first class? Atau mungkin menginap di hotel bintang 5?

Hal-hal tersebut bisa Anda wujudkan dengan poin dan miles, tanpa harus membayar puluhan atau ratusan juta!

IMG_7905
Anda bisa menggunakan poin dan miles untuk terbang di Singapore Airlines Suites seperti yang saya lakukan.

Saya telah merasakan terbang di kelas bisnis dan first class dengan maskapai-maskapai terbaik dunia seperti Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, Japan Airlines, ANA All Nippon Airways, EVA Air, American Airlines, Delta Airlines, United Airlines, Alaska Airlines, dst, dengan menggunakan miles tentunya!

 

Apakah semua poin dan miles setara?

Sama halnya seperti mata uang asing, semua poin dan miles tidak memiliki nilai yang setara.

Contoh kasus untuk penerbangan rute Jakarta – Singapura. Anda hanya membutuhkan 7.500 KrisFlyer miles untuk mendapatkan 1 tiket kelas ekonomi sekali jalan dengan Singapore Airlines.

Melalui Garuda Indonesia & GarudaMiles, Anda memerlukan 12.500 GarudaMiles untuk rute penerbangan yang sama.

Padahal, kedua maskapai tersebut umumnya memiliki rasio transfer 1:1 dengan banyak kartu kredit di Indonesia. Artinya, jika akan menukarkan poin kartu kredit untuk penerbangan ke Singapura, maka akan lebih menguntungkan untuk menukar poin kartu kredit menjadi KrisFlyer miles ketimbang GarudaMiles.

Tanya Jawab Poin & Miles | PinterPoin
Poin dan miles tidak diciptakan setara

 

Saya jarang terbang, adakah cara lain untuk mengumpulkan miles?

Banyak sekali cara-cara untuk mengumpulkan poin dan miles yang belum diketahui kebanyakan orang. Memang benar, dengan sering terbang atau menginap, Anda akan bisa mengumpulkan poin dan miles dengan cepat.

Namun nyatanya, cara mengumpulkan poin dan miles tercepat adalah melalui pengeluaran sehari-hari dengan kartu kredit. Contoh:

Rata-rata pengeluaran bulanan Anda adalah Rp30.000.000 & Anda menggunakan kartu kredit seperti CIMB Niaga Visa Infinite (Rp5.000 / 1 KrisFlyer miles). Maka, Anda akan mendapatkan 6.000 KrisFlyer miles per bulan dari pengeluaran tersebut.

Dalam setahun, Anda akan memiliki 72.000 KrisFlyer miles yang bisa ditukarkan untuk tiket business/first class!

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bonus deposito, online shopping portal, transfer miles dari aplikasi sehari-hari seperti Grab, Telkomsel, dst.

 

Penutup

Kenyataannya, poin dan miles masih dianggap sebagai hal baru bagi orang Indonesia. Padahal, potensi keuntungan yang bisa dihadirkan sangatlah menarik dan menggiurkan.

Jujur, saya sendiri mungkin belum bisa merasakan terbang di business atau first class jika tidak mengenal poin dan miles.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar di bawah.

Semoga artikel-artikel PinterPoin bisa membantu Anda untuk memahami loyalty program beserta komponen-komponen pentingnya. Semoga juga saya bisa mendengar cerita Anda yang berhasil memanfaatkan poin dan miles untuk penerbangan mewah yang tidak terlupakan!

.

Apakah Anda sudah pernah memanfaatkan poin dan miles?

Share

46 comments
    1. apakah punya tagihan listrik air dll hingga 50 juta. bisa menggunakan pembayaran kartu kredit? dan bisa dapat miles?

      1. Halo Raemon,

        Anda tetap bisa memperoleh miles dari pembayaran tagihan air listrik dll menggunakan kartu kredit. Hanya saja, beberapa penerbit kartu kredit di Indonesia memiliki kebijakan tertentu seputar pembayaran tagihan listrik sehingga saran saya, gunakan saja merchant online seperti Tokopedia/Bukalapak untuk melakukan pembayaran tagihan listrik Anda yang mana sudah pasti tidak akan ada masalah ataupun syarat-syarat khusus.

        1. Yah gak mungkin juga dong mengeluarkan pengeluaran sebulan 30jt utk mendapatkan miles 70.000 dalam waktu satu tahun. Orang kaya macam mana yang ngeluarin 30juta tiap bulan.

        2. Halo,

          Saya mau tanya apakah kartu kredit yang cocok untuk membayar seperti tagihan air , listrik , dll untuk dikonversikan ke miles ? Saya coba baca2 untuk UOB Prive Miles tapi belum menemukan info yang lengkap, thanks

  1. Hi Ko, apakah PP berniat membahas penggunaan LifeMiles ? Apakah penggunaan Miles itu worth it ? Mumpung sedang ada promo up to 125% untuk pembelian Miles. Tks

    1. Hady,

      Membeli miles dari third party atau seller yang tidak bekerja sama resmi dengan maskapai tidak saya sarankan.

      Jika ketahuan oleh pihak maskapai, maka akun Anda akan di ban & miles Anda akan di forfeit.

  2. Halo pak mau tanya, kalau poin dari kartu kredit bisa redeem miles ke orang lain ga? Misal nama di kartu budi, apa bisa ditransfer miles nya ke atas nama andi?

        1. San,

          Mungkin bisa diinformasikan caranya? Karena pihak CS Mandiri selalu mengatakan bahwa FiestaPoin hanya bisa ditukarkan ke GarudaMiles atas nama yang sama dengan pemegang kartu kredit.

      1. Hallo kak, saya mau nnya sistem nomine seperti apa ya? Saya rencana mau menukarkan miles dgn tiket untuk org lain, boleh diinfo langkahnya? Thankyou

  3. Berarti paling murah itu ngumpulin krisflyer ya? Soalnya di artikel garuda hampir 2x lebih mahal.
    Kalau asia miles sm krisflyer bagus mana? Thank you

    1. Ron,

      Tergantung kartu kredit-nya dan tergantung kebutuhan traveling-nya. Kalau memang sering travel domestik atau mengincar first class GA, maka saya lebih rekomen mengumpulkan GarudaMiles.
      AsiaMiles dan KF kurang lebih sama, sekali lagi bergantung pada preferensi transit Anda 🙂

  4. Kak.. Mau nanya. Kartu kredit apa aja sih yg bisa di gunakan atau di pake yg bisa terhubung dengan maskapai penerbangan untuk penukaran piont /miles itu?

    1. Halo ko,saya dengar miles sebaiknya dituker ke tiket firstclass/bussiness daripada tiket economy …alasannya apa ya ko ?tq

  5. Halo pinterpoin, mau nanya saya ada Akun Krisfler dengan total 14.000 miles yang dimana udah berumur hampir 2 tahun, terkoneksi dengan CC BCA Visa Siganture dan BCA Visa Infinite. Nah sekarang saya ngumpulin baru lagi dengan Maybank Visa BMW dan Infinite reguler dengan total 72.000 miles, (dan belum saya instruksikan ke bank utk di transfer ke nomor krisflyer.) Pertanyaannya:
    1. Apakah lebih baik yang hasil miles dari Maybank digabung aja ke Akun krisflyer dari BCA yang 14.000 itu? sehingga total jadi akumulasi? cuma sy khawatir expirednya ntar beda ga?(krena yang BCA kan sudah mau 2 tahun ga pernah tuker)expirednya tar gimana?
    2. di akun Krisfyler BCA tsb ada tulisan di inbox “Verify mobile contact information, you have not verify your mobile contact information so you will not able to receive important update from us” jadi hrus verif atau tidak? jika tidak bermasalah ga nanti saat mau tuker milesnya ke tiket?

    1. Fantasy,

      1. Yang nantinya expired hanyalah KrisFlyer Miles dengan masa expiry terdekat kok. Jadi, saran saya adalah pastikan saja Anda hanya masukkan poin Maybank tersebut menjadi KrisFlyer ketika Anda sudah punya rencana yang fix untuk berlibur ke luar negeri menggunakan Singapore Airlines. Kalau tidak, diamkan dulu saja poinnya di kartu maybank Anda.

      2. Tidak masalah kok. Itu hanya verifikasi ekstra semisal update mengenai status waitlist.

  6. Saya punya kartu kredit BCA dengan limit 30jt. Pengeluaran kantor saya tiap bulan di kisaran 100jt. Apakah bisa saya bayar semua pakai paper.id dengan cara topup CC-nya terlebih dahulu, dan tetap bisa mendapatkan miles?

  7. Hallo kak, mau tanya donk barusan saya belanja di minimarket menggunakan cc krisflyer infinite, tetapi setelah saya cek poin miles dari hasil belanja tadi tidak masuk, kalau boleh tau kenapa ya?

    1. Adrian,

      Untuk kartu kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite poin baru akan dikreditkan ketika billing statement sudah dicetak.

  8. Halo, kira-kira apakah ada minimal pengeluaran yang cocok untuk mengumpulkan miles/poin? Saya single, kerja kantoran, tidak ada tanggungan, dan pengeluaran per bulan rata2 di bawah 10 juta, apakah worth it getting into the miles game?

  9. Mau tanya untuk Alaska mileage yg sering disebutkan disini,
    saya bingung cara mendapatkan poinnya via kartu kredit bagaimana ya?
    terima kasih

  10. Welcome bonus apakah masih bisa didapat jika sudah punya member Krisflyer existing? (Hanya kartu kreditnya saja yang baru)

    1. Anthony,

      Tergantung kartu kreditnya. Semisal HSBC akan memberikan lagi welcome bonus jika kartu kredit yang lama ditutup lebih dari 6 bulan.
      Bank lainnya selain HSBC hanya memberikan weklcome bonus ini one time saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.