10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan Asia Miles

Asia Miles merupakan salah satu Frequent Flyer Program (FFP) favorit saya. Program FFP dari maskapai Cathay Pacific ini juga tergolong mudah untuk dikumpulkan dikarenakan banyaknya pihak ketiga terutama bank yang bekerja sama dengan Cathay Pacific.

Asia Miles adalah salah satu FFP favorit saya karena banyaknya opsi penukaran yang menarik

Oleh karena itu, melalui post kali ini, saya akan membahas beberapa kartu kredit non-private banking yang layak Anda pertimbangan untuk miliki apabila Anda memang serius mengumpulkan Asia Miles.

Berikut adalah beberapa rekomendasi saya:


Baca juga: Panduan Lengkap Asia Miles


1. Citi Prestige

Setelah devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate, Citi Prestige menempati posisi pertama kartu kredit non-prioritas terbaik untuk mengumpulkan Asia Miles.

Dengan earning rate Rp7.500/Asia Miles  (Rp6.520 jika Anda adalah nasabah Citigold) dan welcome bonus setara dengan 30.000 airline miles, kartu kredit ini sangat cocok digunakan untuk mengumpulkan Asia Miles dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Sayangnya, kartu kredit ini memiliki iuran tahunan sebesar Rp3.500.000 yang tidak bisa dihapuskan namun sering mengadakan promo cashback untuk iuran tahunan (annual fee) dan juga memiliki sebanding dengan fasilitas yang Anda peroleh.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


2. Danamon World Elite MasterCard

Danamon World Elite MasterCard adalah salah satu kartu kredit top-tier dari Bank Danamon dengan limit minimum sebesar Rp200.000.000 yang merupakan kartu kredit prioritas terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan Asia Miles saat ini.

Kartu ini memiliki earning rate Rp6.250 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp4.166 Rupiah = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Sayangnya, iuran tahunan (annual fee) sebesar Rp6.000.000 dari kartu ini saya rasa kurang sebanding dengan benefit yang diperoleh seperti airport perks dan sebagainya meskipun konon katanya annual fee bisa digratiskan dengan syarat tertentu. Singkat kata, kartu ini hanya cocok bagi Anda yang benar-benar serius dan fokus mengumpulkan Asia Miles.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon World Elite MasterCard


3. Danamon American Express Platinum

Danamon American Express Platinum adalah kartu kredit terbitan Bank Danamon yang bekerja sama dengan American Express (Amex) yang memiliki tingkat perolehan Rp7.500/Asia Miles.

Kelebihan kartu ini terletak pada konvertibilitas-nya yang cukup unik di Indonesia. Kartu ini beserta dengan kartu Danamon American Express Gold merupakan satu-satunya kartu yang bisa mengkonversikan poin kartu kredit menjadi poin Marriott Bonvoy.

Nantinya, poin Marriott Bonvoy bisa Anda tukarkan lagi menjadi airline miles di program yang sulit diakses melalui kartu kredit Indonesia seperti Alaska Mileage Plan ataupun American Airlines AAdvantage. Kartu ini juga terkadang mengadakan promo points multiplier yang cukup menarik.

Sayangnya, sama seperti Danamon World Elite, Anda harus menjadi nasabah prioritas Danamon untuk bisa mengajukan kartu kredit ini dan konon katanya iuran tahunan tidak bisa digratiskan melainkan wajib potong poin. Informasi terakhir yang saya peroleh, Anda harus melakukan penempatan dana sebesar 5 miliar Rupiah sebagai salah satu syarat pengajuan kartu ini.


Baca juga: Review Kartu Danamon American Express Platinum


4. Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite

Setelah perubahan perolehan poin pada 1 November 2021 lalu, Maybank Visa Infinite menjadi salah satu kartu kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk miliki untuk mengumpulkan Asia Miles dengan cepat.

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/Asia Miles dan welcome bonus yang cukup menarik yaitu MAP Club Points hingga 2.000.000 poin, kartu ini termasuk dalam salah satu kartu kredit yang layak Anda miliki untuk mengumpulkan Asia Miles dengan cepat.

Sekedar informasi saja, selain bisa ditukarkan dengan Asia Miles, poin kartu ini dapat ditukarkan juga ke GarudaMiles, KrisFlyer Miles, dan Malaysia Airlines Enrich Miles.


Review: Review Kartu Kredit Maybank Visa Infinite


5. DBS Travel Visa Signature

Dengan earning rate Rp8.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp5.000 = 1 Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing, DBS Travel Signature juga merupakan kartu kredit yang layak Anda pertimbangkan untuk mengumpulkan Asia Miles.

Kartu ini memiliki kelebihan utama berupa welcome bonus setara dengan 3.000 airline miles, poin yang berlaku selamanya, dan aiport perks yang menarik.

Sayangnya kartu kredit ini memiliki limit awal yang cukup tinggi yaitu Rp50.000.000 dan annual fee yang terkadang sulit untuk dihapuskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature


6. Citi Premier Miles

Walaupun posisinya di bawah Citi Prestige, Citi PremierMiles tetap merupakan salah satu kartu kredit yang layak dipertimbangkan untuk mengumpulkan Asia Miles dengan earning rate sebesar Rp8.750/Asia Miles untuk transaksi dalam negeri dan Rp5.000/Asia Miles untuk transaksi di luar negeri pada merchant tertentu.

Daya tarik kartu ini adalah rekanan transfer yang sangat banyak, poin yang berlaku selamanya, dan promosi multiplier poin yang cukup sering diadakan terutama menjelang akhir tahun.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Premier Miles


7. UOB PRIVI Miles

Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles

Dengan tingkat perolehan Rp9.000/Asia Miles, kartu UOB PRIVI Miles menempati posisi ketujuh pada kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan Asia Miles. Kelebihan utama dari kartu kredit ini terletak pada fitur double points untuk transaksi dalam mata uang asing, efektif membuat kartu kredit ini memiliki earning rate Rp4.500/Asia Miles.

Terdapat juga welcome bonus sebesar hingga 36.000 Poin Reward (setara 4.000 Asia Miles) bagi Anda yang bertransaksi sebesar Rp5.000.000/bulan dalam periode 3 bulan setelah kartu disetujui. Kartu kredit ini juga relatif mudah didapat dengan pagu kredit (limit) minimum yang hanya sebesar Rp25.000.000 saja.


Baca juga: Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles


8. HSBC Visa Signature

Saya menyarankan kartu kredit HSBC Visa Signature untuk pengumpulan Asia Miles dalam jangka pendek.

Earning rate dari kartu kredit ini kurang bagus kecuali untuk spending di restoran, tiket pesawat, hotel, dan paket wisata tur (Rp 6.375 = 1 Asia Miles). Anda lebih baik menggunakan kartu kredit lain apabila bertransaksi di luar kategori tersebut.

Hanya saja, kartu ini masuk rekomendasi karena menawarkan welcome bonus yang besar yaitu 30.000 airline miles dan juga kerapkali menawarkan promo point multiplier yang sangat menarik.


Baca juga: Review Kartu Kredit HSBC Visa Signature


9. HSBC Premier MasterCard

Sama seperti HSBC Visa Signature, kartu kredit HSBC Premier MasterCard ini cocok untuk pengumpulan Asia Miles dalam jangka pendek.

Earning rate dari kartu kredit ini juga kurang bagus kecuali untuk transaksi dalam mata uang asing (Rp 8.500 = 1 Asia Miles). Anda lebih baik menggunakan kartu kredit lain apabila bertransaksi di luar kategori tersebut.

Hanya saja, kartu ini masuk rekomendasi karena memiliki welcome bonus yang besar yaitu 30.000 airline miles dan juga kerapkali menawarkan promo point multiplier yang sangat menarik. Untuk bisa mengajukan kartu kredit spesial ini, Anda harus terlebih dahulu menjadi nasabah HSBC Premier dengan minimal penempatan dana awal sebesar Rp500.000.000.


Baca juga: Review Kartu Kredit HSBC Premier Mastercard


10. Standard Chartered WorldMiles

Standard Chartered WorldMiles memiliki earning rate Rp10.000/Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp5.000/Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Kelebihan dari kartu kredit ini adalah poin yang berlaku selamanya, akses ke berbagai airport lounge domestik, dan juga jatah Priority Pass sebanyak 1 (satu) kali setahun.


Baca juga: Review Kartu Kredit Standard Chartered WorldMiles


Penutup

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan airline miles dengan cepat dan efektif. Pastikan saja bahwa Anda memiliki kartu kredit yang tepat untuk melakukannya.

Cathay First Class WiFi
Tukarkan Asia Miles untuk penerbangan First Class Cathay Pacific

Salah satu opsi penukaran Asia Miles yang menarik sendiri adalah penukaran untuk Round the World (RTW) trip dengan maskapai Oneworld.

Hanya dengan 210.000 Asia Miles, Anda bisa terbang mengelilingi dunia dengan Business Class maskapai Oneworld seperti Cathay Pacific, Qatar Airways, Qantas, British Airways, Royal Air Maroc, dan masih banyak lagi.

Selain itu, saya hanya ingin menambahkan bahwa ketika CIMB Niaga World Cathay Pacific sungguh dirilis, saya berpendapat bahwa kartu kredit tersebut akan menempati posisi #1 untuk pengumpulan Asia Miles.

CIMB Niaga World Cathay Pacific diekspetasikan akan menjadi kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan Asia Miles di Indonesia

.

Apakah Anda tertarik untuk mengumpulkan Asia Miles menggunakan kartu kredit?
Share

19 comments
  1. CC citibank premiermies masih kssih signing bonus kalo dilait di web citibank

    nilai konversi ke Asia Miles diatas Rp 6000/miles utk local spending, dan Rp 5000/miles utk foreign spending.

    Abis itu CC nya yg nawarin konversi trrmurah ajaib2 dan susah didapat

  2. Jika dihitung per miles nya skrg lebih murah ke krismiles ya(kalau pakai cimb jcb). Paling murah yg didapat utk 1 asia miles =6rb. Kalau pakai jcb ke kris =5rb.
    Tp memank utk rute2 tertentu spt jkt hongkong miles yg di reddeem jauh lebih sedikit jika memakai asia miles.

  3. Mengenai CIMB Niaga CX credit card, saya sudah minta RM Preferred saya untuk cek ke bagian kartu kredit.

    Menurut mereka, memang benar CIMB akan menerbitkan kartu ini, tapi launching-nya di-postpone karena beberapa faktor, seperti kerusuhan di HongKong dan pandemi Corona. Belum ada update lagi untuk official launch date.

    Kalau spekulasi saya sih, mereka bakal menunggu sampai CX sudah normal operation baru launching cc ini. Kurang makes sense kalau launch travel-oriented card pas orang ga bisa travel.

  4. Hi Ko,

    Apakah benar asia miles klo reserver hotel redemption menggunakan pihak ke3 spt expedia?
    Soalnya pernah redeem hotel award, trus di cs nya dibilang reserve pakai expedia.

    thoughts?

  5. mau tanya, kalo pendapat pribadi paling worth kumpulin KF miles / GF miles ya?

    kalo sy liat redemption chart, kok rasanya GF miles kurang worth it ya dibandingkan KF dengan asumsi rate conversion yang didapat sama?

    Terima kasi

    1. Kevin,

      Tergantung situasi dan kondisi. Kalau Anda memang perlu travel domestik dan Garuda sedang ada promo bonus convert/diskon penukaran maka lebih baik mengumpulkan Garuda dan hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Praktisnya, karena Anda tidak tahu frequent flyer program mana yang mengadakan promo selanjutnya, Ada baiknya selalu menerapkan prinsip diversifikasi.

  6. Gara2 pandemi 2 tahun, ga bisa travelling, milage Asia Miles ud mo hangus. Jumlahnya 34000

    Minta pendapat ya :

    Kalau diperpanjang kena biaya 680usd.
    Kalau ditransfer ke akun Asia Miles lain kena biaya 510 – 730 usd.

    Kira2 worth it ga ya?? Ragu2 juga. Maunya simpen miles untuk 1 business class ke HK 50000 milage. Tapi cek harga di online harga tiket Business class jatuhnya 12jt.

    1. Indra,

      Daripada perjalanan yang tidak pasti juga kepergiannya, lebih baik Anda tukarkan untuk penukaran hotel meskipun memang value nya nggak akan sebagus jika anda tukarkan dengan flight. Tapi itu masih lebih baik daripada perpanjangan/transfer.

  7. P. Edwin,
    Berhub sy newbie, apa/bagaimana rute yg dimaksud RTW trip dgn Oneworld dan bagaimana penukaran Asia Miles untuk Round the World (RTW) trip dengan maskapai Oneworld.
    Apakah ada article khusus utk membahas detail RTW ini ?

    1. Lis,

      RTW trip dengan one-world konsepnya cukup rumit, kalau boleh saran Anda ikut saja masterclass PinterPoin kami yang akan diadakan pada 28 Mei di mana kami menjelaskan mengenai konsep RTW ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea