Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Danamon World Elite MasterCard menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit Danamon World Elite MasterCard adalah salah satu kartu kredit top-tier dari bank Danamon yang memiliki earning rate yang sangat atraktif terutama untuk penukaran GarudaMiles ataupun Enrich Miles.

Selain GarudaMiles dan Enrich Miles, Anda juga bisa menukarkan poin kartu kredit ini menjadi KrisFlyer, Asia Miles, ataupun AirAsia BIG. Hanya saja, penukaran untuk KrisFlyer maupun Asia Miles memiliki tingkat konversi yang berbeda dan kurang bagus sehingga saya tidak merekomendasikan Anda untuk menukar airline miles tersebut.

Sayangnya, kartu kredit ini merupakan kartu kredit yang sangat eksklusif sehingga Anda mungkin akan kesulitan mendapatkannya. Anda wajib menjadi nasabah prioritas Bank Danamon dan dengan minimal limit kartu kredit sebesar 200 juta Rupiah dan annual fee sebesar 6 juta Rupiah yang hanya bisa di-waive separuh, maka kartu kredit ini mungkin hanya akan cocok bagi sebagian orang.

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 15 D-Point = 1 GarudaMiles/Enrich Miles
  • 20 D-Point = 1 KrisFlyer/Asia Miles
  • 10 D-Point = 1 AirAsia Big

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin yang berbeda untuk pengeluaran dalam mata uang asing. Berikut adalah perolehan poin kartu kredit untuk transaksi dalam mata uang Rupiah dan perolehan poin untuk transaksi dalam mata uang asing:

  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 2.500 = 8 D-Point
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 2.500 = 12 D-Point

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/Enrich Miles setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 4.687. Nilai yang didapat adalah 3.5

Sedangkan untuk pengeluaran di luar negeri, Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/Enrich Miles setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 3.125. Nilai yang didapat adalah 3.5

Nilai: 3.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 5 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific, Malaysia Airlines, dan AirAsia BIG.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki bonus unik berupa complimentary green fee di berbagai lapangan golf ternama di Indonesia. Info lebih lengkap mengenai lapangan golf yang menyediakan complimentary green fee bisa Anda baca di sini

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia dan juga akses airport lounge internasional melalui LoungeKey.

Tidak ada batasan untuk akses airport lounge domestik namun Anda hanya memiliki akses airport lounge internasional sebanyak 5 kali untuk Anda dan 1 tamu.

klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge domestik yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.

klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge internasional yang bisa diakses menggunakan fitur LoungeKey.

Nilai: 1

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp 6.000.000 per tahunnya dan bisa di-waive (dihapuskan) separuh jika Anda adalah nasabah prioritas dari Bank Danamon dengan Asset Under Management (AUM) minimal 1 Miliar Rupiah.

Nilai: 0.4

Total Nilai: 6.4 / 10

“Kartu kredit traveling terbaik dari Bank Danamon yang sangat cocok digunakan untuk mengumpulkan GarudaMiles ataupun Enrich Miles dan memiliki airport perks yang sangat menarik.”

 

Penutup

Kartu kredit Danamon World Elite MasterCard, dibalik segala kesulitan untuk memperolehnya, sangat layak dimiliki apabila Anda serius untuk mengumpulkan GarudaMiles ataupun Enrich Miles.

Kartu kredit ini memiliki earning rate terbaik kedua di Indonesia untuk transaksi yang dibukukan dalam mata uang asing yang mana Anda bisa memperoleh 1 GarudaMiles ataupun Enrich Miles setiap bertransaksi dalam mata uang asing ekuivalen 3.125 Rupiah.

Dikombinasikan dengan kurs mata uang MasterCard yang cenderung kompetitif, kartu kredit ini akan sangat cocok bagi Anda yang sering bertransaksi dalam mata uang asing.

Sayangnya, kartu ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus dan annual fee dari kartu kredit ini tidak bisa dihapuskan sepenuhnya. Jika tidak, saya sendiri secara pribadi pasti akan mencoba apply kartu kredit ini 🙂

.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit Danamon World Elite MasterCard?