Review: Kartu Kredit Danamon World Elite Mastercard

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Danamon World Elite MasterCard menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Danamon World Elite Mastercard atau seringkali disingkat Danamon WEM adalah salah satu kartu kredit spesial dari Bank Danamon Indonesia selain Danamon Amex Gold dan Danamon Amex Platinum.

Kartu ini memiliki kelebihan utama berupa earning rate yang sangat atraktif terutama untuk GarudaMiles dan Enrich Miles. Anda bisa juga menukarkan poin kartu kredit ini (D-Point) menjadi KrisFlyer, Asia Miles, JAL Mileage Bank, ataupun AirAsia BIG namun penukaran untuk airline miles tersebut memiliki tingkat konversi yang berbeda sehingga earning rate-nya akan lebih mahal namun masih cukup atraktif di kalangan kartu kredit spesial.

Hanya saja, kartu ini merupakan kartu kredit yang sangat eksklusif di mana apabila Anda ingin mengajukan kartu ini Anda diwajibkan untuk melakukan penempatan dana minimal Rp1.000.000.000 (satu miliar Rupiah) dan itupun tidak menjamin Anda pasti dapat kartu kredit ini.

Rasio penukaran efektif D-Point menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 15 D-Point = 1 GarudaMiles/Enrich Miles
  • 20 D-Point = 1 KrisFlyer/Asia Miles
  • 32 D-Point = 1 JAL Mileage Bank

Kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang berbeda untuk transaksi dalam mata uang Rupiah dan untuk transaksi dalam mata uang asing.

  • Pengeluaran dalam Rupiah: Rp 2.500 = 8 D-Point
  • Pengeluaran dalam mata uang asing: Rp 2.500 = 12 D-Point
Pemasukan
Bulanan
Minimal
(Wajib penempatan dana Rp1.000.000.000)Masa Berlaku
Poin
3 Tahun
Kartu Kredit
Referensi
Perlu, minimal Rp200.000.000Min.
Transfer
500 miles
Biaya Tahunan
Rp6.000.000Rekanan
Penukaran
GarudaMiles
KrisFlyer
Cathay
JAL Mileage Bank
Enrich Miles
AirAsia Big
Welcome Bonus
Tidak adaBiaya
Penukaran
Gratis (online)
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp4.687 ~ Rp10.000/milePenggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp3.125 ~ Rp6.667/mileManfaat di
Bandara
Lounge domestik gratis
tak terbatas
Keanggotaan LoungeKey
(5x/tahun akses gratis)
Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles atau 1 Enrich Miles setiap melakukan transaksi dalam Rupiah sebesar Rp4.687.

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles atau 1 Enrich Miles setiap melakukan transaksi dalam mata uang asing sebesar Rp3.125.

Nilai: 3.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 6 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific, Malaysia Airlines, Japan Airlines (JAL), dan AirAsia BIG.

Nilai: 1,5

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki fitur unik berupa complimentary green fee di berbagai lapangan golf ternama di Indonesia. Info lebih lengkap mengenai lapangan golf yang menyediakan complimentary green fee bisa Anda baca di sini

Nilai: 0,5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia dan juga akses airport lounge internasional melalui LoungeKey.

Tidak ada batasan untuk akses airport lounge domestik namun Anda hanya memiliki akses airport lounge internasional sebanyak 5 kali untuk Anda dan 1 tamu.

klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge domestik yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.

klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge internasional yang bisa diakses menggunakan fitur LoungeKey.

Nilai: 1

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp 6.000.000 per tahunnya dan bisa di-waive (dihapuskan) apabila Anda memiliki Asset Under Management (AUM) di Bank Danamon minimal 5 Miliar Rupiah.

Saya akan mengasumsikan iuran tahunan ini tidak bisa dihapuskan karena tidak semua orang memiliki dana 5 miliar Rupiah yang menganggur (idle).

Nilai: 0

Total Nilai: 6,5/10

“Kartu kredit traveling terbaik dari Bank Danamon yang sangat cocok digunakan untuk mengumpulkan GarudaMiles dan memiliki airport perks yang menarik meskipun iuran tahunannya cukup tinggi dan hampir tidak bisa dihapuskan.”

Penutup

Kartu kredit Danamon World Elite MasterCard, dibalik segala kesulitan untuk memperolehnya, sangat layak dimiliki apabila Anda serius untuk mengumpulkan GarudaMiles.

Kartu kredit ini memiliki earning rate terbaik kedua di Indonesia untuk transaksi yang dibukukan dalam mata uang asing di mana Anda bisa memperoleh 1 GarudaMiles ataupun Enrich Miles setiap bertransaksi dalam mata uang asing ekuivalen 3.125 Rupiah.

Danamon WEM memiliki earning rate yang sangat baik untuk transaksi dalam mata uang asing namun sayangnya kurs-nya tidak bersahabat.

Sayangnya, kartu ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus dan iuran tahunan dari kartu kredit ini tidak bisa dihapuskan kecuali apabila Anda bersedia melakukan penempatan dana Rp5.000.000.000.

Apapun itu, kartu kredit ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengumpulkan GarudaMiles dengan (sangat) cepat dan tidak keberatan untuk membayar iuran tahunan kartu kredit sebesar Rp6.000.000 per tahunnya.

Apakah Anda tertarik memiliki kartu kredit Danamon World Elite Mastercard?
Share

17 comments
  1. klo menurut opini pribadi saya sih gak worthed kartu kredit danamon.
    secara dari segi promo , 2tahun terakhir danamon sangat jarang sekali mengadakan promo dan iuran tahunan juga mahal banget
    dan welcome bonus juga tidak ada sama sekali :(.
    masih tetep cimb jcb ultimate si the best 🙂

    .

  2. Tergantung aum, ada temen saya yang punya, katanya af waiveable, gak ditagih, kartu tambahannya juga tidak ditagih, welcome bonusnya lumayan, voucher map sebesar lima juta, mungkin bisa ditanyakan ke RM danabolongnya

    1. Halo Dian,

      Kebetulan saya tidak memiliki kenalan RM Danamon terutama untuk yang memahami kartu kredit. Jika Anda ada kenalan, mungkin bisa direferensikan ke saya 🙂

  3. benar yang dikatana ibu Dian. kartu ini free untuk aum tertentu. dan seperti danamex, kartu ini juga dihandle oleh RM credit card (bukan banking RM )
    Istilah orang awam adalah invitation only. embel embel annual fee tinggi hanya digunakan untuk entry barrier bagi mereka yang belum saatnya memiliki.
    dan kata kata invitation only itu adalah gratis se gratis gratisnya, berlaku untuk semua kartu kredit di Indonesia tercinta.
    Makin kaya orang ( baca: ultra berduit ) makin tidak membayar untuk segala hal.
    Satu hal lagi. jika ingin review. setidaknya anda telah memiliki, atau punya teman/kerabat yang sudah memiliki, sehingga blog ini menjadi berbobot.
    Tidak asal copy paste dan dengar dari orang.

    1. Halo credit card Guru,

      Terimakasih atas masukannya. Saya sendiri baru mengetahui jika kartu kredit ini bisa free apabila seorang nasabah memiliki AUM dalam jumlah tertentu.
      Hanya saja, apa yang Anda sampaikan masih kurang tepat. Teman/kerabat yang sudah memiliki kartu ini tidak bisa digunakan sebagai acuan apakah seorang nasabah bisa memperoleh free annual fee ataupun tidak karena setiap kasus adalah unik.

      Ambil contoh kartu kredit BCA Amex yang memiliki kebijakan annual fee yang berbeda untuk nasabah prioritas dan non-prioritas, keduanya bisa memperoleh kartu kredit tersebut namun nasabah prioritas bisa memperoleh cashback utuh (12 juta) apabila bertransaksi 200 juta dalam periode 3 bulan sejak kartu diterima namun nasabah non-prioritas hanya bisa memperoleh cashback separuh (6 juta) dengan kondisi yang sama.

      Jadi, menggunakan logika berpikir Anda, jika saya hanya me-review berdasarkan perkataan teman/kerabat, maka informasi yang saya sampaikan bisa tidak tepat karena sekali lagi, perlakuan untuk setiap nasabah ini bisa berbeda-beda. Katakan saya menggunakan metode Anda dan menerapkannya pada BCA Amex yang juga ‘invitation only’, maka orang akan bingung karena terdapat disparitas informasi antara yang saya tulis di blog dengan apa yang mereka alami yang mana adalah perbedaan annual fee yang harus mereka bayar jika mereka adalah nasabah prioritas/bukan nasabah prioritas.

      Oleh karena itu, informasi yang saya sampaikan di blog ini adalah informasi yang saya peroleh dari situs website bank tersebut dan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan ketika saya menghubungi call center bank tersebut yang mana bisa lebih dipertanggungjawabkan dibanding ‘informasi dari teman/kerabat’ yang sudah memiliki kartu tersebut. Mungkin kedepannya saya akan mengkombinasikan apa yang Anda sarankan dengan metode saya sehingga bisa diperoleh informasi terbaik dan paling akurat serta bisa dipertanggungjawabkan.

      Namun sekali lagi, terima kasih atas masukannya. Kami di PinterPoin selalu berusaha yang terbaik untuk memberikan informasi terdepan dan paling akurat dalam hal miles dan poin 🙂 dan hal tersebut juga mencakup informasi mengenai berbagai kartu kredit yang ada di Indonesia.

      1. Pertanyaan dibalas pertanyaan :); apakah ada nasabah non prioritas memiliki kartu amex bca? dan apakah nasabah solitaire bca juga pake acara cashback?

        apakah hal ini cs bca salah? tidak. karena untuk segment tertentu mereka “tidak” diberitahu apa benefit yang ada.

        Dengan ini apakah anda percaya dengan apa yang dikatakan cs atau pemilik rekening solitaire yang telah mempunyai kartu tersebut?

        1. Halo Credi,

          Tentu saja ada nasabah non-prioritas yang memiliki kartu AMEX BCA & Nasabah Solitaire BCA juga akan memperoleh cashback annual fee setelah bertransaksi sesuai dengan syarat yang ditentukan. Untuk info lebih lengkapnya, saya sarankan Anda kontak WA Halo BCA di 0811-1500-998, saya yakin Anda akan memperoleh informasi sesuai dengan informasi yang saya peroleh.

          Bergantung pada kebijakan setiap bank, maka pihak phone customer service bisa tahu/tidak tahu kebijakan penghapusan annual fee yang ada. Dalam hal ini, CS tidak salah; Mereka hanya menginformasikan apa yang diberitahukan pada mereka.

          Saya mempercayai apa yang dikatakan oleh CS dan juga apa yang dikatakan oleh pemegang kartu. Hanya saja, saya selalu melakukan cross-check dan mencari informasi lebih dari 1 sumber agar informasi yang didapatkan lebih akurat dan bisa dipercaya. Dalam kasus BCA Amex ini, saya lebih percaya pada CS karena mereka sudah memiliki guideline yang baku perihal kebijakan pembebasan annual fee ini. Sekali lagi, Anda bisa memperoleh informasi tersebut melalui WA Halo BCA.

        2. tidak perlu saya wa ato call bca. saya adalah nasabah solitaire bca dan pemegang WEM juga. ke 2 kartu tersebut gratis ato free. dan untuk amex bca tidak ada syarat pembelanjaan seperti yang dikatakan cs :). karena itu hanya berlaku untuk nasabah biasa dan prioritas

        3. Halo credit card Guru,

          Terimakasih atas informasinya!! Kedepannya, Kami akan mempertimbangkan informasi dari nasabah/pemegang kartu sebagai salah satu sumber informasi untuk me-review kartu kredit. Terutama untuk perihal waiver annual fee ini.

          Masukan/informasi dari Anda sangat berharga untuk PinterPoin, dan oleh Karena itu Kami sangat mengapresiasinya terutama untuk info waiver annual fee di kartu kredit premium ini 🙂

        4. Berarti aturan syarat untuk nasabah prioritas dan solitaire itu beda ya?

          Tapi kalo di website tertulis “prioritas/solitaire” kesannya kan seolah aturannnya sama?

    2. Berarti bisa free seutuhnya jika jadi nasabah privilege nya Danamon disertai kriteria dana yg ada di Danamon yang jumlahnya minimal 1 Miliar?

      Mungkin bisa dibisikkan marsak/RM khusus CC Danamon

  4. AUM berapa yg bisa tanpa iuran tahunan? Lebih baik mana Danamon World Elite dibandingkan dgn Mandiri Prioritas?

    1. Tjahjono,

      kalau ada AUM sebesar 5M bisa minta free iuran tahunan. Saya akan lebih merekomendasikan danamon World Elite daripada Mandiri Prioritas.

  5. Sekilas Kurs Miles Danamon World Elite

    8 D-Point untuk setiap transaksi senilai Rp. 2.500 di dalam negeri

    15 D-Point = 1 GarudaMiles/Enrich Miles
    20 D-Point = 1 KrisFlyer/Asia Miles
    32 D-Point = 1 JAL Mileage Bank

    Dalam Negeri

    GarudaMiles/Enrich Miles

    480000 D-Point = 32000 Miles
    Rp. 150.000.000
    Real After That = Rp. 180.000.000
    Real Efective 180000000/32000 => Rp. 5.625 per miles ~ Rp. 6.000 per miles

    KrisFlyer/Asia Miles

    480000 D-Point = 24000 Miles
    Rp. 150.000.000
    Real After That = Rp. 180.000.000
    Real Efective 180000000/24000 => Rp. 7.500 per miles ~ Rp. 8.000 per miles

    JAL Mileage Bank

    480000 D-Point = 15000 Miles
    Rp. 150.000.000
    Real After That = Rp. 180.000.000
    Real Efective 180000000/15000 => Rp. 12.000 per miles ~ Rp. 12.000 per miles

    12 D-Point untuk setiap transaksi senilai Rp. 2.500 di luar negeri

    15 D-Point = 1 GarudaMiles/Enrich Miles
    20 D-Point = 1 KrisFlyer/Asia Miles
    32 D-Point = 1 JAL Mileage Bank

    Luar Negeri

    GarudaMiles/Enrich Miles

    480000 D-Point = 32000 Miles
    Rp. 100.000.000
    Real After That = Rp. 150.000.000
    Real Efective 120000000/32000 => Rp. 3.750 per miles ~ Rp. 4.000 per miles

    KrisFlyer/Asia Miles

    480000 D-Point = 24000 Miles
    Rp. 100.000.000
    Real After That = Rp. 150.000.000
    Real Efective 120000000/24000 => Rp. 5.000 per miles ~ Rp. 5.000 per miles

    JAL Mileage Bank

    480000 D-Point = 24000 Miles
    Rp. 100.000.000
    Real After That = Rp. 150.000.000
    Real Efective 120000000/15000 => Rp. 8.000 per miles ~ Rp. 8.000 per miles

    Hal Ini Terjadi Karena Ada Biaya Kartu Kredit Lainnya di Kartu Kredit Danamon ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.