Review: Kartu Danamon American Express Platinum (Updated)

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu Danamon American Express Platinum menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Danamon American Express Platinum atau seringkali disingkat sebagai Danamon Amex Platinum adalah salah satu kartu kredit top-tier dari Bank Danamon selain Danamon World Elite.

Kartu ini boleh dikata unik karena menggandeng American Express sebagai payment gateway yang mana masih jarang ditemui di Indonesia. Mengutip dari website American Express, sejauh ini hanya ada 5 jenis kartu personal di Indonesia yang menggandeng American Express dan hanya diterbitkan oleh 2 bank yakni BCA dan Danamon.

Setiap transaksi menggunakan kartu ini, Anda akan memperoleh Membership Reward (MR) yang bisa dikonversikan menjadi airline miles maupun poin hotel.

Rasio penukaran efektif MR menjadi airline miles ataupun poin hotel adalah sebagai berikut:

  • 4 Membership Rewards = 1 AirAsia BIG
  • 5 Membership Rewards = 1 KrisFlyer Miles
  • 6 Membership Rewards = 1 GarudaMiles/Enrich Miles
  • 7 Membership Rewards = 1 Asia Miles
  • 2,4 Membership Rewards = 1 Hilton Honors
  • 3,03 Membership Rewards = 1 Marriott Bonvoy
Pilihan penukaran Membership Rewards Danamon

Perlu diketahui bahwa kartu ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp1.250 = 1 Membership Rewards

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus yang berubah-ubah. Pada saat artikel ini ditulis, welcome bonus yang ditawarkan adalah cashback 100% hingga 5 juta Rupiah untuk transaksi apapun.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 KrisFlyer Miles setiap melakukan transaksi sebesar 6.250 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 2.5.

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/Enrich Miles setiap melakukan transaksi sebesar 7.500 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 2.

Anda bisa mendapatkan 1 Asia Miles setiap melakukan transaksi sebesar 8.750 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 2.

Anda bisa mendapatkan 1 poin Marriott Bonvoy setiap melakukan transaksi sebesar 3.787 Rupiah; 1 poin Hilton Honors setiap melakukan transaksi sebesar 3.000 Rupiah.

 

Nilai Total: 2,16

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Anda bisa mendapatkan welcome bonus berupa cashback 100% hingga 5 juta Rupiah untuk segala jenis transaksi dalam periode waktu 2 bulan sejak kartu disetujui.

Welcome bonus ini setara dengan 25.000 airline miles menggunakan valuasi PinterPoin.

Nilai: 1,5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 7 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, AirAsia, Malaysia Airlines untuk airline partner dan Hilton Honors serta Marriott Bonvoy untuk hotel partner.

Nilai: 1,5

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki berbagai bonus unik berupa:

  • Gratis status Hilton Honors Gold. 
  • Tower Club Access di Republic Plaza Singapore
  • Platinum benefit & service dari Amex
  • Complimentary Green Fee di lapangan Golf terpilih
Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Akses tidak terbatas ke airport lounge dibawah ini:

  •  The Centurion® Lounge
  •  Lounge American Express Internasional
  •  Delta Sky Club® Lounge
  •  Escape Lounge
  •  Airspace Lounge
  •  Domestic airport lounge di Indonesia
  •  Airport lounge yang bisa diakses menggunakan Priority Pass
Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki iuran tahunan sebesar 12.000.000 Rupiah yang tidak bisa di-waive (dihapuskan) sepenuhnya. 

Terdapat opsi waive 50% annual fee kartu Danamon Amex Platinum dengan cara menaruh dana di Bank Danamon senilai 1 Miliar Rupiah. (H/T: Yogi)

Nilai: 0.1

Total Nilai: 6,76 / 10

“Kartu top-tier dari Danamon yang sangat eksklusif yang cocok dimiliki bagi mereka yang menginginkan fasilitas kartu kredit yang tiada duanya.”

 

Penutup

Danamon Amex Platinum adalah kartu yang sangat eksklusif. Untuk mengajukan kartu ini, Anda harus mendapat persetujuan dari 2 pihak yaitu Danamon dan American Express itu sendiri.

Sama seperti kartu American Express Platinum terbitan BCA, kelebihan utama dari kartu ini antara lain adalah fasilitas unik yang ditawarkan seperti status Hilton Honors Gold, unlimited Priority Pass, akses ke airport lounge internasional dari Amex, Centurion, Delta, dan berbagai fitur lainnya.

Selain itu, kartu terbitan Bank Danamon dengan Amex juga merupakan satu-satunya kartu di Indonesia yang memiliki opsi penukaran poin ke Marriott Bonvoy serta Hilton Honors

Sayangnya, berdasarkan informasi yang ada, annual fee dari kartu ini tidak bisa dihapuskan sepenuhnya. Anda hanya bisa memperoleh ‘diskon’ annual fee dengan syarat tertentu.

Kartu ini juga sering mengadakan promosi points multiplier yang mana merupakan kesempatan terbaik untuk mengumpulkan airline miles dengan sangat cepat.

Contoh promosi points multiplier Danamon Amex Platinum

Sayangnya, jaringan Amex masih sangat terbatas di Indonesia. Banyak merchant di Indonesia yang menolak pembayaran menggunakan Amex dikarenakan Merchant Discount Rate (MDR) yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan payment gateway pada umumnya.

Apapun itu, kartu Danamon Amex Platinum masih sangat layak untuk dimiliki dibalik segala kesulitan untuk memperoleh dan menggunakannya dengan pertimbangan perks unik yang diperoleh, konvertibilitas yang baik, dan promosi menarik yang cukup sering diadakan.

.

Apakah Anda tertarik memiliki kartu Danamon American Express Platinum? 


Perubahan

*Pada September 2020: Syarat tambahan untuk pengajuan baru berupa Asset Under Management (AUM) sebesar 2 miliar Rupiah selama 3 bulan di Bank Danamon

*Pada Januari 2021: Devaluasi welcome bonus dari cashback 100% senilai 10.000.000 Rupiah menjadi 5.000.000 Rupiah

*Pada Maret 2021: Perpanjangan periode welcome bonus kartu kredit Danamon hingga 31 Desember 2021


 

Share
27 comments
  1. Edwin,

    Untuk airport perks boleh tau kenapa dikasih nilai 0,5? Saya rasa bisa lebih baik, minimal 0,8 (bila starbucks atau coffebean perks di include kan) atau bahkan bisa mencapai 1.0… 🙂

    1. Saya juga penasaran apakah PP nya berlaku untuk 2 orang seperti priority pass nya Amex BCA atau tdk ya?

    2. Dennis,

      Karena sayangnya Danamon American Express Platinum tidak memiliki fitur Starbucks ataupun sejenisnya; Berbeda dengan BCA American Express Platinum yang menawarkan fitur Starbucks bandara DAN airport lounge.
      Oleh karena itu, airport perks dari danamon hanya kami beri skor 0,5

  2. Saya menggunakan Amex Danamon sejak 2008 sebenarnya ada cara lain untuk “waive” iuran tahunannya selain yang sudah disebutkan dalam artikel, yaitu dengan menggunakan reward points sejumlah 775.000 sebagai “pembayaran”. Selain itu juga bisa memilih diberikan sejumlah 100.000 reward point sebagai kompensasi iuran tahunan yang telah dibayarkan.

    1. Berapa Pertanyaan Jess

      1) Apakah Priority pass nya Bisa membawa tamu 1?

      2) bersrti secara efektif MR digunakan adalah 675K MR untuk bebas 1 tahun AF ya?

      Kalau 5 MR dapet 1 KF berarti 135K KF miles yg di korbanin. Sangat mahal ya. Karena 135K KF miles value nya sekitar 25-27Jt.

      3) Apakah ada cara lain yg di tawarkan untuk Pembebasan AF Selama ini?

      4) seberapa sering diadakan promo MR untuk pemakaian domestic?

      Thank you

      1. Hallo Jon saya coba jawab maaf terlambat:
        1) Free untuk 1 orang, selanjutnya berbayar.
        2) Kalau “pembayaran” dilakukan dengan menukarkan MR maka tidak mendapat pengembalian 100K MR. Bagi saya pribadi, cara ini sgt kurang mengoptimumkan value penggunakan poin.
        3) Selain yg sdh dibahas sih belum ada, untuk rekening min balance 1M itu sebenarnya bisa menggunakan rekening PT di Danamon sepanjang kita adalah majority ownernya.
        4) Promo lumayan banyak baik penggunaan intl maupun domestik, termasuk cashback.

    2. Jess,

      Terimakasih banyak atas informasi-nya. Teman saya juga titip berterimakasih atas informasi yang berharga ini karena beliau sebelumnya tidak mengetahui bahwa Anda bisa memperoleh 100.000 reward point sebagai kompensasi iuran tahunan yang telah dibayarkan.

  3. Selama ada EDC machine BNI BCA Danamon, semua kartu Amex bisa dipake di mesin tsb. Relatif diterima byk merchant kok

    1. Saya pernah tanya sama kasir tempat sy kerja.. apa pernah terima pembayaran dengan amex.. katanya pernah ada customer bayar pakai amex, danamon punya bukan bca.. katanya kartunya lebih “berat” daripada kartu2 lainnya.. apa bahan kartu ini metal apa bagaimana ya?

      1. Sardito,

        Sepengetahuan saya memang semua kartu kredit ‘American Express Platinum’ menggunakan metal sebagai bahan kartu-nya, bukan plastik.

        1. Saya jg bingung Indonesia doang yg platinum charge card nya plastic

          Memang sih AF bebas Tp Koq di besarin ya, Padahal di singapur Itu Masih ada sedikit unsur metallic plastic Gitu.

          Di sini punya kayak sekedar kartu kredit biasa

    2. Ali,

      Memang EDC BCA Danamon maupun BNI bisa menerima kartu Amex. Yang mungkin tidak mau adalah merchant-nya sendiri karena MDR nya yang cukup besar dibanding payment gateway lain seperti Visa, JCB, Mastercard.

        1. Dwi,

          Sepengetahuan saya jika Anda ingin kartu kredit pasti disetujui, Anda harus menjadi nasabah prioritas Danamon yang mana Asset Under Management (AUM) nya harus 1 Miliar Rupiah.

  4. pengalaman saya pakai amex, di website belanja online seperti tokped, BL, shopee, traveloka, ebay, amazon, tidak dapat digunakan.
    satu2nya cara selama ini adalah dengan di aliexpress dan edc BCA.

    ada yang tau dimana saya bisa pakaikan amex?

    1. Toped sudah pasti Bisa Karena dari 2019 saya udah sering pake. Malah salah 1 trik untuk me gunakan amex di toped adalah dengan membeli barang dari “official seller” yg ada lambang warna ungu. Itu bebas biaya admin/processing fee sama sekali. Sangat berguna kalau beli barang mahal.

      BL / SHOPEE / BLIBLI Kurang tau karena gk pernah belanja.

      Hampir Semua toko retail Baju besar (di mall) menerima dan tidak pernah tolak. Karena selain Mereka memiliki mesin EDC beragam, profit margin Mereka jg Lebih besar sehinga Mereka berani absorb processing fees. Contoh: ZARA /UNIQLO /H&M.

      Dept store & supermarket (seibu/metro/sogo/foodhall/ranch Market) juga Hampir semua menerima amex. Satu1 nya tempat yg tidak Bisa di pakai adalah lotte mart kuningan. Walaupun dia memakai EDC BCA Tipe baru, kartu amex tidak Bisa di terima. Menurut saya ini ada setting an sengaja dari pihak lotte mart.

      Resto yg terima Mungkin cuma 25% Selama pengalaman saya. Alasan 2. Selain tidak memiliki EDC yg menerima kartu amex, Kadang ada kebijakan dari Resto tidak mau terima amex Karena processing fee nya yg mahal. Sangat ironis kalau di pikir Karena setau saya profit margin makanan adalah yg paling tinggi di antara semua industri. Dan Sangat random untuk Resto yg menerima, Kadang Resto kecil malah menerima Dan Resto besar malah menolak.

      Selain Itu untuk semua retail lokal lain nya fifty2. Rata2 menolak Karena processing fee yg besar Bukan Karena tidak ada mesin EDC yg menerima kartu amex. Retail online International tergantung website, kalau US based sudah pasti Bisa amex. Kalau tidak biasa hanya Visa/masters.

  5. Saya pernah tanya sama kasir tempat sy kerja.. apa pernah terima pembayaran dengan amex.. katanya pernah ada customer bayar pakai amex, danamon punya bukan bca.. katanya kartunya lebih “berat” daripada kartu2 lainnya.. apa bahan kartu ini metal apa bagaimana ya?

    1. Hi Yosya,
      Bantu jawab. Menurut saya jika anda adalah nasabah bca prioritas atau solitaire maka tentu BCA AMEX lebih worth karena annual fee bisa dihapuskan sepenuhnya.

      Danamon AMEX adalah credit card yg annual fee nya tidak dapat dihapuskan secara penuh dengan cara apapun (hanya bisa didiskon)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea