Welcome bonus dalam wujud poin dan miles yang besar merupakan salah satu daya tarik untuk menjaring nasabah baru. Tentu saja bonus tersebut merupakan salah satu aspek penting dalam menentukan kartu kredit mana yang harus didapatkan.

Melalui welcome bonus, Anda berpeluang untuk mendapatkan poin dan miles dengan cepat dan mudah. Nyatanya, penukaran poin dan miles untuk business atau first class tidak sesusah yang dibayangkan jika Anda berhasil meraup welcome bonus yang atraktif.

Sebagai perspektif, welcome bonus sebesar 30.000 miles bisa Anda tukarkan untuk business class Cathay Pacific ke Hong Kong (25.000 Asia Miles) sekali jalan. Menarik bukan?

Namun, selain mengetahui besaran bonus, Anda juga wajib mengetahui persyaratan dan batasan untuk mendapatkan welcome bonus untuk memaksimalkan potensi yang tersedia.

Berikut beberapa kartu kredit di Indonesia dengan penawaran bonus poin dan miles terbesar saat ini:

HSBC Visa Signature

Welcome bonus: 30.000 miles (dalam wujud 510.000 HSBC Rewards) atau cashback sebesar Rp1.500.000 (tidak disarankan)

Transfer Partner: Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific

Syarat: Pemakaian kartu sebesar Rp30.000.000 dalam 5 bulan setelah kartu disetujui

Catatan: Welcome bonus akan diberikan kepada nasabah baru atau nasabah yang telah menutup kartu selama 6 bulan (ketentuan ini tidak berlaku bagi HSBC Premier MasterCard). Saat ini tertulis jika periode welcome bonus hingga 31 Desember 2020.


HSBC Premier MasterCard

Welcome bonus: 30.000 miles (dalam wujud 510.000 HSBC Rewards) atau cashback sebesar Rp2.500.000 (tidak disarankan)

Transfer Partner: Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific

Syarat: Pemakaian kartu sebesar Rp15.000.000 dalam 4 bulan setelah kartu disetujui

Catatan: Welcome bonus akan diberikan kepada nasabah baru atau nasabah yang telah menutup kartu selama 6 bulan (ketentuan ini tidak berlaku bagi HSBC Premier MasterCard). Saat ini tertulis jika periode welcome bonus hingga 31 Desember 2020.


Citi Prestige

Welcome bonus: 30.000 miles (dalam wujud 150.000 Citi Rewards Points)

Transfer Partner: Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, British Airways, Malaysia Airlines, Etihad Airways, EVA Air, Air France/KLM, Qantas, Qatar Airways, Thai Airways, dan IHG Rewards Club

Syarat: Membayar iuran tahunan sebesar Rp3.500.000,- dan melakukan transaksi. Hanya tersedia bagi nasabah baru (pertama kali) Citi Prestige, atau telah menutup kartu Citi apapun selain Prestige dalam 1 tahun terakhir.

Catatan: Program berlaku hingga 31 Desember 2020


BCA American Express Platinum

Welcome bonus: 26.666 miles atau 40.000 poin Hilton Honors atau 13.333 Jumeirah Sirius Points (dalam wujud 1.000.000 Membership Rewards)

Transfer Partner: Singapore Airlines, Garuda Indonesia, Emirates, Etihad Airways, Hilton, dan Jumeirah (ditiadakan untuk sementara waktu)

Syarat: Tidak ada minimum spending, hanya perlu mengajukan 2 kartu tambahan


Standard Chartered Visa Infinite

Review: Kartu Kredit Standard Chartered Visa Infinite

Welcome bonus: 15.000 miles (dalam wujud 60.000 reward SCB)

Transfer Partner: Singapore Airlines, Garuda Indonesia, Cathay Pacific, dan AirAsia

Syarat: Welcome bonus akan diberikan sebanyak 3 kali (1x/bulan untuk 3 bulan pertama) masing-masing sebesar 20.000 poin reward SCB atau setara dengan 5.000 airline miles dengan transaksi ritel minimal Rp3.000.000 dalam satu tagihan.


BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite

Kartu Kredit BCA

Welcome bonus: 12.500 KrisFlyer miles

Transfer Partner: Singapore Airlines

Syarat: Dapatkan 3.000 KrisFlyer miles pada tagihan pertama dan 9.500 KrisFlyer miles setelah pemakaian kartu sebesar Rp3.000.000,- dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.

Catatan: Welcome bonus kartu ini tidak bisa didapatkan jika Anda telah memiliki kartu BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature. Cara mengakalinya adalah dengan menutup terlebih dahulu kartu tersebut selama 6 bulan.


Mega Travel Card

Welcome bonus: 10.400 GarudaMiles atau 20.800 AirAsia BIG Points (dalam wujud 650.000 Mega Poin)

Transfer Partner: Garuda Indonesia dan AirAsia

Syarat: Pemakaian kartu sebesar Rp30.000.000,- dalam 3 bulan setelah kartu disetujui


BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature

Welcome bonus: 10.000 KrisFlyer miles

Transfer Partner: Singapore Airlines

Syarat: Dapatkan 3.000 KrisFlyer miles pada tagihan pertama dan 7.000 KrisFlyer miles setelah pemakaian kartu sebesar Rp3.000.000,- dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.

Catatan: Welcome bonus kartu ini tidak bisa didapatkan jika Anda telah memiliki kartu BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite. Cara mengakalinya adalah dengan menutup terlebih dahulu kartu tersebut selama 6 bulan.


Hal yang Perlu Diperhatikan

  • Pastikan Anda memenuhi syarat (eligible) untuk mendapatkan welcome bonus. Beberapa bank seperti Citi menerapkan aturan jika welcome bonus hanya bisa didapatkan oleh nasabah baru. Jika telah memiliki sebuah kartu Citi, maka Anda tidak bisa mendapatkan welcome bonus kartu Citi lainnya kecuali jika telah menutup kartu selama 1 tahun
  • Umumnya terdapat persyaratan untuk mendapatkan welcome bonus, contohnya Anda harus melakukan pembelanjaan sebesar Rp3.000.000,- dalam 2 bulan sejak kartu disetujui
  • Beberapa kartu kredit high end seperti BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite atau Citi Prestige akan lebih sulit untuk didapatkan karena eksklusifitas (baca: tidak bisa didapatkan dengan mudah oleh publik)
  • Beberapa welcome bonus yang bersifat targeted atau musiman layak untuk Anda pertimbangkan. Contohnya seperti BNI Garuda Indonesia Visa Signature yang pernah menawarkan welcome bonus sebesar 72.000 GarudaMiles dalam promo app-fly pada tahun 2018 lalu.

Salah satu welcome bonus spektakuler yang pernah diadakan oleh BNI & Garuda Indonesia

Penutup

Welcome bonus kartu kredit saya pandang sebagai good starter bagi Anda yang ingin mulai mengumpulkan poin dan miles. Bahkan Anda bisa langsung menukarkan penerbangan seperti Suites Singapore Airlines (53.000 KrisFlyer miles) sekali jalan ke Shanghai dengan mendapatkan 2 kartu saja, misalnya HSBC Visa Signature & Citi Prestige.

Untuk jangka panjang setelah welcome bonus tidak lagi tersedia, Anda wajib menggunakan kartu kredit terbaik dalam aspek perolehan poin dan miles.

Anda wajib memperhatikan syarat dan ketentuan pada kartu kredit yang Anda daftarkan. Seringkali orang melewatkan kesempatan mendapatkan welcome bonus karena tidak berhasil memenuhi syarat yang disediakan.

.

Berapa welcome bonus kartu kredit terbesar yang pernah Anda dapatkan?