teks, cuplikan layar, gadget, Ponsel, memori flash

Review: Kartu Kredit UOB Garuda Indonesia

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit UOB Garuda Indonesia menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit UOB Garuda Indonesia adalah kartu kredit konversi dari Citi Garuda Indonesia setelah UOB mengakuisisi bisnis ritel dari Citi Indonesia di tahun 2023 lalu.

Kartu ini tergolong unik karena memiliki benefit yang tidak dimiliki kartu kredit lain di Indonesia seperti ekstra bagasi 20 kilogram ketika terbang menggunakan Garuda Indonesia dan juga diskon permanen penukaran GarudaMiles sebesar 10% di ticketing office.

Kartu UOB Garuda Indonesia ini juga dilengkapi dengan welcome bonus yang menarik walaupun dari sisi konvertibilitas dan earning rate, kartu ini boleh dikata cukup standar atau bahkan kurang kompetitif.

Tingkat perolehan (earning rate) dari kartu ini adalah sebagai berikut:

  • Transaksi di Garuda Indonesia: Rp6.666 = 1 GarudaMiles

  • Transaksi selain di Garuda Indonesia: Rp10.000 = 1 GarudaMiles
teks, Font, logo, cuplikan layar, desain grafis, Grafis, deasin
Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp12.000.000Masa Berlaku
Poin
3 Tahun (co-brand)
Kartu Kredit
Referensi
Tidak perluMin.
Transfer
250 GarudaMiles
Biaya TahunanRp800.000Rekanan
Penukaran
GarudaMiles
Welcome Bonus15.000 GarudaMiles
(hingga 31 Des 2024)
Biaya
Penukaran
Rp0 (otomatis)
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp6.667 – Rp10.000/milePenggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp6.667 – Rp10.000/mileManfaat di
Bandara
Tidak ada
Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3,5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles setiap pembelanjaan Rp6.667 di Garuda Indonesia termasuk di ticketing office, website, dan apps Garuda Indonesia.

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles setiap pembelanjaan Rp10.000 untuk pembelanjaan lainnya.

Nilai: 2,25

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini memiliki welcome bonus berupa 15.000 GarudaMiles setelah bertransaksi Rp2.500.000 dalam periode 30 hari kalender sejak kartu disetujui.

Nilai: 1,5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1,5)

Kartu ini hanya memiliki 1 (satu) transfer partner yaitu GarudaMiles

Nilai: 0,5

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki fitur unik berupa:

  • Ekstra bagasi 20 kilogram ketika terbang menggunakan Garuda Indonesia. Berlaku untuk penerbangan domestik maupun internasional.

  • Diskon permanen penukaran GarudaMiles sebesar 10% di ticketing office Garuda Indonesia.

  • Special check-in counter di Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3
    Nilai: 1

    Airport Perks (Skor Maksimal: 1)

    Kartu ini tidak memberikan manfaat apapun di bandara.

    Nilai: 0

    Iuran Tahunan (Skor Maksimal: 1)

    Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp800.000 dan bisa dihapuskan dengan syarat.

    Nilai: 0,8

    Total Nilai: 6,05 / 10

    “Kartu kredit mid-tier dari UOB yang layak dimiliki bagi Anda yang mengincar kartu kredit dengan welcome bonus besar dan fitur yang menarik”

    Penutup

    Kartu kredit UOB Garuda Indonesia adalah kartu kredit yang wajib Anda miliki terutama apabila Anda sering memesan penerbangan Garuda Indonesia menggunakan cash fare.

    Dibandingkan dengan kartu kredit co-branding Garuda Indonesia lainnya yaitu BNI Garuda Indonesia, saya akan lebih merekomendasikan kartu kredit ini dengan pertimbangan fitur tambahan bagasi yang lebih praktis digunakan dan welcome bonus yang lebih besar.

    gaun, alas kaki, Desain busana, pakaian, dinding, mode busana, berdiri, dalam ruangan
    Dapatkan gratis bagasi 20 kilogram ketika terbang dengan Garuda Indonesia baik dengan cash fare ataupun dengan menukarkan GarudaMiles Anda

    Saya akan merekomendasikan kartu ini bagi Anda yang sering membeli tiket Garuda Indonesia ataupun bagi Anda yang mengincar tambahan bagasi ketika terbang dengan Garuda Indonesia.

    Di luar itu, kartu ini juga cocok bagi Anda yang mengumpulkan GarudaMiles dengan pertimbangan welcome bonus yang cukup atraktif dan fitur permanen diskon penukaran 10% GarudaMiles di ticketing office Garuda Indonesia.

    Apakah Anda tertarik memiliki kartu UOB Garuda Indonesia?
    Share

    15 comments
    1. Udah hampir setahun punya kartu ini semenjak masih di Citibank, kartu pengganti entah belum sampai juga. Namun sayangnya untuk fasilitas check in khusus di Terminal 3 CGK belum tersosialisasikan dengan baik, pada jam tertentu saat counter check in economy class penuh, bisa check in di counter khusus tentu sangat membantu. Sweet spot untuk saya yang base di Manado, bisa redeem 54.000 Garuda Miles (setelah potongan diskon 10%) dengan 4,8Jt untuk airport tax rute MDC – NRT sudah lebih cukup. Sisanya menggunakan kartu ini saat ada promo khusus/untuk pembelian tiket dari Fly Garuda.

        1. Economy class, namun sudah PP direct flight. Best deal karena tidak perlu starting point ke Bali/Singapore/Jakarta bagi yang domisili Indonesia Timur. Perbandingan dari jakarta start di 35K miles (Oneway) untuk rute ke HND.

          1. Terima kasih atas jawabannya.
            Cukup mahal juga ya tax dan surcharge Garuda, tapi enaknya tidak perlu transit lagi ke Jakarta 🙂

      1. Saya juga menanti-nanti kartu pengganti, dan baru mendapatkannya bulan ini, setelah genap satu tahun menggunakan kartu Citi.

      2. Saya juga belum dapat kartu pengganti, infonya sedang dalam pengiriman dan mulai Agustus nanti kartu Citibank sudah tidak bisa digunakan.
        Ketika kartu masih dalam pengiriman, ada notif untuk mengaktifkan kartu yang tidak sengaja saya aktifkan, jadinya saat ini terpaksa kartu dikunci sementara sampai fisiknya datang

    2. pertanyaannya apakah yang dari sebelumnya citibank kalau transaksi 2,5jt rupiah dalam 30 hari setelah kartu diterima, tetap dapat atau tidak ?

    3. Kendalanya adalah, tidak ada infirmasi GFF yang dihasilkan perbulan dan tidak otomatis masuk ke akun GFF (walau sudah lebih dari 250miles).
      Saya selalu komplain dan buat laporan, dan lucunya mereka menanyakan apakah ada permintaan konversi sebelumnya. Aneh sekali mereka bertanya seperti itu. Apa bedanya dengan kartu non co brand kalau begitu ceritanya. Setelah dioper UOB – Garuda sana sini akhirnya miles nya masuk dan itupun tidak semua. mereka cuma hitung pembaginya 20rb, sedangkan saya ada transaksi beli tiket garuda di web garuda. Komplain lagi dan menunjukkan perhitungan dengan Excel melalui Email baru di kirim sisanya.
      Sangat ribet dan sangat jauh dari convenience Citi Garuda dahulu. Di app TMRW UOB nya juga ga ada beda info satu kredit yang satu dengan yang lain.

      Saya Kecewa dengan perubahan ini sebenarnya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.