Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature adalah kartu kredit top-tier dari Bank BNI yang melakukan co-branding dengan Garuda Indonesia.

Kartu ini merupakan versi superior dari kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Platinum yang mana merupakan kartu kredit mid-tier dari Bank BNI yang juga melakukan co-branding dengan Garuda Indonesia.

Berikut adalah earning rate dari kartu ini:

  • Transaksi di dalam/luar negeri: Rp 9.000 = 1 GarudaMiles

GarudaMiles yang terkumpul di kartu kredit akan secara otomatis ditransfer ke akun Garuda Indonesia Anda ketika sudah mencapai 250 miles.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles setiap melakukan apapun sebesar Rp 9.000.

Nilai: 2


Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan enrollment bonus sebesar 200 GarudaMiles ketika kartu kredit disetujui.

Dapatkan first transaction bonus sebesar 4.000 GarudaMiles setelah melakukan transaksi sebesar 2,25 juta Rupiah dalam periode waktu 90 hari sejak kartu kredit disetujui.

Nilai: 0.5


Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini hanya memiliki 1 transfer partner yaitu Garuda Indonesia dengan Frequent Flyer Program-nya yaitu GarudaMiles.

Nilai: 0.5

 


Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki berbagai bonus unik berupa:

  • Loyalty bonus sebesar 2.000 GarudaMiles yang akan Anda peroleh setiap ulang tahun kartu
  • Program fast track ke GarudaMiles Gold dengan cara bertransaksi minimal 8 juta Rupiah per bulan selama 5 bulan sejak kartu kredit diaktifkan
  • Gratis membership Priority Pass (bukan akses)

Kartu kredit BNI juga sering bekerja sama dengan Travel Fair di mana pemegang kartu kredit BNI berkesempatan untuk memperoleh cashback untuk pembelian tiket penerbangan.

Nilai: 1


Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia. Klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.

Nilai: 0.5


Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp 800.000 dan kemungkinan besar bisa di-waive (dihapuskan) ketika Anda mencapai transaksi dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0.8


Total Nilai: 5.3 / 10

“Kartu kredit co-branding Garuda Indonesia yang memiliki fasilitas yang lengkap dan gimmick yang menarik namun kurang kompetitif dari sisi earning rate.”

 

Penutup

Kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature adalah kartu kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk miliki apabila Anda mencari kartu kredit top-tier yang memiliki fitur unik seperti loyalty bonus ataupun program Fast Track ke GarudaMiles Gold.

Sayangnya, sama seperti kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Platinum, kartu kredit ini sangat kurang menarik dari sisi earning rate maupun welcome bonus kecuali ketika terdapat promosi pendaftaran kartu kredit.

Meskipun begitu, terdapat beberapa alasan khusus mengapa kartu kredit ini (mungkin) layak untuk diajukan atau dimiliki:

  1. Kartu ini layak diajukan ketika terdapat sign-up bonus besar seperti pada promo App-Fly yang diadakan pada tahun 2018 lalu
  2. Kartu ini layak diajukan ketika terdapat promo kombinasi antara BNI dengan Garuda Indonesia seperti promo akuisisi kartu kredit di tahun 2021.
  3. Kartu ini layak dipertahankan jika masih terdapat promo Garuda Indonesia yang unik dan spesifik

.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature?


Perubahan

*Pada 23 November 2017: Devaluasi earning rate dari 7.500 Rupiah per 1 GarudaMiles menjadi 9.000 Rupiah per 1 GarudaMiles