teks, cuplikan layar, logo, Font, Merek, Merek dagang, memori flash, deasin

Review: Kartu Kredit UOB Zenith

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit UOB Zenith menggunakan metode penilaian kartu kredit PinterPoin.

UOB Zenith adalah kartu kredit top-tier dari UOB Indonesia yang merupakan hasil transisi kartu kredit Citi Prestige pada akhir 2023 lalu seiring dengan pengalihan bisnis consumer banking Citi ke UOB.

Sebagai kartu transisi dari Citi Prestige, UOB Zenith menawarkan fitur yang serupa dengan Citi Prestige kecuali bonus 15% konversi poin menjadi airline miles untuk nasabah prioritas (ditiadakan) dan fitur Citi PayAll (ditiadakan).

Meski begitu, dengan benefit unik yang tiada duanya (terutama 5x airport transfer), earning rate yang cukup bagus, dan airport perks yang menarik, kartu ini sangat layak untuk dimiliki.

Perlu Anda ketahui bahwa annual fee dari kartu kredit ini tidak bisa dihapuskan dengan alasan apapun dan juga kartu ini memiliki pagu kredit (limit) awal yang tinggi yaitu Rp100.000.000 sehingga mempersulit Anda memperoleh kartu ini.

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 5 UOB Point (UOB Zenith) = 1 airline mile (GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles)

Kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk transaksi dalam mata uang Rupiah atau transaksi dalam mata uang asing.

  • Pengeluaran dalam Rupiah ataupun mata uang asing: Rp1.500 = 1 UOB Point (UOB Zenith)
teks, cuplikan layar, Font, Persegi, memori flash, deasin
Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp42.000.000Masa Berlaku
Poin
Selamanya (poin ex-Citi)
2 tahun (setelah transisi)
Kartu Kredit
Referensi
Perlu, limit minimum
Rp100.000.000
Min.
Transfer
2.000 miles
Biaya TahunanRp3.500.000Rekanan
Penukaran
GarudaMiles
KrisFlyer
Cathay
Welcome BonusRp3.500.000
cashback
Biaya
Penukaran
Rp0 (online)
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp7.500/milePenggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp7.500/mileManfaat di
Bandara
Voucher lounge DragonPass
(5x/tahun akses gratis)
Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 airline mile setiap melakukan transaksi dalam Rupiah ataupun dalam mata uang asing sebesar Rp7.500.

Nilai: 2

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu ini menawarkan welcome bonus berupa cashback sebesar Rp3.500.000 dengan syarat bertransaksi sebesar Rp60.000.000 dalam periode 3 bulan sejak kartu disetujui.

Welcome bonus tersebut setara dengan 18.918 airline miles menurut valuasi PinterPoin.

Nilai: 1,5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner yakni Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan Garuda Indonesia.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki berbagai fitur unik berupa:

  • Fitur 4th night free sebanyak 5 (lima) kali setiap tahunnya.

Nilai: 0,5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses lounge menggunakan Dragon Pass sebanyak 5x/tahun.

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, Anda harus menghubungi UOB Privilege Banking Hotline 1500288 minimal 2 hari kerja sebelumnya untuk memesan lounge access.

Nilai: 0,5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp3.500.000 dan tidak bisa dihapuskan dengan alasan apapun.

Nilai: 0,1

Total Nilai: 5,6/10

“Kartu kredit top-tier dari UOB Indonesia yang memiliki kelebihan utama berupa fasilitas airport transfer dan earning rate yang cukup bagus, namun sayangnya dengan iuran tahunan yang tidak bisa dihapuskan”

Penutup

Walaupun tidak sebagus Citi Prestige, kartu kredit UOB Zenith menurut saya masih layak untuk dimiliki dan dioptimalkan terutama untuk fitur 5x luxury airport transfer yang bisa dengan mudah memberikan outsized value meskipun Anda harus membayar iuran tahunan sebesar Rp3.500.000 setiap tahunnya.

teks, cuplikan layar, Font, nomor

Oleh karena itu, jika Anda memiliki rencana untuk berwisata ke Jepang ataupun Korea, maka kartu UOB Zenith layak Anda pertimbangkan karena bisa sangat membantu Anda menghemat biaya ke/dari bandara secara signifikan.

Sedangkan untuk kekurangan dari kartu kredit ini adalah limit awal yang tinggi dan annual fee yang tidak bisa dihapuskan.

Apakah kartu kredit ini layak untuk dimiliki? Jawabannya adalah ‘Ya’ jika Anda bisa mengoptimalkan fitur luxury airport transfer yang ditawarkan kartu ini.

Jika tidak bisa, Anda mungkin lebih cocok menggunakan kartu lain dengan earn rate Rp7.500/mile yang iuran tahunannya bisa dihapuskan seperti BCA Amex Platinum, CIMB Niaga JCB Ultimate, dan Maybank Visa Infinite.

kendaraan, roda, Kendaraan darat, pakaian, ban, outdoor, Pintu kendaraan, transportasi, orang, Velg alloy, Mobil perkotaan, mobil, Desain otomotif, alas kaki, pelek, Komponen otomotif, Kendaraan mewah, Spatbor, Kendaraan bermotor, Celana, dop, hatchback, diparkir
UOB Zenith menawarkan fitur luxury airport transfer sebanyak 5 (lima) kali setahun
Apakah Anda tertarik memiliki kartu kredit UOB Zenith?
Share

51 comments
  1. selamat malam bpk edwin. bisa tolong direview kartu kredit visa signature bank mayapada. saya baru dapat email. bahwa poinnya bisa diconvert ke krisflyer.
    terima kasih

  2. Bagi pencinta MRT seperti saya, kartu ini tidak terlalu berguna bagi saya karena iuran tahunan tidak bisa dihapus. Apalagi saya sering mabuk kalau naik mobil sedan mewah seperri Mercedes Benz.

  3. ada typo, ini benefitnya dragon pass atau priority pass ya? kalau menjadi nasabah uob privilege banking apakah bisa dihapuskan iuran tahunannya? teman saya yang dulu nasabah citigold bisa diwaive untuk iuran citi prestigenya

  4. Halo tim Pinterpoin, apakah ada info maksimal berapa pax untuk sekali jalan menggunakan fitur airport transfer nya? Terimakasih

    1. Dear Halim,

      Bantu jawab dari experience saya di Januari kemarin, ‘Complimentary service is limited to a maximum of 2 large suitcases and 3 passengers per car for Sedan model, or 4 large suitcases and 4 passengers if upgraded to People Carrier.’

      Thanks

    2. Halim,

      3 orang dan 2 koper besar tapi prakteknya di lapangan bisa lebih dari itu selama muat. Alternatifnya, Anda juga bisa meminta upgrade kendaraan yang digunakan.
      Berikut kutipannya di website UOB Infinite: ” Layanan ini berlaku untuk 3 (tiga) penumpang dan maksimum 2 (dua) bagasi ukuran besar.”

  5. Dari awal tahun coba daftar kartu ini tapi blm bisa. Katanya masih khusus nasabah citibank dulu, mungkin ada yg bs share no sales yg bs terima daftar?

    1. Jooor,

      Ditunggu saja memang UOB sedang relaunching 1 per 1 kartu kredit ex-citi mereka dari UOB Garuda Indonesia, UOB PRIVI Miles, dan nantinya seharusnya UOB Infinite.

  6. Apa2an ini ya.. Kartunya aja gak ada yg punya.. Gak ada release. Keabisan bahan ya.. Mpe mksa bener buat post?!!

    1. Bantu jawab..
      Kartu ini utk sementara hanya utk ex Citibank Prestige. Jadi pemegang kartu Citibank Prestige nantinya akan di kirimkan kartu UOB Infinite. Dan sampai saat ini kartu kredit ini belum di buka untuk umum (pemegang kartu kredit citi prestige saja sampai saat ini masih belum di kirimkan kartu uob infinite ini).
      Jadi di tunggu saja sampai kartu ini dibuka untuk umum…

      1. Klo ini mah semua juga tau.. Makanya lucu aja diposting beginian.. Seolah2 uda ada tuh fisik kartu.. Seolah2 uda beredar.. Yg ditanya simpel kok?! Gajelas banget nih bank!!

      2. ya tetep gak bener ini, emosi saya, gagal dapet cabe bni jcb eh malah nulis artikel ini, fokus dulu bni, sangkut saya lom balik modal puluhan juta, bayangin, apa gak stress akut saya, udah sangkut hampir bundir saya

        1. Bro Edwin, saya rasa post tidak relevan seperti orang diatas ga perlu di approve penuh2in komen tanpa ada manfaat buat komunitas.

        2. rugi nya gimana kak? kalau bisa punya jcb ultimate saya rasa penghasilan nya sudah lumayan tinggi .

  7. Airport transfer sgt kepake buat yg mau plg dgn penerbangan pagi di jepang. Soalnya repot bgt kl bw2 koper dgn naik subway/train. Atau kita br landing malam di jepang. Dimana semua train / bus sdh off.

  8. Bro edwin,
    April ini sy berencana ke seoul via incheon airport, sy diinformasikan oleh concierge kalo sy bawa 2 koper besar + 1 cabin. Itu diharuskan upgrade kendaraan ke yg lebih besar, seperti van dgn penambahan usd 60. Jadi mau ga mau bayar deh, dan waktu tunggu per 15 menit itu usd 60, kok korea lebih mahal ya dari negara lain.

    1. E,

      Untuk tiap negara mereka menggandeng pihak ketiga sih dalam rangka menyediakan layanan airport transfer ini.
      Seharusnya Anda bilang saja bawa 2 koper besar saja agar tidak kena extra charge anyways saya 2x pakai layanan ini selalu dapat van sih tanpa requestatau upgrade jenis kendaraan.

  9. Saya barusan coba order complimentary hotel dari uob, tapi diminta nomor kartu, expiry date, dan juga cvv. Apa benar begitu? Jujur agak ngeri ya kasih cvv.

    1. Pengalaman saya, sama. Saya juga dimintain detail cc sampai cvv juga. Dan pada akhirnya saya ga jadi book juga. Karena setelah dibandingkan, perbedaan harga tidak terlalu jauh (sekitar 1-2jt), not worth the risk

  10. Apakah disini ada yang pernah menghapus biaya tahunan yang tertagih di kartu citi prestige atau zenith dengan program dari UOB? ini untuk kartu yang melanjutkan dari kartu citi, bukan NTB to UOB. apakah ada?

    1. Wendy,

      Saya pernah coba dengan segala cara pada Februari lalu tapi tidak berhasil. Anyways, dibandingkan dengan fitur yang didapatkan…. saya akan bilang bahwa iuran tahunan tersebut layak dibayarkan dengan pertimbangan Anda bisa memanfaatkan airport transfer dari kartu ini di Jepang/Korea/Australia dan sebagainya.

  11. Dear Pinterpoin

    Kemarin lusa saya coba telpon RM UOB, nomor beliau sy dapat dari salah satu infuencer CC di instagram.
    Salah satu syarat nya adalah harus memiliki referensi CC dengan limit minimal 100jt atau kalau tidak punya harus hold dana tapi nominalnya masih belum diketahui karena belum launch.

    Nah pertanyaan nya, menurut pengalaman Suhu-suhu Pinterpoin. Apa bisa ya saya pakai kartu tambahan dari ortu (Limit 150jt) sebagai CC referensi? karena limit CC yang dimiliki personal saat ini hanya 50jt

    Trims

    1. Nawey,

      Teorinya dia akan menarik informasi dari SLIK OJK dan jika Anda hanya sekedar kartu tambahan atas nama orang tua, tidak akan muncul kartu referensi 150 juta di sistem SLIK-nya.

      Tapi saya bisa saja salah dan oleh karena itu CMIIW.

      1. Bro Edwin

        Maaf mungkin penjelasan saya kurang rinci. Yang dimaksudkan adalah apabila saya request CC kartu tambahan dari CC kartu utama (Primary Card) milik orang tua, maka saya akan mendapatkan CC tambahan / Secondary Card dengan nama saya sendiri & limit gabungan bersama ortu sebesar 150jt. Nah maksud saya apakah dengan Secondary Card ini bisa dijadikan referensi? dalam konteks ini u/ pengajuan UOB Zenith. Mohon dijawab dan terima kasih sebelumnya

        1. Newey,

          Tidak bisa, karena kartu tambahan itu tetap card owner (C/O)-nya adalah nama si pemegang kartu utama, dan tagihannya pun juga dibebankan ke pemegang kartu utama, sehingga tidak masuk ke SLIK pemegang kartu tambahan.

        2. Newey,

          Dari penjelasan Anda, jawabannya adalah tidak bisa. Kartu yang bisa dijadikan referensi harus kartu utama UOB atas nama Anda.

    2. Tidak bisa saya sudah tanya RM UOB saya kebetulan kantor saya di UOB Plaza Thamrin.

      Dan saya bisa minta di cetakan kartu dengan catatan punya CC UOB limit di atas 100 juta (Privy Miles).

      Prosesnya cukup cepat dan mudah kali ini

  12. Info sedikit, welcome bonus hanya untuk yg belum pernah punya kartu kredit UOB atau udah tutup diatas 1 Tahun.

  13. halo kak, mohon advicenya, saya sempat tanya ke bagian UOB ternyata airport luxury transfer ini hanya bersifat sebagai airport transfer business trip, jadi tidak bisa pergi rombongan bersama 1 keluarga besar seperti 2 orang dewasa dan 3 orang anak.
    Sepertinya untuk vacation bersama keluarga benefit unggulan ini tidak bisa dinikmati.
    Mohon advicenya kak, jika benefit unggulan airport transfer ini tidak bisa digunakan, apakah kartu ini masih worth it untuk dipertahankan? Adakah benefit lain yang worth it? Mohon view dan advicenya kak. Terima kasih

  14. Izin nanya, bolehkan pemegang kartu memesan 2 mobil sekaligus dalam sekali perjalanan? Barusan baca ada peraturan maximal 3 orang dan sekian bagasi

  15. Dear Bro Edwin

    apakah krt kredit TMRW di anggap sebagai kartu kredit UOB lainnya dan tidak berhak untuk dapat WB nya?

    Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.