Review: Kartu BCA American Express Platinum (Updated)

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu BCA American Express Platinum menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

BCA American Express Platinum atau seringkali disingkat sebagai BCA Amex Platinum adalah salah satu kartu kredit top-tier dari Bank Central Asia (BCA) selain BCA Singapore Airlines Visa Infinite dan BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite.

Kartu ini boleh dikata unik karena menggandeng American Express sebagai payment gateway yang mana masih jarang ditemui di Indonesia.

Mengutip dari website American Express, sejauh ini hanya ada 5 jenis kartu kredit personal di Indonesia yang bekerja sama dengan American Express dan hanya diterbitkan oleh 2 bank yakni BCA dan Danamon.

Keunikan lainnya? Kartu ini memiliki limit yang terpisah dari kartu kredit BCA Anda. Kartu ini juga bukan sepenuhnya kartu kredit melainkan charge card di mana Anda harus membayar seluruh tagihan Anda sebelum jatuh tempo (tidak boleh pembayaran minimum).

Setiap transaksi menggunakan kartu ini, Anda akan memperoleh Membership Reward (MR) yang bisa dikonversikan menjadi airline miles maupun poin hotel. Rasio penukaran efektif MR menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 37.5 Membership Rewards = 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Etihad/Emirates/Qatar
  • 25 Membership Rewards = 1 Hilton Honors
  • 75 Membership Rewards = 1 Jumeirah

Perlu Anda ketahui bahwa kartu ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp 1.000 = 5 Membership Rewards

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus yang berubah-ubah. Pada saat artikel ini ditulis (27 Desember 2020), tidak ada welcome bonus yang ditawarkan.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Etihad/Emirates/Qatar setiap melakukan transaksi di dalam maupun luar negeri sebesar Rp 7.500.

Nilai: 2

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini tidak memiliki welcome bonus apapun saat artikel ini ditulis.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 7 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Etihad, Emirates, Qatar Airways, Hilton, dan Jumeirah

Nilai: 1.5

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki berbagai bonus unik berupa:

  • Gratis status Hilton Honors Gold
  • Gratis status Shangri-la Golden Circle – Jade Membership
  • Tower Club Access di Republic Plaza Singapore
  • Platinum benefit & service dari Amex
Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Akses tidak terbatas ke airport lounge dibawah ini:

  •  The Centurion® Lounge
  •  Lounge American Express Internasional
  •  Delta Sky Club®Lounge
  •  Airport lounge yang bisa diakses menggunakan Priority Pass

Kartu ini juga dilengkapi dengan fitur free 2 minuman di Starbucks bandara tanpa syarat apapun.

Nilai: 1

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki iuran tahunan sebesar 12.000.000 Rupiah per tahunnya dan hanya bisa di waive (dihapuskan) sepenuhnya apabila Anda adalah nasabah Prioritas ataupun Solitaire dari BCA. 

Syarat waive untuk annual fee di tahun pertama adalah transaksi senilai 200.000.000 Rupiah dalam periode waktu 3 bulan sejak kartu diaktifkan.

Untuk tahun kedua dan seterusnya, Anda harus bertransaksi sebesar 600.000.000 Rupiah di tahun sebelumnya untuk bisa menghapuskan annual fee yang ditagihkan.

Jika Anda bukan nasabah Prioritas ataupun Solitaire dari BCA, maka yang di waive hanyalah 50% dari annual fee kartu tersebut yang mana adalah 6 juta Rupiah.

Nilai: 0.6

Total Nilai: 6.1/10

“Kartu kredit Top-Tier dari BCA yang cocok dimiliki bagi mereka yang menginginkan fasilitas kartu kredit yang tiada duanya.”

 

Penutup

BCA Amex Platinum adalah kartu yang sangat eksklusif. Untuk mengajukan kartu ini, Anda harus mendapat persetujuan dari 2 pihak yaitu BCA dan American Express itu sendiri dan limit minimal-nya yang sebesar 100 juta tidak mempermudah seseorang untuk bisa memperoleh kartu ini.

Kelebihan utama dari kartu ini antara lain adalah fasilitas unik yang ditawarkan seperti status Hilton Honors Gold, Shangri-la Golden Circle – Jade Membership, unlimited Priority Pass, akses ke airport lounge internasional dari Amex, Centurion, Delta, dan berbagai fitur lainnya.

Selain itu, kartu BCA Amex Platinum juga memiliki konvertibilitas yang sangat baik dengan 7 transfer partner. Secara pribadi, saya melihat Etihad Guest dan Emirates Skywards sebagai transfer partner yang sangat menjanjikan terutama dengan banyaknya sweet spot yang masih bisa dimanfaatkan.

Lebih hebatnya lagi, annual fee dari kartu ini juga bisa dihapuskan dengan memenuhi syarat tertentu. Hal ini merupakan titik jual tersendiri mengingat di negara asalnya (Amerika Serikat), kartu ini terkenal sangat sulit jika tidak mustahil dihapuskan annual fee-nya.

Kartu ini juga sering mengadakan promo points multiplier yang mana merupakan kesempatan terbaik untuk mengumpulkan miles dengan sangat cepat.

BCA Amex Platinum sering mengadakan promo points multiplier yang sangat menarik

Sayangnya, jaringan Amex masih sangat terbatas di Indonesia. Banyak merchant di Indonesia yang menolak pembayaran menggunakan Amex dikarenakan Merchant Discount Rate (MDR) yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan payment gateway pada umumnya.

Apapun itu, kartu BCA Amex Platinum masih sangat layak untuk dimiliki dibalik segala kesulitan untuk memperoleh dan menggunakannya dengan pertimbangan perks unik yang diperoleh, konvertibilitas yang baik, annual fee yang bisa dihapuskan, dan promosi yang tiada duanya.

.

Apakah Anda tertarik memiliki kartu BCA American Express Platinum? 

Share
40 comments
  1. Hi bro Edwin,

    Thanks infonya. Tapi mungkin bisa info lebih lanjut, kalau mengenai penghapusan annual fee di tahun kedua. Misalnya kita berhasil transaksi 600 juta maka itu kan harusnya ada penghapusan annual fee. Tapi kalau kita non solitare dan non prioritas, apakah berlaku juga atau hanya penghapusan 50% ya?

    Dan jika kita bayar tetap annual fee 6 juta apakah menurut bro Edwin cukup worth it dengan benefitnya? Karena kan kalau citi prestige terlihat jelas benefitnya, sedangkan untuk BCA amex ini selain kalau ada promo untuk dapat miles bagus, saya pribadi belum merasa benefitnya terlihat jelas untuk bisa dipakai.

    Terima kasih

    1. Hi nico

      Kalau tebakan saya sih tetep nasabah non prioritas/solitaire akan hanya mendapatkan potongan 6jt untuk tahun ke 2 Karena syarat buat tahun pertama pun hanya potongan 6jt.

      Apakah kartu ini layak untuk di bayar AF hanya org yg akan memakai nya saja yg Bisa menjawab Karena akan berbeda2 value dari org ke org lain. Saya rasa ini berlaku buat Setiap kartu.

      Fungsi terbesar dari AMEX ini kalau Bisa di bilang unlimited priority pass & akses centurion lounge. Tentunya bagi Mereka yg sering berpegian dengan economy class (untuk kerja maybe) akan merasa Sangat tertolong Karena Bisa akses ke Setiap lounge di airport2 Dan tidak perlu keluar biaya untuk makan & Minum.

      Kalau ambil average di harga 200rb untuk Setiap lounge access, maka anda harus travel 30x penerbangan untuk mendapatkan value nya kembali.

      Selain Itu factor lain yg bisa membantu untuk meringankan biaya AF nya adalah SANGAT SERING nya BCA AMEX melakukan promo MR. Pengalaman saya dari JUNI 2019, sudah berjalan 3 x promo MR (June, Sept, Dec) Mungkin ini hanya di awal2 Karena BCA AMEX Masih tergolong kartu baru, tapi paling setidaknya untuk 2020 saya yakin Mereka akan terus mengadakan promo MR Karena Masih gencar mencari penguna kartu baru.

      Semoga membantu anda untuk memikir Apakah worth it untuk ambil kartu ini.

      1. Hi Jon

        Terima kasih untuk feedbacknya.

        Betul sekali saya setuju memang tergantung penggunaannya. Namun di bayangan saya juga masih agak bingung valuenya seperti misalnya lounge access dimana saja yang worth it dan bisa free (pengalaman kalau lounge lokal Indonesia belum ketemu yang valuenya oke). Kemudian kalau hilton juga sepertinya belum pernah pakai.

        Sehingga kembali lagi mungkin ada masukan yang value kongkritnya terlihat jelas dan kemungkinan bisa kita umum gunakan agar dapat pertimbangan value untuk AF 6 juta tersebut.

        Thanks for sharing!

        1. Salah satu benefit Hilton Honors Gold adalah free breakfast & room upgrade.
          Menurut saya cukup valuable, walaupun di Indonesia propertinya tidak terlalu banyak.

        2. Halo teman2 semua yg ada di forum diskusi. Saya mau tanya ttg AMEX BCA ini.

          Setelah sy baca2 jd kesimpulannya annual fee tahunan 12jt/tahun untuk 1 kartu utama+ up to 4 kartu tambahan ya?

          Syarat untuk bebas annual fee tahun pertama trx 200jt dlm 3 bulan sejak kartu diaktifkan? Utk bebas annual fee tahun ke 2 berarti dalam 1 tahun pertama sejak diaktifkan harus trx 600jt?

          Terkait benefit seperti gold hilton honor, shangrila jade & status match SQ dan benefit2 lain seperti lounge, sbucks dll itu apakah hanya berlaku untuk nama di kartu utama saja? Atau nama pemilik kartu tambahan jg akan mendpt benefit2 seperti diatas?

          Lalu utk pengajuan kartu ini bs lewat cabang bank terdekat atau harus lewat call center BCA? Berapa lama waktu kartu di dptkan dari wkt pengajuan apabila merupakan nasabah prioritas BCA? Dan syarat2 apa saja yang diminta dari pihak AMEX terkait pengajuan kartu ini.

          Terima kasih utk bantuan & responnya

        3. ND,

          Betul sekali annual fee 12 juta per tahun adalah untuk 1 kartu utama + up to 4 kartu tambahan.
          Dan statement ini sudah betul: “Syarat untuk bebas annual fee tahun pertama trx 200jt dlm 3 bulan sejak kartu diaktifkan; Utk bebas annual fee tahun ke 2 berarti dalam 1 tahun pertama sejak diaktifkan harus trx 600jt”

          Untuk benefit seperti Hilton Honors Gold, Shangrila Jade, status match SQ (setelah punya Shangrila Jade) dan starbucks berlaku untuk pemegang kartu kredit utama dan tambahan.

          Pendaftaran harus melalui RM tidak bisa melalui call center BCA. Syarat dan ketentuan akan diinformasikan oleh RM terkait.

        4. Kemarin saya apply di tgl 14 maret dan disetujui kartu sy terima di tgl 2 april
          Saya mengajukan lewat call center hallo bca sih,persyaratan seperti biasa mengisi form pengajuan
          Dan kalau kata orang kartu ini hanya digunakan di merchant tertentu di indonesia saya rasa tidak juga saya transaksi di toko kelontong dekat rumah bisasemua tempat yg ada edisi bca mulus tanpa hambatan dan tanpa charge

        5. KARTU 2 dengan value concrete (seperti free uber credits untuk amex platinum di USA) di Indonesia jarang di temukan. BCA Amex ini pun sama.

          Value nya hanya Bisa di nilai dengan seberapa serius nya anda mengejar miles waktu bulan promo MR.

          Karena Sebenarnya target 200jt dalam 3 bulan Dan 600jt dalam 12 bulan untuk free AF tahun pertama Dan kedua Itu gk gampang bt Mereka yg tidak ada tactic pemakaian. Dan kalau hit target Tp Masih di kenakan biaya 6jt bt saya pribadi Sangat tidak worth it. Kalau Bisa memang Jadi lah nasabah prioritas terlebih dahulu (minimal 500jt cash di tabungan/deposito)

  2. AMEX Platinum akan terasa banget benefits dan perks kalau ke luar negeri. Kalau di Indonesia cuma di Jakarta dan terutama Bali saja dan itupun masih terbatas.

  3. Untuk BCA AMEX ini, penggunaannya di counter2 akan terbatas tidak seperti Visa & Master ya. Apakah hotel hotel di Jakarta, Bali & Surabaya bisa menerima kartu Amex?

    1. Hotel2 secara keseluruhan, Fashion store di mall Hampir 100% menerima.

      Restoran lah yg Lebih bermasalah, Karena Selain tidak memiliki mesin yg tidak menerima amex, ada juga restoran yg memiliki policy tidak menerima pembayaran dengan kartu amex.

    2. bisa ,semua outlet manapun yg punya mesin gesek edisi bca bisa dipakai karna amex bca hanya bs di pakai di mesin edisi bca ,semoga membantu

    3. pengalaman saya berbeda sekali,saya tidak pernah menemukan kendala belanja dimanapun dr semenjak kartu sy aktifkan di bulan april 2021atau online shop manapun ali express ebay amazon tokped sophe lazada name itsuperindo alfamart indomart circle k toko kelontong toko kecil suplemen deket rumah asal punya mesin bca edisi terbaru lancar tanpa kendala ini pengalaman saya selama 9 bulan memakai kartu kalaupun ada kendala biasanya kasir bingung tdk bs print out nota karna nomor amex yg 15 digid tp problem solved dengan menambahkan angka 0 malahan sy tidak pernah mengalami kendala “tidak bs menerima amex “paling karna mereka tdk punya mesin edc bca saja ,semoga membantu ya..

      1. AMEX 15 digit angka, penambahan angka 0 di depan ya brarti.? Begitu jg di belanja online bgitu.?
        Traveloka, toped dll

  4. waktu kapan saya mau bikin, cuma karena harus bikin 2 kartu tambahan, bingung, mau pakai nama siapa lagi yang 1 lagi.., saya tinggal cuma berdua, paling cuma minjam nama orang tua. selain itu, saya juga bingung, benefit ini kan sangat berguna kalau kita sering travel, sementara terbang aja nggak jelas mau kemana, gratis lounge terasa sia-sia… kalau dihitung 1 juta MR itu kalau dibeli garuda miles sekitar 6 juta kalau kita beli langsung, sementara kita harus bayar 12 juta annual fee nya…

    1. Fajar,

      Sebagai argumen – iuran tahunan BCA Amex Platinum bisa digratiskan ketika Anda memenuhi syarat tertentu :), jadi kurang tepat jika dianggap 1 juta MR dianggap untuk ‘beli’ GarudaMiles.

      Dan juga Anda perlu mempertimbangkan faktor earning rate & promo dan konvertibilitas kartu ini. Sebagai gambaran, Emirates Skywards dan Etihad Guest itu merupakan 2 program yang masih memiliki banyak sekali sweet spot.

  5. Seingat saya, dulu pernah ada Status Match Shangri-la Jade dan Singapore Airlines Krisflyer Gold, apabila program tersebut masih ada, maka akan sangat menarik menggunakan benefit dari BCA Amex Platinum ini untuk mendapatkan Status Match di Singapore Airlines.

    1. YmM,

      program status match tersebut masih ada.

      Teman saya ada yang memanfaatkan status match tersebut dan berhasil memperoleh KrisFlyer Gold dengan cara terbang 4 (empat) kali dalam periode waktu yang ditentukan.

  6. hi pak edwin,

    tertulis :

    Untuk tahun kedua dan seterusnya, Anda harus bertransaksi sebesar 600.000.000 Rupiah di tahun sebelumnya untuk bisa menghapuskan annual fee yang ditagihkan.

    tetapi menurut cs amex, yang benar adalah 600 juta di tahun kedua, selama 6 bulan terakhir yangg dihitung.
    jadi misalkan AF ditagihkan di january, nah dari juni tahun sebelumnya yang dihitung.

    CMIIW.

    dan untuk pembaca pp, apakah ada yang tahun ini kartunya digratiskan juga 1 tahun seperti saya?

    karttu amex saya ditagihkan annual nya bulan 12 2019 kemarin, dan saya cek kapan AF nya muncul lagi ke CS amex, katanya Desember 2021. sehingga dipastikan desember 2020 didapatkan free alias tidak ada yang ditagihkan. saya tanyakan sekali lagi, apakah PASTI? cs menjawab, menurut SISTEM, PASTI!….

    tetapi anehnya, untuk kedua kartu tambahan saya, AF nya katanya muncul di desember ini. yang saya bingung, seharusnya kartu tambahan tidak kena AF, tetapi ini kena. CS pun maasih kebingungan, yang mana katanya masih dalam penyelidikan. kasus ini sudah berlangsung 3 minggu dan belum ada kejelasan.

    apakah ada pembaca PP yang memiliki AMEX dan mengalami kasus serupa?

    1. Hi saya bantu jawab ya. Karena kartu saya pun jatuh tempo AF di 20an July 2020. Jadi seharusnya AF saya akan di tagih di tagihan bulan Augustus (biasa tangal cetak 1-3 di awal bulan berarti 1-3 Augustus 2020)

      Syarat Pembebasan AF
      – 600jt dalam pemakaian 12 bulan terakhir

      – AF tetep di tagih, sifat nya pengajuan. Jadi tetep harus bayar dulu, dan telpon CSO untuk ajuin penghapusan. Pengajuan harus dalam kurun waktu 6 bulan dari tangal penagihan AF.

      Contoh: AF saya di tagih 27 JULY, paling lama saya harus mengajukan penghapusan paling telat 27 December. Lebih dari Itu sudah tidak Bisa.

      – Hanya untuk AF yg ditagih sebelom 31 Augustus

      – Penghapusan itu untuk kartu utama + Kartu tambahan up to 4 kartu (ini selalu 1 Paket dalam AF). Kartu ke 5 baru di tagih untuk supp card. Jadi Mungkin kamu salah paham dari “kata kata” CSO, ini saya sudah konfirmasi kembali.

      —————————————————

      Ternyata dari awal Memang Kurang jelas Dr CSO info2 seperti gini, saya jg teledor Jadi ya. Kenapa Jadi begini

      Point 1) 12 bulan Itu bukan 12 bulan pemakaian pertama dari kamu terima kartu. Tapi dari pengajuan, Jadi kalau saya gk cepet2 pengajuan refund, Bisa Jadi bulan pertama pemakaian saya sepanjang 27 July 2019 – 27 Augustus 2019 tidak di hitung masuk ke dalam S&K 600jt Itu.

      Point 2) Jelas ya, intinya cepet2 ajukan penghapusan kalau sudah di tagih AF nya.

      Point 3) ini jg cilaka, Jadi kalau kamu dpet kartu di bulan September 2019 ke atas. Kamu tidak akan Bisa mengikuti program free AF tahun ke 2 sampai Mereka keluarkan program setelah 31 Augustus 2020.

      Tapi Pendapat saya SIH, Bca seharusnya akan mengeluarkan Program baru untuk Pembebasan AF mengingat Mereka mau capture Pasaran amex Dan alasan covid.

      Tapi saya bukan org Bca ya, Jangan quote saya haha.

      1. hi pak jon,

        ooh begitu, i see. terimakasih info tambahannya.

        mengenai AF tahun ini, apakah sama dengan saya? mendapatkan free 1 year.

        ini CS masih super ragu2, sampai saya ditelpon kembali keesokan harinya untuk ralat AF saya, bukan ditagihkan di desember ini ( 12 bulan setelah AF perttama keluar ) tetapi di Desember 2021 yang mana 24 bulan setelah af pertama keluar, dan saya minta dia pastikan, tetapi sampai 21 hari semenjak laporan dibuat, masih belum ada follow up.

        1. Kalau maksud anda program free AF untuk tahun pertama dengan S&K spending 200jt dalam 3 bulan, Iya saya juga gratis AF tahun pertama.

          Mungkin Bro Alv harus Lebih jelas waktu Tanya. Kartu kamu Sebenarnya mulai aktif kapan? Contoh kalau saya baca kartu kamu di terbitkan Dec 2019 ya kan AF tahun pertama sudah di tagih kan langsung di tagihan pertama Mungkin January 2020, trus km mengajukan program Pembebasan dengan S&K 200jt dalam 3 bulan. Kalau dapet bebas ya berarti berikut nya kartu kamu SEHARUSNYA akan di tagih kembali December 2020 ini.

          Menurut saya bank keluarkan kebijakan per periode program. Kartu saya Termasuk yg jatuh dalam program free 2nd year AF untuk kartu yg di tagih kan AF tahun ke 2 sebelom 31 Augustus 2020.

          Sedangkan kartu anda kan tidak ikut program ini (Karena JT December 2020) Mungkin yg kamu Bisa lakukan adalah menungu sampe Bca keluarkan program baru untuk Pembebasan AF tahun ke 2 dulu.

          Kalau emg merasa Resiko tidak ada program baru yg konkrit sampe bulan November 2020, Mungkin anda Mau consider cancel kartu. Karena kalau Nanti sudah di tagih di bulan January 2021, Itu wajib bayar.

          Bca beda dengan Bank lain, kalau AF ditsgih tidak Bisa cancel kartu tanpa membakar AF walaupun sebenanrya AF Itu di tagih untuk 1 tahun kedepan.

        2. hi pak jon,

          annual tahun pertama saya desember 2019, seharusnya desember 2020 ditagihkan, tetapi menurut cs, akan ditagihkan desember 2021, dimana desember 2020 adalah FREE. saya kurang tahu apakah amex meng otomatis kan kartu saya untuk ikut ke program free tahun ke dua, tapi CS amex tersebut bingung, karena hanya kartu utama saya yang begitu, untuk kedua kartu supplement saya, ditagihkan pada desember 2020 ini yang mana tinggal 4 bulan lagi.

          cs tersebut sedang klarifikasi sudah 3 minggu tetapi belum ada kejelasan

        3. Hi Bro Alv seperti yg saya bilang.

          Kartu supp Itu gratis sampe kartu ke 4. Jadi essentially AF amex Itu Main + 4 supp = 12jt. Tidak Mungkin anda AKAN di tagih supp card saja.

          Dan kalau saya liat kasus anda kan AF berikut nya di Dec 2020. Saya Sangat meragukan (tetep saja saya Bisa salah) kalau CSO Bisa dengan berani mengatakan bahwa anda AKAN di bebas kan untuk kartu utama, malah kartu supp yg AKAN harus di bayar.

          Karena program nya aja belom ada gimana CSO bs menjanjikan sesuatu yg belom ada. Dan Bagaimana CSO Itu tau AKAN di tagihkan Padahal Masih 4 bulan mendatang punya urusan

          Saran saya, telpon kembali ke CSO yg lain untuk verifikasi. Tidak usah jelas kan anda sudah di janji kan ama CSO lain, coba tanya aja Apakah ada program free AF waiver tahun ke 2 untuk kartu anda. Dari sana coba gali cari tau.

  7. halo sori saya mau tanya

    saya sedang mengajukan amex bca, kalau kartu di approve lalu tidak diaktifkan selama setahun apakah iuran tahunan akan tetap dikenakan ya?

    terima kasih

  8. pengalaman amex bca sesudah 1 tahun saya pakai :
    1. TIDAK semua edc BCA BNI DANAMON bisa menerima amex, sekiranya ada 3 dari 10 merchant yang saya gesek, tidak dapat menerima amex, ( merchant nya mau digesek, hanya saja di decline setelah memasukkan pin ) selidik punya selidik setelah saya telp ke merchant center edc, beberapa EDC, merchant harus menelepon dulu ke merchant center untuk dibukakan transaksi amexnya. bahkan sekaliber dealer resmi mercedes benz saja belum dapat menerima AMEX EDC BCA nya, sehingga saya harus menggunakan kartu cimb world. katanya malah tidak ada yang pernah pakai jadi tidak pernah dibukakan amexnya.
    ( intinya, ada beberapa edc yang memang di block amexnya dari awal )

    2. transaksi di website online selama 6 bulan pertama di FREEZE, alias selalu batal. otp dikirim tapi akan selalu gagal. yang bisa di transaksikan hanya di ALIEXPRESS seingat saya, toped, bl, amazon, ebay dll tidak bisa.
    memasuki 7 bulan, sudah bebas transaksi di semua website.

  9. Sekedar info : barusan telp BCA dan menyakan mengenai BCA Amex Platinum. Ternyata sekarang welcome bonus sudah dihapus dari program alias tidak ada lagi 1.000.000 Membership Rewards

  10. Dear all,

    Ada yg bs bantu info penggunaan kartu Amex di Eropa apakah ratenya bagus dan diterima di banyak merchant? Saya tertarik utk memiliki kartu Amex utk priority pass .

    Secara teknis penggunaan 600 jt biasanya utk transaksi luar negeri.

    Thanks

    1. Sumi,

      Rate dari Amex hampir selalu pasti yang terbaik dan diterima banyak merchant di Eropa. Sayangnya, di Indonesia, Amex tidak terlalu banyak diterima karena mereka memiliki MDR yang tinggi.

      1. Dear all,
        Untuk pengajuan Amex BCA dengan limit 500 juta, apakah bisa di approve?

        Dan apakah pembayaran tagihan (misalnya PLN) dengan Amex BCA bisa seperti CC biasa?
        Misalnya limit 100jt, untuk pembayaran 150jt bisa di topup 50jt dulu ?

        Thank you

  11. Andrian,

    Bantu jawab. Saya belum pernah punya yang amex bca, kalau amex danamon penempatan 500jt dapat amex gold. Penempatan 1000jt dapet amex platinum.

    Apa bisa di top up? seharusnya bisa.

    Amex merchant discount ratenya tinggi? Iya kalau transaksi pakai mesin edc. Pakai belanja di online aja mdr dibawah 2%

    Semoga membantu

    1. Hadi,

      Terimakasih banyak untuk informasi-nya yang sangat membantu. Jika boleh tanya, untuk penempatan dana 500 juta untuk Amex Gold itu prosesnya berapa lama dan hold-nya juga berapa lama? Lalu kemudian semisal dana ditarik apakah kartu juga hilang? Terimakasih.

  12. BCA Amex sedang mengadakan kembali welcome bonus nya sampai 31 Des 2021 Cuma saya tidak mengetahui apakah targeted atau tidak. Welcome bonus ny 1jt MR poin

  13. Halo pak Edwin dan para pembaca PinterPoin

    Mohon konfirmasinya apakah benar nasabah BCA Prioritas/BCA Solitaire dikenakan biaya admin bulanan sebesar Rp 500.000 ?

    Karena jika benar adanya biaya bulanan yang menurut saya cukup besar bisa menjadi perhitungan dalam strategi penghapusan annual fee yang kemungkinan biaya yang dikeluarkan akan sama saja dengan nasabah non-prioritas/solitaire.

    Selain itu dalam setahun biaya admin tersebut setara 6 juta yang artinya sama dengan AF Danamon World Elite MasterCard (6jt) dan lebih besar dari AF Citi Prestige (3.5jt).

    Terimakasih

  14. Halo.

    Untuk Partner penukaran Point sepertinya sudah dirubah, karena informasi tentang CC BCA AMEX yg saya baca di website resmi BCA. Hanya tertulis SQ dan Garuda saja untuk penukaran MR
    Shangrilla Golden Circle juga sudah tidak tercantum sebagai Benefit program.

    Hanya Hilton Elite Gold saja dan Lounge access yg masih menjadi Benefit.

    Apakah ini update terbaru dari BCA AMEX PLATINUM ?

    1. Hi bro Andrian.

      Jika dibaca dari website yg bro Andrian berikan betul tercantum Garuda, SQ, Emirates, Etihad, dan Qatar.

      Tetapi website yg saya baca bukanlah dari AMEX, melainkan dari BCA sendiri. Berikut link nya

      https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/Kartu-Kredit/American-Express

      So sepertinya ada perbedaan informasi antara BCA dan AMEX. Tetapi berdasarkan informasi yg saya dapat dari call center CC BCA Amex, memang shangrilla Golden Circle sudah tidak bekerja sama lagi dengan CC BCA AMEX. Hanya tinggal Hilton Honors Gold saja yg menjadi Benefit hotel elite Tier dari CC BCA AMEX.
      Sangat disayangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea