Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu Danamon American Express Gold menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Danamon American Express Gold atau seringkali disingkat sebagai Danamon Amex Gold adalah salah satu kartu top-tier dari Bank Danamon yang bekerja sama dengan American Express sebagai payment gateway. Kartu ini adalah versi inferior dari Danamon Amex Platinum.

Perlu Anda ketahui bahwa kartu ini tidak sama dengan kartu kredit Danamon American Express Gold Business Card.

Setiap transaksi menggunakan kartu ini, Anda akan memperoleh Membership Reward (MR) yang bisa dikonversikan menjadi airline miles maupun poin hotel. Rasio penukaran efektif MR menjadi airline miles ataupun poin hotel adalah sebagai berikut:

  • 4 Membership Rewards = 1 AirAsia BIG
  • 5 Membership Rewards = 1 KrisFlyer Miles
  • 6 Membership Rewards = 1 GarudaMiles/Enrich Miles
  • 7 Membership Rewards = 1 Asia Miles
  • 2,4 Membership Rewards = 1 Hilton Honors
  • 3,03 Membership Rewards = 1 Marriott Bonvoy

Pilihan penukaran Membership Rewards Danamon

Wajib diketahui jika kartu ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp 2.500 = 1,5 Membership Rewards

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus yang berubah-ubah. Pada saat artikel ini ditulis, welcome bonus yang ditawarkan adalah cashback 50% hingga 2,5 juta Rupiah untuk transaksi apapun.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 KrisFlyer Miles setiap melakukan transaksi sebesar 8.333 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 2

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles atau Enrich Miles setiap melakukan transaksi sebesar 10.000 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 2

Anda bisa mendapatkan 1 Asia Miles setiap melakukan transaksi sebesar 11.666 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 1.5

Anda bisa mendapatkan 1 poin Marriott Bonvoy setiap melakukan transaksi sebesar 5.050 Rupiah; 1 poin Hilton Honors setiap melakukan transaksi sebesar 4.000 Rupiah.

Nilai: 1.83

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Anda bisa mendapatkan welcome bonus berupa cashback 50% hingga 2,5 juta Rupiah untuk segala jenis transaksi dalam periode waktu 2 bulan sejak kartu disetujui.

Welcome bonus ini setara dengan 11.904 airline miles menggunakan valuasi PinterPoin.

Nilai: 1

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 7 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, AirAsia, Malaysia Airlines untuk airline partner dan Hilton Honors serta Marriott Bonvoy untuk hotel partner.

Nilai: 1.5

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik. Klik disini untuk mengetahui airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu ini.

Nilai: 0,5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki iuran tahunan sebesar Rp. 1.200.000 yang kemungkinan besar bisa di-waive (dihapuskan) dengan cara menukarkan Membership Rewards atau bertransaksi dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0.7

Total Nilai: 5.53 / 10

“Kartu kredit top-tier dari Danamon yang memiliki konvertibilitas yang sangat baik serta earning rate dan welcome bonus yang cukup menarik.”

 

Penutup

Berbeda dengan saudaranya yaitu Danamon American Express Platinum, kartu kredit Danamon Amex Gold ini cenderung lebih mudah diperoleh dan lebih ramah di kantong dalam artian kartu ini memiliki annual fee (iuran tahunan) yang jauh lebih kecil.

Selain itu, kartu terbitan Bank Danamon dengan Amex juga merupakan satu-satunya kartu di Indonesia yang memiliki opsi penukaran poin Marriott Bonvoy ataupun Hilton Honors.  

Tukarkan Membership Rewards Anda untuk poin Hilton Honors

Welcome bonus dari kartu ini juga sangat layak untuk dipertimbangkan. Dengan mengajukan kartu ini, Anda akan bisa memperoleh cashback 50% hingga 2,5 juta Rupiah! Penawaran ini berlaku hingga 30 Desember 2021 mendatang.

Sayangnya, jaringan Amex masih sangat terbatas di Indonesia. Banyak merchant di Indonesia yang menolak pembayaran menggunakan Amex dikarenakan Merchant Discount Rate (MDR) yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan payment gateway pada umumnya.

Apapun itu, saya masih merekomendasikan Anda untuk memiliki kartu ini terutama apabila Anda memiliki rekening prioritas di Bank Danamon.

Sekedar informasi, sejak pandemi Covid-19, kartu ini memiliki syarat tambahan untuk pengajuan berupa Asset Under Management (AUM) di Danamon senilai 500 juta Rupiah selama 3 bulan. Tidak ada informasi apakah syarat tambahan ini akan ada seterusnya atau hanya selama masa pandemi.

.

Apakah Anda tertarik memiliki kartu Danamon Amex Gold?


Perubahan

*Pada September 2020: Syarat tambahan untuk pengajuan baru berupa Asset Under Management (AUM) sebesar 500 juta selama 3 bulan di Bank Danamon

*Pada Maret 2021: Perpanjangan welcome bonus kartu kredit Danamon hingga 31 Desember 2021