Review: Kartu Danamon American Express Gold (Updated)

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu Danamon American Express Gold menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Danamon American Express Gold atau seringkali disingkat sebagai Danamon Amex Gold adalah salah satu kartu top-tier dari Bank Danamon yang bekerja sama dengan American Express sebagai payment gateway. Kartu ini adalah versi inferior dari Danamon Amex Platinum.

Perlu Anda ketahui bahwa kartu ini tidak sama dengan kartu kredit Danamon American Express Gold Business Card.

Setiap transaksi menggunakan kartu ini, Anda akan memperoleh Membership Reward (MR) yang bisa dikonversikan menjadi airline miles maupun poin hotel. Rasio penukaran efektif MR menjadi airline miles ataupun poin hotel adalah sebagai berikut:

  • 4 Membership Rewards = 1 AirAsia BIG
  • 5 Membership Rewards = 1 KrisFlyer Miles
  • 6 Membership Rewards = 1 GarudaMiles/Enrich Miles
  • 7 Membership Rewards = 1 Asia Miles
  • 2,4 Membership Rewards = 1 Hilton Honors
  • 3,03 Membership Rewards = 1 Marriott Bonvoy
Pilihan penukaran Membership Rewards Danamon

Wajib diketahui jika kartu ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp 2.500 = 1,5 Membership Rewards

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus yang berubah-ubah. Pada saat artikel ini ditulis, welcome bonus yang ditawarkan adalah cashback 50% hingga 2,5 juta Rupiah untuk transaksi apapun.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 KrisFlyer Miles setiap melakukan transaksi sebesar 8.333 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 2

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles atau Enrich Miles setiap melakukan transaksi sebesar 10.000 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 2

Anda bisa mendapatkan 1 Asia Miles setiap melakukan transaksi sebesar 11.666 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 1.5

Anda bisa mendapatkan 1 poin Marriott Bonvoy setiap melakukan transaksi sebesar 5.050 Rupiah atau 1 poin Hilton Honors setiap melakukan transaksi sebesar 4.000 Rupiah.

Nilai: 1.83

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Anda bisa mendapatkan welcome bonus berupa cashback 50% hingga 2,5 juta Rupiah untuk segala jenis transaksi dalam periode waktu 2 bulan sejak kartu disetujui.

Welcome bonus ini setara dengan 11.904 airline miles menggunakan valuasi PinterPoin.

Nilai: 1

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 7 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, AirAsia, Malaysia Airlines untuk airline partner dan Hilton Honors serta Marriott Bonvoy untuk hotel partner.

Nilai: 1.5

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik. Klik disini untuk mengetahui airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu ini.

Nilai: 0,5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki iuran tahunan sebesar Rp. 1.200.000 yang kemungkinan bisa di-waive (dihapuskan) dengan cara menukarkan Membership Rewards atau bertransaksi dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0.7

Total Nilai: 5.53 / 10

“Kartu kredit top-tier dari Danamon yang memiliki konvertibilitas yang sangat baik serta earning rate dan welcome bonus yang cukup menarik.”

Penutup

Berbeda dengan saudaranya yaitu Danamon American Express Platinum, kartu kredit Danamon Amex Gold ini cenderung lebih mudah diperoleh dan lebih ramah di kantong dalam artian kartu ini memiliki annual fee (iuran tahunan) yang jauh lebih kecil.

Selain itu, kartu terbitan Bank Danamon dengan Amex juga merupakan satu-satunya kartu di Indonesia yang memiliki opsi penukaran poin Marriott Bonvoy ataupun Hilton Honors.  

Tukarkan Membership Rewards Anda untuk poin Hilton Honors

Welcome bonus dari kartu ini juga sangat layak untuk dipertimbangkan. Dengan mengajukan kartu ini, Anda akan bisa memperoleh cashback 50% hingga 2,5 juta Rupiah! Penawaran ini berlaku hingga 30 Desember 2022 mendatang.

Sayangnya, jaringan Amex masih sangat terbatas di Indonesia. Banyak merchant di Indonesia yang menolak pembayaran menggunakan Amex dikarenakan Merchant Discount Rate (MDR) yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan payment gateway pada umumnya.

Apapun itu, saya masih merekomendasikan Anda untuk memiliki kartu ini terutama apabila Anda memiliki rekening prioritas di Bank Danamon.

Sekedar informasi, sejak pandemi Covid-19, kartu ini memiliki syarat tambahan untuk pengajuan berupa Asset Under Management (AUM) di Danamon senilai 500 juta Rupiah selama 3 bulan. Tidak ada informasi apakah syarat tambahan ini akan ada seterusnya atau hanya selama masa pandemi.

.

Apakah Anda tertarik memiliki kartu Danamon Amex Gold?


Perubahan

*Pada September 2020: Syarat tambahan untuk pengajuan baru berupa Asset Under Management (AUM) sebesar 500 juta selama 3 bulan di Bank Danamon

*Pada Maret 2022: Perpanjangan welcome bonus kartu kredit Danamon hingga 31 Desember 2022


Share
25 comments
  1. Sebenernya selama Merchant punya mesin EDC BNI, BCA, Danamon, kartu Amex bisa diterima dan digesek. 3 bank itu keluarkan CC amex sialnya

  2. halo edwin ,, kartu amex gold ini ada limitnya gk sih ?? saya baca di artkel lain kalau kartu ini itu nggk ada limitnya alias kartu ini merupakan charge card

    Terimakasih

  3. Wow! 6,67 skor nya. Diatas 6 saja sudah bagus banget versi pinterpoin ya!

    Pengalaman saya, untuk sekedar “mengajukan” kartu ini saja harus ada AUM 500jt sebagai nasabah privilege.

    Ada syarat penghasilan minimum nya juga.

    Mungkin boleh ditambahkan iuran tahunan berupa FTO 250rb/tahun. Yang mana katanya bisa diajukan utk di waive selama jadi nasabah privilege. FTO akan bikin poin kita berlaku selamanya.

    Dan AF 1,2jt juga free selama nasabah privilege.
    Bisa dibaca di welcome pack debit privilege dan website danamon sendiri.

    Charge card ini katanya tidak ada pre-set spending limit. Ya maka itu bank mau kita ada dana yang besar di bank tsb.

    https://www.danamon.co.id/id/Personal/Lainnya/Danamon-Privilege/World-of-Privileges

    Utk points miltiplier apa tim PP atau edwin ada info seberapa sering diadakan?

    Thanks utk review nya!

  4. Mau apply Danamon Amex gold.

    Tetapi saya tidak ada rekening di Danamon

    Adanya Cuman di BCA.

    Apakah masih bisa applyndan dapat approval?

    Di Cabangnya katanya harus buka rekening

    dengan saldo besar,

    Saya telfon CS Danamon they say no need buka Rekening?

    Ada idea bagus?

  5. Ikut nimbrung sharing. Rencananya awal bulan depan setelah cetak tagihan, saya akan lunasi lalu tutup kartu Danamon Amex Gold ini. Alasan utama karena cukup mengejutkan, ternyata Membership Rewards itu harus daftar dulu ya ada yg gratis dan ada yg berbayar per tahun (mungkin saya kurang teliti atau melewatkan sesuatu tapi sejauh ini tidak menemukan soal harus daftar dulu di welcome pack – bahkan tertulis “secara otomatis akan mendapatkan” atau ketika aktivasi bicara dengan petugas call center juga tidak ada sama sekali soal daftar). Benar-benar mengecewakan rasanya sia-sia berbulan-bulan dibelain transaksi berkali-kali dengan nilai tidak sedikit demi menghapus annual fee lalu lanjut mengincar reward lainnya ternyata ampas. Petugas hellodanamon juga keukeuh soal pendaftaran dan tidak ada tindakan yg bisa dilakukan.

    1. di welcome pack ada kok tulisanya harus daftar dulu , namanya FTO
      biaya langganan nya 250 ribu non waiveable

      jadi intinya kalau mau bisa dituker miles harus langganan FTO ini , klo ga daftar ya cuma bisa tuker voucher” an atau hadiah lainya selain miles

      yang masih simpang siur ini (beda cs , beda jawaban)

      apakah boleh ngumpul poin banyak dulu , pas mau nuker miles baru beli FTO ? ada cs yang jawab nya
      -hanya poin yang didapat setelah REGIS fto aja baru bisa dituker miles

      – ada juga cs yang bilang , gpp pak daftar FTO nya belakangan aja

      1. Nah ini…
        Infonya gak daftar FTO yg 250rb itu juga gak apa2 tapi TETAP HARUS DAFTAR baru bisa dpt MMR untuk setiap transaksi yg dilakukan. Bedanya setahu saya dr info cs, kalo sudah FTO maka poin gak bakal pernah expired dan punya akses ke katalog miles.
        Berbulan2 saya transaksi retail, MMR nya nol besar hehehe kata cs karena gak daftar sama sekali. Nasib2… Unik juga baru kali ini nemu CC di mana saya sbg nasabah gak otomatis dapat poin dr transaksi yg dilakukan. Harus daftar dulu euy.

        Bulan lalu sudah diproses daftar. Kita lihat saja cetak tagihan nanti apakah ada nilai MMR nya.
        Oiya, cek MMR poin ini di mana ya? Saya lihat di D-Card dan internet banking tidak ada. Kalo di D-Point jelas gak bisa. Apakah harus telp call center lagi?

        1. Sunjaya,

          Bantu jawab – sama seperti bCA, sekilas Membership Rewards (MR) hanya bisa diketahui nominalnya melalui billing statement atau menanyakan ke CS terkait.

    2. Sunjaya,

      Mungkin Anda sejak awal lalu lupa mention opsi ‘FTO’ ya. Kalau boleh saran, sangat tidak bijaksana bagi Anda untuk menutup kartu danamon amex gold karena untuk mengajukam kembali prosesnya sangat sulit…. saya sendiri belum berhasil mencari cara efektif untuk memperolehnya selain dengan metode secured card. Mungkin Anda mau berpikir kembali sebelum menutup kartu ini?

  6. Mengingat sedang banyaknya promo Danamon di resto2 (setahu saya wilayah Surabaya), sangatlah penting untuk bertanya terlebih dahulu di kasir jika ingin menggunakan kartu kredit jenis Danamon AMEX untuk transkasi diskon. Pengalaman saya makan di sebuah resto jepang ternama di PTC Mall, meskipun jelas2 ada tulisan promo dengan semua kartu kredit Danamon, termasuk yang AMEX dan telah dikonfirmasi oleh kasir sebelum makan di tempat. Namun pada saat pembayaran disampaikan kalau pakai yg AMEX bisa namun diskonnya hilang. Setelah “ngotot” dahulu barulah dijalankan transaksi diskon nya dengan jawaban “kali ini saya bantu”. Saya rasa masalah MDR AMEX lah, tapi kalau uda berani diskon jangan ga rela gitu donk..

    1. Merchant discount rate amex berapa ya dibanding visa ato master? Kayaknya pernah ada yg komplain jg soal ini kalo transaksi di edc pake amex ada aja yg nolak..

  7. Siang ko. Utk penukaran MR ke poin bonvoy apakah harus dengan nama yg sama dengan pemegang amex nya atau boleh ditukarkar ke, contohnya, akun bonvoy istri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea