Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate

DEVALUASI: CIMB Niaga JCB Ultimate Untuk Asia Miles & GarudaMiles Per 1 Juni 2020

Per 1 Juni 2020, kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate akan mengalami devaluasi untuk penukaran poin Xtra menjadi Asia Miles maupun GarudaMiles.

Earning rate dari kartu ini akan turun 3 kali lipat lebih dari semula 3.333 Rupiah = 1 GarudaMiles/Asia Miles.menjadi 11.111 Rupiah = 1 GarudaMiles/Asia Miles.

Berikut convertion rate baru penukaran poin Xtra seperti yang saya kutip dari website CIMB Niaga:

Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate

Berita lebih buruk lagi? Setiap penukaran poin Xtra untuk airline miles akan dikenakan biaya.

Ya, Anda akan dikenakan biaya pemrosesan sebesar 2.500 Poin Xtra dan terdapat minimum penukaran 10.000 Poin Xtra setiap kali menukar.

Penukaran Poin Xtra menjadi miles akan dikenakan biaya pemrosesan sebesar 2.500 Poin Xtra.

Saya menulis artikel ini pada pukul 3 subuh dan benar-benar speechless dengan devaluasi ini.

Satu-satunya pelipur lara mungkin adalah fakta bahwa pihak CIMB Niaga meningkatan earning rate untuk KrisFlyer dari kartu ini.menjadi 5.000 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles dari sebelumnya 12.333 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles.

Tapi untuk itu…….sudah ada kartu CIMB Niaga Visa Infinite dan CIMB Niaga MasterCard World dengan earning rate 5.000 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles. Untungnya, kedua kartu tersebut luput dari devaluasi untuk saat ini.

Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate
Detail perubahan penukaran poin Xtra menjadi airline miles

Devaluasi di saat yang sangat tidak tepat

Bayangkan skenario berikut:

  • Jika Anda mengumpulkan Asia Miles/GarudaMiles sebanyak-banyaknya sebelum periode devaluasi yakni 1 Juni 2020, terdapat risiko kebangkrutan airline akibat epidemi Covid-19 yang mana menjadikan airline miles yang Anda kumpulkan worthless. Baca artikel ini sebagai pertimbangan.
  • Jika Anda tidak mengumpulkan Asia Miles/GarudaMiles atau tetap ngeyel menyimpan poin Xtra di kartu CIMB Niaga JCB Ultimate Anda, maka Anda sama saja menerima nasib devaluasi ini.

Saya akan secara terang-terangan mengkritik CIMB Niaga yang kurang/tidak bijaksana dalam melakukan devaluasi kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate ini di saat yang sangat tidak tepat.

Semisal mereka memundurkan periode devaluasi ini, katakanlah setelah epidemi Covid-19 selesai dan kita.mengetahui airline mana yang survive, maka saya mungkin bisa lebih menerima keputusan devaluasi ini.

Kondisi seperti ini dapat dirangkai dalam 4 kata: “Maju Salah, Mundur Salah.”

Penutup

Saya hanya berharap ini adalah mimpi buruk karena saya benar-benar speechless untuk skala dan timing devaluasi ini.

Bangunkan saya ketika devaluasi ini dibatalkan atau setidaknya diundur.

.

Apa pendapat Anda mengenai devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate ini?
Share
56 comments
  1. Bro, setelah devaluasi ini, mungkin ada baiknya apabila diupdate artikel mengenai kartu kredit pengumpul poin terbaik di Indonesia saat ini. Sangat mengecewakan, saya sebagai pemilik Visa Infinite yang tidak termasuk dalam devaluasi penukaran, tetap saja merasakan karena penukaran poin akan dikenakan biaya 2500 poin.

    1. Betul neh harus diupdate, termasuk kartu yg biaya AF nya tidak bisa dihapus seperti BCA INFI, bca ameks. Harus dimasukan jg itu biaya AF untuk kurs miles hahaa.

      Beberapa kartu Top tier ane yg mudah dihapus :
      Mandiri signa, hsbc signa, UOB Prvi, Danamon world, bri world acces.

  2. Actually sih semua kartu nya devaluasi. Yang visa infinite sama world juga semua kena. Soalnya parameter poin nya per Rp 10000

    Dulu kan per Rp 5000

    Jadi spending kalau Rp 99000 sekarang cuman di hitung 9 x 6 poin xtra kalau visa infinite sedangkan dulu 19 x 3. Lebih banyak dulu dpt nya

    1. David,

      Tidak. Untuk earning rate dari kartu lain CIMB Niaga Visa Infinite sama World masih sama saja sih. Itu hanya di website-nya menggunakan kelipatan 10.000 Rupiah, jadi:
      Transaksi 10.000 Rupiah = 6 Poin Xtra (Visa Infinite) yang berarti 5.000 Rupiah = 3 Poin Xtra.

      3 Poin Xtra bisa ditukarkan dengan 1 KrisFlyer Miles jadi sebenarnya earning rate-nya sama saja.

  3. Bro, apakah ada kemungkinan akan dibatalkan perubahan major ini, kalau para customer complain mengenai kebijakan baru ini? Disaat beberapa kartu kredit seperti DBS dan permata memberikan award yg bagus selama pandemik ini malah cimb yg tdnya kartu paling generous berubah menjadi kartu “biasa aja” ditambah ada biaya tambahan untuk penukaran poin.
    Kalau begitu ini sama saja dengan visa infinite hanya beda di travel award aja. Kartu andalan mereka saja preferred visa infinite tak luput kena devaluasi

      1. Saya personally sudah Tanya ke RM nya bro.. Dan saya bilang kami semua keberatan.. Masa devaluasi gak kita kira sampai 200%?? Saya bilang kalau begini yg ada bisa ditinggal nasabah.. Dia sih bilang “krn situasi seperti ini” “CORONA” which is ambigu apa ini sementara atau apa? mudahan ini sih keputusan yg seharusnya bisa di tinju ulang.

  4. so. whats we gonna do?
    reedeemed ke krismiles i think its best idea..
    kalau di convert ke krisflyer kaya nya paling save.
    ga bisa kebayang kalau singapore airlines aja bangkrut. bagaimana yang lain.

    mending tunggu sampai middle may sebelum di tukar.

    1. Singapore Airline ga mungkin bangkrut. Tenang aja. Itu icon nya singapore. Ga mungkin di biarkan bankrupt.

      Pasti dikasih emergency loan. Kan ini juga emergency times. Jadi tenang aja

      1. Saya personally sudah Tanya ke RM nya bro.. Dan saya bilang kami semua keberatan.. Masa devaluasi gak kita kira sampai 200%?? Saya bilang kalau begini yg ada bisa ditinggal nasabah.. Dia sih bilang “krn situasi seperti ini” “CORONA” which is ambigu apa ini sementara atau apa? mudahan ini sih keputusan yg seharusnya bisa di tinju ulang.

    2. Janz,

      Akan ada artikel lanjutan untuk menyikapi devaluasi ini. Sejauh ini, ditukar ke KrisFlyer menurut saya adalah opsi kedua terbaik.

      1. Apakah langsung ditukar ke Cathay dan Garuda juga bersiko? Saya pikir garuda dan Cathay kemungkinan besar gak akan bangkrut mengingat kedua maskapai ini andalan dari kedua negara masing masing.
        Kalau sampai garuda bangkrut gmn muka pemerintah kita?

  5. wah padahal ini kartu rekomendasi pinterpoin ya sebelumnya.. kalau begini untuk mengumpulkan asia miles paling bagus kartu apa ya?

  6. Devaluasi yang benar-benar mencoreng wajah CIMB Niaga sebagai penerbit Kartu Kredit terbaik di Indonesia. Bayangkan, double dip, sudah diturunkan secara gila-gilaan, dari 3000an menjadi 11000 untuk 1 Asia Miles (devaluasi terbesar yang saya dengar) ditambah lagi setiap penukaran harus dikenakan biaya 2500 Xtra Poin. Saya sebagai pemegang kartu CIMB Visa Infi dan JCB Ulti sangat kecewa. Mudah-mudahan keputusan ini dapat dipertimbangkan lagi

  7. Saya mewakili banyak pengguna JCB ULTIMATE CIMB merada sungguh sungguh sangat kecewa.
    Dengan kondisi covid-19 seperti ini kami mengharapkan berita baik dari segenap tim CIMB

    Sedangkan berita ini membuat kami sagat kecewa dan membuat kami kepikiran bagaimana biaya annual 3jt ini bisa bermanfaat? Bagaimana kami bisa hidup tenang apabila rekan kerjasama dengan Garuda Indonesia ditutup.

    Kami sangat kecewa dan saya mewakili 191 orang lainnya jg merasakan hal yg sama.

    Semoga kebijakan ini bs dipertimbangkan lagi.

      1. Benar, apalagi bapak Andre adalah orang penting. Kami jg setuju dgn bpk,
        Semoga CIMB bisa tetap menjadi RAJA Credit Card agar membanggakan pihak CIMB NIAGA juga yg sekarang sangat bagus.

        Jangan sampai mengambil keputusan yang akan menjatuhkan nama baik perusahaan

  8. Keputusan yang mengejutkan, mengingat ini adalah kartu top tier dari cimb, dimana kartu ini juga merupakan idaman banyak orang terkait dengan rate penukaran milesnya yang luar biasa. Sangat disayangkan sih apabila akhirnya devaluasi yang bisa dibilang sangat besar sekali. Andai keputusan ini dijalankan maka JCB Ultimate pasti kehilangan sebagian besar daya tarik utamanya. Padahal dgn kondisi normal, cimb dengan visa infinite dan JCB Ulti sdh menjadi “raja” utk kartu travel. Semoga keputusan tsb bisa dipertimbangkan oleh pihak cimb.

  9. Saya kecewa berat dengan Devaluasi inj, semoga CIMB bisa consider lagi produk andalan nya klo di lepas ke pesaing, mungkin bentar lagi kita2 harys memakai kartu bank lain untuk miles. Daya tarik JCB ulti dari cimb sangat menurun klo beginj. Kita tunggu pinterpoin revisi Ranking kartu stelah ini, dan semoga penuruman transaksi dan member bisa menyadarkan CIMB

    1. Otomatis JCB Ulti menjadi tidak ada bedanya dengan VI, padahal dari sisi kesulitan approval dan portofolio kartu, JCB ini diatas VI, saya jadi heran posisi kartu JCB Ulti ini di daftar kartu – kartu CIMB, tidak jelas / ambigu

        1. Tolong bro ane tukerin biz nya, devaluasi dibilang fantastis. Sometimes silent is gold is better.

          Buat cimb niaga, lu tau ga gua nunggu nih card 6 months, baru dpt eh didevaluasi, kalo cara gini ya bye2 dah, masih ada Citi premier, uob signa, dbs signa dan maybank infinite bakalan gua switch dah

        2. Bro Andre & andrew

          Pakai 150jt biasa cmn dapet 45K asia/Garuda miles kalau di tukarkan point dengan cara conventional

          Tp di JCB ultimate, dengan pakai 150jt, anda Bisa terbang dengan class Z Ana business Tokyo PP, Itu yg fantastis.

          Saya jg baru dapet kartu ini 2 bulan, tapi Selama spending bonus free ticket PP Tokyo gk di hilang kan, saya Masih akan pertahanin kartu ini.

          Jadi dari pada visa infinite, saya akan tetep pake JCB kalau Nanti sudah ada perubahan di 1 Juni. Toh Sama2 5000/KF mile Nantinya.

          Jadi walaupun devaluasi besar2, dia tetep kartu high end yang menarik. Cuman Bukan paling menarik untuk mengumpulkan Asia miles / Garuda miles lagi.

          Pikirikan

          Spending bonus PP jepang dengan 150jt spending
          Cashback 4%
          5000/KF mile
          Kesempatan mendapatkan gratis 150K point extra secara random untuk semua kartu CIMB

          Saya rasa tidak ada kartu secara overall Lebih baik dari ini Kecuali lagi ada program multiplier

        3. Pak Jon, terima kasih atas infonya, saya rasa untuk Pak Andrew, Pak Ndre dan para pemilik JCB Ulti (apalagi yang baca Pinterpoin) rata rata sudah aware dengan benefitnya. Konteks pembahasan kita disini lebih ke kekecewaan akan double devaluasi dari JCB Ulti, yang sangat mengejutkan. Kita “DEMO” istilahnya. Akan lebih baik jika kita dapat mengeluarkan opini yang “mungkin” bisa membuat CIMB mempertimbangkan keputusan berikut. Perihal bisa atau tidaknya, who knows, BNI saja menarik keputusan menurunkan limit setelah diprotes habis-habisan. Salam

        4. Betul bro.. Siapa yang gak kaget bro dr yg awal rp. 3.333 per 1 mile naik drastis jadi 11.111 itu devaluasi terparah sih.. Kartu ini jadi daya tarik krn benefit Miles garuda dan Asia yg sangat menggiurkan.. Kalau jadi 11.111 lah banyak kartu kredit yg bukan top tier juga bisa kasih better rate cuma 10.k per 1 mile.. Kita disini hanya ingin kebijakan kok.. Lagi pula gak semua org bisa belanja 150jt ke atas dalam dua bulan.. Kalau limitnya 75 juta brrt harus bener bener habisin limit untuk mendapat benefit award dr kartu ini?

        5. Konteks pembahasan disini adalah devaluasi dari earning rate. bukan spending rewards dari kartu ini. point kita semua yang comment disini sangat jelas dan tepat bahwa DEVALUASI yang dilakukan CIMB sangat tidak menguntungkan dan tidak akan membawa dampak positif bagi kedua belah pihak. Untuk spending reward ya memang bagus. Kita sebagai penggunna tidak ada yang akan mengomentari spending rewardnya. Yang kita sayangkan adalah kembali lagi EARNING RATE not SPENDING REWARDS. Untuk commend Pak Jon dan Pak David, jelas sekali tidak tepat dan tidak sesuai dengan topik pembahasan disini. Mohon bedakan dimana EARNING RATE dan SPENDING REWARDS. Saya sudah menggunakan JCB ini hampir 9 bulan. Spending saya sama sekali tidak menggunakan cara curang. Saya melakukan hal normal, tetapi kenyataanya walau saya sudah jor-joran mengeluarkan uang untuk segala pengeluaran misal (kursi pijit 50 juta) juga 150 juta dalam 2 bulan belum terpenuhi. Kembali lagi walau saya penguna kartu ini yang saya dapatkan hingga saat ini hanayalah earning ratenya bukan spending rewardsnya. Oleh karena itu saya memprotes tentang EARNIGN RATEnya sekali lagi.

        6. Boleh tahu kenapa belum terpenuhi untuk spending reward? Apa ada syarat lagi yg harus dipertimbangkan oleh pihak bank?

  10. waduh saya tahu kartu jcb dari rekomendasi pinterpoin dan salah satu highlight masterclass adalah kartu jcb. kartu yg sangat berkesan saya ingat bro edwin begitu berapi2 mempromosikannya. semoga cimb mempertimbangkan kembali.

  11. y bisa di response aja pak. Tuker k KF. dan tutup kartunya ramai2.. as simple as that.. biar pihak BANK bisa ngaca sedikit

    1. Wkwk mmg berani smua disini tutup tuh jcb ulti? G mgkn x ditutup meski devaluasi..hahaha secara masih bagus benefitnya meski berkurang..

      1. Kenapa nga berani ?

        kita yg customer, mereka yg butuh kita. Kita nga dapet milles murah tetap hidup normal. Kalo mereka kehilangan banyak premium customer itu problem buat mereka.

        kalo mau protes harus berani. Jangan setengah2.

        mau protest soal ini harus siap buat petisi dan siap tutup kartu.

        kasih mereka alasan ruginya mereka kalo sampe kehilangan kita semua. Berapa setiap bulan kita pake kartu niaga.

        Mereka orang bank. Suru mereka kalkulasi berapa ruginya.

        Rakyat indonesia memang banyak tp yg aktiv dan besar menggunakan kartu kredit adalah kalangan premium krm mrk yg paham soal milles dan spendingnya yg sangat besar.

        remember in this matter is their lost not us …

        1. Nice comment. Ini yang bank perlu tahu, jangan hanya mau duit nasabah tapi benefit diancur2in.

        2. Saya tambahin. Nasabah yang spending nya sangat besar, rutin dan tidak / kecil kemungkinan macet 🙂

        3. mungkin bisa jadi pertimbangan cimb agar tidak kehilangan nasabah premium, Nasabah yg punya portofolio bagus, mungkin harus deposito dgn jumlah yg tidak sedikit hanya untuk mendaptkan kartu premium untuk dapat fasilitas dr KK premium ini

  12. Bro, apa benar perhitungannya 1 Asia Miles/Garuda Miles per 10.000 Rupiah?
    Coba dihitung ulang, karena saya hitung itu 11.111 rupiah per milesnya

    1. Anton,

      Ternyata saya salah hitung, yang benar Anda. Itu per miles-nya dibutuhkan 11.111 Rupiah jadi devaluasi ini lebih dari 3 kali lipat nilai sebelumnya….

    1. Betul sekali, dengan AF segitu menurut saya jauh lebih worth Citi Prestige yang sekarang nilai konversinya lebih baik (7.500 vs 11.111) dan punya benefit macam macam.

      Kalau tidak bisa free mending tutup aja kartu ini.

  13. Thank God AF kartu ini bakal jatuh tempo bulan Juli. Gonna ditch this card

    Say good bye to cheapest asiamiles and garudamiles generating card

  14. saya sangat keberatan dengan devaluasi 3x lipat untuk miles am/gm, apalagi dengan fee 2500 point xtra untuk menukarkan miles, sangat memberatkan, tolong di kaji ulang kebijkannya! jangan sampai kehilangan nasabah premium anda
    annual fee 3jt juga seperti tidak worth it

    1. FEE 2500point penukaran miles itu berlaku untuk semua kartu CIMB. tidak hanya JCB ultimate
      saya pemegang VI, baru di confirm dengan call center kalau mulai juni kartu CIMB kena biaya konversi 2500point

  15. Tadi saya mengajukan pengapusan annual fee. Sehabis itu saya tanya mengenai devaluasi jcb ultimate ini ke asia miles.. Koq dijawab per juni 3000 poin = 200 asia miles ya (jadi per asia miles 8350) . Bukan dpt 150 miles, apakah ada perubahan lagi setelah banyak yg protes? Kalau benar bisa dicoba nih makin byk lg yg protes.. Udah sy tny 2x ke cs nya dijawab begitu trs

    1. Cipto,

      Betul sekali. Terjadi perubahan devaluasi, artikel akan segera terbit dalam 2 jam kedepan 🙂
      Oleh karena itulah saya menekankan pentingnya protes atau memberi masukan agar siapa tahu kebijakan devaluasi kartu tsb bisa terus diperlunak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea