Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu BCA Singapore Airlines Visa Signature menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Signature dalah kartu kredit mid-tier dari Bank BCA yang melakukan co-branding dengan Singapore Airlines. Kartu ini merupakan salah satu kartu kredit yang baik untuk mengumpulkan KrisFlyer miles dikarenakan kartu ini memiliki welcome bonus dan earning rate yang cukup kompetitif.

Tanpa memperhitungkan spending bonus, kartu ini memiliki earning rate 10.000 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles. Sedangkan dengan memperhitungkan spending bonus sebesar 1.000 KF Miles ketika pembelanjaan dalam satu billing cycle mencapai 20 juta Rupiah, maka kartu ini memiliki earning rate 6.666 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles.

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus sebesar 10.000 KrisFlyer Miles. Bonus ini bisa diperoleh apabila Anda bertransaksi sebesar 3 juta Rupiah dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 KrisFlyer Miles setiap melakukan transaksi di dalam maupun luar negeri sebesar Rp 10.000. Nilai yang didapat adalah 1.5

Jika penggunaan kartu Anda selama sebulan berhasil menyentuh angka Rp 20.000.000, maka earning rate akan setara dengan 1 KrisFlyer Miles tiap transaksi Rp 6.666 setelah memfaktorkan bonus 1.000 miles yang diperoleh. Nilai yang didapat adalah 2.5

Nilai: 2

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan total 10.000 KrisFlyer miles untuk pemegang kartu utama, 3.000 KrisFlyer miles dihadiahkan pada tagihan pertama dan sisa 7.000 KrisFlyer miles dihadiahkan setelah pemakaian kartu sebesar Rp 3.000.000,- dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.

Nilai: 1

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Anda hanya bisa mendapatkan KrisFlyer miles saja dengan kartu kredit ini. Poin secara otomatis dikonversi menjadi KrisFlyer Miles pada tanggal cetak.

Nilai: 0.5

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Kerja sama dengan Singapore Airlines Travel Fair, pemegang kartu bisa menikmati berbagai manfaat seperti cicilan 0% dan cashback untuk pembelian tiket Singapore Airlines/Silk Air pada saat travel fair.

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memiliki airport perks apapun setelah devaluasi beberapa saat yang lalu.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp 500.000 per tahunnya dan kemungkinan besar bisa di waive jika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0.9

Total Nilai: 4.9 / 10

“Kartu kredit mid-tier dari Bank BCA yang memiliki earning rate KrisFlyer Miles yang cukup baik untuk kartu kredit di kelasnya.”

Penutup

BCA Singapore Airlines Visa Signature merupakan kartu kredit mid-tier yang cukup menarik jika Anda bisa memanfaatkan fitur spending reward dari kartu ini secara optimal setiap bulannya.

Dengan earning rate 6.666 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles, kartu kredit ini merupakan salah satu kartu kredit mid-tier terbaik di kelasnya. Selain itu, welcome bonus yang cukup besar juga menjadi alasan tersendiri bagi Anda untuk mau memiliki kartu kredit ini.

.

Apakah Anda tertarik memiliki kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Signature? 


Perubahan

*Pada akhir tahun 2018: Perubahan perolehan KrisFlyer Miles dari 12.000 Rupiah per 1 KrisFlyer miles (Rupiah) & 8.000 Rupiah per 1 KrisFlyer Miles (mata uang asing) menjadi 10.000 Rupiah untuk semua jenis transaksi

*Pada 1 Februari 2020: Fitur Starbucks bandara dihilangkan dari kartu kredit ini

*Pada 1 Januari 2021: BCA memperpanjang program penghapusan iuran tahunan tanpa syarat untuk kartu ini hingga 31 Maret 2021