teks, cuplikan layar, Grafis, deasin

Review: Kartu Kredit Jenius

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Jenius menggunakan metode penilaian kartu kredit PinterPoin.

Kartu kredit Jenius adalah kartu kredit entry-level dari Jenius, perbankan digital Bank BTPN, yang ditujukan untuk orang yang aktif menggunakan perbankan digital. Kartu ini sendiri merupakan kartu kredit pertama dari Bank BTPN yang diluncurkan pada Oktober 2022.

Kelebihan utama dari kartu ini terletak pada kemampuannya untuk menggunakan limit Flexi Cash untuk dipakai transaksi sehari-hari tanpa dikenakan bunga asalkan tagihan dibayar penuh sebelum jatuh tempo dan juga perolehan poinnya yang cukup bagus untuk ukuran kartu kredit entry-level.

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh Yay Points yang bisa dikonversikan menjadi airline miles maupun saldo dompet elektronik (e-wallet) tertentu.

Rasio penukaran Yay Points menjadi airline miles masih belum diketahui, namun perolehan poinnya adalah:

  • Rp10.000 = 1 Yay Points untuk transaksi domestik di kategori lain
  • Rp5.000 = 1 Yay Point untuk transaksi di luar negeri maupun 1 kategori Double Yay yang dipilih.
teks, cuplikan layar, deasin
Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp3.000.000Masa Berlaku
Poin
2 tahun
Kartu Kredit
Referensi
Tidak perluMin.
Transfer
15.000 – 30.000 miles
Biaya TahunanRp500.000Rekanan
Penukaran
KrisFlyer
GarudaMiles
Welcome BonusTidak adaBiaya
Penukaran
Belum diketahui
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp5.000 – Rp10.000
/mile
Penggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp5.000/mileManfaat di
Bandara
Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3,5)

Anda bisa mendapatkan 1 airline mile tiap berbelanja:

  • Dalam negeri:
    • Rp10.000 untuk transaksi di semua kategori, kecuali
    • Tidak mendapatkan poin untuk transaksi spesifik di Paper.id (mulai 6 April 2024),
    • Rp5.000 untuk transaksi di kategori di bawah ini (pilih salah satu):
      • Kecantikan & Fashion
      • Makanan & Minuman
      • Perjalanan & Hiburan
      • Belanja Bulanan & Bensin

  • Luar negeri:
    • Rp5.000 untuk transaksi di semua merchant.
Nilai: 2,75

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu Kredit Jenius saat ini tidak menawarkan welcome bonus apapun.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1,5)

Kartu ini memiliki 2 rekanan transfer, yakni Singapore Airlines dan Garuda Indonesia.

Nilai: 0,5

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memiliki bonus unik maupun bekerjasama dengan travel fair manapun.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge/Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memberikan manfaat apapun di bandara.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini sebesar Rp500.000 yang bisa digratiskan di tahun pertama dan bisa di-waive untuk tahun kedua dan seterusnya dengan berbelanja Rp30.000.000 di tahun sebelumnya.

Nilai: 0,7

Total Nilai: 3,95/ 10

Kartu kredit entry-level dari Bank BTPN dengan perolehan poin yang cukup menarik untuk kartu di kelasnya.

Penutup

Kami merekomendasikan kartu kredit ini karena perolehan poinnya yang cukup menarik. Selain itu, daya tarik Kartu Kredit Jenius adalah cukup seringnya mengadakan promo, mulai dari welcome bonus di tahun lalu, bonus poin sampai Maret 2024, dan khusus pada 29 Februari 2024 bonus penukaran GarudaMiles.

Sebagai perbandingan, berikut perolehan poin Kartu Kredit Jenius di toko manapun dibandingkan dengan kartu kredit lain setara (limit minimum < Rp10.000.000):

 Tingkat perolehan*Jenis poinProgram
Kartu Kredit JeniusRp5.000-10.000/milePoin bank (2 tahun)Fleksibel
BCA UnionPay (transaksi luar negeri)Rp7.500-20.000/milePoin bank (-)Fleksibel
Mandiri TravelokaRp16.000/mile (1,25%)Cashback non-bank
(1 tahun)
Traveloka
BCA UnionPay (transaksi lokal)Rp15.000-20.000/milePoin bank (-)Fleksibel
BCA tiket.com MastercardRp40.000/mile (0,5%)Cashback non-bank
(1 tahun)
tiket.com
BCA Everyday CardRp40.000-44.400/milePoin bank (selamanya)Fleksibel
Danamon GrabRp37.500-50.000/milePoin bank (3 tahun)Fleksibel
Sinarmas Virtual Platinum CashbackRp40.000/mile (0,5%)Cashback bank (-)Cashback
CIMB Niaga ClassicRp100.000/mile (0,2%)Poin bank (2 tahun)Fleksibel
BCA Blibli MastercardRp100.000/mile (0,2%)Cashback non-bank
(-)
Blibli
BCA Visa BatmanRp100.000-111.000/milePoin bank (selamanya)Fleksibel
Transmart Mega CardRp116.667/milePoin bank (2 tahun)GarudaMiles
Mandiri ShopeeRp200.000/mile (0,1%)Cashback non-bank
(3 bulan)
Shopee
Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit Jenius?


Share

27 comments
  1. Ikutan sharing pengalaman:

    Saya tidak punya dan tidak bisa mengajukan Flexi Cash tapi kartu kredit Jenius berhasil apply. Seingat saya CC Jenius ini memang sifatnya undangan via email.
    Pemakaian saat ini sudah masuk bulan ke-3.

    Reward yaitu Yay Points terakumulasi dari setiap transaksi tapi tidak jelas bisa ditukarkan dengan apa karena katalog tidak tersedia saat ini.

    Annual fee ya benar termasuk relatif mahal, saat ini infonya akan otomatis terhapus untuk tahun depan kalau pemakaian minimal akumulasi Rp30juta setahun.

    Promo offline saya tidak berpartisipasi karena sekilas lokasi di Jabodetabek semua ya CMIIW
    Untuk promo online cukup menarik ada di blibli, tokopedia, shopee, dll.

    Pembayaran baru bisa dari app Jenius dan transfer online antar bank. Untuk VISA Direct Payment misal dari Tokopedia, Blibli, JD.ID, dll yang biasa saya gunakan, masih belum bisa ya (incase ada juga yang ingin tahu dan biasa coba berburu recehan cashback pembayaran CC)

    Semoga di 2023 fitur dikembangkan dan promonya makin menarik.

  2. Bantu review juga, So far saya apply karena ada penawaran dan ternyata limit yang ditawarkan jauh lebih gede dari cc yang sudah ada saat ini (plus ada welcome bonus juga 200rb lewat email). Pengajuan juga seluruhnya dilakukan secara online, kalau pengalaman saya tidak ada dokumen penghasilan yang diminta dan cc langsung aktif dalam 5 menit setelah pengajuan. Aktivasi cc juga dilakuan di aplikasi tanpa lewat cs.

    So far transaksi aman-aman saja, yang paling menarik adalah exp date dan cvv tidak ada di kartu fisik jadi harusnya bisa lebih aman sedikit belum menemukan case kartu direject di store. Annual Fee emang gede 500rb tapi harusnya dengan trik bisa gratis. Yang memang belum jelas berapa poin yang diperlukan untuk menukarkan yay pointnya ke miles (mungkin karena kartu kredit ini fitur yang baru banget di BTPN jadi masih dikembangkan). Fitur konversi cicilan di mesin edc (offline merchant) juga belum ada, tapi masih ketolong dengan promo cicilan 0% untuk konversi lewat aplikasi. So far cicilan online sih sudah ada di beberapa website ternama. Oh iya untuk saat ini transaksi dengan cicilan baik lewat apps maupun merchant tetap bisa memperoleh yay point.

    Untuk promo sendiri, jujur saya jarang pake sih karena mostly malah daerah senopati dan so far belum ada promo dengan merchant yang sudah banyak cabang . Tapi saya sendiri baru saja mengikuti promo cashback uniqlo karena lumayan sekali belanja 1jt dapat cashback 500rb. Selain itu juga kalau tidak salah, ada promo online subscription juga jadi menurut saya itu lumayan sih. Oh iya karena saya sempat berliburan ke Singapura, saya juga berkesempatan bisa mengitung conversion rate di Jenius ini dan surprisingly, lebih murah dari DBS dan BCA yang saya miliki. Saya juga selama berliburan juga tidak menemukan masalah yang berati, pemakaian di MRT juga lancar. Selama berliburan juga saya juga lebih sering menggunakan CC Jenius ini karena selain seluruh transaksi bisa dicek lewat aplikasi, saya juga mendapatkan promosi yang cukup menarik yaitu memperoleh cashback jika meraih nominal tertentu dalam transaksi mata uang asing (setiap nasabah berbeda tapi saat itu cashbacknya 10% jika meraih nominal tersebut).

    Kesimpulannya sih masih early to judge sih, karena CC ini merupakan produk yang masih baru banget di Jenius maupun BTPN jadi masih banyak fitur-fitur yang belum tersedia seperti katalog poin dan juga aplikasinya juga masih ada minor bug yang tak jarang saya temui tapi tidak terlalu mengganggu penggunaan CC saya ini. Hopefully sih dari Jenius bisa segera menambah fitur katalog poin ini dan bisa menambah fitur-fitur yang lebih ‘menjual’ yang bisa menjadi nilai unik dibanding CC lainnya. Selain itu juga semoga bug-bug yang sudah saya laporkan juga dapat segera diperbaiki agar overall penggunaan tidak terganggu. Untuk saat ini, saya menikmati saja promo-promo dari CC ini mumpung masih dalam fase ‘bakar uang’ dan belum ada fee-fee aneh yang dikenakan.

  3. Behubungan kartu kredit Jenius ini sudah mau setahun. Apakah kartu kredit ini masih layak untuk dipertahankan? mengingat sampai saat ini penukaran hanya bisa dituker ovo dan gopay itupun rate penukarannya menurut saya tidak terlalu menarik.

      1. Wah terima kasih atas teasernya Pak Edwin, saya juga baru melihat post dari IG jenius sudah mulai ada info kalau bisa redeem ke kategori travel, semoga ratenya menarik

      2. Coba apply cc jenius dan dpt offer 2juta doang limitnya , padahal cc bca / cimb / uob semuanya 15jt-25jt. Kalo menurut pak Edwin, ambil aja kah untuk cobain 1 tahun pertama, dan kalo ga ada kenaikan limit / fitur dan promonya kurang bagus tinggal tutup sebelum kena annual fee?

        1. Saya juga kurang lebih sekitaran segitu limit cc bank lainnya, dapat offer limit 50jt utk cc jenius ini. Mungkin tergantung saldo rata2 di jenius (?)

        2. info dari medsos beberapa pemegang kartu lain sekitar 6 bulanan dikasih naik limit, kemungkinan dilihat dari pemakaian.
          Saya sendiri naik 30%… Lumayan
          Promo juga oke lah, kebetulan lebih condong ke makanan ya boga group, pizza hut, ta wan, dll gitu, sudah 3 bulan beruntun. Dicek saja

  4. Hari ini yay point Jenius ada maintenance, sepertinya penukaran ke miles akan segera dirilis dalam minggu ini. Lalu ada lagi program triple yay juga semga ratenya akan bagus biar bisa segera ditukar poin ini hahaha

  5. Update: Website Jenius sudah diupdate dengan opsi penukaran Yay Points terbaru ke KrisFlyer dan Traveloka Points. KF ratenya 1 poin = 1 mile jadi efektif earning ratenya Rp 5.000 (kategori pilihan atau transaksi luar negeri) dan Rp 10.000!

    Sebagai pemula saya merasa ini seperti mendapat jackpot setelah harap-harap cemas menggunakan kartu ini 10 bulan ke belakang: apakah bisa ditukar miles atau tidak nantinya. Dan ternyata perjuangan saya mengumpulkan hampir 20 ribu miles tidak sia-sia.

    1. Daffa,

      Bisa dituker dengan skema 1:1 kok tetapi kita belum tulis aja karena kebetulan beberapa hari ini saya sedang sibuk. Harusnya artikelnya hari ini terbit.

      1. Wendy,

        Tidak benar. Saya hadir di acara co-create event Jenius pada 10 nov lalu dan mereka bilang siapapun bisa ikut (termasuk orang dengan limit di bawah 20 juta).

        1. Saya sempat dapat tawaran CC ini di awal-awal, tapi saya tolak karena ga begitu menarik. Kemarin baru saya mengajukan lagi, full online via aplikasi.

          Ditunggu artikelnya, Om Edwin! Can’t wait.

  6. Mau tanya apa ada yg punya pengalaman transaksi di luar negri menggunakan CC Jenius?
    Untuk kursnya bagaimana ya? Apakah sebaik maybank/ cimb?

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.