Cerita pembaca kali ini berasal dari pembaca E yang menceritakan trik memperoleh kartu kredit Mandiri Prioritas dengan modal ataupun opportunity cost sekecil mungkin.

Berikut adalah kisah dari beliau:


(Disunting untuk kemudahan membaca)

“Saya ingin membagikan tips untuk mendapatkan kartu kredit Mandiri Prioritas tanpa harus mengendapkan dana. Siapa tahu di PinterPoin ada yg belum mengetahui trik-nya. Kartu Kredit Mandiri Prioritas hanya bisa didapatkan dengan cara membuka tabungan Mandiri Prioritas. Syarat dari Mandiri Prioritas sendiri adalah saldo mengendap sebesar 1 Miliar Rupiah, tapi yang mungkin orang banyak belum tahu adalah Anda cukup mengendapkan saldo tersebut 1 hari saja yaitu di akhir bulan agar status ‘Prioritas’ Anda tidak hilang ataupun terkena denda.

Hanya saja, pada saat pembukaan rekening prioritas, saya tetap menyarankan dana mengendap setidaknya 2 hari di akhir bulan dikarenakan di hari pertama mengendap, dana tersebut dilakukan untuk posting dana mengendap sedangkan di hari kedua digunakan untuk pengajuan tabungan Mandiri Prioritas didasarkan pada pengendapan dana 1 Miliar di akhir bulan tersebut. Approval untuk tabungan prioritas membutuhkan waktu hanya 1 hari saja.

Setelah tabungan Mandiri Prioritas di approve, maka segera minta PBO (Personal Banking Officer) untuk mengajukan kartu kredit Mandiri Prioritas. Biasanya pengajuan akan disetujui dalam waktu 1 minggu saja apabila sebelumnya sudah pernah memiliki kartu kredit mandiri dengan limit minimum 100 juta Rupiah. Jika belum pernah memiliki kartu kredit Mandiri atau limit kartu kredit Mandiri Anda dibawah 100 juta Rupiah, maka proses ini mungkin akan sedikit lebih lama dan Anda sebaiknya baru mengajukan di bulan ke-2 setelah menjadi nasabah prioritas dari Bank Mandiri.

Menariknya, berdasarkan pengalaman pribadi saya dan dari teman yang sudah pernah mencoba sebelumnya, setelah 3 bulan maintain tabungan Mandiri Prioritas saya dengan cara mengendapkan dana 1 Miliar setiap akhir bulan, pada bulan ke-4 hingga ke-6 ini saya belum melakukan pengendapan dana 1 Miliar lagi namun masih termasuk sebagai nasabah Mandiri prioritas.

Oleh karena itu, saya bisa menyarankan kepada teman-teman sekalian untuk mengajukan kartu kredit Mandiri Prioritas yang memiliki perolehan GarudaMiles yang cukup baik dan welcome bonus yang cukup atraktif menggunakan metode ini. Hanya saja, setiap mendekati ulang tahun kartu kredit tersebut, ada baiknya Anda menggunakan metode mengendapkan-dana-pada-akhir-bulan ini agar tidak terkena biaya annual fee dikarenakan salah satu syarat mutlak untuk pembebasan annual fee adalah Anda terdaftar aktif sebagai nasabah Mandiri Prioritas.

Dengan cara ini, Anda bisa memiliki kartu kredit Mandiri Prioritas dengan opportunity cost serendah mungkin. Memang betul di awal kita harus tetap setor 1 Miliar Rupiah, namun setelah kartu kredit Prioritas terbit, Anda bisa lebih bernafas lega dikarenakan seharusnya status Prioritas tidak akan hilang selama Anda mengikuti metode diatas. Tentunya mungkin akan ada evaluasi di penghujung tahun…. tapi yang penting Anda sudah memanfaatkan kartu kredit ini selama 1 tahun dan mengambil welcome bonus yang ada bukan?”


Baca juga: Cerita Pembaca – Pengalaman Terbang Saat Pandemi Covid-19 & Menjalani Isolasi di Jakarta

Baca juga Cerita Pembaca – Fifth Tme is The Charm Dalam Mengajukan Status Match Marriott Bonvoy


Penutup

Cerita yang sangat menarik dari pembaca E 🙂

Sebelumnya, saya tidak mengerti bahwa trik seperti ini bahkan eksis dan bisa dimanfaatkan. Beberapa bank memiliki persyaratan sebagai nasabah prioritas yang cukup ketat di mana jika Anda tidak bisa memenuhi rata-rata (average) saldo di suatu bulan, maka Anda akan terkena denda atau bahkan bisa mengalami downgrade menjadi nasabah non-prioritas.

Kartu kredit tipe ‘spesial’ seringkali hanya bisa dimiliki jika Anda adalah nasabah prioritas di bank tersebut

Beberapa poin penting yang bisa dipetik dari kisah pembaca E:

  • Mandiri Prioritas tidak memiliki syarat maintain rata-rata minimum saldo di bulan tersebut untuk mempertahankan status nasabah prioritas sehingga trik ini seharusnya cocok bagi sebagian orang
  • Anda bisa menggunakan trik setor-dana-di-akhir bulan untuk mempertahankan status nasabah prioritas (serupa dengan HSBC Premier)
  • Kartu kredit Mandiri Prioritas akan lebih mudah dan lebih cepat diperoleh jika Anda sebelumnya sudah memiliki kartu kredit Mandiri dengan limit minimum 100 juta Rupiah
  • Terdapat kemungkinan bahwa Anda tetap bisa mempertahankan status nasabah prioritas di Mandiri meskipun di akhir bulan Anda tidak menyetorkan dana di akhir bulan sekalipun (wow)

Ketika saya menanyakan mengapa beliau memilih kartu kredit Mandiri Prioritas dibandingkan dengan kartu kredit lainnya yang juga bagus untuk mengumpulkan GarudaMiles, beliau menjawab sebagai berikut:

“Saya mendaftar kartu kredit Mandiri Prioritas dikarenakan limit Bank Mega saya masih kurang untuk pemakaian kebutuhan sehari-hari saya sehingga saya mendaftar Bank Mandiri karena perolehannya reward-nya bagus. Saya juga memilih untuk mengumpulkan GarudaMiles untuk 1 tahun mendatang dikarenakan liburan saya untuk 1 tahun kedepan hanya di dalam negeri saja. Oleh karena itu, kartu kredit Mandiri Prioritas cocok sebagai pilihan ke 2 untuk mengumpulkan GarudaMiles sedangkan untuk menginap, saya menggunakan Asia Miles seperti yang diajarkan oleh Pinterpoin”

Menurut saya pribadi, Kartu kredit Mandiri Prioritas adalah salah satu kartu kredit prioritas terbaik di Indonesia dikarenakan kartu kredit ini memiliki earning rate yang cukup atraktif untuk mengumpulkan GarudaMiles dan welcome bonus yang masih cukup menarik walaupun baru saja devaluasi beberapa saat yang lalu.

.

Apakah Anda tertarik untuk mengajukan kartu kredit Mandiri Prioritas dengan trik ini?