Cashback Tagihan Kartu Kredit Tokopedia | PinterPoin

Kartu Kredit yang Tetap Memberikan Poin & Miles untuk Transaksi Cicilan (Updated)

Setiap harinya, PinterPoin mendapat beragam pertanyaan dari pembaca yang sangat berkontribusi sebagai sumber inspirasi topik baru. Salah satu pertanyaan yang menurut saya menarik adalah perolehan poin & miles dari transaksi cicilan menggunakan kartu kredit.

Karena sifat dari informasi ini yang jarang dipublikasikan oleh bank, saya harus melakukan riset atau pengumpulan data secara manual. Informasi yang disediakan juga bisa berubah sewaktu-waktu. Jika ada informasi yang terlewat, sampaikan melalui kolom komentar di bawah. Masukan dari Anda sangat membantu PinterPoin 🙂

Memilih Kartu Kredit yang Tepat

Ada kartu kredit yang memiliki earning rate miles yang baik, namun tidak memberikan poin & miles untuk transaksi cicilan. Melihat kondisi seperti itu, tentu earning rate yang atraktif tersebut menjadi worthless bagi orang yang perlu melakukan cicilan.

Seperti yang selalu saya sampaikan, tidak semua kartu kredit diciptakan setara, sama halnya dengan kondisi setiap orang yang berbeda-beda. Bagi sebagian orang, transaksi cicilan (terutama 0%), bisa membantu dalam mengefisiensikan pengeluaran bulanan atau tahunan.

Mengetahui tidak semua bank atau kartu kredit di Indonesia memberikan fasilitas tersebut, jangan sampai Anda memilih kartu kredit yang kurang tepat untuk transaksi cicilan.

Kartu Kredit yang Tetap Memberikan Poin Miles untuk Transaksi Cicilan | PinterPoin
CIMB Niaga JCB Ultimate memiliki perolehan KrisFlyer miles yang atraktif; Rp5.000 / 1 mile. Sayangnya transaksi cicilan tidak terhitung untuk mendapatkan miles.

Melalui artikel ini, saya merangkum data dari informasi yang saya dapatkan dari bank dan masukan dari pembaca PinterPoin.

Berikut rangkuman bank di Indonesia (+beberapa kartu kredit populernya) yang tetap memberikan poin & miles untuk transaksi cicilan:

Jika Anda menggunakan kartu kredit diatas untuk transaksi cicilan, maka Anda tetap akan mendapatkan poin & miles. Bila kurang yakin, saya sarankan untuk menghubungi nomor di belakang kartu kredit Anda untuk memastikan.

* Cicilan dari marketplace atau merchant tidak terhitung, cicilan harus langsung/direct dari Citibank / HSBC

Citibank & HSBC dikabarkan tidak memberikan poin untuk transaksi cicilan yang tidak diajukan langsung ke pihak bank. Padahal, seringkali muncul promo menarik seperti cicilan 0% dari merchant. Dalam kasus seperti itu, Anda harus membandingkan biaya yang harus dikeluarkan v.s. potensi perolehan poin & miles dari transaksi tersebut.

[box type=”info”] Update:

  • Berdasarkan info dari email, kini kartu kredit Citi akan memberikan Citi Rewards / Miles / Cash Back dari tiap transaksi atau tagihan bulanan yang dicicil. H/T: Ong Ecotrisno
  • Efektif 11 November 2020, kartu kredit Mega tidak lagi memberikan poin untuk transaksi cicilan, Loan on Card, dan tagihan rutin bulanan (PLN, Telkom, Asuransi, TV berlangganan, dll.)
[/box]

Penutup

Memaksimalkan pengeluaran melalui penggunaan kartu kredit yang tepat adalah salah satu cara tercepat untuk mengumpulkan poin & miles. Meski jarang dibahas, namun bisa mendapatkan poin & miles dari transaksi cicilan adalah suatu fitur yang berharga bagi sebagian besar orang.

Idealnya, kartu kredit yang memberikan poin & miles layak dimiliki bagi yang rutin melakukan transaksi cicilan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam menentukan kartu mana yang sebaiknya dipakai untuk transaksi cicilan.

.

Apa kartu kredit andalan Anda?

Share
25 comments
    1. Adhie,

      Meski belum pernah saya coba sebelumnya, beberapa pembaca melaporkan bahwa HSBC memberikan poin & miles untuk cicilan yang diajukan langsung ke pihak bank (bukan melalui merchant).

      Untuk Standard Chartered, beberapa orang menyebutkan ya, dan sebagian tidak. Saya masih mengumpulkan data untuk SC yang masih ambigu.

  1. Ada plus minus soal cicilan ini. Bank besar macam BRI, bisa ngasih cicilan 0% untuk 12 bulan hanya dengan bayar biaya admin 1% saja, Namun BRI Pointnya kecil sekali dapatnya. Sementara bank menengah kayak Mega, bunganya kl diubah ke cicilan bisa 13,5 % pertahun, belum biaya adminnya yg lumayan. Mega Travel kl ubah cicilan di merchant langsung seperti e-commerce juga gak dapat point, transaksi full dulu kemudian baru kontak Mega untuk ubah ke cicilan baru bisa dapat point.
    Mandiri Signature juga bbrp waktu lalu masih dapat Fiesta point kl ubah ke cicillan, asal mengubahnya langsung di bank, bukan di Merchant. Namun 1-2 minggu ini keliatannya hal itu sudah gak berlaku lagi, alias cicilan tidak dapat fiesta point. Point saya yg sebelumnya didapat dr transaksi cicilan tiba2 hilang.

  2. Bagaimana dengan TRANSAKSI AUTODEBET yang masih dapat poin?

    Kalau bayar asuransi kesehatan utk 1 keluarga, lumayan per bulan bisa sekian juta. Per tahun bisa puluhan juta. Lumayan kalau dapat poin ya…

        1. Sekedar info, asuransi Allianz saya auto-debet untuk BCA SQ Signature dan dapat poin 🙂

  3. just for info:
    BCA dan UOB juga memberikan Poin/Miles untuk transaksi pembayaran premi asuransi yang bukan auto-debet, jadi harus gesek ditempat untuk pembayaran nya

  4. Hi, kalau kartu kredit yang memberi poin untuk pembelian online ada tidak? Pengalaman saya belanja online di luar negeri, perhitungan poinnya either “di potong” (di hitung sebagai belanja dalam Rp/dalam negeri) atau tidak dapat.

  5. Thank you untuk info kartu2 yang masih memberikan mileage points buat transaksi cicilan. Td di atas ada mention ttg tagihan rutin seperti PLN, telkom, cellular dll. Apakah ada kartu yang memberikan mileage points untuk tagihan rutin? Thank you.

  6. Perlu hati2 belanja di e-commerce/marketplace dengan metode pembayaran cicilan kartu kredit karena ternyata mereka kenakan fee tambahan yg cukup besar.
    Pengalaman saya belanja online di blibli dan lazada utk cicilan 3 bulan tidak dikenalan fee cicilan, lebih dari itu ada fee. Kalau kebutuhan otomotif bisa di garasi.id krn dia bahkan sampe cicilan 12 bulan digratisin fee nya.

  7. Halo, kalau melakukan dari marketplace ( Ijo / Oren ) apakah akan dapat miles kalau pembayaran full & pembayaran nya cicilan? Terima Kasih

  8. kayaknya kalau saya baca lebih teliti email dari citibank itu cicilannya harus diajukan via apps deh
    dan itu terkena interest fee juga

    kalau yang lnsg cicilan via ecomerce 0% ttp ga dapet poin / miles CMIIW

  9. Setau saya kartu kredit BCA SQ Visa infinite tidak mendapatkan poin miles apabila diubah ke cicilan, hanya transaksi bulan ke 1 aja yang mendapatkan poin miles, dibulan berikutnya tidak. Karena billing statement juga ada cicilan tapi poin miles tidak bertambah dan sudah saya tanyakan ke Halo BCA juga. Mohon di update agar temen yang lain bisa tahu info nya.

    1. Herman,

      Seluruh miles dari nilai total transaksi memang akan diberikan pada bulan pertama. Cicilan-cicilan bulan selanjutnya tidak diberikan miles karena sudah diberikan di awal.

      1. Hi Vincent,

        Thank you informasinya. Mau klarifikasi saja. Jadi misalkan saya transaksi 6 juta dicicil 6x 0% langsung di merchant, di bulan pertama saya bisa langsung dapat miles untuk transaksi 6jt tersebut ya (1200 miles, asumsi BCA PPS infinite) walaupun total tagihan di bulan tersebut hanya 1jt?

        Kalo benar, ini merarik sekali yah. Saya sama ini ragu untuk coba karena takut ga dapet miles.

        Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea