Bagi anda yang baru atau sudah mengikuti PinterPoin selama ini, mungkin anda sudah membaca tentang cara terbang di business atau first class maskapai terbaik dunia dengan murah memanfaatkan poin dan miles.

Hal tersebut tentunya memungkinkan berkat potensi membeli discounted miles pada frequent flyer program yang mungkin belum pernah anda dengar sebelumnya.

Terbang di Qsuites Qatar Airways, kabin business class terbaik dunia menggunakan miles dari American Airlines AAdvantage. Kredit: Business Traveller.

Artikel sebelumnya bisa dibaca di link berikut:

Bonus 100% Pembelian Miles Aegean, Business Class ANA ke Tokyo Rp 8 Juta PP!

Tips Rahasia: Business Class ke Jepang atau First Class ke Hong Kong, Pergi Pulang* Hanya Rp 7.000.000+!

Matematika Simpel

Satu hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli miles adalah valuasi yang akan anda dapatkan. Anda juga harus membandingkan harga tiket asli v.s. harga tiket yang sama ketika dibeli dengan miles.

Contoh:

Dengan membeli miles Aegean saat promo bonus 100% terakhir, anda bisa mendapatkan tiket P.P. business class Jakarta – Tokyo/Seoul/Beijing hanya dengan Rp 8.200.000.

Harga asli tiket tersebut jika dibeli dengan uang biasanya akan menyentuh Rp 30.000.000 lebih. Sekarang anda tentukan, apakah lebih untung membeli tiket tersebut dengan miles atau tidak?

Tip:  Pembelian miles pada saat sedang tidak ada promo biasanya tetap menguntungkan. Pastikan anda membandingkan harga tiket yang anda inginkan terlebih dahulu.

Terbang di produk business class terbaru EVA Air di pesawat 787. Kredit: Torque Singapore.

Program yang menarik, khususnya bagi orang Indonesia

Banyak sekali frequent flyer program yang menawarkan promo menarik seperti diskon atau bonus pembelian miles. Namun, yang biasanya menarik perhatian saya adalah:

Aegean adalah maskapai asal Yunani yang mungkin belum pernah anda dengar sebelumnya. Namun, anda bisa memanfaatkan milesnya untuk penerbangan murah business class Star Alliance. Kredit: Airbus.

Artikel tentang pembelian miles American Airlines dan Avianca akan saya publikasikan pada saat promo selanjutnya akan dilangsungkan.

Anda juga bisa mendapat valuasi luar biasa dari membeli poin hotel

Setiap loyalty program hotel biasanya akan mengadakan promo pembelian poin dengan bonus.

Pada artikel Panduan Lengkap Hilton Honors, saya ada membahas tentang potensi sweet spot menginap di Hilton Garden Inn Bali selama 4-5 malam hanya dengan Rp 1.455.000+ saja.

Menginap di Hilton Garden Inn Bali selama 4-5 malam hanya dengan Rp 1.455.000 bisa anda wujudkan dengan membeli poin Hilton Honors. Kredit: Hilton Garden Inn Bali.

Artikel selengkapnya tentang potensi menguntungkan dari membeli poin hotel akan dipublikasikan.

Penutup

Jarang disadari oleh kebanyakan orang bahwa poin dan miles memiliki potensi yang sangat luar biasa menguntungkan. Banyak orang yang meremehkan nilai dari poin atau miles yang mereka miliki. Saya melihat poin/miles sebagai mata uang tersendiri yang tentunya bisa dibelanjakan.

Tiket penerbangan business atau first class yang bernilai puluhan atau bahkan ratusan juta seringkali bisa didapatkan dengan poin/miles yang mungkin sudah tertimbun di kartu kredit anda.

Ikuti terus PinterPoin untuk mendapatkan informasi dan tips dalam menguasai ilmu poin, miles, kartu kredit, dan loyalty program!