PENTING: Artikel terbaru perbandingan kartu kredit co-brand Garuda Indonesia bisa Anda baca disini.


BNI dan Citibank merupakan dua bank yang menerbitkan kartu kredit co-brand Garuda Indonesia. Sayangnya, anda tidak dapat memiliki lebih dari 1 kartu kredit co-brand Garuda Indonesia. Anda harus memilih salah satu diantara BNI Garuda Visa Signature atau Garuda Indonesia Citi Card Visa Signature.

Mari selesaikan debat yang telah berlangsung lama, manakah kartu kredit co-brand Garuda Indonesia terbaik, Citibank atau BNI?

Sebelumnya, mari kita kenali lebih dekat kedua kartu kredit tersebut:

BNI Garuda Visa Signature

Landing-Page-BNI-1000Miles

Welcome Bonus Terkini:

Dapatkan 4.000 GarudaMiles untuk pemegang kartu utama setelah anda melakukan pembelanjaan pertama dengan kartu anda, lalu dapatkan Enrollment Bonus sebesar 200 GarudaMiles setelah anda mengakumulasikan 250 GarudaMiles pertama anda (atau setara dengan anda melakukan pembelanjaan sebesar Rp 2.250.000 dengan kartu anda) dalam 3 bulan sejak kartu disetujui.

Dapatkan Bonus Loyalty 2.000 GarudaMiles setiap kali anda memperpanjang masa keanggotaan kartu anda.

Manfaat Unik yang Ditawarkan:

  • Dapatkan 2 GarudaMiles setiap melakukan transaksi di dalam negeri atau di luar negeri sebesar Rp 18.000.
  • Fast Track Upgrade to GFF Gold, dengan melakukan transaksi minimum Rp 8.000.000 per bulan selama 5 bulan pertama keanggotaan.
  • GFF Gold merupakan level member kedua tertinggi pada program GarudaMiles, anda juga akan mendapatkan SkyTeam Elite Status secara otomatis dari keanggotaan GFF Gold anda.
  • Dapatkan potongan 5% setiap pembelian tiket Garuda Indonesia di ticketing office atau official website Garuda Indonesia.
  • Dapatkan potongan 5% penukaran award ticket.

Akses Lounge: BNI Domestic Airport Executive Lounge (1x untuk pemegang kartu utama), gratis biaya keanggotaan Priority Pass, namun tidak mendapatkan gratis akses masuk. Anda harus membayar Rp 250.000 per orang per kunjungan.

Iuran Tahunan: Rp 800.000 untuk pemegang kartu utama, Rp 400.000 untuk pemegang kartu tambahan.

* Diskon berlaku untuk tiket Flexible Economy, Flexible Business, Flexible First Class (jenis tarif non promo) dengan kode jenis tarif: F/A/J/C/D/Y/B/M/K/N/Q/T. Pemegang kartu BNI Garuda Visa Signature tetap dapat melakukan pembayaran untuk orang lain apabila pemegang kartu berangkat bersamaan dengan orang tersebut. Diskon ini tidak berlaku untuk rute Timur Tengah.

Garuda Indonesia Citi Card Visa Signature

img0202.png

Welcome Bonus Terkini:

Dapatkan 2.500 GarudaMiles untuk pemegang kartu utama setelah anda mengakumulasikan 250 GarudaMiles pertama anda dalam 3 bulan sejak kartu disetujui.

Dapatkan Bonus Loyalty 1.000 GarudaMiles setiap kali anda memperpanjang masa keanggotaan kartu anda.

Manfaat Unik yang Ditawarkan:

  • Ekstra bagasi 20kg dengan menunjukkan Garuda Indonesia Citi Card pada saat check-in.
  • Dapatkan 3 GarudaMiles setiap melakukan transaksi Rp 20.000 di Garuda Indonesia.
  • Dapatkan 2 GarudaMiles setiap melakukan transaksi Rp 20.000 untuk transaksi lainnya.
  • Dapatkan potongan 5% setiap pembelian tiket Garuda Indonesia di ticketing office atau official website Garuda dengan memasukkan kode promo “GICC.”
  • Antrian check-in khusus di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta domestik dan check-in di counter GarudaMiles Gold di bandara lainnya di Indonesia untuk anda dan teman anda yang seperjalanan dengan kode booking tiket yang sama.
  • Prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket penerbangan Garuda Indonesia.
  • Panggilan boarding khusus untuk pemegang kartu dan teman seperjalanan dengan kode booking tiket yang sama.

Akses Lounge: Tidak ada.

Iuran Tahunan: Rp 800.000 untuk pemegang kartu utama, Rp 400.000 untuk pemegang kartu tambahan.

* Diskon berlaku untuk tiket Flexible Economy, Flexible Business, Flexible First Class (jenis tarif non promo) dengan kode jenis tarif: F/A/J/C/D/Y/B/M/K/N/Q/T. Pemegang Garuda Indonesia Citi Card Visa Signature tetap dapat melakukan pembayaran untuk orang lain apabila pemegang kartu berangkat bersamaan dengan orang tersebut. Diskon ini tidak berlaku untuk rute Timur Tengah.

Berikut tabel perbandingan manfaat dari kedua kartu tersebut. Warna kuning menandakan pemenang di masing-masing fitur.

Screen Shot 2018-07-31 at 9.07.48 AM.png

Tabel perbandingan manfaat dari kedua kartu kredit co-brand Garuda Indonesia.

Melihat tabel perbandingan diatas, PinterPoin merekomendasikan BNI Garuda Visa Signature dengan alasan pendukung sebagai berikut:

  • Rp 9.000 per 1 GarudaMiles untuk transaksi umum
  • Welcome, enrollment, dan loyalty bonus yang lebih besar (6.200 GarudaMiles secara total setelah perpanjangan kartu)
  • Diskon 5% penukaran GarudaMiles untuk award ticket
  • Pembelian tiket Garuda bisa menggunakan HSBC Visa Signature (Rp 6.375 per 1 GarudaMiles) dikarenakan diskon 5% tersebut hanya berlaku untuk jenis tiket Flexible. Semua tiket kategori promo tidak akan mendapatkan diskon 5% tersebut
  • Eligible untuk mendapatkan kartu debit co-brand Garuda Indonesia
  • Fast track menjadi GarudaMiles Gold & SkyTeam Elite
  • Prioritas waitlist ticket, check in dan boarding akan anda dapatkan dari keanggotaan GarudaMiles Gold

Rekomendasi tersebut murni berasal dari pandangan pribadi saya sebagai masyarakat umum.

Manfaat terbesar dari Garuda Indonesia Citi Card Visa Signature adalah tambahan kuota bagasi sebesar 20 kg. Manfaat tersebut akan sangat berguna bagi anda apabila anda sering bepergian dengan bagasi tambahan. Biaya bagasi tambahan Garuda Indonesia tergolong mahal dan bervariasi tergantung rute penerbangan. Anda bisa menghemat hingga jutaan rupiah dengan manfaat ini.

Anda bisa menuju ke tautan ini untuk informasi lengkap tentang biaya bagasi tambahan Garuda Indonesia.

Penutup

Dengan adanya 2 bank yang mengeluarkan kartu kredit co-brand Garuda, ini tentunya menjadi hal yang positif bagi konsumen. Bank akan berlomba-lomba untuk memberikan manfaat terbaik agar dapat menarik nasabah. Dikarenakan anda hanya bisa memiliki 1 kartu kredit co-brand Garuda, saya lebih menyarankan BNI Garuda Visa Signature secara keseluruhan.

Apakah anda sudah memiliki kartu co-brand Garuda Indonesia? Mana kartu co-brand pilihan anda?