DEVALUASI: Mandiri Visa Signature untuk GarudaMiles Per 1 Juni 2020

Per 1 Juni 2020, kartu kredit Mandiri Visa Signature akan mengalami devaluasi untuk penukaran Fiestapoin menjadi GarudaMiles.

Earning rate dari kartu ini akan turun 2 kali lipat dari 6.667 Rupiah = 1 GarudaMiles menjadi 13.334 Rupiah = 1 GarudaMiles/Asia Miles.

Devaluasi ini tentunya merupakan berita sangat buruk bagi pemegang kartu kredit Mandiri Visa Signature mengingat kartu ini hanya memiliki konversi poin kartu kredit yang bagus ke GarudaMiles.

Dan sekarang earning rate GarudaMiles dari kartu ini mengalami penurunan yang drastis, saya tidak akan ragu untuk melabeli kartu kredit ini sebagai salah satu kartu kredit top-tier dengan earning rate terburuk di Indonesia.

Secara singkat, berikut earning rate dari kartu kredit Mandiri Visa Signature per 1 Juni 2020:

  • Transaksi 13.334 Rupiah = 2 Fiestapoin yang bisa ditukarkan dengan 1 GarudaMiles
  • Transaksi 20.000 Rupiah = 3 Fiestapoin yang bisa ditukarkan dengan 1 KrisFlyer
  • Transaksi 20.000 Rupiah = 3 Fiestapoin yang bisa ditukarkan dengan 1 Asia Miles

Baca juga: Review Kartu Kredit Mandiri Visa Signature


Bagaimana dengan kartu kredit lainnya?

Sekilas, hanya kartu kredit ‘Signature’ yang mengalami devaluasi.

Berdasarkan website Mandiri, terdapat 2 jenis kartu kredit Mandiri yang memiliki label ‘Signature’ yakni Mandiri Visa Signature dan Mandiri Golf Signature.

Skema konversi Fiestapoin menjadi GarudaMiles sebelum devaluasi

Hal ini berarti kartu kredit Mandiri Prioritas MasterCard World dan Mandiri World Elite aman dari devaluasi ini.

Earning rate dari kedua kartu kredit tersebut untuk GarudaMiles masing-masing masih akan tetap pada 6.667 (Prioritas MasterCard World) dan 5.000 (Mandiri World Elite).


Baca juga: Baru – Kartu Kredit Mandiri Prioritas MasterCard World


Penutup

Gelar from hero to zero mungkin sangat cocok disematkan pada kartu kredit Mandiri Visa Signature.

Bagaimana tidak, pada titik tertingginya, kartu kredit ini menawarkan status GarudaMiles Platinum, memberikan welcome bonus berupa cashback dan airline miles, dan memiliki earning rate GarudaMiles yang cukup bagus.

Sekarang, kartu kredit ini tidak menawarkan status elit apapun, mendevaluasi welcome bonus, dan sekarang mereka juga bahkan mendevaluasi earning rate GarudaMiles.

Kartu kredit Mandiri Visa Signature sempat menjadi kartu kredit yang cukup bagus

Dulu, saya sempat ingin memiliki kartu kredit ini namun setelah kabar devaluasi ini, saya berubah pikiran 180 derajat 😉

.

Apa pendapat Anda mengenai devaluasi GarudaMiles untuk kartu kredit Mandiri Visa Signature ini? 

Share
20 comments
  1. Dan saya juga tertipu dengan kartu kredit ini berulang2, per Desember 2019 saya ditawarkan marketing second card kartu ini dan dijanjikan akan ada welcome bonus 5000 fiesta poin serta cashback senilai 1jt. Per Januari 2020 kartu saya jadi,saya langsung lakukan transaksi, namun cashback tidak turun dan ketika saya telepon CS katanya karena saya sebelumnya sudah memiliki kartu kredit mandiri jadi tidak eligible untuk mendapat cashback tersebut, padahal pihak marketing menyampaikan hal sebaliknya.

    Welcome bonus pun katanya turun setelah 3bln yang artinya cair di billing saya bln April juga tak kunjung diberikan, saya telepon hanya dikatakan akan di follow up team terkait dan sampai saat ini tidak ada kejelasan.

    Ditambah berita buruk devaluasi per Juni ini, fix saya akan menutup kartu ini setelah welcome bonus saya cair

    1. Gk heran, MANDIRI CSO untuk seluruh team perbankan, KK, dll Memang gak layak. Dibanding dengan bank2 luar negeri seperti HSBC/CIMB & Patokan lokal BCA, Mereka ketingalan jauh.

      Tak jauh tak lain Karena BUMN. Semoga pemerintah Bisa membenahi BUMN2 biar bs bersaing dengan lokal swasta & International.

      Komen ini pun berlaku untuk Garuda.

      Dan menurut PP apakah devaluasi2 dari kartu kredit sebagian juga Mungkin dari pihak maskapai? Bisa Jadi maskapai yg mendevaluasi kan kartu kredit tertentu karena “non performing ” Atau Mereka me dapat kan Lebih banyak benefit dari Bank tertentu Dan mem prioritas kan kartu kredit lain.

  2. Sangat mengecewakan, awalnya kartu ini adalah kartu utama saya untuk mengumpulkan mile, setelah devaluasi berarti saatnya pindah ke kartu yang lain

  3. Devaluasi semua poin CC ke garuda miles kecuali poinnysA bank pemegang saham Garuda.

    U think its coincidence?

    1. Bank pemegang saham garuda apa saja? Apakah bank m*ga termasuk?
      Kalau cimb jcb ultimate juga termasuk devaluasi.. Penukaran Asia Miles nya pun tutur kena devaluasi juga jd bingung

  4. Padahal br dapet februari ini dan baru 2 bulanan jadi cc utama karena program mjles itu..
    Skrg uda menurun sepert cc mandiri platinum …

    Sedih nian..

    1. Saya bukan bela Mandiri, tp pengalaman sy beragam. Setelah lebih dr 10 thn, Des 2016 sy tutup Mand Visa plat walau tiap thn sy dibebaskan iuran krn
      – earning rate yg amat rendah
      – jarang/hampir tdk ada promosi menarik u/ sy
      -kesal, apply auto debet PLN, tel, mobile bisa tel CSO, waktu batal hrs email ke Mand disertai copy ktp dan copy kartu kredit (what? Kamu yg issue koq minta lg?). No other bank ever requests such.
      5 Okt 2018 sy keGATF, sbg sponsor utama, Mand buka booth di depan dan memberikan karcis masuk gratis bila apply dan cashback 1 juta bila disetujui, sy apply visa signature, disetujui dan sy pakai, 3 Des 18 sy dpt cashback dg detail: CASHBACK, I. CB-Prog Amortisasi welcome bonus GATF.
      Sy sdh pernah punya kk Mand sebelumnya tp sdh tutup hampir 2 thn tp tetap dpt cashback.

      Hanya saja sy tdk pakai Mand setelah 1 Feb 19 dan semua bank lain yg mengenakan iuran 5000 atas sms notif kecuali terpaksa. Apalagi paling enek bank Mega selain iuran sms notif, mrk kenakan e-billing statement fee 5000, gila tujuan pakai email kan spy tdk pakai kertas dan kurir fee, belum lagi tukar point kena 50,000 tanpa alternative.

      Sy punya kartu top tier Amex BCA, Citi Prestige, CIMB VI, JCB dan Accor, sy pikir bank penerbit kartu salah besar mengurangi earning rate pd saat pandemi covid. Kartu yg akan dipakai adalah kartu yg menambah earning rate spt kartu yg sy dan keluarga sy pakai (sbg supplement) sekarang adalah Amex BCA, sejak 25 Mar – 31 Mei malah earning jd 2500/mile, walau sering merchant menolak seperti Eaton jl Pejuangan, Honda service di jl Panjang tp umumnya banyak yg terima, yg paling luar biasa pemakaian dg mata uang asing min 3 juta bisa dicicil 0% selama max 24 bln (tnc apply)

  5. Jadi kaartu kredit terbaik untuk mengumpulkan garuda miles apa ya ? Selain kartu kredit mandiri prioritas dan kartu mandiri world elite, kedua kartu ini kan khusus segmen prioritas..

  6. aneh yah bank bumn Mandiri kalah bargaining dgn bank mega. Padahal saham pemerintah lebih besar dari CT. Bank Mandiri devaluasi pasti karena garuda menaikan harga garuda miles. Direksinya orang CT sih

  7. waduh, saya udah melas-melas nggak di approve ini kartu kredit, karena mau niatnya buat ngumpulin garuda miles, padahal saya punya yang versi platinum limirnya juga sudah 3 digit, tapi emang jarang saya pakai…, , syukur deh di devaluasi 🙂

  8. Barusan saya komunikasi dengan call centre kartu kredit mandiri perihal devaluasi poin ini.. kog menurut cs kartu kredit bank mandiri malah gak ada info sama sekali devaluasi ini ya mulai bulai juni…

  9. Saya punya cc ini dengan limit 200jt dan pemakaian bulanan saya biasanya bisa sampai 100jt di cc ini sendiri. Dengan berita devaluasi ini, apakah ada cc mandiri lain dgn rates yang lebih bagus. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea