Sweet Spot: Gunakan GarudaMiles untuk Upgrade Tiket Penerbangan Anda

Cara paling praktis untuk menukarkan GarudaMiles adalah dengan langsung menukarkan miles tersebut menjadi tiket. Hanya saja, tahukah Anda bahwa terdapat suatu alternatif untuk memaksimalkan nilai GarudaMiles Anda yaitu dengan terbang di kelas bisnis atau bahkan utama (first class) dari maskapai Garuda Indonesia menggunakan upgrade tiket dengan miles.

Apa Itu Upgrade Tiket? Bagaimana Saya Bisa Upgrade Tiket Penerbangan Garuda?

Konsep upgrade tiket sendiri adalah Anda memesan tiket awal di kelas yang lebih rendah, namun terbang di kelas yang lebih tinggi (misalnya dari kelas ekonomi ke kelas bisnis).

Garuda sendiri memiliki 4 jenis upgrade untuk penerbangannya:

Jenis UpgradeKetersediaanPembayaranKapan mengajukanKapan disetujui
Bayar selisih tarifSelama ada
kursi dijual
CashKapanpunInstan
BidUpgradeTidak pastiCashHingga H-2
keberangkatan
Dalam H-2
keberangkatan
Upgrade dengan milesSelama ada
kursi award
MilesKapanpunInstan
Upgrade di bandara*Selama ada
kursi dijual
CashSaat di bandaraInstan
* Pernah tersedia, namun tidak pasti tergantung program dari Garuda.

Dari opsi di atas:

  • Upgrade dengan selisih tarif cukup mahal (sama saja dengan membeli tiket kelas bisnis)
  • Penawaran BidUpgrade hanya selisih sedikit dibandingkan dengan selisih tarif, dan itu pun belum pasti
  • Program upgrade di bandara walaupun bisa cukup murah belum tentu tersedia.

Oleh karena itu, bisa dibilang cara yang paling pasti dan murah untuk upgrade adalah dengan upgrade kelas penerbangan menggunakan miles.

Ada 4 cara untuk upgrade ke kelas bisnis atau utama saat terbang dengan Garuda.

Seberapa Menguntungkan Upgrade dengan GarudaMiles?

Apabila digunakan dengan tepat, upgrade dengan miles bisa memberikan nilai per mile yang tinggi.

Sebagai contoh, beberapa bulan lalu saya pergi di kelas utama (first class) Garuda Indonesia dari Jakarta CGK ke Bali DPS. Karena saat itu sedang tidak ada promosi penukaran miles, menurut award chart GarudaMiles penerbangan tersebut memerlukan:

  • Harga tiket normal: ~Rp11.000.000,
  • Penukaran tiket langsung: 45.300 miles + Rp135.000 (valuasi Rp240/mile),
  • Upgrade dengan miles:
    • Tiket kelas ekonomi (subkelas Y): Rp1.877.700,
    • Upgrade dengan miles (ekonomi subkelas Y ke kelas utama): 22.800 miles,
    • Total: Rp1.877.700 + 22.800 miles (valuasi Rp400/mile, 67% lebih tinggi).
Dapatkan valuasi miles yang jauh lebih tinggi dengan menggunakan program upgrade dengan miles.

Sebelum Anda bertanya:

  • Biaya perubahan tiket yang sudah di-upgrade dengan miles mengikuti ketentuan tiket awal dan ketentuan tiket miles. Menggunakan contoh di atas, apabila saya melakukan perubahan jadwal, maka biaya yang dikenakan adalah:
    • Tiket awal: Rp0 (tiket kelas ekonomi subkelas Y bisa diubah tanpa biaya), plus
    • Sertifikat upgrade miles: 4.560 miles (20% jumlah miles awal – ini sama dengan biaya perubahan tiket hasil penukaran miles secara umum di GarudaMiles),
    • Total: Rp0 + 4.560 miles.
  • Karena subkelas tiket menggunakan subkelas tiket award standar (R/O/X), manfaat yang didapatkan sama dengan tiket hasil penukaran langsung. Sebagai contoh, sebagai penumpang kelas utama saya tetap mendapatkan fasilitas antarjemput dari/ke bandara dan dapat memilih kursi tanpa biaya.
Fasilitas airport transfer tetap diberikan bagi penumpang kelas utama, termasuk yang mendapatkan tiketnya dari upgrade dengan miles.

Secara umum, menurut award chart GarudaMiles jumlah miles yang dibutuhkan untuk upgrade adalah (untuk domestik dibulatkan ke 100 miles terdekat; tidak dibulatkan untuk internasional):

  • Ekonomi (subkelas Y/B/M/K/N) ke bisnis/utama: Selisih miles dari award kelas ekonomi ke award kelas bisnis/utama – 20%
  • Ekonomi (subkelas lain, termasuk award kelas ekonomi) ke bisnis/utama: Selisih miles dari award kelas ekonomi ke award kelas bisnis/utama
  • Bisnis (subkelas J/C) ke utama: Selisih miles dari award kelas bisnis ke award kelas utama – 20%
  • Bisnis (subkelas lain, termasuk award kelas bisnis) ke utama: Selisih miles dari award kelas bisnis ke award kelas bisnis/utama

Berikut daftar jumlah miles yang dibutuhkan untuk beberapa rute populer dari/ke Jakarta CGK:

JarakTujuanEkonomi ke BisnisEkonomi ke Utama
Domestik
0 – 250 miles
Bandar Lampung TKG
Belitung TJQ
2.300 / 2.900
Domestik
250 – 500 miles
Surabaya SUB
Yogyakarta YIA
Palembang PLM
4.600 / 5.800
Domestik
500 – 750 miles
Denpasar DPS
Lombok LOP
8.500 / 10.70022.800 / 28.500
(khusus CGK-DPS)
Domestik
750 – 1.000 miles
Medan KNO
Balikpapan BPN
Makassar UPG
10.800 / 13.600
Domestik
1.000 – 1.500 miles
Manado MDC
Ambon AMQ
14.800 / 18.500
Domestik
1.500 – 2.000 miles
Sorong SOQ17.100 / 21.400
Domestik
> 2.000 miles
Jayapura DJJ21.000 / 26.300
Internasional
0 – 1.000 miles
Singapura SIN
Kuala Lumpur KUL
8.000 / 10.00024.560 / 30.700
(khusus CGK-SIN)
Internasional
1.000 – 1.500 miles
Bangkok BKK9.600 / 12.000
*jumlah miles dalam (upgrade dari ekonomi subkelas Y/B/M/K/N) / (upgrade dari ekonomi subkelas lain, termasuk ekonomi award)

Bagaimana Cara Upgrade Tiket dengan GarudaMiles?

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan untuk melakukan upgrade:

Cari ketersediaan tiket award

Upgrade tiket dengan GarudaMiles akan mengambil ketersediaan kursi award normal – dalam arti, tidak ada kuota khusus dibandingkan dengan penukaran miles yang langsung menjadi tiket kelas bisnis/utama. Oleh karena itu, silakan cari ketersediaan kursi di situs Garuda seperti biasa.

Opsi ini hanya dapat dilakukan apabila Anda sudah memiliki miles yang cukup untuk melakukan penukaran langsung menjadi tiket kelas bisnis/utama. Apabila miles Anda belum mencukupi, Anda dapat langsung memeriksa ketersediaan kursi award di kantor penjualan Garuda atau menghubungi:

Pesan tiket kelas ekonomi berbayar

Untuk memanfaatkan program upgrade dengan miles, saya sangat menyarankan Anda untuk upgrade dari tiket kelas ekonomi berbayar.

Karena harga tiket kelas ekonomi jauh lebih murah dibandingkan dengan tiket kelas bisnis (dan bahkan untuk tiket domestik memiliki tarif batas atas), maka Anda dapat memperoleh valuasi yang tinggi dengan meng-upgrade tiket tersebut.

Anda dapat memesan tiket kelas ekonomi tersebut seperti biasa, baik dari agen travel atau langsung melalui Garuda – semua tiket kelas ekonomi berbayar dapat di-upgrade. Ini artinya, Anda dapat menggunakan tiket hasil spending reward CIMB Niaga Preferred Visa Infinite maupun CIMB Niaga Preferred Visa Infinite Syariah untuk di-upgrade menjadi tiket kelas bisnis atau utama.

Tiket dari spending reward CIMB Niaga Preferred Visa Infinite Syariah dapat di-upgrade ke kelas bisnis.

Upgrade tiket ke kelas bisnis/utama

Tergantung siapa yang akan terbang dan dimana tiket diterbitkan, Anda dapat melakukan upgrade di call center atau harus melalui kantor penjualan:

Tiket diterbitkan olehPenumpangCall centerKantor penjualan
Garuda (online, call center)Diri sendiri
Orang lainx
Agen travel (termasuk spending
reward
kartu CIMB Niaga)
Diri sendirix
Orang lainx

Apabila Anda memesan tiket langsung dari Garuda untuk diri sendiri, Anda dapat langsung memesan upgrade melalui call center di:

Apabila Anda pergi ke kantor penjualan Garuda, Anda hanya perlu menyiapkan kartu identitas dan tiket awal – form upgrade sudah tersedia di kantor dan dapat diisi di tempat.

Saat Anda melakukan upgrade tiket, Anda dapat juga langsung memilih kursi yang diinginkan, dan kemudian dalam beberapa saat tiket baru Anda akan dikirimkan melalui email.

Dibandingkan dengan lembar tiket lama Anda, lembar tiket baru Anda:

  • Memiliki nomor tiket yang sama (126-xxx untuk lembar tiket Garuda),
  • Di subkelas yang berbeda (R untuk kelas utama award, O untuk kelas bisnis award – sama seperti penukaran langsung) dan dengan basis harga mengikuti kelas award (contoh, RBP00N1S untuk kelas utama award),
  • Di nilai total tertulis NO ADC (tidak ada biaya tambahan; kecuali apabila pajak yang dibayarkan bertambah dan Anda perlu membayarkan selisihnya saat upgrade) – harga tiket awal akan tetap muncul di bagian tarif dan pajak, dan
  • Di batasan tiket biasanya akan ditulis keterangan baru seperti ini (keterangan tambahan mungkin akan ditulis juga tergantung program yang berlaku):
    • Rebook 20% (perubahan jadwal dikenakan 20% miles tambahan),
    • Redeposit 20% (refund tiket atau pembatalan upgrade akan memperoleh miles 20% lebih sedikit),
    • Sertifikat upgrade nomor … (nomor referensi internal Garuda).

Baca juga: Panduan Lengkap Garuda Indonesia First Class


Penutup

Walaupun cukup kompleks, upgrade tiket dengan menggunakan GarudaMiles bisa membantu meningkatkan valuasi miles Anda, dan juga sekaligus menghemat miles untuk penukaran berikutnya.

Apabila Anda berencana untuk terbang di kelas bisnis atau utama Garuda Indonesia, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memanfaatkan fasilitas upgrade menggunakan GarudaMiles ini.

Apakah Anda akan menukarkan GarudaMiles untuk meng-upgrade tiket Anda ke kelas bisnis atau bahkan First Class?
Share

8 comments
  1. Tadi sempat test mau upgrade.. kata CS garuda klo tiket yg redeem pake GM uda habis, jd gak bisa upgrade pake miles.. harus pakai cash ..

    1. Halo Atingfong,

      Betul, seperti dijelaskan di atas ketersediaan kursi untuk upgrade dengan GarudaMiles menggunakan ketersediaan kursi untuk award standar (subkelas R/O), bukan mengikuti ketersediaan kursi berbayar.

  2. Sudah coba untuk mau upgrade tp masa jatah Upgrade Award cuman 1 aja per flight? Ga banget deh. Padahal pgn bgt untuk balik dari DPS GA417.

    1. Halo Tama,

      Ketersediaan kursi award (upgrade atau redeem langsung) di kelas bisnis memang tidak terlalu banyak – umumnya Garuda membuka 2 kursi kelas bisnis tiap penerbangan yang bisa ditukarkan dengan miles. Apabila ada cukup miles dan tiketnya fleksibel, coba pertimbangkan untuk upgrade ke kelas utama/first class di penerbangan lain di hari yang sama.

  3. Berarti lebih menguntungkan beli tiket ekonomi lalu upgrade ke bisnis daripada langsung redeem miles kelas bisnis? Apakah ini cocok juga utk penerbangan international ? Kl iya apakah cocok juga utk loyalty program lainnya? Terimakasih

    1. Halo Tjahjono,

      Betul, kecuali kalau memang Garuda sedang ada promo penukaran miles untuk langsung menjadi tiket kelas bisnis/utama. Ini bisa saja worth it untuk penerbangan internasional, tapi lebih case by case karena tiket kelas ekonomi internasional bisa jauh lebih mahal daripada domestik.

  4. Hai, dari penjelasan di atas
    Total: Rp1.877.700 + 22.800 miles (valuasi Rp400/mile, 67% lebih tinggi)..
    Bagaimana cara menghitung valuasi Rp 400/mile tsb?
    Tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea