Review: Kartu Kredit DBS Travel Visa Platinum (Updated)

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit DBS Travel Visa Platinum menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit DBS Travel Visa Platinum adalah kartu kredit mid-tier dari bank DBS Indonesia ditujukan untuk para traveler aktif dan merupakan versi inferior dari kartu kredit DBS Travel Visa Signature.

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh digibank mileage yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran efektif digibank mileage menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 1 digibank mileage = 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang berbeda untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 10.000 = 1 digibank mileage
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 8.000 = 1 digibank mileage
Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp10.000.000 Masa Berlaku
Poin
Seumur hidup
Kartu Kredit
Referensi
Perlu Min.
Transfer
Setara 5.000 miles
Biaya Tahunan
Rp750.000 Rekanan
Penukaran
  • GarudaMiles
  • KrisFlyer
  • Asia Miles
Welcome Bonus
2.000 miles Biaya
Penukaran
Gratis (online)
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp10.000/mile Penggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp8.000/mile Manfaat di
Bandara
Minuman di Starbucks
gratis 24x/tahun

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles/Qantas setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 10.000. Nilai yang didapat adalah 2.

Sedangkan untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles/Qantas setiap melakukan transaksi setara Rp 8.000. Nilai yang didapat adalah 2.

Nilai: 2

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan total 2.000 digibank mileage atau setara dengan 2.000 airline miles setelah pemakaian kartu sebesar 1 juta Rupiah dalam periode 2 bulan setelah kartu disetujui.

Nilai: 0.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner yaitu Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Gratis 1 minuman di Starbucks bandara di Indonesia selama spending pada billing statement sebelumnya mencapai 5 juta Rupiah. Fitur ini bisa digunakan sebanyak 24 (dua puluh empat) kali setahun.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp 750.000 per tahunnya dan kemungkinan besar bisa di waive jika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan 20.000 digibank mileage untuk menghapuskan iuran tahunan Anda.

Namun, saya menyarankan Anda untuk menelpon call center DBS untuk meminta penghapusan iuran tahunan secara gratis karena saya berhasil melakukan hal tersebut sebelumnya. Sistem yang digunakan untuk penghapusan iuran tahunan adalah reimbursement.

Nilai: 0.8

Total Nilai: 4.3 / 10

“Kartu kredit mid-tier dari Bank DBS Indonesia yang memiliki earning rate dan konvertibilitas yang cukup baik untuk kartu di kelasnya.”

 

Penutup

Kartu kredit DBS Travel Platinum adalah salah satu kartu kredit mid-tier terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan miles.

Apabila Anda masih belum memiliki ‘cukup limit’ untuk mengajukan kartu kredit top-tier, maka tidak ada salahnya Anda mengumpulkan airline miles di kartu ini untuk sementara waktu sebelum mengajukan kartu kredit top-tier dengan earning rate yang lebih bagus.

Satu hal lagi saya sukai dari kartu kredit ini adalah sifatnya yang all-rounder di mana jika Anda mencari kartu kredit yang bagus dari berbagai aspek, maka kartu kredit DBS Travel Visa Platinum ini sangat layak Anda pertimbangkan untuk miliki.

.

Apakah Anda tertarik untuk mengajukan kartu kredit DBS Travel Visa Platinum?


Perubahan

*Pada 1 Juni 2019: Devaluasi welcome bonus dari 7.500 airline miles menjadi 2.000 airline miles

*Pada 1 Januari 2020: Devaluasi fitur Starbucks Bandara dari sebelumnya 24x setahun menjadi 6x setahun

*Pada awal tahun 2020: DBS menghapus opsi penukaran digibank mileage menjadi Qantas Points


 

Share
35 comments
  1. Minggu lalu saya coba telp ke call centre untuk mengajukan upgrade ke signature, trnyata sistem dbs sementara tidak bs proses upgrade jenis kartu sampai dengan waktu yg blm ditentukan.

    1. Kelvin,

      Terimakasih atas informasinya. Akan saya konfirmasi dengan pihak DBS untuk masalah ini. Seharusnya gangguan sistem hanya bersifat sementara sehingga dalam waktu 1-2 minggu Anda akan bisa mengajukan kembali permohonan upgrade kartu ke signature ini.

  2. Baru kemarin saya telfon dari call center dbs, untuk digibank milleage sudah bisa ditukar dengan 4 airline dengan tambahan Qantas. Untuk welcome bonus sebesar 7500 juga sepertinya sudah dihilangkan.

    1. Halo Fredianto,

      Terimakasih banyak atas informasinya!! Akan saya konfirmasi dengan pihak DBS untuk penukaran dengan miles Qantas ini secepatnya. Jika memang betul, maka hal tersebut tentunya menjadi berita baik bagi pemegang kartu kredit DBS.

      Bonus 7.500 miles masih ada untuk kartu yang disetujui sampai dengan 31 Juni ini, saya sudah menanyakannya pada pihak terkait.

  3. Saya sudah telp 2 atau 3 minggu yang lalu mengenai upgrade ke Sign. Namun sayangnya untuk waktu yang tidak ditentukan upgrade belum bisa :(. Apabila sudah bisa mohon pinter poin untuk mengulasnya diartikel kembali supaya terupdate. Thx

    1. Upgrade kartu platinum ke signature uda bisa. Saya barusan telp ke call centre. Sayangnya kita langsung ditagih iuran tahunan seteah aktivasi kartu dan sementara satu”nya cara untuk menghapus iuran tahunan adalah dengan memotong poin sebesar 25.000.

    1. Sy coba bbrp x bulan Juli sampai awal Agt kemarin untuk upgrade dr platinum ke signature karena system tidak bisa, dan sy coba bbrp x mengajukan pengajuan baru utk signature melalui web, balasan sy terima balasan email akan dihubungi pihak marketing, tetapi tidak pernah ada yang menghubungi sy.
      harus bagaimana ya kalau mao upgrade atau apply skrg? 🙁

  4. Hai kak, apa ada welcome bonus yang kita terima, jika kartu Kredit kita disetujui?

    Perhari ini Kartu Kredit Travel Visa Platinum saya sudah disetujui, kira2 apa benefit yg biasanya kita dapat setelah kartu disetujui?

  5. Saya baru saja telp CS untuk upgradr ke visa signature, namun saat ini tidak dapat upgrade sampai batas waktu yg belum di tentukan..

    1. Halo Ardi,

      Biasanya terdapat beberapa syarat sebelum upgrade kartu kredit bisa disetujui. Jika usia kartu kredit DBS Travel Platinum Anda masih berada di bawah 6/9 bulan dan limitnya belum mencapai 50 juta Rupiah, maka mungkin Anda masih belum bisa mengajukan upgrade ke cc DBS Travel Visa Signature.

        1. Wawan,

          Ups saya salah tulis. Yang benar setelah limit kartu kredit ini mencapai 50 juta Rupiah, Anda bisa meng-upgrade-nya menjadi kartu kredit DBS Travel Visa Signature.

  6. Halo, sebelumnya terima kasih atas post2 kartu kredit di PinterPoin karena jadi memotivasi saya untuk mulai membuat kartu kredit untuk menabung miles.

    Saat ini DBS Travel merupakan cc tujuan yang saya ingin miliki apalagi karena kebetulan Maret 2020 nanti saya akan ke luar negeri, jadi rasanya pas untuk mengumpulkan banyak miles dari trip tersebut. Saya sedang bingung untuk apply DBS Travel yang Platinum atau Signature karena takut ditolak.. apalagi mengingat saya ada batasan waktu (kalau bisa sudah ada sebelum Maret 2020 sehingga momentumnya pas untuk mencapai minimum spending dan mendapatkan welcome bonus).

    1. Kira-kira sebenarnya untuk mencapai mid-tier dan top-tier, berapa limit cc yang harus dimiliki oleh seseorang ya? Saat ini saya sudah memiliki cc BCA dengan limit Rp20.000.000. Apakah saya sudah eligible untuk salah satu dari cc DBS Travel?
    2. Apakah minimum waktu bekerja seseorang menentukan diterima tidaknya pengajuan cc atau hanya penghasilan bulanan saya yang menjadi tolak ukur?

    Terima kasih!

    1. Halo Clement,

      Menjawab pertanyaan Anda:
      1. Anda bisa mencoba mengajukan kartu kredit DBS Travel Platinum karena limit minimal cc tersebut adalah 20 juta Rupiah. Untuk Travel Visa Signature saya rasa masih sangat berat karena limit minimal cc tersebut adalah 50 juta sedangkan limit Anda saat ini hanya 20 juta. Alternatifnya, Anda bisa juga coba apply kartu kredit UOB PRIVI Miles.

      2. Minimum waktu bekerja seseorang tidak berpengaruh terhadap keberhasilan pengajuan cc. Tolak ukur yang sangat penting biasanya adalah penghasilan bulanan, credit score (tingkat kolektabilitas), limit kartu kredit yang digunakan sebagai referensi.

      Anyways, PinterPoin mengkategorikan kartu kredit mid tier dengan limit 20-49 juta sedangkan top tier adalah kartu kredit dengan limit diatas atau setara 50 juta Rupiah.

      1. Terima kasih banyak atas jawabannya! Sangat menjawab kekhawatiran saya yang ingin mendaftar DBS Travel Signature namun takut ditolak, ternyata memang secara rasional belum bisa ya karena limit kartu tersebut cukup besar. Terima kasih juga dengan informasi limit dr tier-tier tersebut.

        Untuk UOB Privi Miles, berarti kartu tersebut adalah kartu mid-tier dengan limit di bawah 50 juta?

        1. Clement,

          Betul sekali. UOB PRVI Miles apabila dikategorikan berdasarkan limit minimum yang diberikan adalah kartu kredit mid-tier karena cc tersebut ‘hanya’ memiliki limit minimum 30 juta Rupiah.

    2. benar visa plat aja,travel susah jika limit referensi blm minimal ada 30jt meskipun ada yg dapat 3x lipas dari cc refensi di dbs

  7. Saya beli tiket cathay pasifik menggunakan kartu kredit dbs travel,dikarenakan banjir keberangkatan tidak dpt dilakukan karena akses ke bandara terputus.
    Apakah issurance dari kartu kredit ,saya bisa mengajukan claim?
    Terima kasih

  8. dbs travel visa platinum welcome bonusnya udah turun yah ? di website cuma tertera 2000 untuk platinum, 3000 untuk signature

  9. Melihat devaluasi welcome bonus (hanya dapat 2000 miles) dan tingkat perolehan, apakah masih worth it untuk menggunakan kartu ini ?
    Saya baru saja mendapat kartu ini dan sedang mempertimbangkan apakah worth it untuk di aktivasi.
    Mohon sarannya Pak

    1. Aurela,

      Masih worth it jika Anda tidak memiliki kartu kredit dengan earning rate yang lebih baik disbandingkan dengan kartu ini. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan fitur free Starbucks-nya juga terutama apabila Anda sering ke destinasi domestik.

  10. Saya mau tanya utk Upgrade kartu ke signature bila limit sudah 50jt, tu proses nya gimana? Krn saya pernh tanya ternyata tidak ada. Hal menarik dari DBS, dan terbitan UOB, CIMB, tiap 6 bulan limit kartu naik sendiri

  11. Saya sudah punya kartu ini lebih dr setahun dan limit saya sudah lebih dr 50 juta. Setiap kali minta upgrade selalu saja dr marketing bilang belum bisa. Apakah ad ai formasi atau cara lain bro?

    1. Addam,

      Sejak Maret lalu DBS menutup pengajuan kartu kredit baru maupun kenaikan limit maupun upgrade FYI.

      Saran saya, tunggu sampai pandemi corona reda, cari pihak marketing baru yang lebih kompeten, dan ajukan kembali pengajuan cc DBS travel Signature Anda ataupun hubungi pihak CS langsung.

  12. Dari zaman anz , limit Visa Platinum saya 50.
    Minta kenaikan limit, susahnya minta ampun.
    Akirnya terakir bisa naik +12.5.

    Minta upgrade juga tidak pernah di kabulkan.

    Akirnya ada kesempatan ketemu marketing DBS di semarang, saya mengajukan lewat dia.
    Langsung keluar DBS Sig limit 2xx.

    Jadi ada 2 CC DBS deh.

    1. Hai PTC,

      Boleh bantu di share ke sayakah kontak marketing di semarang tersebut? Karena saya sedang kesusahan ingin mengajukan DBS travel signature sejak peralihan dari anz dulu tidak bisa2 dapat, terima kasih banyak sebelumnya

  13. Siang, saya adalah pengguna kartu DBS sejak Maret 2020, thanks to this post. Saya ingin tanya berkaitan dengan program cicilan yang sekarang ini sedang gencar ditawarkan oleh Bank DBS. Sebenarnya, cicilan ini gunanya bisa untuk apa ya? Apakah maksudnya untuk mempermudah cashflow planning –misal uang bisa digunakan di deposito dulu sebelum bayar cicilan?

    Saya pengguna kartu baru sehingga tidak mengerti mekanisme cicilan ini. Apakah saya akan dikenakan bunga atau tagihan Rp 10 juta jika dijadikan cicilan berarti saya benar-benar hanya perlu membayar Rp 1 juta selama 10 bulan tanpa biaya apapun?

    Selama ini saya masih takut untuk mengajukan cicilan karena takut lupa membayar atau malah nanti jadi susah mengendalikan spendingnya. Terima kasih atas insightnya!

    1. Nana,

      Bergantung pada orangnya, maka tujuan mencicil tagihan adalah untuk meringankan cashflow bulanan namun dibalik itu tentunya ada biaya berupa bunga yang harus Anda bayarkan untuk cicilan tersebut.
      Errr, saya 100% dapat memastikan bahwa bunga cicilan > bunga deposito sehingga tidak bijaksana bagi Anda untuk mengalokasikan bunga cicilan untuk didepositokan, kecuali jika Anda ditawari cicilan 0%, maka beda cerita.

      Sekali lagi, bergantung pada bunga cicilan Anda, jika Anda telepon CS DBS mengajukan pengubahan tagihan jadi cicilan, maka Anda bisa dikenakan biaya bunga PER BULAN yang nominalnya bergantung pada penawaran/promo yang ada.
      Btw pengubahan transaksi menjadi cicilan di kartu kredit DBS akan menghilangkan semua poin dari transaksi tersebut, jadi saya tidak merekomendasikannya.

      Dan jika Anda tidak nyaman dengan cicilan (seperti saya), maka saya sarankan jangan mengubah trx menjadi cicilan, sesimpel itu 😀

      1. Terima kasih atas penjelasannya! Selama ini ketika ditawari oleh CS DBS itu mereka narasinya seakan2 saya nasabah terpilih yang “dihadiahi” fasilitas cicilan ini, tapi saya tidak pernah mau karena tidak mengerti mekanismenya. Kalau sudah tahu begini maka sudah jelas, memang sebaiknya tidak usah ubah menjadi cicillan apalagi apabila itu menghapus poin transaksi. Selalu merasa terbantu dengan Pinter Poin, sukses selalu!

  14. Untuk transaksi online di website luar negri apakah tetap dianggap transaksi di luar negri ya dalam perhitungan miles nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea