Asia Miles Anda Akan Expired? Berikut Alternatif Award Redemption Yang Bisa Anda Pertimbangkan.

Asia Miles dari Cathay Pacific merupakan salah satu program frequent flyer favorit saya. Selain cenderung mudah diperoleh dari mengkonversi point reward berbagai kartu kredit di Indonesia, program ini juga memiliki award flight redemption dengan harga miles yang cenderung bersahabat terutama untuk penerbangan short-haul dan medium-haul.

Asia Miles adalah salah satu Frequent Flyer Program yang cukup populer di Indonesia

Cathay Pacific sendiri merupakan salah satu maskapai di Indonesia yang menyediakan direct flight ke Hong Kong. Award redemption dari maskapai ini juga merupakan yang termurah di kelasnya apabila tanpa memperhitungkan promo, berikut adalah ilustrasinya:

  • Jakarta – Hong Kong (Cathay Pacific / Ekonomi one-way) = 10.000 Asia Miles
  • Jakarta – Hong Kong (Garuda Indonesia/ Ekonomi one-way) = 25.000 GarudaMiles
  • Jakarta – Hong Kong (China Airlines/ Ekonomi one-way) = 21.000 Dynasty Miles/ 27.500 GarudaMiles

Atau jika Anda ingin menukarkan miles Anda dengan penerbangan kelas bisnis untuk rute yang sama, berikut adalah ilustrasinya:

  • Jakarta – Hong Kong (Cathay Pacific / Business one-way) = 25.000 Asia Miles
  • Jakarta – Hong Kong (Garuda Indonesia/ Business one-way) = 45.000 GarudaMiles
  • Jakarta – Hong Kong (China Airlines/ Business one-way) = 30.000 Dynasty Miles/ 47.500 GarudaMiles

Bisa Anda lihat dari ilustrasi diatas bahwa untuk penerbangan medium-haul, Cathay Pacific dengan programnya yaitu Asia Miles lebih unggul dalam hal flight award redemption.

Asia Miles merupakan frequent flyer program dari Cathay Pacific, maskapai yang berbasis di Hong Kong. Kredit: Cathay Pacific.

Namun, pada post kali ini, saya tidak akan membahas mengenai award redemption untuk penerbangan melainkan alternatif penukaran Asia Miles yang Anda miliki untuk non-flight award redemption seperti hotel redemption maupun travel experiences redemption. Kebetulan, Asia Miles menjalin banyak kerja sama dengan hotel-hotel di Indonesia maupun di luar negeri. 


Baca Juga: Valuasi Miles & Poin Terkini


Bagaimana Jika Saya Tidak Berminat Menukarkan Asia Miles Saya Dengan Flight Award?

Terkadang, kita memiliki terlalu banyak miles dan terlalu sedikit waktu untuk berwisata sehingga tanpa kita sadari, miles kita sudah mendekati masa hangus (kadaluarsa).

Dalam kasus ini, saya menggunakan contoh diri saya sendiri yang mana Asia Miles yang saya miliki akan expired dalam waktu 2 bulan! Namun saya tidak berminat terbang, apa alternatifnya?

Sebagian Asia Miles saya akan expired akhir Mei nanti dan saya masih tidak punya rencana berwisata.

Sebagai seseorang yang berdomisili di Surabaya, saya senang mengetahui fakta bahwa Cathay Pacific memiliki penerbangan langsung ke Hong Kong. Sayangnya, saya tidak memiliki waktu untuk berwisata dan kurang tertarik untuk pergi ke Hong Kong saat ini.

Jadi, dilema saya adalah jika tidak pergi miles ini akan hangus tapi jika saya pergi… saya sudah pasti tidak akan enjoy the trip.

Dan memperpanjang Asia Miles bukan opsi yang menarik di mata saya. Memperpanjang usia Asia Miles yang akan expire seharga 40 USD (sekitar 560.000 Rupiah) per 2000 miles menurut saya terlalu mahal.

Memperpanjang usia Asia Miles Anda melalui opsi renewal bukan merupakan hal yang bijaksana dilakukan.

Perlu Anda ingat bahwa PinterPoin memvaluasi 1 Asia Miles seharga 210 Rupiah yang berarti valuasi 1.000 Asia Miles adalah 210.000 Rupiah. Tentunya tidak masuk akal apabila Anda ‘menebus perpanjangan usia’ Asia Miles dengan harga 280.000 Rupiah (20 USD) per 1.000 Miles untuk aset yang hanya memiliki harga 210.000 Rupiah.

Untungnya, saya teringat bahwa Asia Miles memiliki opsi penukaran award non-flight yang cukup menarik. Salah satu opsi yang paling menarik adalah menukarkan Asia Miles Anda dengan Travel Award seperti hotel award ataupun travel experience award.

Penukaran Asia Miles Dengan Akomodasi Hotel

Secara praktis, 1 AsiaMiles akan dihargai sekitar 0,7 ~ 0,8 USD (99,4 ~ 113,6 Rupiah) untuk penukaran award redemption berupa hotel. Perhatikan contoh dibawah:

Mem-booking kamar termurah di hotel bintang 5 di Surabaya ini membutuhkan 8.720 Asia Miles
Pada tanggal yang sama, akomodasi di hotel ini seharga 980.000 Rupiah

Apabila Anda membagi nominal rupiah yang seharusnya Anda bayar dengan Asia Miles yang perlu Anda keluarkan untuk menebus kamar di hotel ini, maka akan ditemukan valuasi 112,38 Rupiah (980.000 / 8.720) per 1 Asia Miles yang Anda tukarkan untuk hotel redemption award ini.

Singkat kata, hotel redemption adalah salah satu alternatif terbaik yang layak Anda pertimbangkan untuk tukarkan apabila Asia Miles Anda akan expired dan Anda tidak ada rencana berwisata ke destinasi di luar negeri.

Penukaran Asia Miles Dengan Travel Experience

Sama seperti hotel, 1 AsiaMiles akan dihargai sekitar 0,7 ~ 0,8 USD (99,4 ~ 113,6 Rupiah) untuk penukaran award redemption berupa travel experience. Perhatikan contoh dibawah:

Mem-booking travel experience award ini membutuhkan 2.370 Asia Miles
Harga dari atraksi ini sendiri adalah 237.600 Rupiah (Kurs 1 yen = 132)

Apabila Anda membagi nominal rupiah yang seharusnya Anda bayar dengan Asia Miles yang perlu Anda keluarkan untuk menebus travel experience award ini, maka akan ditemukan valuasi 100,2 Rupiah (237.600 / 2.370) per 1 Asia Miles yang Anda tukarkan untuk hotel redemption award ini.

Singkat kata, travel experience award juga merupakan salah satu alternatif terbaik yang layak Anda pertimbangkan untuk tukarkan.

Penutup

Penukaran airline miles untuk non-flight award redemption memang tidak bisa memberikan value setinggi flight award redemption. Hanya saja, alternatif penukaran ini layak Anda pertimbangkan apabila airline miles Anda akan hangus dalam waktu dekat (<6 bulan) dan Anda tidak ada rencana berwisata. 

Asia Miles sendiri menurut saya pribadi adalah salah satu Frequent Flyer Program terbaik dalam hal konversi miles menjadi non-flight award redemption. Hal ini dikarenakan Asia Miles banyak menjalin kerjasama dengan hotel di Indonesia maupun di luar negeri.

Oleh karena itu, opsi hotel redemption dari Asia Miles sangat variatif dari hotel bintang 1 sampai dengan hotel bintang 5. Hal yang sama jarang atau tidak bisa Anda temui di Frequent Flyer Program lain.

Apakah Anda tertarik menukarkan Asia Miles Anda untuk non-flight award redemption?

Share

4 comments
  1. Saya mau bertanya, saya ada berencana pergi ke jepang tahun depan.. saya sudah mengumpulkan point asia miles.. yang saya tanyakan saya dari surabaya menukarkan poin asia miles, langsung dari surabaya ke jepang atau tukar surabaya hongkong, hongkong jepang?
    Karena kalau di web asiamiles surabaya jepang pp tukar point nya 44.000, sedang surabaya hongkong pp 20.000, hongkong jepang pp 20.000 point
    Trus apakah ada saran, saya harus turun di bandara mana (tokyo haneda, narita atau osaka)? supaya tidak menunggu terlalu lama di hongkong nya..
    Rencana ke jepang ke disneyland dan universal studio..
    Terima kasih banyak..
    Salut atas adanya pinterpoin, sehingga membuat kita tau banyak hal2 tentang point yang kita tidak pernah tau sebelumnya..
    Sukses selalu untuk pinterpoin..

  2. Saya juga mengalami hal yang sama dimana Asia Miles saya akan segera expired di Februari kemarin. Tadinya saya berencana untuk menukarnya dengan award lain senilai miles yang expiring tersebut, namun setelah saya cek nilai harga barang dengan miles nya hampir semuanya sangat buruk valuasinya. Tidak terpikirkan untuk menukarkan dengan travel award dan akomodasi seperti yang disebutkan di artikel ini (memang ide yang lebih baik dibanding penukaran barang2 kecil) Tapi untungnya saya memang ada keperluan untuk redeem penerbangan ke China di akhir tahun. Award redemption Asia Miles dengan CX/KA dari Jakarta kelas ekonomi sangat menarik, hanya 10.000miles sampai Hong Kong. Saya mencoba beberapa kota dan ternyata 10.000 miles mencakup sampai beberapa kota di mainland China, Kebetulan tujuan saya Shanghai atau Hangzhou (kota yang berdekatan) namun untuk CGK-PVG diperlukan 22.000 miles dimana untuk CGK-HGH ternyata masih terhitung 10.000 miles. Jadi untuk redeem return Jakarta-Hangzhou (via HKG) hanya diperlukan 20.000 miles (normalnya tiket economy return di tgl tersebut sekitar 10,3jt, berarti value mile nya sekitar Rp515!)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea