CATATAN: Laman ini akan di perbaharui setiap tahunnya atau setiap ada perubahan signifikan pada suatu loyalty program.


Satu pertanyaan yang sering saya dapatkan adalah berapa nilai atau valuasi dari sebuah frequent flyer program atau hotel loyalty program. Jawabannya adalah valuasi setiap orang akan berbeda-beda tergantung bagaimana dengan penggunaan dari poin/miles tersebut.

Saya akan berusaha untuk menyediakan valuasi poin dan miles terkini. Laman artikel ini akan selalu diperbaharui setiap ada perubahan signifikan pada suatu loyalty program.

Penting untuk anda ketahui:

  • Seluruh valuasi dibawah adalah murni pendapat saya, bukan perhitungan resmi dari pihak maskapai/hotel
  • Harga/valuasi yang saya berikan adalah harga maksimum yang akan saya bayar untuk membeli 1 poin/mile jika diberi kesempatan untuk membeli poin/miles tersebut
  • Valuasi tersebut berdasarkan kemungkinan kegunaan dari poin/miles dari sudut pandang orang Indonesia (Contoh: British Airways Avios kurang bermanfaat bagi orang Indonesia namun memiliki valuasi tinggi bagi orang yang tinggal di Amerika atau Eropa)
  • Frequent flyer dan hotel loyalty program yang terdapat di artikel ini adalah mitra transfer dari kartu kredit di Indonesia

Frequent Flyer Program

Screen Shot 2018-08-11 at 10.37.12 AM.png

Valuasi diatas adalah murni pendapat saya berdasarkan potensi keuntungan yang bisa saya dapatkan dari tiap program. Anda bisa saja memiliki valuasi yang berbeda terhadap seluruh frequent flyer program diatas.

Hotel Loyalty Program

Screen Shot 2018-09-05 at 4.35.33 PM.png

Valuasi diatas adalah murni pendapat saya berdasarkan potensi keuntungan yang bisa saya dapatkan dari tiap program. Anda bisa saja memiliki valuasi yang berbeda terhadap seluruh hotel loyalty program diatas.

Bagaimana cara saya menghitung valuasi dari sebuah loyalty program?

Berikut rumus yang saya gunakan:

(Harga Asli Tiket – Biaya/Pajak Menggunakan Miles Untuk Tiket)

÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷Dibagi÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

(Jumlah Miles Diperlukan Untuk Tiket Tersebut + Miles Yang Berpotensi Untuk Anda Dapatkan Dari Membeli Tiket Dengan Uang)

Contoh:

Tiket economy class Singapore Airlines dari Jakarta – Singapore seharga Rp 1.800.000 sekali jalan. Anda bisa menggunakan 7.500 KrisFlyer miles (+S$15 untuk pajak dan biaya) untuk tiket tersebut. KrisFlyer miles yang berpotensi untuk anda dapatkan jika membayar dengan uang adalah 390 miles. Maka contoh hasil perhitungan valuasi dari penggunaan miles anda adalah:

(Rp 1.800.000 – S$15 atau Rp 150.000) ÷ (7.500 KrisFlyer Miles + 390 KrisFlyer Miles)

= Rp 209 / 1 mile

Penutup

Penting bagi anda untuk mengetahui valuasi dari poin/miles yang anda miliki sebelum menggunakannya. Selayaknya mata uang asing, anda harus menggunakan poin/miles anda dengan bijak.

Valuasi poin/miles versi PinterPoin adalah murni pendapat pribadi. Jika anda memiliki valuasi yang lain terhadap suatu program, jangan ragu untuk berdiskusi melalui kolom komentar di bawah.

Setujukah anda dengan valuasi poin/miles tersebut?