Panduan Untuk Pemula

Valuasi Poin & Miles Terkini

CATATAN: Laman ini akan di perbaharui setiap tahunnya atau setiap ada perubahan signifikan pada suatu loyalty program.


Satu pertanyaan yang sering saya dapatkan adalah berapa nilai atau valuasi dari sebuah frequent flyer program atau hotel loyalty program. Jawabannya adalah valuasi setiap orang akan berbeda-beda tergantung bagaimana dengan penggunaan dari poin/miles tersebut.

Saya akan berusaha untuk menyediakan valuasi poin dan miles terkini. Laman artikel ini akan selalu diperbaharui setiap ada perubahan signifikan pada suatu loyalty program.

Penting untuk anda ketahui:

  • Seluruh valuasi dibawah adalah murni pendapat saya, bukan perhitungan resmi dari pihak maskapai/hotel
  • Harga/valuasi yang saya berikan adalah harga maksimum yang akan saya bayar untuk membeli 1 poin/mile jika diberi kesempatan untuk membeli poin/miles tersebut
  • Valuasi tersebut berdasarkan kemungkinan kegunaan dari poin/miles dari sudut pandang orang Indonesia (Contoh: British Airways Avios kurang bermanfaat bagi orang Indonesia namun memiliki valuasi tinggi bagi orang yang tinggal di Amerika atau Eropa)
  • Frequent flyer dan hotel loyalty program yang terdapat di artikel ini adalah mitra transfer dari kartu kredit di Indonesia

Frequent Flyer Program

Screen Shot 2018-08-11 at 10.37.12 AM.png

Valuasi diatas adalah murni pendapat saya berdasarkan potensi keuntungan yang bisa saya dapatkan dari tiap program. Anda bisa saja memiliki valuasi yang berbeda terhadap seluruh frequent flyer program diatas.

Hotel Loyalty Program

Screen Shot 2018-09-05 at 4.35.33 PM.png

Valuasi diatas adalah murni pendapat saya berdasarkan potensi keuntungan yang bisa saya dapatkan dari tiap program. Anda bisa saja memiliki valuasi yang berbeda terhadap seluruh hotel loyalty program diatas.

Bagaimana cara saya menghitung valuasi dari sebuah loyalty program?

Berikut rumus yang saya gunakan:

(Harga Asli Tiket – Biaya/Pajak Menggunakan Miles Untuk Tiket)

÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷Dibagi÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

(Jumlah Miles Diperlukan Untuk Tiket Tersebut + Miles Yang Berpotensi Untuk Anda Dapatkan Dari Membeli Tiket Dengan Uang)

Contoh:

Tiket economy class Singapore Airlines dari Jakarta – Singapore seharga Rp 1.800.000 sekali jalan. Anda bisa menggunakan 7.500 KrisFlyer miles (+S$15 untuk pajak dan biaya) untuk tiket tersebut. KrisFlyer miles yang berpotensi untuk anda dapatkan jika membayar dengan uang adalah 390 miles. Maka contoh hasil perhitungan valuasi dari penggunaan miles anda adalah:

(Rp 1.800.000 – S$15 atau Rp 150.000) ÷ (7.500 KrisFlyer Miles + 390 KrisFlyer Miles)

= Rp 209 / 1 mile

Penutup

Penting bagi anda untuk mengetahui valuasi dari poin/miles yang anda miliki sebelum menggunakannya. Selayaknya mata uang asing, anda harus menggunakan poin/miles anda dengan bijak.

Valuasi poin/miles versi PinterPoin adalah murni pendapat pribadi. Jika anda memiliki valuasi yang lain terhadap suatu program, jangan ragu untuk berdiskusi melalui kolom komentar di bawah.

Setujukah anda dengan valuasi poin/miles tersebut?

8 Comments

  1. halo,
    berdasarkan valuasi diatas, nilai poin accor hotel merupakan yang tertinggi. Tapi sepertinya belum pernah/jarang diulas. Apakah memang rewards member accor hotel kurang menarik dibanding yang lainnya?

    • Saiasuria,

      Valuasi poin hotel tertinggi sebelumnya adalah Starwood Preferred Guests (SPG) dengan nilai Rp 405 per 1 poin. Namun karena sudah merger menjadi Marriott, maka valuasinya dibagi 3 mengikuti valuasi Marriott.

      Panduan lengkap Accor Le Club menyusul ya. Memang secara pribadi, saya jarang menginap di hotel Accor karena sudah memiliki status elite dengan Marriott, IHG, Hilton, dan Hyatt. Keempat brand hotel tersebut menurut saya jauh lebih superior untuk urusan benefit anggota dan jumlah properti di seluruh dunia.

      But who knows, mungkin kedepannya saya akan beralih ke Accor juga karena footprintnya yang cukup luas di Indonesia.

      Best,
      Vincent

      • saiasuria

        di tunggu untuk panduan accor le club. Karena bagi sebagian orang yang lebih sering bepergian dan menginap di hotel dalam negeri, member Marriot, IHG, Hilton, dan Hyat menjadi kurang bermanfaat.
        apakah ada member hotel yang menarik untuk diikuti bila sering menginap di kota2 besar di indonesia (terutama luar jawa dan bali)?
        terima kasih

        • Saiasuria,

          Sebenarnya kurang tepat juga. Untuk hotel budget, IHG dan Marriott mempunyai properti yang cukup banyak di Indonesia seperti Holiday Inn, Fairfield, Courtyart, dll. Seringkali, harga yang ditawarkan juga tidak berbeda jauh dengan hotel Accor seperti Mercure atau ibis.

          Untuk luar kota dan daerah, biasanya saya mencari terlebih dulu melalui travel agent seperti Expedia atau Traveloka untuk melihat apakah ada brand hotel yang tergabung dengan hotel loyalty program. Setiap loyalty program tentunya memiliki daya tarik tersendiri dan cara untuk me reward membernya sendiri.

          • saiasuria

            menarik sekali ternyata mengenai hotel loyalty program. Menurut pinter poin apa keuntungan hotel loyalty program bila dibandingkan dengan member di hotels.com (menginap 10 malam dapat gratis 1 malam) atau agoda (dengan pointmax utk mendapatkan miles frequent flyer program)?

            • Saiasurua,

              Setiap loyalty program memang menarik untuk dipelajari. Bagi saya, keuntungan dari membooking langsung dari website hotel adalah:

              1. Harga per malam termurah yang dijamin oleh pihak hotel
              2. Mendapat poin dan elite qualifying nights untuk status elite
              3. Saat anda memiliki status, perolehan poin akan bertambah
              dengan bonus dan mendapat manfaat seperti upgrade kamar, free breakfast, late checkout, dll.

              Menurut pengalaman saya, biasanya jika anda memilih untuk mendapatkan airline miles dari hotel, valuasi poin yang didapatkan tidak terlalu baik. Namun beda cerita jika sedang diadakan promosi bonus miles.

              Gratis malam di hotels.com didapat dari menghitung rata-rata harga hotel 10 malam yang anda inapi sebelumnya. Jika anda menginap di hotel-hotel budget, anda akan mendapat gratis 1 malam di kategori yang sama juga.

              Semoga membantu ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: