Trik Singapore Airlines Eropa Istanbul

Trik KrisFlyer: Business Class Singapore Airlines Rute Eropa, Hanya 49.000 Miles Sekali Jalan!

Update: Merujuk tabel penukaran Saver Awards per 5 Juli 2022, Rute Indonesia ke Turki telah mengalami devaluasi dari 49.000 miles menjadi 56.500 miles.

Artikel ini merupakan lanjutan dari trip intro Russia & Scandinavia yang saya publikasikan kemarin:

Trip Intro: Russia & Scandinavia, Istanbul New Airport, Sweet Spot Business Class Murah Dari Eropa

Seperti yang saya janjikan pada artikel sebelumnya, saya akan membagikan sweet spot trik menggunakan KrisFlyer miles untuk penerbangan Singapore Airlines & Star Alliance ke/dari Eropa.

Kursi business class yang sama dengan di pesawat A380 akan saya dapatkan di pesawat Boeing 777-200ER. Kredit: UponArriving.

Baca juga: Panduan Lengkap KrisFlyer, Frequent Flyer Program Singapore Airlines


Perjalanan secara sekilas

Saya akan mengunjungi Russia & Scandinavia pada awal bulan Juni 2019 nanti. Moscow akan menjadi kota persinggahan pertama dan Copenhagen akan menjadi kota terakhir di Scandinavia.

Bagi Anda yang penasaran, saya mendapatkan tiket economy class Oman Air seharga Rp 3.900.000 sekali jalan dari Jakarta – Moscow. Harga tersebut sangatlah terjangkau untuk ukuran penerbangan sekali jalan ke Eropa. Namun saya cukup kecewa karena melewatkan kesempatan untuk melakukan instant upgrade ke business class yang saya anggap worth it di rute Jakarta – Mucsat.

Sedangkan untuk penerbangan pulang ke Tanah Air, saya akan terbang di business class Singapore Airlines. Bagi kebanyakan orang, tentunya pencarian penerbangan yang akan dilakukan adalah: Copenhagen – Jakarta. Simpel.

Kali ini, saya akan membagikan sebuah sweet spot menggunakan trik stopover yang bisa Anda gunakan untuk menghemat KrisFlyer miles hingga 53,26% atau 43.000 KrisFlyer miles untuk penerbangan sekali jalan di business class Singapore Airlines!


Kunci dari trik ini adalah transit/stopover di Timur Tengah atau Middle East sebelum melanjutkan penerbangan ke Indonesia. Kenapa demikian?

Karena Singapore Airlines mematok harga 49.000 KrisFlyer miles untuk penerbangan sekali jalan dari Middle East ke Asia!

Berikut adalah daftar negara yang masuk dalam zona Middle East dalam program KrisFlyer:

Algeria, Armenia*, Azerbaijan*, Bahrain, Cyprus*, Egypt, Georgia*, Iran, Iraq, Israel*, Jordan, Kuwait, Lebanon, Libya, Morocco, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Syria, Tunisia, Turkey*, United Arab Emirates, Yemen.

*Negara Eropa yang masuk dalam zona Middle East pada program KrisFlyer.


Menariknya, Turki digolongkan sebagai negara di Middle East oleh Singapore Airlines. Anda hanya memerlukan 49.000 KrisFlyer miles untuk penerbangan business class sekali jalan dari Turki ke Indonesia.

Pemandangan kota Istanbul. Foto: Lonely Planet.

Perhatikan opsi penukaran KrisFlyer miles berikut:
  • Copenhagen – Singapore – Jakarta = 92.000 KrisFlyer miles + pajak & biaya SGD $42
  • Istanbul – Singapore – Jakarta = 49.000 KrisFlyer miles + pajak & biaya SGD $44

Berikut perbedaan durasi penerbangan dari Copenhagen dan Istanbul:

  • SQ 351 – Copenhagen – Singapore = 12 jam
  • SQ 391 – Istanbul – Singapore – 10,5 jam

Anda bisa menghemat 43.000 KrisFlyer miles jika terbang dari Istanbul! Padahal kedua negara tersebut merupakan negara yang sama-sama tergabung dalam uni Eropa.

Boeing 777-200ER Singapore Airlines yang melayani rute Istanbul. Foto: Wikipedia.

Cara saya menuju ke Istanbul

Karena harus terbang dari Istanbul, maka saya harus melakukan positioning flight terlebih dahulu dari Copenhagen. Anda bisa membaca tentang positioning flight di artikel PinterPoin ini.

Pada kasus seperti ini, saya menyarankan Anda untuk membeli tiket economy class yang murah atau jika Anda bersedia untuk splurge, Anda bisa menukarkan award partner Star Alliance menggunakan KrisFlyer miles seperti yang saya lakukan.

Untungnya, saya memesan Star Alliance award dengan harga lama sebelum devaluasi pada award Star Alliance mendatang (16 April 2019), dimana penerbangan yang sama akan naik dari 25.000 miles menjadi 29.000 miles.

Berikut detil penukaran KrisFlyer miles yang saya lakukan untuk penerbangan pulang dari Copenhagen menuju Jakarta:

  • 25.000 KrisFlyer miles + SGD $205 untuk penerbangan business class Copenhagen – Vienna (Austrian) lalu Vienna – Istanbul (Turkish Airlines)
  • 49.000 KrisFlyer miles + SGD $44 untuk penerbangan business class Istanbul – Singapore – Jakarta dengan Singapore Airlines

Alternatifnya, Anda juga bisa memilih Dubai sebagai persinggahan sebelum melanjutkan penerbangan pulang. Jika memilih Dubai, Anda kemungkinan besar akan melakukan koneksi melalui Zurich & terbang dengan SWISS atau Lufthansa.


Apakah Sweet Spot KrisFlyer hanya untuk penerbangan rute Eropa saja?

Sebenarnya terdapat cukup banyak award opportunity yang saya pandang sebagai sweet spot pada program KrisFlyer. Contohnya:

Business Class
  • Singapore Airlines: Indonesia/Singapore ke Afrika Selatan (Johannesburg) dengan 49.000 miles
  • Star Alliance (Air New Zealand): Australia – Tahiti dengan 31.000 miles
  • Star Alliance (United) East Coast Amerika Serikat (Contoh: New York) ke Hawaii dengan 34.500 miles
  • Star Alliance (SWISS, Lufthansa, Austrian, Turkish Airlines): Eropa ke Timur Tengah (Contoh: Istanbul, Dubai, Qatar) dengan 29.000 miles
First Class
  • Star Alliance (Lufthansa): Eropa ke Afrika Selatan dengan 80.500 miles

Harga miles diatas untuk penerbangan sekali jalan/one way.

Jika Anda memiliki sweet spot lainnya pada program KrisFlyer, bagikan melalui kolom komentar di bawah.

Penutup

Setiap loyalty program akan memiliki sweet spot tersendiri, seperti pada KrisFlyer ini, Anda bisa menghemat 43.000 miles untuk penerbangan ke/dari Eropa melalui Middle East. Tentunya trik ini bisa membantu Anda menghemat penggunaan KrisFlyer miles secara signifikan.

Semakin Anda mendalami dunia poin dan miles ini, maka akan semakin banyak informasi berharga yang bisa Anda dapatkan. Saya pribadi juga terus mempelajari hal-hal baru setiap harinya dan akan terus membagikan informasi kepada Anda semua.

Apakah Anda pernah memanfaatkan trik stopover di Middle East/Timur Tengah ini?

Share

27 comments
  1. Bro. Mau tanya biasa searching tiket dmn? Koq bisa dapat harga tiket oneway OMAN AIR CGK to Moscow 3.9jt sekali jalan? Karena kl saya coba harga rata2 segt baru bisa kita dapat kl kita membeli tiket roundtrip.

  2. Info nya Sangat menarik. Jadi Mungkin berikutnya kalau ada ke eropa lagi Bisa keluar nya lewat turki kalau Memang gk bawa anak2. Karena transit Sebenarnya Sangat makan waktu Dan tenaga.

    Kalau org dewasa pasti Oke tapi kalau bawa org tua atau anak2 terpaksa direct flight pilihan terbaik Tp maka Itu selalu lebih mahal.

  3. Bro… minta trik nya untuk JKT lAX pualang pergi bussines class ada opsi apa saja ya ?

    Pakai cathay dgn beli miles alaska atau ada yg lainnya ? Bgm komparasi nilai ekonominya ?

    Thanks sebelumnya

  4. Hi admin, i love your site but iis there any possible to add the auto translate to English function for foreigner like me who stay in Jakarta? Keep up your good work!

  5. Hi Bro Vincent,

    Boleh tahu gak trik buat cari di google flight baik domestik maupun international Flight, mau cari yang flight dengan 1 transit dan harga yang lebih murah dibandingkan direct flight bagaimana caranya?
    Semisal Jakarta ke Medan, selalu ditampilkan hanya yang rute langsung padahal kalau kita searching di situs airlinenya langsung misalkan via KUL atau lainnya, bisa jauh lebih murah.
    Demikian pertanyaan dari saya, terima kasih atas informasinya dan semoga Pinterpoin bisa tetap memberikan informasi yang terbaik perihal dunia miles/penerbanagan/hotel experience terbaiknya..

    Regards,
    Richie

    1. Julius,

      Tidak ada trik yang spesial, saya hanya akan mengatur jumlah transit yang diinginkan, lalu memasang Alert yang akan secara otomatis mengabari jika harga tiket naik/turun.

      Melihat contoh penerbangan Jakarta – Medan yang Anda sebutkan, rutinitas saya jika menggunakan Google Flights adalah membuka beberapa tab sekaligus & mencari penerbangan secara terpisah per segmen.

      Contoh, jika saya mencari penerbangan Jakarta – Da Nang, Vietnam, maka saya akan membuka beberapa tab:
      1. CGK – DAD
      2. CGK – KUL lalu KUL – DAD
      3. CGK – SIN lalu SIN – DAD
      4. CGK – HAN lalu HAN – DAD
      dan seterusnya.. Anda harus meluangkan waktu dan lebih kreatif dalam mencari positioning flight jika memang diperlukan.

      1. Hi Bro Vincent,

        Artinya kita harus buka beberapa tab buat cari rute secara independen ya?
        Boleh dishare selama ini lbh benefit membeli yg connecting atau yg sebaliknya? Sebab selama ini saya belun pernah mencoba memperhitungkan atau compare kedua hal ini. Selalu patokannya adalah yg connecting flight misal lbh murah via KL atau SG? Sebab saya domisili di kota Medan.
        Terima kasih atas infonya.

        Regards,
        Richie

        1. Julius,

          Perlu diperhatikan jika website Singapore Airlines tidak mengijinkan Anda membuka beberapa tab pencarian pesawat di singaporeair.com secara bersamaan.

          Benefit tergantung pada rute juga, seperti contoh di artikel ini saya bisa menghemat 43.000 KrisFlyer miles jika terbang dari Istanbul.

          Untuk penerbangan non-SQ, positioning flight umumnya akan jauh lebih murah melalui Kuala Lumpur.

        2. Hi Bro Vincent,

          Ok, dicopy maksud dan informasinya di atas.
          Artinya memang saya masih belum paham betul makna dan teknik dari “positioning flight” yang dimaksud selama ini.
          Semoga ke depan saya bisa memperoleh positioning flight yang bener2 memberikan benefit secara nilai keekonomiannya.
          PS: Untuk multiple tab yang saya maksud adalah di Google Flightnya.

          Terima kasih atas sharing dan informasinya Bro Vincent.

          Regards,
          Richie

  6. Nice article memperhitungkan tiket dari Istanbul ke bbrp kota Eropa murah.
    Tambahan koreksi kalau Turki tidak termasuk Uni Eropa

  7. hi pp,

    tolong info bagaimana anda membook :
    “25.000 KrisFlyer miles + SGD $205 untuk penerbangan business class Copenhagen – Vienna (Austrian) lalu Vienna – Istanbul (Turkish Airlines)”

    apakah dengan mencari redemption flight seperti biasa di web sq? lalu pilih tab star alliance airlines?
    karena di saya tidak muncul pilihan cph-ist. sudah berkali2 direfresh juga.

    dan juga, apakah anda pernah mengalami keterlambatan saat connecting? mengingat kalau flight banyak segmen seperti ini sangat singkat layovernya kadang hanya 60 menit.

    thanks pp 🙂

    1. Alv,

      Untuk menyusun penerbangan tertentu, Anda harus menelpon secara langsung ke call center Singapore Airlines.

      Satu hal yang saya sukai dari Star Alliance adalah mereka memiliki fasilitas yang memonitor penumpang dengan waktu layover singkat. Sistem Star Alliance akan secara otomatis menginformasikan petugas airport untuk membantu penumpang menuju ke penerbangan selanjutnya (pada airport tertentu menggunakan mobil buggy/golf).

      1. halo pak vincent,
        thanks answernya,

        1 lagi, yang anda telp adalah kolsen sq di jakarta / langsung di singapura untuk book flights semacam ini?

        1. Alv,

          Tidak, saya menelpon ke call center Amerika +1 (800) 742-3333 yang kemudian disambungkan ke call center Singapore secara gratis.

          Triknya adalah menggunakan aplikasi Skype di handphone untuk menelpon ke nomor toll-free SQ di Amerika.

      2. Hello PP,

        Saya coba belasan kombinasi tanggal (non-blackout/high season dates) utk Jakarta-Istanbul dan Istanbul-Paris tapi tdk pernah dapet saver class, cuma advantage yg available. Selama ini saya cuma tau fitur +-3days utk tahu availability, mungkin PP ada rumus/cara jitu utk cari tanggal saver class available?

        Saya sekaligus pengen share dari hasil pencarian utk advantage class, perbedaan antara normal vs sweet spot redemption dr Jakarta ke Paris di 240k vs 180k. Perbedaan 60k miles atau 25% (saja) dibanding 53.26% yg tertulis menurut saver class.

        Hopefully someone can help with a shortcut in finding saver class for this particular Jakarta to Paris route

        1. Hello Sanny,

          Sebagai sesama pembaca setia PinterPoin saya akan coba merespon pertanyaan anda. Apabila anda ingin memanfaatkan sweetspot ini maka kesabaran dan fleksibilitas adalah kuncinya. Rute Istanbul adalah rute yang sangat rendah kuotanya terhadap award ticket saver, padahal jika mengakses ketersediaan kursi melalui expertflyer.com banyak kursi yang belum terisi (namun ketersediaan kursi business class (I) tidak dapat diakses jumlahnya). Mungkin juga dikarenakan flight populer ini hanya terbang 1x sehari dari Singapore.

          Tips yang dapat saya bagikan (berdasarkan pengalaman saya menukarkan flight saver award rute Istanbul) adalah:
          1. Anda harus berani untuk mendaftarkan waitlist flight anda pada beberapa tanggal yang memiliki ketersediaan saver award. Dari sini anda harus fleksibel untuk perjalanan anda karena konfirmasi availability saver award tidak menentu.
          2. Untuk rute Istanbul menuju Paris, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli tiket ekonomi flight lain karena perjalanan ke Paris hanya 3 jam 40 menit tersisa (vs Jakarta-Istanbul 11-14jam). Sekilas saya cek flight Istanbul-Paris memiliki kisaran harga 5juta-7juta. Pulang-pergi. 2 orang. Hanya saran sebagai bahan pertimbangan 🙂

          Semoga membantu.
          Tim

  8. Dear Bro Vincent, saya sangat berterima kasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini. Saya berhasil mengamankan roundtrip saver award business class ticket Singapore-Istanbul untuk perjalanan menuju Eropa bulan Mei 2020 (dengan persaingan ketat tentunya, hampir seluruh tanggal saver awardnya waiting list). Tentunya juga karena edukasi dari Pinterpoin.

    Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana dengan proses transit di Istanbul? Mengingat transit di Istanbul ini dilakukan dengan flight yang berbeda (tidak dalam satu tiket).
    1. Apakah perlu untuk melewati proses imigrasi dan check-in seperti biasa?
    2. Jika ya, artinya kita perlu untuk mengajukan e-visa Turki?
    3. Berapa waktu early check-in yang diberikan oleh Singapore Airlines ketika check-in di Istanbul Airport untuk dapat menikmati fasilitas Turkish Airlines Business Class Lounge? (Contoh: Flight dari Eropa tiba pukul 00.05, apakah diperbolehkan untuk check-in dan masuk ke lounge approx. 13 jam sebelum flight?)

    Terima kasih
    Maju terus PinterPoin!

    1. Timotius,

      Sama-sama 🙂

      Asalkan ada penerbangan terusan dari Istanbul ke kota selanjutnya (dalam 24 jam), maka tidak harus melewati imigrasi & check in ulang. Nanti akan ada “TRANSFER DESK” yang berada tepat sebelum imigrasi. Tidak perlu Visa Turki.

      Setelah melewati TRANSFER DESK & mendapat boarding pass, Anda bisa langsung segera masuk ke lounge Turkish 🙂

      1. Dear Bro Vincent,
        Terima kasih sudah mengkonfirmasi mengenai hal ini. Rute yang akan saya tempuh adalah SIN-IST (SQ business) dan IST-TXL (TK economy) roundtrip.
        Website Turkish menuliskan ketentuan sbb:
        “Our transfer passengers, coming from an international point and continuing to an international destination not with Turkish Airlines, whose flight routes are not arranged with a single ticket:
        1. Get your baggage from the international arrival hall.
        2. Go to the international terminal and the related airline’s counter for the check-in procedures of your upcoming flight.”
        https://www.turkishairlines.com/en-us/any-questions/transfer-transit-passengers/
        Komentar di berbagai forum travel juga beragam sehingga sangat membingungkan. Tapi saya sudah cukup yakin dengan jawaban dari Bro Vincent yang sudah pernah melewati kondisi flight yang serupa. Terima kasih. Tim.

        1. Timotius,

          Anda harus memastikan bagasi Anda terkoneksi sampai ke Berlin pada saat awal check in. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah karena TK & SQ mempunyai kerja sama (Star Alliance).

        2. Bro Vincent, thank you for your response. Semoga trip saya bisa berjalan baik. Thanks PinterPoin!

        3. Walaupun beli tiketnya tidak dalam 1x transaksi tetap bisa terkoneksi dan tidak perlu keluar ambil bagasinya y?

      2. Dear PP,

        Jika terbang menggunakan SQ Business Class ke istanbul lalu lanjut flight lain menggunakan economy class ke kota lain di eropa, apakah saat transit di istanbul kita masih bisa mengakses business class lounge menggunakan boarding pass lama SQ SIN-IST? Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea