Mendapatkan tiket murah untuk suatu perjalanan merupakan keinginan semua travelers. Untuk mencari tiket murah, biasanya orang-orang menunggu harga tiket pesawat menjadi murah atau promo. Namun, harga tiket promo kadang-kadang tidak tersedia pada saat liburan.

Selain menunggu harga tiket menjadi murah, anda sebenarnya bisa mencoba positioning flights atau merubah kota destinasi awal atau tujuan anda.

Jalan-jalan ke Morocco sering kali memakan biaya yang besar. Namun dengan positioning flights, anda bisa menghemat biaya perjalanan anda. Foto: Passport Health.

Cara ini memang kelihatan merepotkan, namun dengan cara ini, anda bisa menghemat sejumlah uang yang bisa anda gunakan untuk kepentingan lain seperti hotel, oleh-oleh dan lain-lain.

Positioning flights

Jika anda masih belum begitu mengerti tentang positioning flights, saya akan berikan satu contoh yang mudah. Jika anda mencari tiket pesawat dari Bandung ke Narita (Jepang) dengan aplikasi Google Flights, harga tiket yang di tampilkan adalah sekitar 10 juta rupiah.

Namun, jika anda mengganti kota destinasi awal anda dengan Jakarta, harga yang di tampilkan akan turun menjadi sekitar 6 juta rupiah.

Dari Bandung ke Jakarta, anda bisa menggunakan bus atau travel dengan ongkos sekitar 100-200rb rupiah satu arah. Dengan positioning flights dari Bandung ke Jakarta, anda bisa menghemat 4 jutaan rupiah.

Perbandingan harga tiket pesawat pergi-pulang Bandung – Narita (Atas) dengan Jakarta – Narita (bawah). Via: Google Flights.

Selain positioning penerbangan domestik, anda juga bisa mencoba positioning penerbangan internasional.

Baca juga: Promo Fiji Airways terbang dari Singapura ke Fiji hanya 6 jutaan

Berikut adalah beberapa negara yang bisa anda gunakan untuk positioning flights.

Kuala Lumpur (Malaysia)

Bandara internasional Kuala Lumpur atau yang biasa di kenal dengan KLIA merupakan persinggahan banyak maskapai Eropa dan Timur Tengah. Maskapai-maskapai tersebut sering memberikan harga yang murah baik kelas ekonomi maupun bisnis untuk tujuan ke Timur Tengah, Eropa dan Amerika.

Salah satu maskapai Jerman, Condor Airlines telah memulai penerbangan dari Frankfurt ke Kuala Lumpur sejak November 2018 lalu. Anda bisa terbang dengan business class mereka ke kota-kota di Eropa seperti Amsterdam, Prague, dll mulai dari 24 jutaan rupiah.

Anda bisa menggunakan Condor airlines, maskapai asal Jerman untuk terbang ke negara-negara di Eropa. Foto: Austrian Wings.

Baca juga: Promo Qantas Airways dari Kuala Lumpur ke London Hanya 6 Juta Rupiah

Singapura

Bandara Changi adalah salah satu bandara yang bisa anda tuju sebelum melanjutkan perjalanan anda. Banyak maskapai full service maupun tarif rendah terbang dari Indonesia ke Singapura dengan harga yang murah.

United Airlines bersama dengan partner Star Alliance nya Singapore Airlines melayani penerbangan non-stop dari Singapura ke Amerika. Foto: The Strait Times.

Beberapa maskapai yang terbang ke bandara Changi namun tidak terbang ke Indonesia adalah:

  • Air France
  • Air Mauritius
  • Air New Zealand
  • British Airways
  • Delta Airlines
  • Ethiopian Airlines
  • Fiji Airways
  • Finnair
  • Hainan Airlines
  • LOT Polish Airlines
  • Lufthansa
  • Swiss International Air Lines
  • United Airlines
Hong Kong

Hong Kong merupakan negara favorit saya untuk mencari tiket murah ke Eropa, Afrika dan Amerika. Karena Hong Kong adalah salah satu pusat bisnis di dunia, banyak maskapai Eropa, Afrika dan Amerika melayani rute ke Hong Kong.

Setiap bulannya, saya selalu melihat adanya maskapai yang memberikan harga promosi untuk rute dari Hong Kong. Namun sayangnya, harga promosi yang di berikan selalu kelas ekonomi. Mungkin kelas bisnis untuk rute dari Hong Kong selalu terjual habis.

Bandara internasional Hong Kong merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia. Foto: Aedas.

Penerbangan dari Indonesia ke Hong Kong sebenarnya tidak terlalu murah. Anda harus mengeluarkan paling murah sekitar 2-3 juta rupiah untuk penerbangan pergi-pulang ke Hong Kong.

Namun, penerbangan dari Hong Kong ke belahan dunia lainnya juga sangatlah murah. Saya pernah melihat United Airlines dan American Airlines memberikan promosi dari Hong Kong ke Las Vegas (pergi-pulang) seharga 4-5 juta rupiah.

Harga tiket penerbangan dari Hong Kong ke Geneva (Swiss). Via Google Flights.

Selain maskapai Amerika, maskapai-maskapai Asia seperti EVA Air, Korean Air, Asiana Airlines dan Singapore Airlines juga sering memberikan promosi yang murah untuk rute dari Hong Kong.

Negara-negara lain

Selain negara-negara yang di sebut di atas, anda juga bisa mencoba kota-kota di negara lain yang bisa dengan mudah di akses dari Indonesia. Contohnya Vietnam, Filipina, Thailand, dll.

Baca juga: Business Class ke Russia dengan Air France & Vietnam Airlines Mulai Dari Rp 24 Jutaan

Baca juga: WOW: Cathay Business & First Class ke Amerika P.P. Dimulai Dari US $600+

Hal-hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan positioning flights

Meskipun banyak harga tiket murah yang di tawarkan dari beberapa negara tersebut, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memesan tiket.

  • Anda harus mencari tiket dari Indonesia ke negara positioning flights terlebih dahulu dan menjumlahkan total biaya yang anda keluarkan.
  • Anda harus mengecek jadwal penerbangan dengan teliti. Contohnya anda tiba di Kuala Lumpur pada pukul 20:00 dan penerbangan selanjutnya adalah pukul 11 siang keesokan harinya. Artinya anda harus menginap di bandara atau menginap di penginapan dan mengeluarkan biaya tambahan.
  • Anda harus menerima resiko jika penerbangan dari Indonesia di tunda (delay). Maskapai untuk penerbangan selanjutnya tidak akan bertanggung jawab jika penerbangan dari Indonesia anda telat. Saran saya, carilah penerbangan dengan transit minimal 6-7 jam.

Penutup

Melakukan positioning flights merupakan hal yang biasa di lakukan oleh para mileage runner. Mereka selalu mencari harga termurah untuk mendapatkan miles sebanyak-banyaknya.

Jika anda mempunyai waktu yang banyak, mungkin anda juga bisa mencoba positioning flights untuk perjalanan anda berikutnya. Namun, jangan lupa, rencanakan perjalanan anda sedetil mungkin agar tidak rugi!

Pernahkah anda melakukan positioning flights? Bagikan pengalaman anda di kolom komentar di bawah!