Review: Kartu Kredit BCA UnionPay

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit BCA UnionPay, menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit BCA UnionPay adalah kartu kredit entry-level terbaru yang diluncurkan oleh BCA dengan limit minimum hanya Rp3.000.000 dan salah satu dari 2 kartu kredit BCA Card yang bekerjasama dengan jaringan pembayaran internasional selain BCA JCB Black.

Berbeda dengan kartu non-cobrand BCA lainnya, kartu ini tidak memperoleh poin Reward BCA. Sebagai penggantinya, kartu ini memperoleh BCA UnionPay Point dengan perhitungan sebagai berikut:

  • Transaksi Rp10.000 = 1 BCA UnionPay Point (semua transaksi lain)
  • Transaksi Rp10.000 = 2 BCA UnionPay Point (di Singapura, Hong Kong, Cina, Taiwan)

Anda dapat menukarkan poin tersebut menjadi airline miles dengan rasio penukaran sebagai berikut:

  • 2 BCA UnionPay Point = 1 mile KrisFlyer,
  • 1,5 BCA UnionPay Point = 1 mile GarudaMiles,
  • 1 BCA UnionPay Point = 1 poin AirAsia BIG
BCA UnionPay

Ajukan Sekarang

Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp3.000.000 Masa Berlaku
Poin
10 mile
Kartu Kredit
Referensi
Tidak perlu Min.
Transfer
10 mile
Biaya Tahunan
Rp125.000 Rekanan
Penukaran
Welcome Bonus
Hingga 3.333 miles Biaya
Penukaran
Rp0
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp15.000 – 20.000/mile Penggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp7.500 – 20.000/mile Manfaat di
Bandara
Tidak ada

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3,5)

Untuk transaksi di dalam negeri maupun di luar negeri (selain di Singapura, Hong Kong, Cina, dan Taiwan) Anda secara efektif akan memperoleh 1 airline mile tiap Rp15.000 (GarudaMiles) atau Rp20.000 (KrisFlyer). Nilai yang didapat adalah 1.

Untuk transaksi di Singapura, Hong Kong, Cina, atau Taiwan Anda secara efektif akan memperoleh 1 airline mile tiap Rp7.500 (GarudaMiles) atau Rp10.000 (KrisFlyer). Nilai yang didapat adalah 2.

Rata-rata nilai yang didapat adalah 1,5.

Nilai: 1.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Welcome bonus untuk kartu ini ditawarkan dalam bentuk 5.000 BCA UnionPay Point yang dapat ditukarkan menjadi 2.500 miles KrisFlyer atau 3.333 GarudaMiles setelah berbelanja minimal Rp5.000.000 dalam 3 bulan pertama. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 0.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1,5)

Kartu ini memiliki 3 rekanan transfer, yaitu:

  • AirAsia,
  • Singapore Airlines, dan
  • Garuda Indonesia.

Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Walaupun BCA menawarkan promo khusus untuk pemegang kartu ini seperti beli 2 gratis 2 prasmanan di Kitamura, kartu ini sendiri tidak memiliki bonus permanen yang melekat pada kartu itu sendiri, sehingga kartu ini dianggap tidak memiliki bonus unik.

Sebagai kartu kredit BCA non-Singapore Airlines Anda juga dapat memanfaatkan promo saat ada BCA-Singapore Airlines Travel Fair, walaupun mungkin tidak semenarik penawaran untuk kartu cobrand BCA-Singapore Airlines. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memberikan manfaat apapun di bandara. Nilai yang didapat adalah 0.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki biaya tahunan Rp125.000 dan mungkin dapat digratiskan di tahun berikutnya dengan syarat tertentu. Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Total Nilai: 4,5 / 10

“Kartu kredit entry-level dengan tingkat perolehan dan konvertibilitas yang baik serta biaya tahunan yang rendah.”

Penutup

Saya sendiri berani mengatakan bahwa BCA UnionPay adalah kartu kredit entry-level terbaik di Indonesia. Walaupun kartu ini cukup mudah didapatkan, bukan berarti kartu ini kalah bersaing dengan kartu-kartu lainnya dari seluruh aspek, bahkan dibandingkan dengan beberapa kartu kredit mid-end.

Sebagai perbandingan, berikut perolehan poin BCA UnionPay di toko manapun dibandingkan dengan kartu kredit lain setara (limit minimum < Rp10.000.000):

Tingkat perolehan* Jenis poin Program
BCA UnionPay (transaksi luar negeri) Rp7.500-20.000/mile Poin bank (-) Fleksibel
Mandiri Traveloka Rp16.800/mile (1,25%) Cashback non-bank
(1 tahun)
Traveloka
BCA UnionPay (transaksi lokal) Rp15.000-20.000/mile Poin bank (-) Fleksibel
BCA Everyday Card Rp30.000-39.600/mile Poin bank (selamanya) Fleksibel
BCA tiket.com Mastercard
Rp42.000/mile (0,5%) Cashback non-bank
(1 tahun)
tiket.com
Danamon Grab
Rp37.500-50.000/mile Poin bank (3 tahun) Fleksibel
Sinarmas Virtual Platinum Cashback Rp42.000/mile (0,5%) Cashback bank (-) Cashback
BCA Visa Batman Rp75.000-99.000/mile Poin bank (selamanya) Fleksibel
CIMB Niaga Classic Rp105.000/mile (0,2%) Poin bank (2 tahun) Fleksibel
BCA Blibli Mastercard Rp105.000/mile (0,2%) Cashback non-bank
(-)
Blibli
Transmart Mega Card Rp116.667/mile Poin bank (2 tahun) GarudaMiles
Mandiri Shopee Rp210.000/mile (0,1%) Cashback non-bank
(3 bulan)
Shopee

Oleh karena itu, apabila Anda baru saja memasuki dunia poin dan miles, maka kartu ini sangat pantas menjadi kartu kredit pertama Anda. Pada dasarnya, pengajuan kartu kredit BCA biasanya memerlukan kartu kredit BCA Card. Oleh karena itu, apabila Anda mengajukan kartu ini maka saya menyarankan kombinasi sebagai berikut:

  • BCA Everyday Card (BCA Card, untuk transaksi di supermarket)
  • BCA UnionPay (BCA Card/UnionPay, untuk transaksi offline umum dan transaksi online di beberapa merchant yang mendukung)
  • BCA tiket.com Mastercard (Mastercard, untuk transaksi online di tiket.com dan merchant lain)

 

Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit BCA UnionPay? 

Share
32 comments
  1. Ada welcome bonus setara 2500 KF miles. Not bad. Cuma kalo kita sdh mempunyai bca krisflyer visa signature, apakah applikasi utk bca unionpay ini tetap dapat welcome bonusnya? Yah dgn asumsi kita gesek minimal 5jt dlm 3 bln pertama

    1. Halo Tony,

      Tetap bisa. Welcome bonus untuk kartu ini melekat pada kartunya sendiri, jadi tidak harus nasabah baru BCA.

    2. Tony,

      Welcome bonus Kartu kredit BCA UnionPay tetap bisa diperoleh karena bentuknya dalam unionpay poin, Jadi bisa Anda tetap peroleh meskipun Anda sudah memiliki kartu BCA KrisFlyer Visa Signature.

  2. Thks Eric utk info nya.
    Izin bertanya lg.
    Utk new aplication bca unionpay akan dapat 5.000 point setelah gesek 5jt dlm 3bln.
    Nah utk convert point ini ke Krisflyer miles ataupun Asia miles harus mininal brapa point baru boleh di convert.
    Thks ya.

    1. Halo Tony,

      Untuk itu masih belum ada informasinya dari sisi contact center karena memang kartunya masih baru. Saya akan mencoba lagi untuk memeriksa dalam beberapa bulan kedepan.

  3. smpai skrg saya msih pegang bca batman 3 jt yg diapply sejak msih mahasiswa (penghasilan nihil). Mnta limit naik ke 4jt saja slalu tolak, skrg saya sdh pnya slip bukti penghasilan 10jt keatas, lebih baik saya pengkinian data di call centre bca supaya bs naik limit atau langsung apply lagi sq signature?

    lalu bca unionpay ini kan BCA card ya, brrti bisa apply jadi kartu yg ke2? mengingat setiap kali apply kartu kredit BCA pasti dapat 2, visa/MC + BCA card

    mohon pencerahan nya.

    1. Halo Hendra,

      Untuk kasus seperti itu bervariasi tiap orang, tapi boleh dicoba untuk mengajukan naik limit secara rutin, tentunya dengan pemakaian yang rutin dan pembayaran lancar. Nanti waktu sudah kembali diadakan travel fair BCA bisa juga dicoba untuk mengajukan naik limit sekaligus mengajukan kartu BCA Singapore Airlines.

      Boleh. Kartu ini juga memiliki limit minimum hanya Rp3,000.000, sehingga hanya bermodalkan kartu Batman saat ini pun Anda dapat mengajukan kartu BCA UnionPay.

  4. semenjak corona kayaknya bca pelit naikin limit nih, saya sudah beberapa kali minta naik limit, tapi cuma dikasih temporari mulu, naik 100 juta temporari, naik 50 juta temporari, naik 25 juta temporari, pelit banget, sampai malas minta naik lagi 🙂 cuma lagi mikir, apa kira bisa ditukar BCA card everyday yang useless itu ke union pay… mungkin ada yang pernah nanya?

    1. Tiap org psti ada masing2 case masalah/keluhaan nya sih, saya justru yang termasuk bisa naik limit tetap cc bca dengan cukup mudah saat pandemi sekarang.

      Klo limit sementara saya setuju sangat mudah approve nya, tetapi untuk limit tetap saya juga masih bisa naik cukup tinggi

    2. Sebenarnya BCA Everyday termasuk kartu entry level yang cukup baik untuk mengumpulkan point yang bisa dikonversi ke miles, terbaik ke krisflyer. Hanya sekarang kalah juga dari Union Pay. BCA Everyday bunya kelebihan bila digunakan untuk transaksi tepat Rp 250 ribu di spbu (non subsidi) dan supermarket tertentu (tiap kota berbeda) dimana point reward nya 5% sedangkan transaksi ritel lain reward nya 0.5%.

      1. Halo Tjahjono,

        Betul, jadi tingkat perolehan reward sehari-hari untuk BCA Everyday apabila dikonversikan menjadi miles KrisFlyer juga sudah mencapai Rp30.000/mile. Selain itu, Reward BCA sendiri konversinya lebih imbang dibandingkan dengan BCA UnionPay Point untuk diskon ke merchant jadi bisa dibilang lebih fleksibel juga.

  5. Ada yang tahu tips dan trik tembus kartu kredit BCA dengan keadaan terlanjur punya kartu kredit dari beberapa bank lain? saya udah 10x mengajukan dalam 5 tahun dan direject semua, terakhir reject 8 Juli kemarin, sebelumnya Maret awal juga pernah apply dan direject juga

    1. Halo Rizki,

      Kasus untuk tiap orang berbeda-beda. Mungkin Rizki bisa mencoba mengajukan waktu ada travel fair kedepannya, biasanya tingkat persetujuannya relatif lebih tinggi. Selain itu, jenis kartu yang dipilih bisa mulai dari kartu entry-level seperti BCA UnionPay dulu untuk memperbesar kemungkinan disetujui.

      1. Saya pernah via travel fair, marketing, online, cs bank, mental semua sedih banget wekwkwk. Padahal yang terakhir saya ajukan juga unionpay yang entry level, ditolak juga ahahahay makanya saya penasaran gimana sih ini kok reject mulu padahal track record kredit di SLIK bagus banget ga pernah nunggak… apa karena malah kebanyakan kreditur yak wkwkwek

    2. Rizki,

      Ajukan kartu kredit BCA dengan metode secured, itu 100% pasti dapat. 90% lah dan nanti Anda bisa membangun ‘reputasi’ di bank tersebut.

  6. Untuk kartu bca union pay apakah hanya bisa digunakan di merchant yang ada logo union pay? Saya pernah transaksi 2 x ditolak dan setelah menelpon cs bca, katanya karena mesin nya tidak ada union pay ?? Apakah ada yang sudah pernah menggunakan kartu union pay untuk transaksi offline ?

    1. Santi,

      Berhubung kartunya juga berlogo BCA Card, sejauh ini saya coba untuk transaksi offline menggunakan edc berlogo BCA tidak ada kendala. Beberapa resto bahkan sudah support UnionPay.

  7. Hi pinterpoin, sudah mengikuti web ini dan menjadi silent reader selama kurang lebih 3 bulan. Dan karena baca di web ini juga akhirnya bulan lalu memutuskan untuk apply bca Union Pay dan tiket com dan berhasil! Ini jadi kartu kredit kedua saya setelah dapat BRI Touch limit 10jt 5 bulan yg lalu. Nah untuk kedepannya saya berencana untuk apply BCA KrisFlyer Visa Signature karena saya ingin punya kartu yg lebih baik untuk mengumpulkan mengumpulkan miles KF, jadi BCA Union Pay untuk Garuda, BCA KF Visa Signature untuk KF. Saya ingin bertanya kira2 agar mudah diterima, baiknya saya kembangkan limit kartu Union Pay ini sampai berapa juta dulu sebelum apply BCA KF Visa Signature?
    Terimakasih

    1. Rizki,

      Kartu kredit BCA KF Visa Signature memiliki limit minimal 20 juta Rupiah, jadi ada baiknya Anda mengembangkan kartu kredit BCA Union Pay Anda hingga mencapai limit 20 juta Rupiah terlebih dahulu baru setelah itu Anda mengajukan agar 100% dapat kartunya.

  8. saya baru telpon CS BCA untuk tukar reward unionpay ke Airlines Miles. Minimal untuk penukaran adalah 15.000 BCA setara dengan 100 KrisFlyer Saja. Tidak seperti yang ada di Website 2 BCA = 1 poin KrisFlyer.

    1. Halo Rizki,

      Mungkin CS-nya salah info – 15.000 poin menjadi 100 miles KrisFlyer itu untuk Reward BCA, bukan BCA UnionPay Point.

  9. saya pemegang 3 jenis cc bca, salah satunya adalah union pay ini. apakah cc bca jenis union pay bisa digunakan di semua merchant? atau hanya bisa digunakan di merchant yg berlogo union pay saja? saya telah mencoba transaksi di beberapa tempat seperti restaurant, super market, circle-k, namun bca union pay tidak bisa diterima/decline, padahal mesin edc merchant tsb adalah bca. bahkan sepertinya utk semua transaksi online juga tidak bisa digunakan. sedangkan jenis cc bca saya lainnya yg bukan union pay bisa digunakan.

    1. Dari pengalaman saya sejak pertama kali memakai kartu BCA Union Pay beberapa bulan yang lalu memang sempat beberapa kali terjadi di mana di EDC BCA sendiri tidak bisa memroses transaksi dengan BCA UP, namun memang sangat jarang dan kejadiannya masih dalam hitungan jari. Feeling saya ada beberapa EDC lama BCA mungkin yang memang belum mendukung jaringan UP. Untuk transaksi online di toko-toko/website Indonesia juga kelihatannya jarang menerima UP, tapi dari observasi saya untuk toko/website luar negeri banyak yang sudah menerima kartu UP.

    2. Trx online bisa jika disambungkan dgn bca klikpay itu utk cc yg bca card label, kalo trx online tanpa bca klikpay setau saya baru bisa di grab sama spotify, cmiiw..

  10. Untuk kartu BCA UnionPay ini apakah bisa digunakan untuk transaksi online di website luar negeri seperti Farfetch, Amazon?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea