Review: Kartu Kredit MegaFirst Visa Infinite (Updated)

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit MegaFirst Visa Infinite menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit MegaFirst Visa Infinite adalah kartu kredit spesial dari Bank Mega yang ditujukan kepada nasabah prioritas dengan Asset Under Management (AUM) setidaknya Rp500.000.000.

Kartu kredit ini memiliki kelebihan utama berupa earning rate GarudaMiles yang sangat baik serta fitur airport lounge domestik yang komprehensif dan diskon khusus di beberapa merchant yang berada di bawah naungan CT Group seperti Baskin Robbins, Transmart, Metro, dan sebagainya.

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 62,5 Mega Poin = 1 GarudaMiles/2 AirAsia BIG Point

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin yang sama untuk transaksi dalam maupun luar negeri. Berikut detail perolehan poin untuk kartu kredit Mega Travel Card:

  • Spending Rp10.000 untuk transaksi ritel dalam/luar negeri = 120 Mega Poin
Pemasukan
Bulanan
Minimal
– (khusus nasabah
prioritas)
Masa Berlaku
Poin
2 tahun
Kartu Kredit
Referensi
Tidak perlu Min.
Transfer
280 miles
Biaya Tahunan
Rp0 (selama menjadi
nasabah prioritas)
Rekanan
Penukaran
  • GarudaMiles,
  • AirAsia BIG
Welcome Bonus
Tidak ada Biaya
Penukaran
Rp0
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp5.208/GarudaMiles Penggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp5.208/GarudaMiles Manfaat di
Bandara
Lounge domestik gratis
tidak terbatas
Minuman dan makanan di
Coffee Bean gratis 1x/hari
Keanggotaan Priority Pass
(6x/tahun akses gratis
bersyarat)

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3,5)

Anda bisa mendapatkan 1 miles GarudaMiles/2 poin AirAsia BIG setiap melakukan transaksi retail dalam maupun negeri sebesar Rp5.208. Nilai yang didapat adalah 3.5

Nilai: 3

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini tidak memiliki welcome bonus.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1,5)

Kartu ini memiliki 2 rekanan transfer yakni Garuda Indonesia dan AirAsia.

Nilai: 0,5

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini terkadang mengadakan travel fair melalui AntaVaya Tour walaupun maskapai yang diajak bekerja sama bisa berbeda-beda. Pemegang kartu kredit Mega bisa mendapatkan diskon ataupun cashback khusus untuk pemesanan tiket pesawat ataupun tur selama periode travel fair.

Nilai: 0,5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki 3 jenis airport perks yaitu:

  • Akses gratis tidak terbatas untuk pemegang kartu dan 1 pendamping ke berbagai lounge bandara di Indonesia. Daftar lounge yang dapat diakses bisa dilihat di sini.
  • Gratis 1 makanan & 1 minuman per orang untuk pemegang kartu dan 1 pendamping di Coffee Bean & Tea Leaf di bandara. Daftar Coffee Bean & The Leaf yang dapat diakses bisa dilihat di sini.
  • Akses gratis sebanyak 6x/tahun ke lounge bandara di luar negeri dengan menggunakan Priority Pass. Untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, terdapat syarat tambahan berupa minimum saldo Rp2.000.000.000 di akun Mega First selama 3 bulan terakhir.
Nilai: 1

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Anda tidak perlu membayar iuran tahunan kartu ini selama Anda masih menjadi nasabah prioritas Mega dengan Asset Under Management (AUM) minimal senilai Rp500.000.000.

Nilai: 1

Total Nilai: 6/10

“Kartu kredit spesial dari Bank Mega dengan tingkat perolehan GarudaMiles yang sangat baik serta airport perks yang sangat unik dan menarik.”

 

Penutup

Kartu kredit MegaFirst Visa Infinite adalah kartu kredit spesial dari Bank Mega yang memiliki earning rate GarudaMiles yang sangat baik. Kartu ini juga dilengkapi oleh fitur aiport perks yang sangat unik dan tiada duanya.

Sebelumnya, gelar kartu kredit dengan airport perks terbaik di Indonesia mungkin dipegang oleh kartu kredit DBS Travel Visa Signature namun setelah mereka melakukan devaluasi fitur Starbucks bandara, maka gelar ini jatuh di kartu kredit Mega First Visa Infinite.

Kartu kredit MegaFirst Visa Infinite memiliki fitur airport perks yang sangat komprehensif

Walaupun banyak kartu kredit terbitan Bank Mega mengalami devaluasi yang masif pada Mei 2021 lalu, kartu ini cenderung tidak terlalu terpengaruh oleh devaluasi tersebut.

Kartu ini hanya mengalami devaluasi yang minor untuk earning rate-nya jika digunakan untuk bertransaksi dalam mata uang Rupiah sehingga masih sangat layak untuk dimiliki bagi Anda yang serius mengumpulkan GarudaMiles.

.

Apa pendapat Anda mengenai kartu kredit MegaFirst Visa Infinite ini?


Perubahan

*Pada 21 Februari 2020: Upvaluasi earning rate kartu kredit untuk GarudaMiles & AirAsia BIG

Pada 1 Mei 2021 (Devaluasi):

  • Devaluasi earning rate dari sebelumnya Rp4.808 per 1 GarudaMiles menjadi Rp5.208 per 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang Rupiah
  • Devaluasi earning rate dari sebelumnya Rp2.404 per 1 GarudaMiles menjadi Rp5.208 per 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang asing

 

Share
14 comments
  1. Aduh ogah pakai kartu kredit dari bank mega,iuran besar,biaya ini itu banyak,perhitungan bunga lumayan.dan kalau nagih kasar.

    1. Iuran besar
      Biaya banyak
      Bunga tinggi
      Nagih kasar

      4 PT ini sebenarnya tidak valid kalau pake kartu kredit dengan baik. Tp saya pribadi jg gk Tertarik Karena ke kunci di GFF saja. Otomatis kalau ada devaluasi point dari pihak bank mega Atau dari Garuda nya sendiri (yg sering terjadi) , point kita di dalam terancam.

      Masih mending nimbun d kartu yg punya beragam opsi penukaran. KECUALI seperti yg Bro Edwin tulis dengan jelas, untuk yg sering travelling buat leisure Atau bt kerja pasti menikmati kartu ini.

      1. tp saya rasain kok.. dlu d kirimin cc mega karna emng pnya rek dsna… maksud pakai iseng karna kartu baru.. bayangin deh lewat sehari dr jatuh tempo.. taguhan 100 rebu.. di telpon ke kantor lgsg bukan ke org nya… trus org blm selesai ngmng d tutup… dr situ lgsg gue tarik duit g,, g gunting lgsg kartu nya…

      2. Sayangnya, metode penagihan kasar ini bukan hanya ke pemegang kartu yang menunggak, namun juga ke emergency contact, atau bahkan nasabah lain yang tinggal serumah dengan emergency contact.

        Selain itu, sekarang terdapat biaya administrasi untuk pengiriman tagihan ke alamat e-mail.

  2. Ini Kartu luar biasa banget kalau 10 ribu dpt 4 miles. Fantasis sekali. Saya Mau apply. Mudah2an di setujui. Kadang2 untung2an di setujui atau tidak. Citibank tolak applikasi saya walaupun yang lain setujui.

    Yang sy lihat ini hebatnya juga akses Priority pass bisa 6 kali per tahun? Luar Biasa. Kartu kredit lain kasih saya akses ke Priority pass tapi hanya 1x saja. selanjutnya harus bayar.

    Yang jadi pertanyaan saya adalah exchange rate nya gimana ya? Apakah bagus gak? Percuma kalau 4 point per 10K, tapi exchange rate nya mahal. Yang pernah pakai apakah ada pengalaman. Untuk negara2 inti aja seperti SG, Malaysia, Jepang, Euro & US.

    Thanks Ya.

  3. Ini kartu khusus buat nasabah prioritas dimana wajib ada dana 500 juta rupiah. Untuk fasilitasnya Oke.

    Jadi untuk apply biasa pasti gak mungkin, harus jadi nasabah dan ada benefit lainnya sebagai nasabah mega first

  4. berdasarkan info yg saya baca utk akses prioritas pass selain memiliki mega first infinite kartu kredit dan juga harus utk saldo nasabah yg memiliki rata2 saldo 2milyard per bulan, artinya tdk cukup jika hnya menjadi nasabah prioritas dan memilkki kartu kredit mega first infinite. apa benar demikian? (info via website)

    1. Ray,

      Saya baru dengar perihal saldo 2 miliar ini. Apa bisa dikirim link-nya? Karena saya tidak pernah mendengar info harus rata2 saldo 2 miliar untuk bisa memperoleh fasiitas akses Priority Pass ini.

  5. utk prioritss pass hnya utk nasabah prioritsd yg memiliki saldo 2m. tidak cukup dgn jadi nasabah prioritas 500jt dan memilki mega first infinite.

    apa benar demikian?

  6. Tq bro reviewnya. Bgmn kabar terbaru kondisi Garuda? Semoga tidak jadi bangkrut seperti yang ditakutkan banyak pihak. Kalau ada kabar, lgs update bro ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea