teks, bangunan, Ritel, toko, Toko gerai, rambu, tanda, plafon, dalam ruangan, kuning

DEVALUASI: Maybank Membatasi Jumlah Penukaran Poin & Meningkatkan Kelipatan Penukaran

Badai devaluasi kali ini melanda kartu kredit top-tier Maybank Indonesia di mana efective immediately, Maybank membatasi jumlah penukaran TREATS Points menjadi airline miles menjadi hanya sebanyak 200.000 poin per kartu per tahunnya.

Berikut kutipan perubahan kebijakan tersebut dari website Maybank Indonesia:

Khusus Maybank Kartu Kredit Visa Infinite, BMW/ MINI, maksimum penukaran Maybank TREATS Points ke mileage dalam 12 (dua belas) bulan terakhir sebesar 200.000 Maybank TREATS Points per kartu.

Apabila pada saat Pemegang Maybank Kartu Kredit mengajukan penukaran TREATS Points ke mileagememiliki kondisi dimana berdasarkan historical penukaran TREATS Points melebihi nilai maksimum dalam 12 (dua belas) bulan, maka sisanya akan diproses dengan ketentuan 3 TREATS Points akan memperoleh 1 Airline Miles (3:1).

Berikut simulasi pembatasan penukaran TREATS Points untuk airline miles yang saya kutip dari sumber yang sama:

Simulasi 1

Pada tanggal 25 Desember 2024, Pemegang Maybank Kartu Kredit Visa Infinite mengajukan penukaran menukarkan Maybank TREATS Points menjadi mileage sebesar 40.000 Maybank TREATS Points.

Berdasarkan histori penukaran TREATS Points yang terdapat pada sistem Bank menyatakan bahwa dalam 12 bulan terakhir, Pemegang kartu telah melakukan penukaran sebesar 120.000 MaybankTREATS Points ke berbagai produk dengan rincian, sebagai berikut: 

teks, cuplikan layar, Font, nomor, Paralel, garis

Berdasarkan ketentuan Bank, Pemegang Kartu berada di dalam batas penukaran TREATS Points ke mileage, sehingga jumlah mileage yang akan diterima Pemegang Kartu adalah 40.000 airline miles


Simulasi 2

Pada tanggal 30 Mei 2024, seorang nasabah Pemegang Maybank Kartu Kredit Visa Infinite ingin melakukan penukaran, dari Maybank TREATS Points menjadi mileage sebesar 160.000 Maybank TREATS Points. Berdasarkan histori terakhir, setelah pengecekan ditemukan bahwa:

  • Pemegang Maybank Kartu Kredit berada dalam batas penukaran Points ke mileage. Namun, jumlah yang akan ditukarkan akan melebihi batas penukaran. Maka, mileage yang akan diterima nasabah sebesar 80.000 airline miles dengan perhitungan sebagai berikut:
    teks, cuplikan layar, Font, nomor, Paralel

    Simulasi 3

    Pada tanggal 30 Mei 2025, seorang nasabah Pemegang Kartu Kredit Maybank Visa Infinite melakukan penukaran Maybank TREATS Points menjadi Mileage.

    Berdasarkan histori penukaran TREATS Points dalam 12 bulan terakhir, jumlah TREATS point nasabah masih berada dalam batas penukaran, karena histori penukaran dihitung 12 bulan terakhir dari tanggal pengajuan penukaran saat ini. Maka, nasabah akan menerima miles sebesar 40.000 sesuai dengan ketentuan regular rate sebagai berikut

    teks, cuplikan layar, nomor, Font, Paralel

    Selain daripada itu, Maybank juga mengubah kebijakan penukaran TREATS Points menjadi airline miles dengan kelipatan 40.000 dari sebelumnya minimal penukaran 40.000 saja.

    Ini artinya, jika sebelumnya Anda bisa menukarkan katakanlah 40.001 poin, 40.125 poin, atapun 42.982 poin; Per perubahan kebijakan ini Anda hanya bisa menukarkan kelipatan 40.000 poin seperti 40.000 poin, 80.000 poin, 120.000 poin, dan seterusnya.


    Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank Visa Infinite

    Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank BMW/MINI


    Penutup

    Walaupun buruk, devaluasi berupa pembatasan penukaran poin Maybank menjadi 200.000 Treats Points per kartu ini seharusnya bisa dimitigasi dengan cara memiliki 3 (tiga) kartu kredit terbaik dari Maybank untuk mengumpulkan miles yang mana adalah:

    • Maybank Visa Infinite
    • Maybank BMW
    • Maybank Mini

    Dengan memiliki 3 kartu di atas, maka Anda akan tetap bisa mengakumulasikan dan menukarkan 600.000 Treats Points menjadi airline miles.

    Hal tersebut setara dengan ‘jatah transaksi’ sebesar Rp1.500.000.000 per tahun di kartu Maybank Visa Infinite & jatah transaksi sebesar Rp2.000.000.000 (non-kategori double Treats Points) atau Rp1.000.000.000 (kategori double Treats Points).

    Secara total, mengasumsikan Anda memiliki dan mengoptimalkan kartu kredit Maybank, maka Anda memiliki ‘jatah transaksi optimal’ di seluruh kartu kredit premium Maybank sebesar Rp3.500.000.000 per tahun atau sekitar Rp291.666.667 per bulannya.

    teks, elektronik, cuplikan layar, Font, nomor, lingkaran, Peralatan elektronik, logo, memori flash, sirkuit
    Optimalkan kartu kredit Maybank BMW/MINI Anda dengan bertransaksi di kategori yang ditentukan

    Overall, devaluasi ini tidak mengubah daya tarik kartu kredit Maybank secara keseluruhan (berbeda dengan devaluasi earning rate OCBC Voyage) melainkan hanya memberikan batasan penukaran poin yang untungnya nominalnya cukup besar juga dan dihitung per kartu.

    Saya akan tetap menyarankan Anda untuk mempertahankan kartu kredit Maybank Visa Infinite ataupun Maybank BMW/MINI terlebih iuran tahunan dari kartu kredit ini termasuk salah satu yang paling mudah untuk dihapuskan.

    Apa pendapat Anda mengenai devaluasi kartu kredit Maybank kali ini?
    Share

    22 comments
    1. Sebagai Informasi tambahan bahwa treatpoint maybank bisa ditransfer dari jenis kartu satu ke jenis kartu lainnya, dengan demikian jika batasan tersebut berlaku artinya apakah bisa menggunakan metode transfer terlebih dahulu dari kartu 1 ke kartu lainnya lalu dikonversi ke Mileage, sehingga bisa memaksimalkan transfer 600.000 per tahun.

        1. Nimbrung nanya, apakah masih bisa transfer gini? Rencana pengen gabungin treats point di Maybank JCB Platinum dengan Maybank Visa Infinite.

    2. “Overall, devaluasi ini tidak mengubah daya tarik kartu kredit Maybank secara keseluruhan” –> mungkin benar saat ini, tp cara Maybank menerbitkan & langsung meng-enforce kebijakan baru (terkait miles) sungguh sangat meresahkan, layaknya preman yg bertindak semena-mena. di jalanan.

      1. Lebih parah jenius yg dlm wkt kurang dr 6 hari devaluasi 40 ribu yay points setara 30 rb SQ miles dari sebelumnya yg 1:1. Asli parah jenius

      1. Barusan saya sudah redeem dan sudah kena aturan kelipatan 40rb miles utk redeem. dari 87rb hanya bisa ditukar 80rb saja. infonya aturan berlaku sejak 1 Mei 2024, dan pemberitahuan hanya lewat website tidak ada lewat email.

    3. Itu makanya kenapa saya selalu remind temn2 nasabah, untuk tidak menimbun poin nya hhehe… Karna Belajar dr bank2 lain yang sudah devaluasi …
      For more info & pengajuan CC Maybank bisa call/wa di 0812 122 49659 | @yann_bryan

      1. maybank tuh kalo keluar aturan paling busuk, ga ada info apa2 juga ga ada di email atau sms tiba2 jreng2 ada aturan a b c d

    4. wah saya termasuk golongan orang yg menimbun poin bank. treat poin 2x60ribu welcome bonus dari maybank mini & bmw tahun 2023 belum ditukar, jadi nyangkut 20rb poin di tiap kartu. :facepalm:

      aturan batas maximum tukar 200rb poin dalam 12 bulan bisa diterima, tetapi aturan penukaran harus per blok 40rb ini yang merepotkan

    5. Jujur 2024 ini tahun yang aneh belum 1 semester hampir semua bank deval sana sini dalam kurun waktu dekat. Semakin banyak yg abuse gara – gara semakin banyak influencer miles terutama di tiktok

    6. Hari ini saya telfon CS maybank. Info 200rb per tahun itu salah ya. Info dari CS maybank itu 200rb dari setahun terakhir bisa dapat 1:1, tapi setelah 200rb perolehan point jadi 1:3 SELAMANYA. Saya juga kaget pas denger karena point saya sudah 200rb lebih. Boleh mngkn dari pinterpoin konfirmasi lagi. Saya sampai telfon 2x karena CS juga bisa salah, tapi dua2nya sudah bilang yang sama.

      1. seharusnsya CS miskom x ya
        karena d website sudah tulis secara terang menderang kalau dalam durasi 12 bulan penukaran lebih dari 200.000, baru perbandingan konversi jadi 3: 1

      2. Kristian,

        Saya akan tetap mengacu pada S&K yang ada dan juga ilustrasi yang diberikan oleh Maybank dibandingkan dengan informasi verbal dari pihak CS.

    7. Hi, mau tanya dong klo 12 bulan itu terhitung dr perama kali nuker poin kah atau dr ulang tahun kartu ya? klo dr pertama kali nuker poin apakah baiknya setelah dapet 40rb poin kita langsung tuker dulu biar hitungan 12 bulan nya jalan..jd setelah 12 bulan langsung ter reset lagi? thank u ya

    8. Hallo, butuh berapa lama ya untuk penukaran poin ini? Sudah 3 hari tapi masih belum masuk juga sementara nukar UOB hanya butuh 1 hari saja, terimakasih buat yang bantu jawab

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.