teks, cuplikan layar, Font, nomor, Merek

RIP: OCBC Mengubah Drastis Syarat Memperoleh Voyage Complimentary

Sekali lagi, saya dengan berat hati harus membawa berita buruk bagi Anda semua di awal tahun 2024 ini. Efektif 19 Maret 2024 mendatang, terdapat perubahan ketentuan untuk memperoleh Voyage Complimentary di kartu kredit OCBC Voyage.

Berikut kutipan perubahan tersebut yang saya kutip dari website OCBC Voyage:

Minimum limit kartu kredit Voyage
Efektif mulai billing April 2024 (periode transaksi 19 Maret – 18 April 2024), untuk mengikuti program ini minimum limit kartu kredit Voyage nasabah harus sama atau lebih besar dari total akumulasi transaksi dalam setiap paket benefit.
Contoh:

  • Untuk mengikuti skema Package Premium (minimum spending Rp 60 juta), minimum limit kartu kredit Voyage nasabah adalah Rp 60 juta. Sehingga jika nasabah memiliki limit Rp 100 Juta, nasabah hanya bisa mengikuti skema Package Premium dan tidak eligible untuk mengikuti tiering Rp 250 Juta dan Rp 500 Juta.

  • Untuk mengikuti skema Package Ultimate (minimum spending Rp 500 Juta), minimum limit kartu kredit Voyage nasabah adalah Rp 500 Juta.

  • Jika nasabah menginginkan paket yang lebih tinggi namun limit tidak mencukupi, nasabah wajib mengajukan kenaikan limit sementara/permanen dengan menghubungi RM, Tanya OCBC 1500999 atau melalui OCBC Mobile.

Secara praktis, bagi Anda yang memiliki limit kartu kredit OCBC Voyage di bawah 500 namun di atas 250 juta Rupiah, Anda tidak akan bisa lagi mengklaim Voyage Complimentary tipe ‘Ultimate’.

Goodbye 125.000 Miles setiap bulan.

Sedangkan bagi Anda yang yang memiliki limit kartu kredit OCBC Voyage di bawah 250 juta Rupiah, Anda tidak akan bisa lagi mengklaim Voyage Complimentary tipe ‘Luxury’.

Goodbye 50.000 Miles setiap bulan.

Bagi Anda yang memiliki limit kartu kredit OCBC Voyage di bawah 250 juta, efektif di billing statement April Anda hanya akan bisa mengklaim paket Voyage Complimentary tipe ‘Premium’ yang memberikan Anda bonus 5.000 miles per bulan.

Bonus 5.000 miles per bulan ini menurut saya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan dana sebesar 500 juta yang harus Anda taruh dan mengendap di OCBC. That’s a big opportunity cost for a small amount of miles.

teks, cuplikan layar, Font, nomor
OCBC Voyage akan mengalami devaluasi masif bagi existing cardholder yang memiliki limit kecil

Optimalkan Sekarang

Seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya, OCBC cukup fair dalam mengkomunikasikan kebijakan baru dalam artian ketika terdapat perubahan mereka akan menginformasikan hal tersebut beberapa bulan sebelumnya alias tidak mendadak.

Anda memiliki waktu 3 bulan yang direpresentasikan oleh 3 billing statement sebelum perubahan ini terjadi.

Oleh karena itu, Anda bisa mengklaim:

  • Voyage Complimentary ‘Ultimate’ pada billing statement Januari 2024 (19 Dec 2023 – 18 Jan 2024) sebesar 125.000 Voyage Miles

  • Voyage Complimentary ‘Ultimate’ pada billing statement Februari 2024 (19 Jan – 18 Feb 2024) sebesar 125.000 Voyage Miles

  • Voyage Complimentary ‘Ultimate’ pada billing statement Maret 2024 (19 Feb – 18 Mar 2024) sebesar 125.000 Voyage Miles

Terdapat kesempatan untuk memperoleh total 375.000 Voyage Miles (setara 375.000 airline miles) pada 3 bulan ini yang mana tidak boleh Anda lewatkan.

teks, Font, logo, Grafis, deasin
Tukarkan Voyage Miles Anda menjadi KrisFlyer dengan skema 1:1

Selain Voyage Miles, satu sumber daya lagi yang bisa Anda manfaatkan untuk meminimalisir dampak devaluasi ini adalah waktu.

Katakan Anda seperti saya yang tidak mau menyerah, tentunya Anda akan mau mencari cara untuk meningkatkan limit kartu kredit OCBC Voyage menjadi 250 juta atau bahkan 500 juta sebelum 19 Maret 2024.

Sebagai hint, berikut adalah sedikit kutipan Q&A antara saya dengan Pak Ignatius Dedi selaku Lifestyle Partnership & Portfolio Management Head dari OCBC:

Q: Untuk perhitungan limit yang dipergunakan untuk bisa mengikuti program Voyage Complimentary ini, apakah hanya limit permanen ataukah limit sementara atau keduanya?

A: Keduanya, selama limit mencukupi untuk transaksi (baik limit permanent ataupun temporary) 



Q: Apakah ada saran untuk calon nasabah atau nasabah existing untuk bisa mendapat limit lebih tinggi di kartu kredit OCBC Voyage mereka?

A:  secara umum di harapkan nasabah dapat rutin memberikan update salary slip (atau sejenisnya) agar pihak bank dapat mereview ulang dan memberikan limit maksimum yang dapat di berikan sesuai dengan dokumen pendukung yang terupdate

Seharusnya dari sedikit Q&A di atas Anda sudah mendapatkan gambaran bagaimana cara meningkatkan limit kartu kredit OCBC Voyage atau cara mengajukan kartu kredit ini dengan limit yang tinggi di awal.

Seperti yang sering kami sampaikan di Masterclass PinterPoin, kedepannya limit tinggi di berbagai kartu kredit akan sangat mempengaruhi keberhasilan Anda dalam mengumpulkan points & miles dengan cepat 🙂

Berkaca dari kasus CIMB Niaga (yang membatasi perolehan poin hingga 2x limit kartu) ataupun kartu kredit Jenius (yang membatasi promo Triple Yay Points senilai limit kartu) maka seharusnya Anda semakin sadar bahwa limit tinggi di kartu kredit itu penting.

Dan OCBC yang nantinya pada 19 Maret 2024 akan membatasi opsi Voyage Complimentary berdasarkan limit kartu kredit juga mengukuhkan teori saya 🙂


Baca juga: Review Kartu Kredit OCBC Voyage

Baca juga: Review Kartu Kredit OCBC 90oN


Penutup

OCBC Voyage akan mengalami devaluasi pada 19 Maret 2024 mendatang yang mana sangat berdampak bagi orang yang memiliki limit kecil di kartu ini.

Dengan devaluasi ini, maka nasabah dengan limit kartu kredit kurang dari 250 juta akan hanya bisa memilih Voyage Complimentary tipe ‘Premium’ saja yang mana bonusnya sangat minim yaitu 5.000 Voyage Miles saja.

Tentunya hal ini membuat kartu kredit OCBC Voyage tidak menarik lagi bagi mereka yang memiliki limit kurang dari 250 juta yang mana saya rasa merepresentasikan sebagian besar pemegang kartu kredit OCBC Voyage.

teks, cuplikan layar, Font, nomor, Merek
OCBC Voyage menjadi tidak menarik bagi Anda yang memiliki limit kurang dari 250 juta di kartu ini

Meski begitu, ada baiknya Anda memanfaatkan 3 (tiga) billing statement terakhir sebelum devaluasi untuk memutuskan apakah nantinya Anda mau menarik dana di OCBC atau terus melanjutkan kartu ini sebelum 19 Maret 2024 tiba.

Jadi terdapat pilihan apakah Anda mau fight atau flight untuk kartu kredit terbaik dalam mengumpulkan KrisFlyer Miles dan GarudaMiles di Indonesia ini.

Bagi Anda yang memutuskan untuk fight dengan cara mencari opsi untuk meningkatkan limit kartu kredit ini dengan signifikan (seperti saya), maka seharusnya Anda cukup terbantu dengan aneka hint yang ada di artikel ini.

Font, Grafis, desain grafis, tipografi, deasin
Tukarkan Voyage Miles Anda menjadi GarudaMiles dengan skema 1:1

Apapun itu, devaluasi ini cukup brutal tetapi saya tidak menyalahkan tim OCBC karena sedari awal saya tahu program Voyage Complimentary Ultimate dengan ‘hadiah’ 75.000 miles per nasabah ini tidak sustainable dan sekarang mereka akan lebih memilih dan memilah existing cardholder yang ada.

.

.

.

Tetapi tetap saja saya sedih melihat kartu yang berada di posisi #1 dalam mengumpulkan miles versi PinterPoin ini kandas dalam waktu kurang dari 1 (satu) tahun.

Sudah dapat dipastikan sebelum 19 Maret 2024 tiba saya akan fight untuk bisa meningkatkan limit kartu kredit ini menjadi 500 juta dan kebetulan saya tahu beberapa trik yang mungkin bisa diterapkan seperti pada kartu kredit Jenius saya yang memiliki limit sedikit di bawah 500 juta 😉

Tetapi seperti biasa, itu adalah cerita di lain waktu.

Apa pendapat Anda mengenai perubahan besar untuk fitur Voyage Complimentary di kartu OCBC Voyage ini?

Share

78 comments
  1. Wah ini buruk sekali limit besar semakin mengundang fraud yang besar juga. Pengalaman limit 200jt kena fraud kemaren di BCA sana ribet apalagi OCBC kalau minimum 500jt. Apakah ada yang punya pengalaman di OCBC bila terjadi fraud?

    1. Boleh dijelaskan kena fraud seperti apa bro Mordik? So far saya limit mostly diatas 350 juta dan tidak pernah kena fraud.

      Terima kasih

      1. Di BCA kemaren saya tanggal 25 Des terjadi Fraud transaksi tanpa OTP di Mircosoft Store dalam jumlah GBP3000. Kemaren baru di kreditkan sementara sembari menunggu investigasi 180 Hari. Ini juga pertama kali saya kena fraud dan saya baca baca BCA ini sudah termasuk cepat ya karena bank bumn bisa di kreditkan balik 6 bulan dan harus di talanggin dulu. Makanya saya penasaran kalau OCBC ini apakah secepat ini juga? Karena 500Jt itu limit cukup besar kemaren saya GBP 3000 saja 10 Transaksi hanya dalam 3 menit kalau saya tidak telp langsung blokir mungkin bisa hanis limit

        1. Sekedar info, utk mengajukan kenaikan limit dikatakan harus menunggu minimal 6 bulan dari pertama kali memiliki cc tsb diluar persyaratan yg lainnya.

        2. @Mordik . Spertinya Natalan BCA banyak yang kena . saya kena 1000USD , ada yang kena 4100USD juga smua dari microsoft*store kemungkinann web bikinan . 5hari kerja uang balik tapi benar 180 hari investigasi . di pantau terus pasti transaksi kita 6bulan ini

    2. Hai, saya perna kena kasus carding di kartu ini bbrp bulan lalu, dan prosesnya cukup cepat kok… ga sampe 2 bulan juga sudah dibersihkan dan dibereskan prosesnya… menurutku mereka cukup profesional dan efisien dalam penanganan casenya

      1. 2 bulan cukup cepat ya, Itu kredit sementara atau sudah dapat surat itu bukan tanggungan bapak ya? Karena di bca 2 minggu hari kerja tapi hanya kredit sementara.

        1. Secara ga langsung sudah bukan tanggungan saya karena dari tagihan sudah dihilangkan (diminuskan di billing statement bulan berikutnya), limit jg sudah dipulihkan, dan kartu sy yang lama sudah permanent blocking dan hilang dr apps nya. Pokoknya menurut saya so far cukup top sih assistance mereka dalam handle case ini.

    3. Saya pernah kena di kartu voyage saya bulan sept 2023. Saya buat surat sanggahan email ke ocbc.. Dana balik dalam 2-3 hari kerja. Menurut saya sangat cepat ya dan ga ribet prosesnya. Kartu diganti kartu baru jg tanpa kena biaya

      1. Aduh saya baru apply ocbc viyage november, keluar ccnya hampir sebulan. Otomatis bill desember kelewatan akirnya janusri deb ini baru bisa bayar bill 700jutaan. Dr pertama limit cuma dapat 300, trus RM bilang kalo aum 500nya didepoin dan di gadaiin (tt surat menjaminkan uang depo kita) bisa dapat 80% lagi dr total yg digadaikan. Technically bisa dapat 400 juta lg ya, tapi nyatanya cuma dapat 100juta. Sampe geram banget sama RM saya, bilangnya cuma 5 hari kerja untuk increase limit, adanya saya tt pegadaian nya tgl 8, tgl 22 (itupun stelah saya marah2 dan telp ke call center sendiri) baru limitnya naik dari 300 ke 400. Pokoknya untuk baikin limit dipersulit banget. Nyebelin. Padahal saya udah bilang bill saya per bulan 500-700an. Masa BCA yg terkenal pelit limit aja brani kasih saya 610juta TANPA jaminan depo, OCBC ternyata lebih belit dan juaji lagi kalo bukan karna bonus miles gede (75k), udah byebye nih. Gak worth it banget sama opportunity cost yg 500 juta nya ntar april saya pikir2 deh enaknya dilanjut atau nggak nih cc

  2. Abaikan saja para haters ini Ko Edwin, mereka cuma bisa nyinyir tanpa ada kontribusi. Paling juga kartu kreditnya cuma level Silver limit UMR, bukan Gold, Platinum apalagi Signature/World he he. Saya yakin jauh lebih banyak yang mendapatkan manfaat dari sharing Pinterpoin. Keep sharing information.

  3. Utk kartu kredit yg memiliki exchange rate di luar negeri yang terbaik kira2 apa ko? Selain juga memperhitungkan poin miles yg diperoleh.

  4. Berdasarkan info dari staff OCBC, cara paling efektif dan pasti disetujui dalam meningkatkan limit Voyage hingga 500 jt, adalah dengan menempatkan deposito sebesar (500 jt : 80%) = Rp 625 jt dan bersedia dana di lock selama 6 bulan.

      1. Halo Mr Brown,

        Informasi itu saya dapat dari RM. Saya juga lagi protes karena yang diperhitungkan adalah hanya dana di deposito, sedangkan dana di obligasi tidak diperhitungkan, padahal untuk Premiere Banking minimal deposit 500 jt nya kan bebas mau di deposito atau obligasi atau hold tabungan.

        1. kalo deposito or saving bank lebih cuan kan masuk dpk mereka, kalo obligasi bank cuma mitra distribusi uangnya masuk ke pemerintah. saya inget dulu buka prio di btn 500 jt, saya cuma mau deposito 50 jt aja sisa ke obligasi, eh priority officernya cemberut, wkwkwk..

        2. Dear bu Vania,
          Kalau boleh bertanya, skrg limit voyage apakah lebih dr 100jt? Karena limit saya skrg 100jt untuk naik ke 500jt, sepertinya untuk deposito lock 6 bulan sprt yg ibu sampaikan masih menguntungkan dgn miles bulanan yg didapat.

        3. Wah. 80% portfolio saya di premiere isinya obligasi

          Meresahkan ni OCBC dengan cara main seperti ini.

        4. Ini bohong ya bu. Saya baru aja melakukan ini di januari tgl 8 tt perjanjian pegadaian nya (jaminan depositonya) trus akhirnya cuma dapet naik 100juta. Saya soalnya juga dikasih hitungan seperti itu sama RM saya, tp nyatanya zonk, sampe saya marah2. Soalnya saya buka karna perhitungan dia yg dia yakini itu. Setelah zonk, skrg setiap kalo ditanyain cuma bisa jawab “yang memeberi keputusan jakarta”. Trus ngapain koar2 begitu dr awal. Saya sih merasa ketipu banget.

    1. Ga juga ini, saya uda taro diatas 1, dan dana semua diputer di investasi ocbc, bahkan uda dilock buat jangka lama, tetep ajuin ke 250 aja ditolak haha padahal lagi perlu”nya buat gesek renovasi rumah

  5. Ud bbrp bulan pegang voyage , tp belom di pake buat dapetin program complimentarynya ..
    Untuk program complimentary yg trx 60,250 dan 500 jt itu eligible ga menggunakan paper.id trx menggunakan metode pembayaran credit card gateaway ??

  6. Saya punya Limit 150jt, ada 1M di Obli dan 1M di depo.
    Pengajuan naik limit entah ke angka berapa(diajukan oleh RM) tapi ditolak sama OCBC.

    Klo ada yg udah dapet cara buat naekin limit boleh diinfo2

    1. Kalo 1M depo mu (pak Chandra) sudah mo jatuh tempo, buruan cairin & pindahin dulu ke bank lain asap. Nti akan ditawarin oleh RM mu untuk kenaikan limit sementara (6 bulan s/d 1 tahun) dengan deposito 6 bulan/1 tahun dgn penempatan deposito senilai X (mirip seperti yg di-post oleh ibu Vania pd tgl 6 January 2024 di atas); dgn persentase approval 99%. Kenapa X, karna menurut ku nilainya berbeda antara 1 RM dengan RM yg lain, tp seharusnya masih di bawah Rp1M.

    2. @Chandra, ketika open deposito disertakan sign perjanjian, yg connect ke bagian KK, nanti limit CC dinaikan pak, demikian info RM-nya

    3. Senasib dengan pa Chandra, sy cuma minta naik limit sedikit ke 250jt aja, tetapi ditolak karena blom sesuai dengan ketentuan. pedahal awalnya RM bilang seperti ibu Vania dengan menyimpan dana sekian persen depo dilock 1 taun.

  7. @hendrick,
    apakah sudah ttd form yg diberikan RM, dr bagian kartu kredit, karna ada form yg hrs di ttd sebagai jaminan deposit tsb utk kartu kreditnya, ditggu infonya

    1. Saya berhasil, tp gak worth the drama deposito 500juta di jaminin, cuma naik 100 juta dari limit awal 300 ke 400 juta. Trus beberapa kali coba increase limit via app, malah dapetnya limit disbursement dimana ini beda dengan limit cc. Aneh banget kan, minta A dikasih B. Begitu juga lewat telp call center. Saya sudah mencoba semua, sampe saya marah-marah ke cs nya voyage (di transferin dr cs call center), karna penjelasan RM, call center, dan voyage beda semua RM saya blg skrg sudah tidak ada sistem jaminan deposito (per januari akhir). Tapi kmaren lusa wa saya untuk memperpanjang deposito kalo masi mau dapat limit tambahan karna jaminan deposito itu. Mungkin kalo dulu udah di approve, bakal lanjut terus ya. Saya jaminin 500juta, seharusnya 500juta x80% dapat tambahan 400 juta dari limit awal (dijelasin nih sama RM nya, ini berupa TAMBAHAN limit), eh ini malah skrg total saya dari limit awal 300 juta tanpa jaminan apapun cuma jadi 400juta, jadi cuma naik 100 juta dengan menjaminkan 500juta. Pas saya ngomel ke RM pun, dia blgnya kok bisa ya, seharusnya perhitungan saya betul lalalala, trus akirnya cuma bisa bilang maaf, karna yg memutuskan pihak jakarta. Jangan ketipu sama perhitungan2 mereka yg ujung2nya meleset. Saya udah mengalami sendiri.

  8. Dear All,
    Info dari RM untuk kenaikan limit kartu bisa deposito minimum sebesar 125% x (Limit baru – Limit lama). Baca komen2 ttg kartu koi, bank OCBC ini jadi terkesan lebih profesional ya dengan tidak merubah T&C tiba2 dan masih memberi semacam grace period.

    1. Fer,

      Ya, saya salut dengan tim OCBC yang memberikan waktu kurang lebih 3 bulan untuk peraturan barunya dan tidak sangat sepihak seperti bank sebelah yang kontroversial.

  9. Halo, mau tanya donk, apa ada yg pernah klaim compliment ocbc voyage utk dinning resto ya? Itu saoatnya menu paket atau hanya 1 hidangan saja?
    Terimakasih

    1. Terakhir info dari RM saya, yang dibutuhkan untuk deposito adalah 125% dari limit yang di inginkan (dan sifatnya pengajuan dimana bisa saja ditolak oleh analis nya OCBC).
      Dengan kata lain, jika gagal untuk naik limit dan ingin break deposito harus rela kena denda 1% .
      Btw, Saya juga dapet info dari RM (yang untungnya masih belum official), dimana syarat untuk eligible complementary akan naik menjadi TRB 1M

    2. Email dr RM area saya : maaf, email dari region head kami, ternyata untuk pengajuan kenaikan limit cc voyage saat ini yang bisa diapprove adalah 1/3 dari total dana nasabah.
      Saya minta maaf atas ketidak nyamanannya

      Putus harapan sudah naik limit ocbc

      1. Sama seperti bank yang keluarkan kartu koi, bank ini juga sama saja. Mengubah syarat tnc kenaikan limit sewaktu-waktu, seenak hati, dan tidak konsekuen dengan perjanjian di awal.

        Saya sudah memproses ini tektokan sama RM selama 1.5 bulan untuk kenaikan limit.

        Limit ada kenaikan tapi tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

        Saya jadi ragu menyimpan asset saya di bank ini.

        Tampaknya sebentar lagi juga program Complimentary perkiraan saya akan dihapus atau diubah tncnya menjadi tidak masuk akal.

        Saya sangat mempertimbangkan untuk mencabut semua asset saya di bank ini dan menempatkannya di bank lain, karena perkataannya benar-benar tidak bisa dipegang.

        1. Limit sudah naik, tapi beda sama janjinya. Di tabel syarat kenaikan dg back to back harus deposito 125% dan lock 12 bulan. Udah bengong nunggu sebulan cuman naik kurang dari 1/3 nilai deposito.

      2. Saya juga diinfo RM seperti ini, jadi kalau mau limit 500jt harus taruh dana total 1,5M dan statusnya juga pengajuan. Ada kemungkinan ditolak

  10. Hi All,

    Saya diinfokan oleh RM akan ada devaluasi di bulan April, penurunan bonus voyage miles luxury dari 25k ke 15k dan ultimate dari 75k ke 50k. Juga transaksi online seperti paper toped shopee akan dilimit 100mio per billing. Mungkin bisa di konfirmasi dulu validasinya dengan RM lain.

    1. RM juga info hal yg sama.
      Utk dapat ultimate AUM harus 1,65M,Luxury AUM 750jt,utk premium AUM 500jt.
      Transaksi online max hanya 100jt per billing.dan devaluasi jumah bonus menjadi 50rb 15rb dan 3250
      Waktu nya say good bye?

    2. Info tambahan, biar eligible sekarang harus sesuai limit cc DAN AUM (masing2 jenis complimentary beda2 AUMnya). AUM nya ini yang belum diinfo sama RM saya

    3. FER,

      Masih sekedar rumor, mari kita tunggu kepastian dari pihak terkait. Harapannya sih itu tidak akan diimplementasikan karena benar-benar menghancurkan value dari kartu kredit OCBC Voyage ini dan bayangkan….. Anda berurusan dengan bank yang setiap bulannya mengubah aturan secara sepihak (kalau memang aturan baru ini diimplmenetasikan di April).

      1. Koh Edwin, ini sudah menjadi kenyataan, Sudah di info samaa RM saya

        Dear Valued Customers,

        Efektif per tanggal 19 April 2024, ada perubahan syarat dan ketentuan Voyage Complimentary sebagai berikut :
        1. Minimum rata2 total dana 3 bulan terakhir untuk eligible masing2 paket adalah :
        ▪︎ 500jt untuk paket Premium
        ▪︎ 750jt untuk paket Luxury
        ▪︎ 1.5 M untuk paket Ultimate

        2. ⁠Perubahan bonus miles :
        ▪︎ Bonus 2500 miles untuk paket Premium
        ▪︎ Bonus 15000 miles untuk paket Luxury
        ▪︎ Bonus 50000 miles untuk paket Ultimate

        3. Transaksi di Paper.id, Blibli, Tokopedia, dan Online Pajak(Achilles) dibatasi maksimal akumulasi 4 merchant tsb 100 jt untuk terhitung bonus complimentary nya

        Demikian disampaikan perubahan-perubahan diatas untuk menjadi perhatian para nasabah kami.

        Terima kasih

        Kurang lebih isinya spt itu. sepertinya sudah harus mencari lagi kartu lain hehehe

        1. Ebi,

          Selama belum diumumkan di website OCBC atau surel resmi mereka, maka semua ini hanya sebatas asumsi.

          Kita tunggu saja announcement dari pihak OCBC.

  11. Siang, maaf mau tanya berdasar pengalaman temen2..Untuk dapat complimentary yang billing 19feb-18mar biasanya masuk milesnya kapan ya?

    1. Vie,

      Harus klaim dulu via telepon atau email ke Voyage Concierge, dicairkan dalam bentuk Voyage Miles, baru kemudian ditukarkan menjadi airline miles.

    1. Iya gila ocbc parah juga, semua belanja ecommerce juga dilimit, tokped bli2 online pajak juga paper id… shit busuk banget dah, aum juga 1.5m dan devaluasi miles… oh well all good thing come to last

      1. Mungkin efek dari persentasi di kota bandung dan surabaya beberapa bulan lalu yang sempat menyebutkan “paper” sehingga diinvestigasi pihak ocbc

  12. Barusan cek email dr OCBC per bulan cuma boleh transaksi 100 jt di paper.id; blibli; online pajak; tokopedia. Pesta sudah usai

  13. Sudah sewajarnya terjadi devaluasi pada kartu-kartu kredit di Indonesia karena bisnis perjalanan juga sudah mulai pulih. Dan transaksi online sudah wajar juga kalau di limit karena dipakai dengan tidak wajar oleh sebagian orang. Saya juga sarankan pemakaian kartu kredit lebih hati-hati, harus sesuai juga dengan penghasilan. Pajak makin gencar nih monitor transaksi yang mencurigakan ataupun besar, jangan kejar miles tapi ujung2nya di cek oleh Pajak, jadi ga worth it. Pakai sewajarnya dan enjoy travelling dengan miles yang ada. PS: masih ada bbrp kartu kredit lain dengan perolehan miles yang cukup bagus juga misalnya JCB Ultimate CIMB Niaga, Maybank Visa Infinite, JCB Precious Danamon, Jenius Kredit Kad, dll.

    1. Anyway udah ada belum , yg kena surat cinta pajak karena pemakaian kartu kreditnya agak berlebihan ? saya pengen tahu saja… karena dari informasi yg saya dapat dr perbankan, data nasabah dan kredit sebenarnya dilindungi undang undang .

      1. Data nasabah di lindungi undang-undang, saya rasa itu formalitas saja.. buktinya data kita di 1 bank tertentu juga di share ke bank lain, sales kartu kredit ada saja data kita sehingga mereka bisa nelpon dan menawarkan kartu kredit. Jadi data kita (nama dan nomor telepon) tidak sepenuhnya aman sebenarnya, mungkin ada transaksi jual beli data konsumen juga walaupun sebenarnya tidak boleh.
        Saya juga mau tau, apakah ada yang kena cek pajak ya atas pemakaian CC yang berlebihan? Apalagi nanti pemadaman NPWP, jadi lebih mudah dilacak dwngan nomor KTP. Kemungkinan semua terhubung ke system perpajakan kali ya.
        Mohon pencerahan dan advisnya PinterPoin?

    1. As expected sih, saya sudah memperkirakan penggunaan loophole paper.id akan diblok cepat atau lambat. Saya yakin bank lain pun akan menerapkan pembatasan miles menggunakan paper. Tapi so far promo jor joran dari pihak sudah saya gunakan maksimal:
      – Maybank bmw 60.000 miles x 2
      – Complimentary voyage total 300.000 miles
      – Promo jenius total 50.000 miles
      – cashback 15 juta + WB 3 juta BNI JCB ultimate (untuk menutupi biaya paper)

      Total sekitar 500.000 miles basically free (dicover sama 18jt cb BNI) setara dengan 10-15x first class tiket SQ tergantung tujuan. Total win!

  14. Menurut saya simple. Tutup saja kartu Voyage and tarik deposito. Sekalian tutup rek di OCBC. Pasti mereka akan pikir2 lagi. Saya di minta tambah 1m, utk naikin limit menjadi 500 juta. Skrg pertaturan baru online hanya boleh 100jt. ya sudahlah. tutup aja. Saya ada 2 rek. sy dan istri. Akan sy tutup saja.

    Semua tutup, seharusnya mereka pikir2 lagi. buat apa taro di ocbc kl memang tidak menarik!!! Deposito OCBC kalah dgn bank lain.

  15. Saya mau tanya, kalau untuk benefit complementary Premium dapat milesnya sekarang kan turun jadi 3250, otomatis valuenya berkurang ke Rp6,486/mile dari Rp5,454/miles. Namun kalau saya lihat, dengan value segitu bukankah tetap masih menjadi kartu yang lumayan oke ya untuk orang yang penggunaannya tidak sampai ratusan juta?

    1. Pertimbangan orang adalah penempatan dana yang wanib dilakukan dengan nilai lumayan at least 500 juta. Kartu lain yang tidak mewajibkan penempatan dana seperti maybank visa infinite or cimb jcb ultimate (7500/mile) jadi opsi yang dipertimbangkan karena beda sedikit dalam pengumpulan miles and ga ada penempatan dana

      1. Kalau 500 juta dalam bentuk deposito ga worthed karena bunga OCBC kecil tapi gampang buat cabut kalau uda ga sreg. Kalau uda nyangkut dalam bentuk obligasi,sementara tahan dulu aja sampai jatuh tempo obligasi ny walau pengumpulan miles pelan sekali.

        Kalau start dari baru,mending ga usah sama skali. Trust me AUM 500 juta itu ga dihargai di OCBC. Saya sih uda malas banget sama OCBC baik layanan RM maupun pelayanan di cabang. Kalau bukan karena tanggung nyangkut di obligasi si, loe gw end

        1. RM saya berulang kali tawarkan Obligasi, tapi sy insist tidak mau deposito karena pikir bisa cepat keluar. itu pun yang 3 bulan saja. Gak mau commitment panjang karena sepertinya program ini tidak akan lama.

        2. @Edo
          Bisa dijual di pasar sekunder, tapi biasanya (tergantung kondisi pasar) nilainya akan lebih kecil daripada nilai obligasi yang kita beli.

        3. Bisa aja si. Cuma harga ORI saya di bawah par value. Saya cek harga ny 98.25. Dikalikan AUM premier ny saya berasa sayang lepas di harga rugi. Toh kalau saya pindah,saya akan keep di obligasi juga. Jadi tunggu aja sampe mature.

  16. Sy baru saja naikin limit saya ke 500juta. Kirain sudah aman. tapi skrg selain bonusnya di turunin, toped, blibli & paperid di batasi, dan aum 1.5m, sudah pasti akan saya tutup. Sayang sudah uang1.5m lebih dari 1 bulan hanya utk naikin jadi 500juta. 1.5m x 0,5% saja sudah 7.5jt. Lumayan bisa pergi makan enak berapa kali… wkwkwk… ya sudah. Lesson learned. saya akan tutup rek sy dan istri saya. Thank you ocbc. Fokus ke kartu lain aja.

  17. any suggestion setelah ocbc downgrade, kartu apa ya yang value miles nya paling ok, consider hampir semua kartu selama setahun belakangan ini mendevaluasikan miles nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.