Kartu Kredit Co-Brand Garuda Indonesia Terbaik: Citibank atau BNI? (Updated)

PENTING: Artikel perbandingan kartu kredit co-brand Garuda Indonesia sebelumnya bisa Anda baca disini.

(Artikel asli ditulis oleh Vincent Tan – PinterPoin)

BNI dan Citibank merupakan dua bank yang menerbitkan kartu kredit co-brand Garuda Indonesia. Sayangnya, Anda tidak dapat memiliki lebih dari 1 kartu kredit co-brand Garuda Indonesia. Anda harus memilih salah satu diantara BNI Garuda Visa Signature atau Citi Garuda Indonesia Visa Signature.

Mari selesaikan debat yang telah berlangsung lama, manakah kartu kredit co-brand Garuda Indonesia terbaik, Citibank atau BNI per 1 Juli 2019.

Sebelumnya, mari kita kenali lebih dekat kedua kartu kredit tersebut:

BNI Garuda Visa Signature

Landing-Page-BNI-1000Miles

Welcome Bonus Terkini:

Dapatkan 4.000 GarudaMiles untuk pemegang kartu utama setelah anda melakukan pembelanjaan pertama dengan kartu anda, lalu dapatkan Enrollment Bonus sebesar 200 GarudaMiles setelah anda mengakumulasikan 250 GarudaMiles pertama anda (atau setara dengan anda melakukan pembelanjaan sebesar Rp 2.250.000 dengan kartu anda) dalam 3 bulan sejak kartu disetujui.

Dapatkan Bonus Loyalty 2.000 GarudaMiles setiap kali anda memperpanjang masa keanggotaan kartu anda.

Manfaat Unik yang Ditawarkan:

  • Dapatkan 2 GarudaMiles setiap melakukan transaksi di dalam negeri atau di luar negeri sebesar Rp 18.000.
  • Fast Track Upgrade to GFF Gold, dengan melakukan transaksi minimum Rp 8.000.000 per bulan selama 5 bulan pertama keanggotaan.
  • GFF Gold merupakan level member kedua tertinggi pada program GarudaMiles, anda juga akan mendapatkan SkyTeam Elite Status secara otomatis dari keanggotaan GFF Gold anda.
  • Dapatkan potongan 5% setiap pembelian tiket Garuda Indonesia di ticketing office atau official website Garuda Indonesia.
  • Dapatkan potongan 5% penukaran award ticket.

Akses Lounge: BNI Domestic Airport Executive Lounge (1x untuk pemegang kartu utama), gratis biaya keanggotaan Priority Pass, namun tidak mendapatkan gratis akses masuk. Anda harus membayar Rp 250.000 per orang per kunjungan.

Iuran Tahunan: Rp 800.000 untuk pemegang kartu utama, Rp 400.000 untuk pemegang kartu tambahan.

* Diskon berlaku untuk tiket Flexible Economy, Flexible Business, Flexible First Class (jenis tarif non promo) dengan kode jenis tarif: F/A/J/C/D/Y/B/M/K/N/Q/T. Pemegang kartu BNI Garuda Visa Signature tetap dapat melakukan pembayaran untuk orang lain apabila pemegang kartu berangkat bersamaan dengan orang tersebut. Diskon ini tidak berlaku untuk rute Timur Tengah.

Garuda Indonesia Citi Card Visa Signature

img0202.png

Welcome Bonus Terkini:

Dapatkan 12.500 GarudaMiles untuk pemegang kartu utama setelah anda mengakumulasikan 250 GarudaMiles pertama anda dalam 3 bulan sejak kartu disetujui dan mengajukan kartu tambahan.

Manfaat Unik yang Ditawarkan:

  • Ekstra bagasi 20kg dengan menunjukkan Garuda Indonesia Citi Card pada saat check-in.
  • Dapatkan 3 GarudaMiles setiap melakukan transaksi Rp 20.000 di Garuda Indonesia.
  • Dapatkan 2 GarudaMiles setiap melakukan transaksi Rp 20.000 untuk transaksi lainnya.
  • Dapatkan potongan 10% untuk penukaran award ticket Garuda Indonesia di ticketing office atau official website Garuda dengan memasukkan kode promo “GICC.”
  • Antrian check-in khusus di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta domestik dan check-in di counter GarudaMiles Gold di bandara lainnya di Indonesia untuk anda dan teman anda yang seperjalanan dengan kode booking tiket yang sama.
  • Prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket penerbangan Garuda Indonesia.
  • Panggilan boarding khusus untuk pemegang kartu dan teman seperjalanan dengan kode booking tiket yang sama.

Akses Lounge: Tidak ada.

Iuran Tahunan: Rp 800.000 untuk pemegang kartu utama, Rp 400.000 untuk pemegang kartu tambahan.

Berikut tabel perbandingan manfaat dari kedua kartu tersebut. Warna kuning menandakan pemenang di masing-masing fitur.

Tabel perbandingan manfaat tiap kartu kredit co-brand Garuda Indonesia. Kredit: Vincent Tan (PinterPoin)

Melihat tabel perbandingan diatas, PinterPoin merekomendasikan Citi Garuda Indonesia dengan alasan pendukung sebagai berikut:

  • Rp 6.666 per 1 GarudaMiles untuk transaksi pembelian tiket Garuda Indonesia
  • Welcome bonus yang lebih besar (12.500 GarudaMiles)
  • Diskon 10% untuk penukaran award ticket Garuda Indonesia
  • Tambahan bagasi 20 Kg
  • Prioritas waitlist tiket, check-in, dan boarding

Penutup

Hampir 1 tahun yang lalu, PinterPoin lebih merekomendasikan memiliki kartu kredit BNI Garuda Indonesia visa Signature dibanding dengan kartu Citi Garuda Indonesia.

Sekarang, kami lebih merekomendasikan Anda memiliki kartu kredit Citi Garuda Indonesia karena kartu tersebut mengalami peningkatan kualitas yang cukup drastis. Sebut saja peningkatan welcome bonus dan tambahan fitur diskon 10% penukaran award ticket Garuda Indonesia.

Hilangnya fitur akses executive lounge Garuda Indonesia untuk member GarudaMiles Gold juga turut memperkuat argumen kami bahwa kartu BNI Garuda Indonesia Visa Signature semakin tidak menarik untuk dimiliki karena sekarang program fast track status GarudaMiles Gold terlihat kurang atraktif.

Apakah Anda sudah memiliki salah satu kartu co-brand Garuda Indonesia tersebut?

Share
18 comments
  1. halo pp,

    tolong infonya mengennai priority check in dan priority boarding citi visa sign, apakah cukup menunjukkan kepemilikan kartu untuk mendapat benefitnya, atau perlu juga membeli nya di website garuda?

    maksud saya apa bila kalau tiketnya dibeli via travel agent / ota, akan tetap dapat juga priority check in dan priority boarding?

    terimakasih

    1. Halo Alv,

      Anda cukup menunjukkan kartu Citi Garuda Indonesia pada saat check-in untuk memperoleh semua benefit yang ditawarkan.
      Anda tetap akan memperoleh priority check in dan priority boarding walaupun membeli tiket via travel agent/ota. Hanya saja, sekali lagi, pastikan Anda mention kartu Citi Garuda Indonesia Anda saat proses check-in.

  2. Pernah nganterin nyokap yang ada citi garuda beberapa bulan lalu,

    Sebenernya dibilang priority check in enga juga sih, check-innya digabung sama Skyteam Silver & Co-brand credit card check in (T3 ultimate). So technically it’s not really a priority check in, yes you’re in a different line but definitely not priority. It used to be different tho, when Citi first launched the card you get priority check in, you get placed in a different check in line that is special for citi garuda card holders. (my memory may a bit hazy but i’m pretty sure it’s correct because when i went with my mom she mentioned how it’s ‘different’ now. As for borading i’m not sure, but logically speaking if the check-in process isn’t ‘priority’ then the boarding will be the same.

    1. Selama bolak-balik Jakarta-Singapura, saya belum pernah dengar special boarding announcement untuk pemegang GA Citi di CGK. Yang dipanggil hanya penumpang business class & anggota platinum. Setelah itu langsung economy class mulai dari barisan belakang. Justru di Changi anggota co-brand dipanggil bareng dengan business class, platinum, dll. untuk boarding duluan.

  3. Saran mungkin juga bisa dibandingkan juga kartu kredit yang platinumnya. Jadi Citi Garuda Platinum vs BNI Garuda Platinum. Dengan pertimbangan beberapa pembaca setia pinterpoin banyak juga yang hanya bisa mendapatkan cc di level tersebut.

  4. Pedapat saya Garuda Citi Card lebih OK dari BNI.

    1. di airport selain CGK bisa check in tanpa antri panjang di counter garuda miles gold teruntuk member Garuda Miles yg belum menjadi member gold ini lumayan lho..

    2. Free bagasi 20KG setata dengan member platinum.

    Untuk mendapatkan fasilitas diatas anda harus meniliki minimal member Gold Garuda dengan bonus bagasi lebih rendah hanya 15KG, cara termudah tuk dapetin member gold bisa dengan program fast track BNI Garuda dengan minimal transaksi 8jt tiap bulan selama 5x berturut turut.

    Setelah anda menjadi member gold fasilitas di atas hanya bertahan dalam setahun jika anda tidak bisa mempertahankan status gold garuda.

    dengan kartu kredit citibank anda bisa menikmati fasilitas diatas selamanya tanpa harus mempertahankan status member garuda.

    1. Farid,

      Setiap kartu mempunyai keunggulan tersendiri yang bisa menguntungkan bagi orang tertentu. Jika Anda memerlukan tambahan bagasi setiap saat, maka Citi akan menjadi kartu yang lebih baik.

        1. Halo Gavin,

          Untuk saat ini saya lebih prefer Citibank Garuda Indonesia dengan pertimbangan welcome bonus yang lebih besar dan benefit yang lebih banyak dibanding kartu kredit BNI Garuda Indonesia.

        2. Terima kasih atas masukannya.
          Posisi saya sekarang memiliki Citi Rewards dan BNI Garuda Platinum (bukan Signature)
          Apakah worth it kalau saya upgrade ke Citi Garuda Signature dan menutup BNI Garuda Platinum (Bukan Signature) saya? Karena hanya diperbolehkan memiliki 1 member GFF.
          Saya sudah tanyakan ke pihak Citibank dan diberitahukan bahwa nanti saya akan menerima member GFF yang baru, jadi tidak bisa pakai member GFF yang lama (punya BNI Garuda Platinum).

        3. Gavin,

          Kalau memang bisa, maka worth it. Saran saya habiskan dulu miles yang ada di member GFF Anda yang lama sebelum ‘pindah’ ke Citi Garuda Indonesia karena kartu ini memiliki benefit yang lebih baik dibanding kartu BNI garuda Platinum termasuk dari sisi earning rate dan benefit-benefit lainnya.

        4. Pointnya saat ini hanya sekitar 2000 an saja dan apakah point nya bisa ditransfer ke member GFF yang baru nantinya?
          Saya juga mendengar bahwa kartu BNI Visa Garuda Platinum tidak bisa mengajukan waive biaya iuran tahunan. Makanya saya punya niat untuk ganti ke Citibank Garuda. Apakah Citibank Garuda bisa diwaive iurannya?

        5. Gavin,

          Saya juga memiliki kartu kredit BNI Visa Platinum dan saya bisa mengkonfirmasi bahwa annual fee kartu kredit tersebut bisa dihapuskan.

          Tapi memang agak ribet, Anda harus sampai menyambung ke bagian penutupan kartu (bukan Customer Service) dan sedikit mengancam untuk menutup kartu tsb untuk bisa memperoleh waive annual fee. Panduan lengkap penghapusan annual fee bisa Anda baca di sini: https://pinterpoin.com/2019/07/14/3-cara-ampuh-menghapus-iuran-tahunan-kartu-kredit-anda/

          Untuk poin, kelihatannya Anda harus mengikhlaskannya karena 2.000 Garudamiles tidak bisa digunakan untuk apa-apa dan saya tidak tahu apakah poin tersebut bisa ditransfer atau tidak.
          Untuk Citibank Garuda Indonesia, berdasarkan informasi pembaca PinterPoin lainnya, Anda akan bisa meminta penghapusan iuran tahunan.

        6. Kalau citibank Garuda apakah juga waive nya harus sampai ancam untuk tutup?
          Kalau saya memiliki kedua kartu Citi dan BNI, yg bisa digunakan benefitnya itu kartu yg terbaru yg saya apply ya?

        7. Gavin,

          Dari informasi teman saya yang memiliki CC Citibank, Citibank Garuda cenderung lebih mudah waive annual fee (tidak perlu sampai penutupan) namun hal tsb bergantung pada penggunaan kartu kredit tersebut.
          Ya, seharusnya benefit yang Anda peroleh adalah benefit di kartu terbaru Anda yang mana ada Citi Garuda Indonesia.

  5. Terima kasih atas informasinya.
    Hari ini saya call ke pihak BNI bagian penutupan dan minta opsi untuk ganti kartu ke jenis yang lain, namun sifatnya pengajuan. Lalu saya diarahkan memilih MasterCard World, namun saya coba mohon di Visa Signature atau MasterCard World di surat permohonan yang harus dilampirkan sebagai kelengkapan data, sekaligus saya juga mengajukan up kartu Citi Garuda Indonesia. Namun status GFF belum aktif dan perlu dilakukan perpindahan miles GFF dari BNI Garuda Indonesia ke Citibank Garuda Indonesia menurut Citi Live Chat.

  6. Citi garuda saya ga rekomen kalau sudah platinum garudamilesnya. Karena saya yg garudamiles platinum begitu memiliki kartu citi garuda ini tidak boleh lagi akses lounge garuda. Mereka meninta saya tutup kartu citi bila ingin kembali bisa menikmati lounge garuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea