Kali ini, saya akan membandingkan kembali dua kartu kredit co-brand Garuda Indonesia yang terakhir saya lakukan pada tanggal 31 Juli 2018 silam.

Saya merasa saat ini menjadi momen yang tepat untuk mengulas kembali mengingat Citibank sedang menawarkan welcome bonus hingga 12.500 GarudaMiles untuk kartu Garuda Indonesia Citi Card.

Menurut valuasi PinterPoin, 12.500 GarudaMiles setara dengan Rp 2.625.000 (Rp 210 / 1 GarudaMiles). Anda bisa klik disini untuk melihat daftar lengkap valuasi poin & miles versi PinterPoin untuk tahun 2019.

Foto: Aviation Tribune.

Sekilas tentang kartu kredit co-brand Garuda Indonesia

BNI dan Citibank merupakan dua bank yang menerbitkan kartu kredit co-brand Garuda Indonesia. Sayangnya, Anda tidak dapat memiliki lebih dari 1 kartu kredit co-brand Garuda Indonesia secara bersamaan. Anda harus memilih salah satu diantara BNI Garuda Visa Signature atau Garuda Indonesia Citi Card Visa Signature.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah, manakah kartu kredit co-brand Garuda Indonesia terbaik, BNI atau Citibank? Mari kita bandingkan secara head-to-head. Warna HIJAU menandakan pemenang di masing-masing kategori.

Pendapat

Pada artikel sebelumnya, saya memilih BNI Garuda Visa Signature sebagai pemenang karena welcome bonus yang lebih besar dan manfaat unik yang ditawarkan seperti fast track GarudaMiles Gold, diskon penukaran miles, dan eligibility untuk mendapatkan kartu debit co-brand Garuda Indonesia. Terlebih, BNI tercatat pernah memberikan promo welcome bonus sebesar 70.000 (di tahun 2017) dan 72.000 GarudaMiles (di tahun 2018).


Baca juga: Kartu Debit Garuda Indonesia, Mana Yang Terbaik?


Namun, jujur saat ini saya merasa cukup sulit untuk menemukan pemenang dari kedua kartu tersebut. Masing-masing kartu memiliki kelebihan dan kekurangan yang relatif bagi setiap orang.

Hal ini saya rasakan ketika berbincang dengan beberapa pembaca dan kerabat dekat. Berikut beberapa contoh argumennya:

  • Beberapa orang tidak peduli dengan menukarkan GarudaMiles, sehingga manfaat diskon 5% penukaran miles BNI Garuda Visa Signature menjadi worthless.
  • Banyak kerabat saya yang sangat menilai tinggi manfaat ekstra bagasi 20 kg yang didapat dari kartu Citi. Mereka bisa menghemat hingga puluhan juta setiap tahunnya dengan manfaat ini.
  • Kedua kartu tersebut jarang digunakan sebagai kartu utama untuk pengeluaran sehari-hari. Kebanyakan pembaca lebih memilih kartu kredit lain yang lebih fleksibel dan atraktif misalnya seperti CIMB Niaga Visa Infinite, HSBC Visa Signature, UOB PRVI Miles, dsb.

Sekedar informasi, saat ini saya tidak mempunyai kedua kartu kredit co-brand Garuda Indonesia tersebut dan belum akan mendaftar untuk kedua kartu tersebut dengan alasan:

  1. Jika akan mendapatkan BNI Garuda Visa Signature, maka saya akan menunggu promo welcome bonus 70.000 GarudaMiles
  2. Welcome bonus Citibank hanya berlaku untuk nasabah baru & nasabah yang telah menutup kartu kredit Citibank diatas 1 tahun. Sulit bagi saya untuk melakukan trade off Citi Premier Miles dengan Garuda Indonesia Citi Card.

Maka jika harus memilih, pilihan saya masih akan jatuh kepada BNI Garuda Visa Signature karena manfaat uniknya yang lebih saya senangi, apalagi jika bisa mendapatkan welcome bonus 70.000 atau 72.000 GarudaMiles yang saya sangat berharap untuk kembali ditawarkan 😉

Manfaatkan GarudaMiles untuk terbang di first class Garuda Indonesia tanpa harus membayar puluhan hingga ratusan juta!

Penutup

Dengan adanya 2 bank yang mengeluarkan kartu kredit co-brand Garuda Indonesia tentunya menjadi hal yang positif bagi konsumen. Bank akan berlomba-lomba untuk memberikan manfaat terbaik agar dapat menarik nasabah. Seperti yang dilakukah oleh Citibank dengan menaikkan welcome bonus hingga 12.500 GarudaMiles.

Dikarenakan Anda hanya bisa memiliki 1 kartu kredit co-brand Garuda, saya lebih menyarankan BNI Garuda Visa Signature secara keseluruhan. Namun, kembali lagi seperti pernyataan saya sebelumnya, Anda lah yang harus menentukan pemenang dari kedua kartu tersebut.

Apakah Anda sudah memiliki kartu kredit co-brand Garuda Indonesia?