outdoor, Bangunan komersial, langit, jendela, teks, Penggunaan campuran, Area metropolitan, Metropolis, Blok menara, bagian depan bangunan, daerah perkotaan, pusat kota, Kondominium, Real estat, tanda, bangunan, menara, merah, pencakar langit, kota, Arsitektur, jalanan

Trik: Menghapuskan Iuran Tahunan Kartu Kredit Premium CIMB Niaga

Banyak orang awam takut memiliki kartu kredit karena terbebani oleh biaya iuran tahunan (annual fee). Padahal, dengan ilmu yang tepat, hampir tidak ada kartu kredit di Indonesia dengan iuran tahunan yang tidak bisa dihapuskan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penghapusan iuran tahunan kartu kredit premium CIMB Niaga


Sekilas Informasi

Bank CIMB Niaga memiliki 6 Jenis kartu kredit premium yaitu:

  • CIMB Niaga Visa Infinite (baca ulasannya di sini)

  • CIMB Niaga MasterCard World (baca ulasannya di sini)

  • CIMB Niaga ALL World (baca ulasannya di sini)

  • CIMB Niaga Preferred Visa Infinite (tersedia versi reguler dan syariah; baca ulasannya di sini)

  • CIMB Niaga JCB Ultimate (baca ulasannya di sini)

Kecuali untuk kartu kredit CIMB Niaga Preferred Visa Infinite yang secara otomatis memberikan fasilitas bebas iuran tahunan seumur hidup selama Anda menjadi nasabah prioritas dari CIMB Niaga, annual fee dari setiap kartu kredit yang saya sebutkan di atas akan ditagihkan pada saat ulang tahun kartu.

teks, cuplikan layar, desain grafis
Aneka rupa kartu kredit terbitan CIMB Niaga

Cara Menghapuskan Iuran Tahunan

Terdapat 4 cara menghapuskan iuran tahunan kartu kredit CIMB Niaga namun semuanya harus dilakukan dengan cara menghubungi priority contact center CIMB Niaga di 1500800.

Jika Anda meminta penghapusan annual fee pada tahun kedua dan seterusnya, maka CIMB Niaga akan memberikan penawaran sebagai berikut:

  • Opsi 1: Menukarkan Poin Xtra (jumlah Poin Xtra yang dibutuhkan berbeda-beda untuk setiap jenis kartu)

  • Opsi 2: Penghapusan iuran tahunan dengan mengubah transaksi senilai minimum Rp5.000.000,- menjadi cicilan dengan minimal tenor 6 bulan,

  • Opsi 3: Melakukan penarikan dana tunai:
    • Bebas biaya admin: Bunga 0,5%, minimal Rp25.000.000
    • Bebas bunga: Biaya Rp300.000, minimal Rp15.000.000

  • Opsi 5: Penghapusan iuran tahunan dengan bertransaksi minimal Rp10.000.000/kartu dalam periode waktu 3 bulan sejak pengajuan penghapusan (berlaku selama pandemi COVID-19)

  • Opsi 6: Penghapusan iuran tahunan dengan bertransaksi minimal Rp150.000.000/kartu dalam 1 tahun kebelakang.

Opsi 6 adalah opsi terbaik sedangkan opsi 2 adalah opsi terburuk. Kemampuan negosiasi yang baik akan sangat membantu Anda untuk bisa memunculkan dan memilih opsi 5 ataupun opsi 6.

Opsi 5 dulunya sebelum pandemi tidak ada dan hanya tersedia opsi 6 yaitu transaksi minimum Rp150.000.000 dalam periode waktu 12 bulan, namun dipermudah selama periode pandemi COVID-19.

Berdasarkan pengalaman saya memiliki dan menggunakan kartu kredit CIMB Niaga, opsi 6 harusnya hampir selalu pasti ada dan mudah untuk diminta selama penggunaan kartu kredit Anda cukup baik (baca: sering bertransaksi dalam jumlah besar & tidak pernah menunggak).

PENTING: Catat nama agen yang melayani Anda dan nomor laporan terkait penghapusan iuran tahunan ini untuk referensi di masa depan


Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga Visa Infinite

Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga Preferred Visa Infinite


Penutup

CIMB Niaga tidak dapat dipungkiri adalah bank penerbit berbagai kartu kredit terbaik di Indonesia seperti CIMB Niaga JCB Ultimate ataupun CIMB Niaga ALL World.

Menariknya, meskipun kartu kredit premium mereka masuk dalam jajaran kartu kredit terbaik di Indonesia, annual fee dari seluruh jenis kartu kredit premium CIMB Niaga bisa digratiskan alias tidak ada cost untuk memiliki kartu kredit terbitan bank ini sama sekali 🙂

Apakah Anda sukses menghapuskan iuran tahunan kartu kredit CIMB Niaga?


Asesmen

Nama Kartu Kredit: CIMB Niaga JCB Ultimate

Nominal Iuran Tahunan: Rp3.000.000,-

Cara menghapuskan Iuran Tahunan: Tanpa Syarat

Sistem penghapusan: Reimbursement

Kemampuan Negosiasi yang diperlukan: 3 dari 10 (tidak perlu keahlian)

Share

29 comments
    1. Wira,

      1500588 merupakan nomor contact center prioritas untuk premium credit card cimb niaga tanpa waiting line. Jadi saya merekomendasikannya di sini.

  1. Sudah 2 tahun ini saya selalu dapat opsi 4, tanpa syarat. Iuran pun bundled dengan kartu ALL juga, jadi hanya sekali telpon per tahun.

  2. Saya tambahkan lagi bebas iuran keanggotaan dengan menjadi nasabah CIMB Preferred yang kategori Private Wealth selama saldo gabungan minimal atau lebih dari tiga milyar rupiah..

  3. untuk telpon CS CIMB, biasa saya gunakan telpon gratis dari aplikasi OCTO Mobile.
    Selain CIMB, ada BCA dari apps HaloBCA dan UOB dari apps TMRW.
    Apakah ada Bank lain selain 3 Bank tsb di atas Ko Edwin ?
    Thanks.

    1. Thomas,

      Saya tidak menyadari bahwa Anda bisa telepon gratis dari Octo Mobile, saya benar-benar tidak mengikuti fitur ini dan justru baru tahu ada fasilitas seperti itu, hahahaha.

      1. sudah ditiadakan, skarang ngga bisa voip call lagi lewat octo mobile.

        tambahan, bri jg bisa voip call lewat brimo..

  4. Hi kakak, mau tanya cimb niaga world accord
    Member accord plus aku habis tgl 30/04/2022, apakah sebagai pemegang cimb niaga accor world , automatis perpanjang member accord plus? Biasanya kapan? Karena takut member accord aku mati kalau tidak di perpanjang. Tq

  5. Halo Bro Edwin.
    mau tanya, untuk CIMB Ultimate
    reward poin xtra dia kan besar ya 10rb = 18 poin xtra
    sedangkan saya ada kartu visa platimum yang 10rb = 2 poin xtra

    nah lucunya juga untuk penukaran miles SQ
    dimana jika ultimate 1 miles = 9 poin
    jika visa platinum 1 miles = 3 poin.

    kalau saya sudah mengumpulkan via visa platinum, lalu saya apply kartu ultimate, maka rugi dong saya? xtra poin akan ter devaluasi terbagi 3.

    apa bisa dibantu? thx

    1. @ Osbert : dgn JCB ultimate 1 mile SQ dgn belanja Rp 5.000,- (= 9 pointXtra) sedangkan Visa Platinum 1 mile SQ dgn belanja Rp 15.000,- (=3 pointXtra). Jadi perolehan mile SQ dgn JCB ultimate 3 kali lipat dari pada Visa Platinum utk jumlah pembelanjaan yg sama.
      Kedua : utk transfer ke Krisflyer (SQ) perhitungan nya tidak bisa dijadikan satu antar kartu kredit CIMB Niaga. Maksudnya pointXtra yg kita dapat dari Visa Platinum tidak akan digabungkan dgn pointXtra yg kita dapat dari JCB Ultimate.

      1. thank you pak tjahjono atas penjelasannnya. jadi per masing2 kartu kredit, perhitungan xtra poin juga masing2 ya? walaupun kartu yang perhitungannya sama seperti world miles.

        thanks.

  6. apakah ada tips upgrade kartu dan upgrade limit dari jcb precious menjadi jcb ultimate ? info dari callcenter, harus menunggu 1 tahun dulu baru bisa. thanks

  7. Untuk opsi lihatnya ke belakang, Kalau ada kekurangan apa masih bisa di nego? Misal masih 125jt jadi ada kekurangan 25jt.

  8. Pak Edwin,

    Apakah opsi 5 masih berlaku setelah devaluasi? Dan jika saya downgrade dari prioritas, apakah saya masih bisa memiliki KK World Accor & masih bisa request penghapusan Iuran tahunan dengan opsi 5? Ty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.