Selamat datang di panduan lengkap Miles&Smiles, frequent flyer program milik maskapai Turkish Airlines.

Seperti frequent flyer program pada umumnya, Anda bisa memanfaatkan program Miles&Smiles untuk terbang dengan Turkish Airlines, maskapai anggota Star Alliance, serta belanja di beberapa merchant dengan potongan harga yang sangat menarik.

Kenapa saya memilih untuk membahas program Turkish Airlines? Sebagai seseorang yang cukup sering terbang keluar negeri untuk urusan pekerjaan, Turkish Airlines Miles&Smiles adalah salah satu frequent flyer program dari Star Alliance yang memberikan kemudahan untuk mencapai status Star Alliance Gold dan tentunya tersimpan banyak opsi penukaran miles yang menarik.

Tak hanya itu, Turkish Miles&Smiles ini memberikan masa berlaku status selama 2 tahun berbeda dengan maskapai lain pada umumnya yang hanya memberikan masa berlaku anggota elite selama 1 tahun (12 bulan).

Artikel ini saya buat untuk membahas secara lengkap tentang Miles&Smiles meliputi cara mengumpulkan miles, waktu yang tepat untuk menggunakan serta info-info lainnya yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.


Tingkat Keanggotaan

Tingkat keanggotaan Turkish Airlines Miles&Smiles terbagi dalam 4 tingkatan yaitu Classic (otomatis didapat ketika mendaftar), Classic Plus, Elite, dan Elite Plus. Berikut adalah benefit dari masing-masing tingkat keanggotaan:

Classic

Classic membership card

  • Mendapatkan miles dengan terbang menggunakan maskapai Turkish Airlines Group dan maskapai yang tergabung di Star Alliance
  • Memperoleh dan menukarkan award ticket, companion award ticket dan cabin upgrade
  • Mendapatkan 1.000 welcome miles setelah penerbangan pertama menggunakan Turkish Airlines

 

Classic Plus (Star Alliance Silver)

Classic Plus membership card

  • Ketika Anda mengakumulasikan 25.000 status miles dalam satu tahun, maka Anda akan secara otomatis mendapatkan keanggotaan Classic Plus
  • Memperoleh semua benefit dari member classic
  • Check-in di konter kelas bisnis untuk penerbangan domestik
  • Mendapatkan status Star Alliance Silver dan semua manfaatnya
  • Mendapatkan tambahan bagasi sebesar 10kg (khusus penerbangan Turkish Airlines)

Elite (Star Alliance Gold)

Elite membership card

  • Ketika Anda mengakumulasikan 40.000 status miles dalam satu tahun, maka Anda akan secara otomatis mendapatkan keanggotaan Elite
  • Mendapatkan status Star Alliance Gold dan semua manfaatnya
  • Memperoleh semua benefit dari member classic
  • Jalur imigrasi khusus ketika tiba di Istanbul Airport. Jalur ini sangat membantu mengingat bandara Istanbul sangat ramai dan berguna untuk menghindari antrian yang panjang.
  • Akses airport lounge di Turkish Airlines lounge untuk penerbangan domestik dan internasional untuk 2 orang. Jika Anda datang dengan keluarga, maka akan diberikan akses airport lounge untuk 2 orang + 2 anak
  • Mendapatkan tambahan bagasi sebesar 20kg (jika dihitung berat) / 1pcs (23kg) jika penerbangan menerapkan perhitungan pieces. Sebagai contoh, pada penerbangan Jakarta – Istanbul Anda akan mendapatkan jatah 30kg dan tambahan jatah bagasi sebesar 20kg. Tetapi, jika Anda terbang ke Amerika, Anda akan mendapatkan jatah bagasi sebesar 2x23kg ditambah dengan 1x23kg ekstra bagasi yang Anda dapatkan dari benefit Star Alliance Gold.

Elite Plus (Star Alliance Gold)

Elite Plus membership card

  • Ketika Anda mengakumulasikan 80.000 status miles dalam satu tahun, maka Anda akan secara otomatis mendapatkan keanggotaan Elite Plus
  • Memperoleh semua benefit dari member Elite
  • Memperoleh 2x complimentary cabin upgrade untuk penerbangan Turkish Airlines dalam setahun (Salah satu sweet spot)
  • Bisa memberikan status Elite kepada 3 orang dengan cara membayar 40.000 miles per orang
  • Mendapatkan tambahan bagasi sebesar 25kg (jika dihitung berat) / 1pcs (23kg) jika penerbangan menerapkan perhitungan pieces.

Keuntungan yang diberikan pada catatan diatas hanya berlaku untuk penerbangan yang dioperasikan oleh Turkish Airlines. Penerbangan codeshare dengan maskapai lain mungkin tidak memberikan benefit yang sudah disebutkan diatas.

Catatan:

  • Kartu Classic Plus, Elite, dan Elite Plus berlaku selama 2 tahun. Perpanjangan status keanggotaan didasarkan pada jumlah total status miles yang diperoleh dalam 1 tahun pertama atau 2 tahun (bisa diakumulasi). Keanggotaan Anda akan diperpanjang jika Anda telah mengumpulkan status miles yang cukup
  • Kebijakan member renewal untuk anggota yang tinggal di Turki: Jika anggota mendapatkan 30.000 status miles di tahun pertama atau 45.000 status miles dalam periode keanggotaan dua tahun sejak tanggal anggota memenuhi syarat untuk kartu Elite, maka jangka waktu keanggotaan Elite akan diperpanjang selama dua tahun lagi. Jika anggota gagal memenuhi kriteria yang disyaratkan, maka keanggotaannya akan turun menjadi kartu Classic Plus
  • Kebijakan member renewal untuk anggota yang tinggal di luar Turki: Jika anggota mendapatkan 25.000 Status Miles di tahun pertama atau 37.500 Status Miles dalam periode keanggotaan dua tahun sejak tanggal anggota memenuhi syarat untuk kartu Elite, maka durasi kartu Elite diperpanjang selama dua tahun lagi. Jika anggota gagal memenuhi kriteria yang disyaratkan, maka keanggotaannya akan turun menjadi kartu Classic Plus

* Karena penerbangan AnadoluJet tidak memiliki kelas bisnis, maka tidak ada penambahan perolehan miles untuk kelas bisnis atau diskon 50% untuk penumpang kedua dengan tiket kelas bisnis berbayar. Selain itu, cabin upgrade, jaminan kursi pada saat reservasi, penggunaan pintu masuk khusus pada terminal internasional dan konter paspor khusus di Bandara Istanbul, serta permintaan makanan khusus tidak tersedia dengan penerbangan dengan AnadoluJet.

** Jatah bagasi khusus tidak termasuk untuk penerbangan ke/dari AS, Kanada, Jepang, dan beberapa negara Afrika yang menerapkan konsep bagasi jumlah (pieces)

*** Urutan prioritas untuk daftar standby reservation adalah Elite Plus, Elite, Star Alliance Gold, Classic Plus, Star Alliance Silver, Classic

Mendapatkan Poin Turkish Airlines Miles&Smiles

Ada beberapa cara untuk mengumpulkan mengumpulkan Miles&Smiles, diantaranya:

  • Terbang dengan Turkish Airlines, Anadolu Jet, maskapai Star Alliance, serta member maskapai lain yang bekerja sama
  • Kartu kredit yang memiliki transfer partner Turkish Airlines Miles&Smiles (belum tersedia di Indonesia)
  • Transfer poin dari program hotel yang bekerja sama seperti Marriott Bonvoy
  • Dari program yang bekerjasama dengan Turkish Airlines seperti seperti Alamo, National, dan Enterprise (ketiganya adalah rental car company)

Anda bisa menuju ke halaman resmi Turkish Airlines Miles&Smiles untuk mendapatkan informasi lengkap perolehan Miles&Smiles disini.

Terbang

Ketika Anda terbang dengan Turkish Airlines, AnadoluJet dan maskapai yang tergabung di Star Alliance, Anda akan mendapatkan miles berdasarkan jarak terbang dan kelas tiket yang Anda pilih.

Ada dua jenis miles yang bisa Anda peroleh dari penerbangan dengan Turkish Airlines, AnadoluJet, Star Alliance, dan maskapai mitra lain yang memenuhi syarat yaitu Miles dan Status Miles. Turkish Airlines sendiri menawarkan jaringan penerbangan internasional yang paling komprehensif di dunia sehingga seharusnya tidak akan sulit bagi Anda untuk memperoleh status elit di maskapai ini. 

Berikut daftar maskapai yang bisa dipilih sebagai acuan untuk mendapatkan miles dari Turkish Airlines:

Kartu Kredit

Meskipun kartu kredit Citibank di Amerika bekerja sama dengan Turkish Airlines, sayangnya hal tersebut tidak berlaku di Indonesia.

Di Indonesia, tidak ada kartu kredit yang memiliki transfer partner ke Turkish Airlines namun saya secara pribadi berharap suatu saat akan ada bank yang mau bekerja sama dan menjadikan Turkish Airlines sebagai salah satu transfer partner.

Program Partner (Rental Car)

Ketika Anda melakukan pemesanan sewa mobil melalui Alamo, Enterprise, atau National, Anda akan mendapatkan Miles dari total transaksi Anda.

Dapatkan miles Turkish Airlines dari penyewaan mobil

Anggota Miles&Smiles dapat memperoleh hingga 1.000 Miles dan ekstra 100 Miles per hari dari perusahan-perusahaan rental mobil di atas. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan ekstra 250 Miles untuk rental 1 atau 2 hari dan 500 Miles untuk rental 3 hari atau lebih.

Membeli Miles

Turkish Airlines Miles&Smiles sering mengadakan promosi pembelian miles dengan bonus. Seringkali mereka mengadakan promo pembelian miles dengan bonus hingga 75%. Klik disini untuk melihat contoh promo pembelian miles dari Turkish Airlines.

 

Menggunakan Turkish Airlines Miles&Smiles

Setelah mengetahui cara mendapatkan miles Turkish Airlines, selanjutnya adalah mengetahui cara menggunakan miles yang berharga tersebut dengan baik dan benar.

Menukarkan miles dengan tiket pesawat Turkish Airlines

Anda dapat menukarkan (redeem) miles Anda untuk award ticket di Turkish Airlines. Anda juga dapat meningkatkan kenyamanan dalam penerbangan dengan menggunakan miles Anda untuk upgrade kelas penerbangan. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan Miles untuk upgrade tiket berbayar kelas economy menjadi kelas bisnis.

Berikut kategori penukaran miles penerbangan untuk maskapai Turkish Airlines: Promotional award ticket, award ticket table, promotional companion ticket dan companion ticket table. Info lengkapnya dapat Anda akses secara lengkap disini.

Halaman untuk melihat secara lengkap tabel penukaran miles

Untuk orang Indonesia, Anda bisa melakukan penukaran penerbangan ke Istanbul sekali jalan dengan menggunakan Turkish Airlines. Berikut contoh penukaran Miles yang praktis:

A. Penukaran miles menjadi award ticket rute Jakarta – Istanbul kelas economy sekali jalan tanpa ada promosi membutuhkan kurang lebih 45.000 Miles.

 

B. Penukaran miles menjadi award ticket rute Jakarta (CGK) – Istanbul (IST) kelas economy sekali jalan ketika ada promosi membutuhkan kurang lebih 30.000 Miles.

 

C. Penukaran miles menjadi award ticket rute Jakarta – Istanbul kelas bisnis sekali jalan tanpa ada promosi membutuhkan kurang lebih 105.000 Miles.

 

D. Penukaran miles menjadi award ticket rute Jakarta – Istanbul kelas economy sekali jalan ketika ada promosi membutuhkan kurang lebih 45.000 Miles.

 

Menukarkan miles untuk award ticket di maskapai yang tergabung di Star Alliance

Ada beberapa langkah yang perlu anda ikuti untuk mengakses portal penukaran miles untuk award ticket dari Star Alliance. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama adalah sign in keanggotaan Miles&Smiles Anda terlebih dahulu
  2. Masukan kata sandi dan user ID Anda
  3. Setelah berhasil masuk, silahkan meng-klik nama Anda di sisi kanan atas dan pilih menu miles transaction
  4. Setelah itu, akan muncul pilihan di sisi kanan untuk menukarkan miles Anda untuk penerbangan Star Alliance seperti pada gambar dibawah ini:

Pilih penukaran award ticket Star Alliance di kolom kanan atas

Halaman penukaran Star Alliance award ticket

Nantinya, setelah Anda memilih destinasi, Anda akan diarahkan ke halaman dengan berbagai opsi maskapai sebagai berikut: 

Setelah memilih penerbangan yang Anda inginkan, Anda bisa mengkonfirmasi penerbangan tersebut dengan membayar miles dan tax yang ada.

 

Sweet Spot Turkish Airlines Miles&Smiles

Sweet spot adalah kesempatan penukaran miles yang menguntungkan dan kemungkinan besar akan dihilangkan setelah menjadi terlalu populer. Program Miles&Smiles sendiri memiliki sejumlah sweet spot yang menarik yang akan saya bahas satu-persatu:

Penerbangan jarak jauh

Saat ini saya akan membandingkan beberapa opsi penukaran di sejumlah rute penerbangan via program populer Singapore Airlines KrisFlyer v.s. Turkish Airlines Miles&Smiles.

Contoh pertama: Jakarta (CGK) – New York (JFK) dengan maskapai Asiana Airlines:

  • Singapore Airlines KrisFlyer
    • Economy: 55.000 miles
    • Business: 105.500 miles
  • Turkish Airlines Miles&Smiles
    • Economy: 45.000 miles
    • Business: 67.500 miles

Perbandingan yang cukup signifikan ketika melihat miles yang dibutuhkan untuk kelas dan rute yang sama. Turkish Airlines Miles&Smiles memberikan penawaran penukaran miles yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Singapore KrisFlyer miles.

Penerbangan jarak dekat

Penerbangan jarak dekat sendiri juga banyak terdapat sweet spot. Penerbangan intra Amerika adalah salah satu penerbangan yang paling menguntungkan untuk penukaran miles Turkish Airlines.

Menariknya, award flight ke Alaska dan Hawaii dihargai sama dengan award flight domestik Amerika Serikat lainnya (yang pendek sekalipun seperti New York – Boston), yang mana menjadi sweet spot tersendiri.

Sebagai contoh rute New York (EWR) – Boston (BOS) membutuhkan sebanyak 7.500 miles. Dengan jumlah miles yang sama, Anda juga bisa terbang 13 jam bahkan lebih di rute New York (EWR) – Anchorage (ANC) atau New York (EWR) – Honolulu (HNL) dengan 7.500 miles sekali jalan di kelas economy dan 12.500 miles sekali jalan dikelas bisnis.

Berikut perbandingan penukaran rute New York (EWR) – Honolulu (HNL) dengan maskapai United Airlines:

  • Singapore Airlines KrisFlyer
    • Economy: 17.500 miles
  • Turkish Airlines Miles&Smiles
    • Economy: 7.500 miles

Penukaran miles untuk tiket kelas economy selama 11 jam penerbangan membutuhkan 7.500 miles untuk sekali jalan

Penukaran miles untuk tiket kelas economy selama 1 jam penerbangan juga membutuhkan 7.500 miles untuk sekali jalan

Rangkuman Sweet Spot Turkish Airlines Miles&Smiles
  • Lintas benua Amerika dengan 7.500 miles (economy) dan 12.500 miles (bisnis) sekali jalan:
    • Newark (EWR) / Chicago (ORD) – Honolulu (HNL)
    • Newark (EWR) / Atlanta (ATL) – Anchorage (ANC)
    • Newark (EWR) / Atlanta (ATL) – San Fransisco (SFO) / Los Angeles (LAX) / Las Vegas (LAS)
    • Chicago (ORD) / Atlanta (ATL) / Washington DC – San Juan Puerto Rico (SJU)

Penukaran miles untuk tiket kelas economy dari Chicago (ORD) – San Juan (SJU) membutuhkan 7.500 miles untuk sekali jalan

  • Antar negara di benua Amerika Utara dan Tengah membutuhkan 10.000 miles (economy) dan 15.000 miles (bisnis) sekali jalan. Sebagai perbandingan United Airlines meminta 17.500 miles untuk kelas economy sekali jalan dan 30.000 miles untuk kelas bisnis sekali jalan di rute yang sama.
    • Newark (EWR), San Fransisco (SFO), Chicago (ORD), Washington D.C. (IAD/BWI/DCA), Denver (DEN) ke Mexico (Mex), Cancun (CAN), Puerto Vallarta (PVR)

Penukaran miles untuk tiket kelas economy dari San Fransisco USA (SFO) – Cancun (CUN) Mexico membutuhkan 10.000 miles untuk sekali jalan

  • Amerika ke Eropa (zona 1 maupun zona 2 memerlukan miles dengan jumlah yang sama). Anda membutuhkan 30.000 miles (economy) dan 45.000 miles (Bisnis) untuk sekali jalan. Award ini adalah award dengan penerbangan campuran, misalnya penerbangan ke Paris (CDG) via Frankfurt (FRA) menggunakan Lufthansa atau maskapai Star Alliance lainnya.

Penukaran miles untuk tiket kelas economy dari New York (EWR) – Frankfurt (FRA) – Paris (CDG) membutuhkan 30.000 miles untuk sekali jalan

  • Amerika utara ke Asia Tengah. Ini adalah salah satu rute yang paling menguntungkan yaitu terbang dari New York menuju ke New Delhi, India. Miles yang dibutuhkan untuk sekali jalan adalah 34.000 miles (economy) dan 52.500 miles (bisnis).

    Penukaran miles untuk tiket kelas economy dari New York (EWR) – New Delhi (DEL) membutuhkan 34.000 miles untuk sekali jalan

Status Match Turkish Miles&Smiles Gold (Star Alliance Gold)

Menjadi seorang frequent flyer yang dihargai oleh pihak maskapai adalah mimpi dari banyak traveler.  Dengan memiliki status elit di suatu maskapai, Anda akan mendapatkan berbagai benefit bahkan ketika memesan tiket di kelas economy sekalipun seperti:

  • Akses ke airport lounge
  • Prioritas boarding
  • Prioritas dalam memilih kursi
  • Ekstra bagasi
  • Kesempatan upgrade
  • Berbagai kemudahan lainnya

Saat ini, Turkish Airlines Miles&Smiles sedang menawarkan program penyamaan status atau yang dikenal sebagai status match. Program ini bisa dimanfaatkan jika Anda memiliki status elite seperti GarudaMiles Platinum (SkyTeam Elite Plus) atau status oneworld. Jika Anda tertarik untuk mencoba status match ini, silahkan baca tulisan saya sebelumnya disini.

Saya sendiri dulunya mengkreditkan miles Star Alliance saya ke KrisFlyer dan hanya stuck di tingkat Silver. Perlu diakui jika mengejar status Star Alliance Gold melalui KrisFlyer tergolong cukup sulit.

Berbicara mengenai frequent flyer program, saya sendiri mengumpulkan dan mengkreditkan miles saya ke:

  • Star Alliance
    • Miles&Smiles (Turkish Airlines) untuk mengejar status elite Star Alliance Gold dan mengumpulkan miles yang saya dapatkan ketika terbang dengan Turkish Airlines atau maskapai Star Alliance lainnya
    • KrisFlyer (Singapore Airlines) untuk mengumpulkan miles dari kartu kredit.
  • SkyTeam
    • GarudaMiles (Garuda Indonesia) untuk mengumpulkan miles dari kartu kredit dan penerbangan dengan Garuda Indonesia atau maskapai anggota SkyTeam lainnya. Saya sendiri sudah menjadi Platinum GarudaMiles dalam 2 tahun terakhir dan sangat bermanfaat ketika melakukan penerbangan internasional di luar negeri dengan maskapai SkyTeam seperti Delta di Amerika dan KLM di Eropa.
  • oneworld
    • Asia Miles (Cathay Pacific) untuk mengumpulkan miles dari kartu kredit dan penerbangan dengan Cathay Pacific atau maskapai anggota oneworld lainnya. Saya hanya memiliki status basic di oneworld dan berharap bisa mengejar status elite di aliansi ini kedepannya.

Hal-hal Penting yang Perlu Anda Ketahui

  1. Harga yang ditentukan untuk penukaran Miles&Smiles chart adalah berdasarkan wilayah
  2. Ada 2 (dua) jenis award untuk penerbangan yang dioperasikan oleh Turkish Miles&Smiles yaitu award reguler dan promosi
  3. Harga award ticket untuk penerbangan di wilayah yang sama berharga 15.000, 25.000, dan 40.000 miles pulang-pergi untuk kelas economy, bisnis, dan first class
  4. Anda dapat memesan award ticket satu arah dengan setengah harga perjalanan pulang pergi
  5. Anda dapat menukarkan miles untuk orang lain, tapi Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu di akun Miles&Smiles Anda secara online
  6. Jika Anda membutuhkan 10.000 miles tambahan atau kurang untuk menerbitkan award ticket, Anda dapat membelinya dengan tarif 25 Euro (sekitar Rp425.000,-) per 1.000 miles
  7. Biaya tambahan (fuel surcharges) tidak dikenakan pada penerbangan United Airlines dan cukup masuk akal pada penerbangan Turkish, tetapi dapat menjadi sebuah masalah pada beberapa maskapai Star Alliance lainnya
  8. Award ticket dapat dibatalkan atau diubah dengan biaya $25
  9. Satu (open jaw) diperbolehkan pada tiket pulang-pergi. Open jaw adalah rencana perjalanan ketika Anda terbang ke satu kota dan keluar dari kota lain. Contohnya adalah New York ke London, kemudian Paris ke New York.
  10. Satu stopover diperbolehkan di Istanbul pada perjalanan keluar atau pulang dari rencana perjalanan award yang dioperasikan oleh Turkish Airlines. Stopover adalah ketika Anda menetap lebih dari 24 jam di suatu kota yang terdapat pada itinerary Anda. Contohnya adalah Houston ke Istanbul ke Male dan kembali ke Houston, Anda bisa keluar dan mengunjungi Istanbul meskipun Male sebenarnya adalah tujuan akhir Anda, bukan Istanbul.
  11. Award ticket dapat memiliki maksimal 8 segmen: 4 saat kepergian dan 4 saat kepulangan. Segmen adalah take-off dan touch-down yang sebenarnya. Jadi, Los Angeles ke Houston ke Istanbul ke Athena akan menjadi tiga segmen untuk bagian tiket tersebut. Jika penerbangan yang sama diulangi dalam perjalanan pulang, itu akan menjadi total enam segmen.
  12. Anda dapat menangguhkan ticket award selama 72 jam sambil menunggu proses penukaran miles masuk dari kartu kredit atau program hotel
  13. Jika ini adalah entri pertama Anda untuk menukarkan miles Turkish Airlines Miles&Smiles, saya sarankan untuk membaca FAQ program. Syarat dan ketentuan award ticket juga bisa sangat membantu.

Penutup

Sebagai maskapai terbesar didunia berdasarkan jumlah negara yang dilayani, Turkish Airlines bersama dengan frequent flyer program-nya sangat patut untuk dipertimbangkan. Saya sendiri baru bergabung dan memutuskan untuk loyal sejak November 2020.

Saya secara tidak sengaja menemukan cara mudah untuk menjadi Star Alliance Gold secara cepat dengan metode status match dari status GarudaMiles Platinum yang saya miliki. Alhasil saya kini menjadi gemar untuk mengkreditkan miles ke program ini agar bisa mencapai status tertinggi di Turkish Miles&Smiles yaitu Elite Plus.

Menurut saya, dari segi hard product, pelayanan, makanan serta fasilitas-fasilitas lainnya, Turkish Airlines masih kalah jauh dibandingkan dengan maskapai seperti Singapore Airlines atau maskapai lainnya.

Melalui Turkish Miles&Smiles, saya sendiri hanya mengumpulkan miles dari paid tickets dan mengejar status elite di Turkish Airlines yang mana jauh lebih mudah dibandingkan program lain. Jangan lupa juga, status Star Alliance Gold yang didapatkan melalui Turkish berlaku selama 2 tahun, dimana status elite dari program lainnya sebagian besar hanya berlaku 1 tahun.

Masih banyak sweet spot yang masih tersembunyi dan perlu dicari dan digali lebih dalam lagi dan menurut saya sangat worth it untuk dipelajari. Saya sendiri menghemat banyak uang ketika mengetahui sweet spot yang ada pada program Miles&Smiles ini.

.

Tertarik untuk bergabung menjadi anggota Turkish Miles&Smiles?