Star Alliance Gold Status Match GarudaMiles Platinum SkyTeam Elite Plus | PinterPoin

TRIK: Dapatkan Status Star Alliance Gold dengan Status Match GarudaMiles Platinum

Saat ini salah satu maskapai anggota Star Alliance, Turkish Airlines, sedang menawarkan status match Star Alliance Gold kepada anggota SkyTeam Elite Plus dan oneworld Emerald. Trik ini bisa dimanfaatkan dengan mudah, terutama bagi anggota GarudaMiles Platinum di Indonesia.

Menjadi seorang frequent flyer yang dihargai oleh pihak maskapai adalah mimpi dari banyak traveler.  Dengan memiliki status elit di suatu maskapai, Anda akan mendapatkan berbagai benefit bahkan ketika memesan tiket di kelas ekonomi sekalipun seperti:

  • Akses ke airport lounge
  • Prioritas boarding
  • Prioritas dalam memilih kursi
  • Ekstra bagasi
  • Kesempatan upgrade
  • Berbagai kemudahan lainnya

Saat ini, terdapat 6 aliansi maskapai dunia namun hanya 3 yang benar-benar besar dan populer yaitu Star Alliance, SkyTeam dan oneworld.

Status match Star Alliance Gold | PinterPoin
Star Alliance adalah aliansi penerbangan terbesar di dunia. Foto: InsideFlyer

Ketika Anda mendapatkan status pada salah satu maskapai yang bergabung dengan suatu aliansi, maka secara otomatis Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sama diseluruh anggota aliansi tersebut ketika melakukan perjalanan.

Sebagai contoh, saya saat ini memiliki status SkyTeam Elite Plus di aliansi SkyTeam yang saya dapat melalui Garuda Indonesia (GarudaMiles).

GarudaMiles sendiri memiliki 4 tingkatan keanggotaan yaitu Blue sebagai keanggotaan awal, Silver, Gold (SkyTeam Elite), dan Platinum (SkyTeam Elite Plus). Selengkapnya soal Garuda Miles bisa dilihat disini.

Saat saya terbang dengan anggota SkyTeam lainnya, saya secara otomatis mendapatkan fasilitas SkyTeam Elite Plus di maskapai tersebut.

Fasilitas yang diperoleh sendiri cukup beragam mulai dari konter khusus untuk check-in, prioritas bagasi, prioritas boarding, additional baggage, dan berbagai privileges lainnya. Saya bahkan pernah beberapa kali mendapatkan free upgrade ke Delta Premium dan economy comfort.

Delta Premium saya dapatkan ketika terbang dari Miami ke Havana, sementara Delta Comfort saya dapatkan dari Vancouver – Seattle – Anchorage Alaska. Menurut pengalaman saya, SkyPriority di Delta Airlines sangat memberikan manfaat bagi yang memiliki status SkyTeam Elite/Elite Plus.

Boarding pass Delta Premium Miami - Havana Cuba
Free seat upgrade Delta Premium from Miami – Havana Cuba

Sebagi informasi, ketika Anda melakukan booking tiket pesawat dengan menggunakan Delta Airlines, berapapun orang yang ada dalam reservasi tiket tersebut dan jika penumpang utamanya memiliki status SkyTeam Elite Plus, maka secara otomatis semua penumpang akan merasakan fasilitas yang sama.

Pada saat itu flight saya menuju Anchorage ada 5 orang dalam satu reservasi. Awalnya, saya sudah menyiapkan uang untuk membayar bagasi saya dan teman-teman namun secara mengejutkan ternyata semuanya digratiskan alias free!

Ada sekitar 10 bagasi dan semuanya tidak dikenakan biaya apapun. Selain itu, semua boarding pass juga mendapatkan logo SkyPriority lengkap dengan priority boarding dan priority baggage tag yang mana berarti bagasi kami akan keluar lebih dulu di bandara kedatangan.

It’s a very good privilege dan pada saat itu saya hanya bisa bergumam “Bravo Delta”.


Baca juga: Panduan Lengkap GarudaMiles


Trik Mendapatkan Status Star Alliance Gold dengan Turkish Airlines

Miles&Smiles yang merupakan frequent flyer program dari Turkish Airlines memberikan kemudahan dalam mendapatkan status match tersebut. Saya mengajukan status match dengan menggunakan status GarudaMiles Platinum (SkyTeam Elite Plus) sebagai referensi untuk mengajukan program ini.

Berikut tahapan status match yang perlu Anda ketahui:

1. Silahkan membuat akun Miles & Smiles terlebih dahulu (gunakan link ini)


2. Silahkan mengisi feedback form yang tersedia

Setelah akun dibuat, Anda perlu menulis permintaan status match melalui feedback form secara online. Form feedback bisa diakses disini.

Silahkan memilih new feedback dengan menuliskan permohonan permintaan status match ke Turkish Airlines Miles&Smiles Elite. Dalam permintaan tersebut, ditegaskan bahwa Anda memang ingin mencoba mengumpulkan miles di aliansi Star Alliance dan merasakan pengalaman baru dengan aliansi yang berbeda.


3. Siapkan persyaratan yang diminta

Setelah menulis feedback diatas, Anda diminta untuk menyiapkan foto paspor, foto/screenshot membership GarudaMiles Platinum Anda depan dan belakang serta 2 bulan statement GarudaMiles. Setelah semuanya lengkap, silahkan di-upload dan submit.


4. Menunggu kabar melalui email

Silahkan menunggu konfirmasi dari Turkish Airlines. Saya sendiri mendapatkan konfirmasi dari Turkish Airlines kurang dari 24 jam.

Status match star alliance gold | PinterPoin
Email yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga

5. Status upgraded

Setelah mendapatkan email diatas, Selamat! Artinya Anda telah berhasil di upgrade otomatis menjadi Turkish Miles&Smiles Elite yang secara otomatis juga membuat Anda mendapatkan status Star Alliance Gold.

Miles & Smiles Elite ( Star Alliance Gold) berhasil diperoleh dengan status match dengan Garuda Miles Platinum
Miles&Smiles Elite (Star Alliance Gold) berhasil diperoleh dengan status match dengan GarudaMiles Platinum

Tips

1. Sebelum Anda mencoba untuk mengajukan status match ini, alangkah baiknya jika Anda mempunyai history penerbangan kemana saja minimal 1 atau 2 penerbangan dalam 2 bulan terakhir sebagai bukti bahwa Anda benar-benar terbang dengan maskapai Anda. Jangan lupa simpan boarding pass Anda yang menerangkan status tier Anda.

2. Menurut email yang saya dapatkan, Turkish memberikan waktu kepada kita hingga 4 bulan menikmati status elite ini dengan syarat Anda harus terbang dengan minimal 1 penerbangan  internasional.

2. Pada saat akhir masa 4 bulan tersebut, ketika Anda berhasil terbang 1 kali dengan Turkish Airlines, Anda akan secara otomatis mendapat 8 bulan lagi keanggotan Elite.

3. Tahun pertama, ketika Anda berhasil mengumpulkan minimal 15.000 tier miles menggunakan Turkish, Anda akan secara otomatis mendapatkan 2 tahun keanggotaan Elite (Star Alliance Gold)

Berikut ini saya lampirkan keuntungan-keuntungan yang didapatkan ketika Anda memiliki status Elite atau Elite Plus di Miles&Smiles Turkish Airlines yang saya dapatkan  melalui website Turkish Airlines. Selengkap disini.

Bisa dihitung berapa maskapai di dunia yang memberikan privilege khusus ketika Anda memegang status Elite/Elite Plus di dunia. Anda akan menikmati fasilitas yang kurang lebih sama dari 45 maskapai dunia; 19 maskapai SkyTeam dan 26 maskapai Star Alliance.

Kesimpulan

Status match yang ditawarkan oleh Turkish Airlines adalah program yang harus dicoba. Mengingat di Indonesia sendiri sangat banyak anggota GarudaMiles Platinum yang otomatis memenuhi syarat untuk mengikuti program ini.

Saya yang baru tahu dengan program ini menyesal karena sudah terlanjur mengumpulkan banyak mileage atau terbang dengan mengalokasikan semua miles Star Alliance saya ke akun Aegean saya.

Aegean sendiri memberikan persyaratan tercepat untuk mencapai Star Alliance Gold. Saat ini sayapun sedang mencoba mencari tips and trick untuk mengikuti status match dengan salah satu maskapai dari aliansi oneworld.

Saya sendiri sangat merekomendasikan Anda untuk mencoba penawaran yang menurut saya sangat bagus ini. FYI, saat ini Turkish Airlines sedang mengadakan promo ke banyak negara saat ini, termasuk ke Amerika Serikat yang membuka kedatangan turis Indonesia pada masa pandemi ini. Saya pun akan mencicipi penerbangan dengan Turkish Airlines ke New York minggu ini.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengikuti status match Star Alliance ini? Jika berhasil, jangan lupa sharing pengalamannya ya!

.

Good luck!

Share

20 comments
  1. Wow nice… Saya punya status elite garuda miles platinum dan alfursan gold saudia…
    Apakah bisa status match dengan alfursan atau harus dengan garudamiles ya?
    Thanks

    1. Halo Faisal,

      Turkish Miles and Smiles memberikan status match kepada semua airlines yang memiliki status Elite plus di Skyteam atau Oneworld Emerald. Jadi, anda diberikan pilihan untuk mengajukan status match. Apakah melalui Garuda Platinum , atau Saudia Alfursan Gold.

      Jangan lupa share pengalamannya ya. Good luck

        1. Untuk deadline sendiri tidak di infokan. Mungkin anda bisa mencoba terbang ke destinasi terdekat dahulu pake Garuda misalnya ke Lampung yang Garuda Milesnya gampang di peroleh beserta 3 sequents sekaligus per sekali jalan.

          Saran saya, terbang dulu baru mengajukan status match ini. FYI Turkish juga lagi promosi ke banyak negara dan free rechedule sampai akhir tahun depan.

        2. Hai faisal , saya bantu jawab., saya berhasil di upgrade jadi Elite, saya juga hanya menyerahkan foto tiket penerbangan yang agustus 2019 malah, krna saya blm terbang sejak januari 2020. tpi saya tetap di upgrade. Jadi bro faisal coba dulu aja, mana tau bisa juga

      1. @Kwan

        Untuk saat ini status match berlaku dari Garuda Miles Platinum ke Star Alliance Gold dan tidak berlaku sebaliknya.

  2. Saya sudah coba email mereka, mudah2an dapet kabar baik juga, walaupun ga bakal terbang , tapi setidaknya buat kenang2an kalo pernah star allince gold wkwkwk

    1. Halo Luhut.
      Email langsung atau kah melalui form feedback?

      Iya benar sekali. At least pernah punya pengalaman jadi StarAlliance Gold. Hehe
      Persyaratan untuk keep tiernya juga lumayan mudah. Pake Turkish rute International 1 kali.

      Rute terdekat bisa IST-ATH hehe. Jakarta IST bisa pake redeem Krisflyer
      Jangan lupa share pengalaman upgradenya ya.

  3. Terima kasih pinterpoin! Trick nya sangat berguna! Saya baru dapat balasan di email klo saya udah di upgrade jadi Elite alias Star Alliance GOLD! Thank you so much bri grandy!

    1. Joshua.

      Wah turut senang. Jangan lupa share artikel ini ya. Barangkali bisa membantu teman2 lain yang membutuhkan. Don’t forget to tag pinterpoin ya..

      See you on board.

  4. Ketika saya submit di website dan klik send hanya muncul page Thank you for contacting us!
    Our priority is to provide you with a comfortable and safe travel experience seperti awal, saya masih tunggu feedback emailnya dari turkish airlines.

    1. Karim
      Wah sorry for super late reply. Memang setelah submit anda akan mendapatkan balasan seperti itu. Apakah sekarang statusnya elitnya sudah berhasil didapatkan ?

  5. Saya barusan daftar mudah2an dapat,karena saya member platinum garuda dan akan terbang menggunakan Turkish Airline 14 Januari 2021 mdh2an berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea